4 Desain Ruang Tamu Terpopuler

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dilihat dari segi fungsi, ruang tamu adalah ruang yang digunakan untuk menerima tamu. Ruang tamu menjadi tempat pertama kali tamu dijamu oleh pemilik rumah. Karenanya, dalam tata ruang bangunan, ruang tamu selalu ditempatkan di sisi terdepan.

Memang, sebagian orang menggabungkan ruang tamu langsung dengan ruang keluarga, serta langsung menjamunya di ruang makan. Atau, beberapa orang lainnya mendesain ruang tamu berdekatan dengan ruang makan agar dapat dengan mudah menjamunya. Namun, pada dasarnya, ruang tamu tetap membutuhkan ruang tersendiri.

Karena akan menjadi ruang pertama yang dikunjungi oleh para tamu, ruang tamu memerlukan perhatian khusus terkait desain dan dekorasi agar dapat memberikan rasa nyaman. Selain itu, desain dan dekorasi sebuah ruang tamu juga akan mencerminkan karakter dari si pemilik rumah.

Itulah mengapa, penting bagi kamu untuk terlebih dulu menentukan konsep desain ruang tamu. Masih bingung soal desain? Jangan khawatir. Berikut Kania sajikan beberapa desain ruang tamu yang bisa kamu terapkan.

  1. Ruang Tamu Minimalis

ruang-tamu-minimalis

Ruang tamu minimalis sangat cocok untuk diterapkan pada rumah dengan lahan yang sempit. Sesuai dengan namanya, konsep minimalis sebisa mungkin mengoptimalkan fungsi dari setiap sisi ruangan. Kamu tidak perlu membutuhkan terlalu banyak furnitur atau perabot. Cukup dengan menggunakan furnitur sederhana tapi memiliki banyak fungsi.

Di sini kamu harus pandai-pandai menyesuaikan pemilihan furnitur dengan tata letak yang baik. Usahakan kamu memilih furnitur yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu memakan tempat. Jumlahnya pun tidak terlalu banyak, hanya seperlunya saja. Misalnya, untuk satu set sofa, kamu bisa memilih sofa dengan ukuran yang tidak terlalu besar, simpel, dan cocok untuk mendukung konsep dekorasi yang ingin kamu terapkan. Penataan furnitur yang pas dan tidak berlebihan tentu akan menjadikan ruang tamu kamu lebih indah dan rapi.

Untuk memberi kesan luas pada ruang tamu, kamu bisa menggunakan pembatas atau sekat ruangan, yang juga dapat difungsikan sebagai rak atau tempat untuk memajang foto, pernak-pernik, atau hiasan pemanis ruangan. Untuk bentuk pembatas atau sekat ruang ini, dapat kamu menyesuaikannya dengan keinginan dan gaya atau konsep dekorasi yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan ornamen dalam beragam bentuk sebagai aksen khas dari ruang tamu itu, misalnya bentuk bulat, elips, kotak-kotak, atau bentuk geometris lain.

Terkait penggunaan warna, karena ruang tamu adalah ruang yang memiliki sifat umum atau publik, kamu tidak boleh terlalu egois dalam menentukan warna ruangan. Untuk ruang tamu dengan konsep minimalis ini, hindari penggunaan warna yang terlalu norak dan terang, meski kamu menyukai warna tersebut.

Ingat, ruang tamu bukan ruang pribadimu, melainkan ruang yang juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi orang lain. Kamu bisa memilih warna-warna seperti putih, biru muda, biru tua, coklat muda, dan peach. Atau, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan warna gelap agar terlihat elegan dan menarik.

  1. Ruang Tamu Tanpa Sofa

ruang-tamu-tanpa-sofa

Di Indonesia, ruang tamu memang selalu identik dengan adanya satu set sofa yang nyaman. Namun, terkadang karena sempit dan terbatasnya ruang, penempatan satu set sofa justru memakan tempat. Alih-alih ruang tamu akan terlihat rapi dan indah, yang ada justru terkesan sesak dan sempit.

Kamu bisa menyiasatinya dengan desain ruang tamu tanpa sofa. Dengan kreativitas, kamu bisa mewujudkan ruang tamu yang indah dan elegan, meski tanpa adanya sofa yang besar. Kamu bisa menggunakan furnitur utama berupa karpet dan meja bundar atau kotak yang dikelilingi oleh bantal duduk khas ruang tamu Jepang.

Kamu juga bisa meniru konsep ruang tamu ala masyarakat India atau Timur Tengah, yang mana mereka menerima tamu tidak di atas kursi atau sofa, melainkan hanya di atas karpet. Jika tertarik dengan konsep ini, kamu bisa memilih karpet dengan corak India atau Timur Tengah yang biasanya berwarna merah atau merah maroon.

Sesuaikan luas karpet dengan luas ruangan. Tak lupa, beri sentuhan dengan ornamen ataupun pernak-pernik yang mendukung. Misalnya, pernak-pernik yang bisa kamu gantungkan atau tempelkan di dinding. Lengkapi dengan warna-warna lembut untuk mengimbangi warna karpet yang mencolok. Lalu, buat pencahayaan yang tidak terlalu terang untuk menampilkan kesan yang lebih elegan.

Untuk mendesain ruang tamu tanpa sofa ini, kamu juga bisa mengonsepnya layaknya resto atau kafe. Kamu bisa menghadirkan nuansa elegan melalui pernak-pernik seperti lampu gantung, atau lubang di dinding sebagai tempat untuk meletakkan tanaman hias pemanis ruangan.

Untuk pencahayaan, kamu juga bisa membuatnya remang-remang dengan menggunakan lampu LED hias dengan sorotan dari bawah. Sedangkan untuk warna, kesan elegan bisa kamu dapatkan melalui warna merah, coklat keemasan, atau krem. Warna merah akan menampilkan sisi elegan dengan sentuhan yang sedikit berani. Sementara warna krem dan coklat keemasan, akan menampilkan kesan elegan yang lembut.

  1. Ruang Tamu yang Simpel dan Chic

ruang-tamu-simple-chic

Konsep ini cocok untuk diterapkan pada ruang tamu yang sederhana dengan furnitur yang tidak terlalu besar. Kesan elegan bisa kamu tampilkan melalui ornamen-ornamen penghias ruang, seperti hiasan atau lukisan dinding. Ornamen ini akan meningkatkan nilai estetika di ruang tamu.

Yang perlu kamu perhatikan adalah kesesuaian antara hiasan dinding dengan furnitur utama ruang tamu. Jika kamu ingin meletakkan hiasan atau lukisan dinding yang cukup besar, pilihlah sofa atau kursi yang kecil untuk mengimbanginya. Begitu juga sebaliknya, jika kamu lebih memilih lukisan dinding yang kecil, seimbangkan dengan adanya furnitur yang agak besar agar ruang tidak terlalu terlihat kosong.

Untuk menambah kesan simpel namun chic, kamu bisa menambahkan karpet bulu sebagai penghias lantai, sofa dengan bantal kursi, dan meja dengan permukaan kaca. Agar lebih manis, kamu bisa menambahkan ornamen seperti bunga mawar yang diletakkan di atas meja, atau kamu juga bisa meletakkan tanaman hias di sudut ruangan. Untuk kesan lebih modern, kamu bisa menambahkan lampu gantung atau hiasan gantung dengan warna dan bentuk yang senada.

Untuk warna, jika kamu memilih warna putih atau warna lembut untuk warna cat dinding dan sofa, imbangi dengan warna yang lebih terang untuk ornamen lainnya agar tidak terlihat monoton dan mati.

  1. Ruang Tamu yang Manis

ruang-tamu-manis

Untuk menampilkan kesan indah dan manis pada ruang tamu, kamu bisa menggunakan konsep yang satu ini. Konsep ini menekankan pada pemilihan gambar atau motif penghias ruangan guna menampilkan nuansa yang indah, manis, dan nyaman. Kamu bisa memilih desain picture pada wallpaper sesuai dengan nuansa yang ingin kamu ciptakan.

Untuk ruangan dengan atap rendah, kamu bisa memilih wallpaper dengan motif vertikal, agar ruangan terlihat lebih tinggi. Pastikan warna atap atau plafon lebih terang dibandingkan warna dinding. Sementara itu, untuk ruang tamu dengan plafon yang cukup tinggi, kamu bisa menggunakan motif horizontal, untuk menampilkan kesan ruangan yang lebih luas. Lalu, pastikan warna plafon atau atap yang lebih gelap dibandingkan warna tembok atau dinding.

Demikian beberapa desain ruang tamu yang bisa kamu terapkan untuk rumah idamanmu. Selamat berkreasi ya.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse