5 Ide Desain Rumah Minimalis untuk Pengantin Baru

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pernikahan adalah sesuatu yang dinantikan oleh setiap insan yang sedang menjalin hubungan asmara. Jika Anda dan pasangan sedang menantikan hari bahagia tersebut, atau baru menikah, tempat tinggal adalah hal terpenting yang dipikirkan selanjutnya. Ada beberapa ide desain rumah minimalis, yang bisa dijadikan contoh untuk merancang rumah idaman Anda berdua.

Pertimbangan Memilih Rumah Minimalis

Model Rumah Minimalis

Mengingat semakin tingginya harga properti, tidak ada salahnya untuk membeli sebuah rumah mungil terlebih dahulu. Anda bisa mencari rumah dengan tipe kecil, dengan dua kamar saja.

Pasangan pengantin baru sedang mencicipi indahnya kehidupan berdua. Jadi, belum membutuhkan banyak ruangan di dalam rumah. Namun demikian, dengan berjalannya waktu, kelak akan hadir anak-anak di tengah-tengah Anda, jadi alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan minimal satu kamar tidur, agar bayi atau anak Anda memiliki ruang pribadinya sendiri.

Membeli rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit, termasuk untuk mendesain interiornya. Agar lebih hemat dan praktis, cobalah untuk menggunakan desain minimalis. Selain tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendesainnya, konsep ini juga sedang kekinian.

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman memiliki rumah, memilih dan mengatur desain rumah bukanlah hal yang sederhana, termasuk mendesain rumah minimalis. Nah, agar tidak bingung pahami dulu apa yang dimaksud dengan rumah minimalis

Pengertian Rumah Minimalis

gambar-rumah-minimalis

Rumah minimalis adalah rumah yang mengedepankan arsitektur dengan gaya minimalis. Menurut website majalah arsitektur dan desain, gaya ini mengikuti gaya hidup sederhana masyararakat Jepang, yang disebut dengan ‘Zen’.

Prinsip dasar dari filosofi ini adalah, semakin sedikit benda yang Anda miliki, maka hidup Anda akan semakin bahagia.

Rumah bergaya minimalis tidak ada hubungannya dengan ukuran bangunan atau tipe rumah, seperti yang banyak orang kira. Rumah minimalis artinya rumah dengan konsep gaya arsitektur minimalis. Rumah dengan ukuran bangunan besar pun bisa saja mengadopsi gaya minimalis, untuk diterapkan di rumah tersebut.

 

Tipe Rumah di Indonesia

desain-rumah-minimalis

Berbicara mengenai tipe rumah di Indonesia, berarti membicarakan ukuran bangunan yang menjadi lahan suatu hunian atau tempat tinggal. Ada beberapa tipe rumah yang menjadi panduan untuk membeli atau menyewa rumah, yaitu

  • Rumah tipe 21
    Rumah tipe ini adalah rumah dengan ukuran paling kecil. Beberapa pasangan akan memilih rumah dengan tipe 21, sebagai rumah pertama mereka. Luas bangunannya hanya 21cm persegi, sehingga hanya ada ruangan seperti ruang tengah yang bersatu dengan ruang tamu, satu kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur kecil.Dimensi ruangan tipe ini memiliki ukuran 3×7 meter, 5,25×4 meter, atau 6×3,5 meter. Biasanya rumah tersebut dijual dengan lahan yang lebih luas, sehingga jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa sedikit mengembangkannya.Beberapa pengembang perumahan menawarkan rumah dengan tipe 21/60 atau 21/75, artinya rumah tersebut memiliki luas 21 m² dengan luas tanah 60 m atau 75 meter.
  • Rumah tipe 36-45
    Pasangan pengantin baru yang berniat segera memiliki anak, bisa melirik rumah tipe 36 atau 45 ini. Rumah ini cocok untuk membangun keluarga kecil yang bahagia.Rumah bertipe 36 biasanya memiliki 2 kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan ruang tamu. Dimensi ruangannya antara lain berukuran 6×6 meter atau 9×4 meter. Jika Anda datang ke kompleks perumahan dan meminta brosur, ada keterangan rumah tipe 36/60 atau tipe 36/72.Sementara rumah bertipe 45 memiliki pembagian ruangan, persis seperti tipe 36. Tapi, dimensi ruangannya lebih besar yaitu 6×7,5 meter, sehingga luas bangunannya sebesar 45 meter persegi. Harga jualnya juga lebih mahal. Anda dapat membeli rumah tipe 45/96 dengan garasi di depan rumah.
  • Rumah tipe 54
    Tipe rumah ini diperuntukkan bagi keluarga atau pasangan suami istri yang telah mapan. Untuk membeli rumah tipe ini, Anda membutuhkan biaya yang cukup besar, karena harganya tergolong mahal.Dimensi ruangannya rumahtipe 54, yaitu 9×6 meter atau 13,5×4 meter. Ruangan di dalamnya terlihat lapang, dibandingkan tipe rumah kecil lainnya Harga jual rumah tipe ini sekitar 300 juta ke atas, cocok untuk kalangan kelas menengah Indonesia.
  • Rumah tipe 60-70
    Rumah tipe ini tergolong rumah besar, karena ukuran bangunandanlahannya cukupluas. Biasanya pengusaha sukses atau pegawai yang berprestasi membeli rumah dengan tipe ini. Adapula yang menginvestasikannya.Luas lahannya bisa dibangun untuk memiliki lebih banyak ruangan, seperti musala dan ruang fitness, atau membangun taman nan asri di dalam.
  • Rumah tipe 90-120
    Rumah dengan tipe ini sangat luas lahannya. Biasanya hanya masyarakat dengan penghasilan memadai, yang sanggup membeli rumah dengan tipe 90 atau 120. Bila suatu saat pasangan yang baru menikah memiliki uang atau ingin berinvestasi di bidang properti, mengapa tidak melirik rumah tipe 90-120 ini dulu, ya? Setidaknya rumah adalah komoditas yang selalu dicari, dan mudah dijual tiap tahun.

 

5 Desain Rumah Minimalis untuk Pengantin Baru

Kamar Tidur Pengantin Baru

Setelah mengenal rumah minimalis dan tipe ukuran rumah di Indonesia, Anda bisa memilih desain rumah minimalis dari 5 ide unik ini. Mari kita intip ide-ide menarik di sini, antara lain:

  1. Desain Rumah Minimalis bernuansa Tradisional Indonesia
    Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat memesona mata. Siapa yang menolak jika ditawari tinggal di rumah minimalis dengan dua kamar tidur saja, tapi sangat nyaman dilihat? Misalnya rumah minimalis bernuansa Bali. Pasti akan membuat hari-hari Anda semakin penuh cinta, ya.Desain rumah dengan memasukkan nuansa tradisional Indonesia bukan hal baru. Banyak pengembang perumahan telah menerapkannya untuk menarik minat pembeli. Sama seperti desain rumah bernuansa Jepang atau Eropa, rumah dengan desain bernuansa tradisional laku dijual di kota-kota besar.Anda dapat memperoleh ide desain rumahnya dari majalah serta website arsitektur dan desain dari luar negeri. Nuansa tradisional yang seringkali dipergunakan adalah Bali, Jawa, dan Sumatera.
  1. Desain Rumah Minimalis dengan nuansa Modern
    Desain rumah minimalis bernuansa modern, barangkali jarang terpikir oleh Anda? Padahal ide ini cukup unik untuk diterapkan pada desain rumah tempat tinggal Anda kelak, bersama pasangan hidup. Modern di sini berarti segala model ruangan, letak jendela dan pintu, serta pemilihan bahan bangunan mengadopsi gaya masa kini.Jika Anda memiliki banyak ide untuk mengadopsi gaya futuristik, Anda dapat menerapkannya pula pada desain rumah minimalis bernuansa modern ini. Cobalah berdiskusi dengan istri atau suami Anda, mengenai desain moden seperti apa yang cocok diterapkan pada rumah tempat tinggal Anda berdua.Contoh desain rumah bernuansa modern, dapat dilihat pada pemilihan bahan teralis untuk jendela. Anda dapat memilih yang bernuansa kekinian dengan bahan produk inovasi terbaru, dan berwarna terang seperti perak atau putih gading. Cantik bukan?
  1. Desain rumah minimalis bernuansa Alam
    Keindahan alam selalu memesona hati, bukan. Langit yang biru dinaungi awan putih berarak, rumput menghijau, tanah yang berwarna cokelat, dan warna-warni bunga, membuat Anda merasa bahagia. Mengapa tidak mengadopsi saja nuansa alam, ke dalam desain rumah minimalis untuk Anda dan pasangan?Tentu saja karena bernuansa alam, maka pemilihan warna untuk kusen jendela, warna pintu, dan sebagainya, bisa disesuaikan dengan warna-warna yang menonjol di alam. Seperti biru, hijau, cokelat, dan kuning.Apalagi jika Anda dan pasangan adalah tipikal pasangan masa kini, yang senang bertualang menjelajahi alam. Pasti pasangan Anda akan sangat bahagia, bisa menghabiskan hari-harinya di rumah dengan nuansa alam ini. Tidak percaya? Coba saja, deh.
  1. Desain rumah minimalis bernuansa Militer (army)
    Wah, jangan mengerutkan kening dulu saat mendengar kata militer di sini. Militer identik dengan kekuasaan, kemandirian, petualangan, dan peperangan, ya? Tapi, Anda tidak perlu khawatir dengan nuansa militer yang dimaksud dalam desain rumah ini.Militer yang akan diadaptasi oleh Anda ini, adalah ciri khas pakaian loreng-loreng khas militer. Tentu saja, tidak semua orang senang memakai warna hijau campuran cokelat muda ini.. Namun, jika kebetulan pasangan Anda menyenangi segala hal berbau militer, mengapa tidak?Jika sulit menemukan bagian dari rumah berwarna khas militer, Anda dapat memesannya secara khusus. Sekarang makin banyak toko bangunan dan toko serba ada, yang memiliki layanan khusus (customize) seperti itu.
  1. Desain rumah minimalis bernuansa Pedesaan (country)
    Pedesaan atau country, bisa menjadi ide unik untuk membuat desain rumah minimalis khusus pengantin baru. Warna-warna lembut, keceriaan bunga dan segarnya dedaunan, dapat membuat hari-hari Anda semakin menyenangkan.Anda dapat menyiasati nuansa pedesaan ini, ketika membangun rumah dan merancang bentuk pintu atau jendela. Anda bisa memakai bentuk yang unik, seperti rumah Hobbit yang melengkung bundar. Anda ingat film besutan Peter Jackson itu?Ide ini sepertinya membutuhkan perencanaan yang matang. Namun, Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek atau kontraktor pengembang rumah Anda, bukan? Selamat berkreasi.

Selamat mencoba 5 ide unik ini untuk memperindah desain rumah minimalis idaman pasangan yang baru menikah. Oh ya, selamat menempuh hidup baru juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse