Sarapan Tanpa Repot dengan Resep Oatmeal Pisang dan Selai Kacang yang Nendang

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apakah kamu termasuk tipe orang yang memulai pagi dengan sarapan? Kalau iya, good for you! Hal ini dikarenakan sarapan dapat menambah energi dan konsentrasi untuk menjalankan aktivitasmu seharian. Sebaliknya, kalau kamu merupakan tipe yang tidak suka sarapan, kira-kira apakah alasannya? Apakah karena kamu merasa kerepotan, tidak punya waktu atau buru-buru di pagi hari?

oatmeal, susu, dan chia seed di atas nampan coklat

shuttestock.com

Sebelumnya, Kania sudah pernah berbagi soal 10 cara memasak pancake. Namun, makanan tersebut mungkin memakan banyak waktu kamu di pagi hari.

Karena itu, kali ini Kania hadir dengan solusi sarapan sehat dan nikmat yang bisa kamu persiapkan di hari sebelumnya. Selain bisa menghemat waktu di pagi hari, resep yang satu ini juga bisa kamu persiapkan sekali dalam jumlah banyak dan dimakan untuk beberapa hari ke depan.

resep oatmeal overnight pisang dan peanut butter

youtube.com

Apakah itu? Jenis sarapan yang akan kita bahas adalah overnight oatmeal. Ya, berbeda dengan resep oatmeal yang biasa dimasak dengan air panas, resep oatmeal ini justru dimasak dengan cara didinginkan semalaman di kulkas. Saat disimpan di kulkas, oat akan menyerap cairan yang kamu campurkan dan akan menghasilkan oatmeal yang kental.

Sebenarnya untuk resep oatmeal ini, kamu bisa mengkombinasikan rasanya sesuai dengan keinginan kamu. Mulai dari campuran buah stroberi dan coklat, kopi dan karamel, buah apel dan kayu manis, dan sebagainya. Akan tetapi untuk resep oatmeal yang satu ini, Kania ingin membuat overnight oatmeal dengan rasa pisang dan selai kacang. Wah, benar-benar kombinasi resep oatmeal yang sempurna!

Sudah lapar dan tidak sabar membuat resep oatmeal tersebut? Ini dia resep overnight oatmeal dengan pisang dan selai kacang!

Bahan Resep Oatmeal Pisang dan Selai Kacang

overnight oatmeal pisang dan selai kacang di atas nampan coklat

shutterstock.com

Sebelum kita memulai memasak resep oatmeal ini, kamu harus menyiapkan beberapa bahan. Bahan-bahan resep oatmeal terbagi ke dalam dua jenis, bahan basah dan kering. Untuk bahan basah, kamu membutuhkan:

  • ½ buah pisang
  • 2 sdm selai kacang
  •  75 gr yoghurt rasa plain
  • 180 ml susu
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt ekstrak vanili

Setelah itu, siapkan tiga bahan kering untuk memasak resep oatmeal ini. Apa sajakah itu?

  • 90 gr oatmeal
  • 1 sdm chia seed (opsional)
  • 1 sdt bubuk kayu manis

Jika kamu kurang suka chia seed, kamu bisa tidak menyertakannya dalam resep oatmeal ini. Akan tetapi, kamu akan melewatkan manfaat jenis super food ini, yaitu mengurangi kolestrol, mengatasi diabetes, dan mengatasi radang. Menyertakan chia seed dalam resep oatmeal ini akan memaksimalkan fungsi oatmeal yang sehat juga.

Cara Membuat Resep Oatmeal Pisang dan Selai Kacang

overnight oatmeal pisang dan selai kacang di gelas kecil

skinnyms.com

Sudah siap membuat resep oatmeal dengan pisang dan selai kacang? Yuk, kita mulai!

  1. Di dalam sebuah mangkuk, lumatkan ½ buah pisang. Kemudian, tambahkan sisa bahan-bahan basah dan campurkan sampai lembut.
  2. Tambahkan bahan kering kemudian aduk sampai merata.
  3. Pindahkan ke wadah kedap udara. Kemudian taruh di kulkas minimal dua jam atau semalaman.
  4. Oatmeal pun siap disajikan dalam keadaan dingin.

resep oatmeal overnight pisang dan selai kacang di sebuah mangkuk

pinterest.com

Dengan resep oatmeal ini, kamu bisa mendapatkan dua mangkuk oatmeal. Oatmeal tersebut dapat bertahan selama 3-4 hari bila kamu simpan di dalam kulkas. Bila hasil dari resep oatmeal dirasa terlalu kental, kamu dapat menambahkan sedikit susu cair sebelum menyantapnya. Kamu juga bisa menambahkan topping seperti potongan buah pisang dan satu sendok selai kacang tambahan untuk rasa hasil resep oatmeal yang lebih nendang dan foto makanan yang lebih estetik.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi kalau harus buru-buru di pagi hari dan tidak bisa sarapan. Resep oatmeal ini memudahkan kamu sarapan. Hanya dengan membuka kulkas dan mengambil satu wadah oatmeal, sarapan pun tercukupi. Kamu bisa menikmatinya di perjalanan atau mungkin saat tiba di kantor sambil mengecek surel dari klien.

Selamat memasak dan menikmati resep oatmeal di atas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse