Lebih Praktis, Hilangkan Stres dengan Parfum Aromaterapi Buatan Sendiri

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Saat musim yang tidak menentu seperti ini, rasanya mau melakukan apapun terasa malas. Apalagi saat hujan mulai datang, langit menjadi kelabu dan mendung, ditambah jalanan becek. Suasana hati pun jadi ikutan down. Wah, kalau suasana sudah seperti ini, tingkat produktivitas bisa jadi menurun dan pikiran pun menjadi galau. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa kamu jadi stres dan hal ini harus dihilangkan.

seorang wanita sedang jenuh

shutterstock.com

Setiap orang tentunya memiliki cara menghilangkan stres yang berbeda-beda. Ada yang dengan melakukan meditasi, menonton film, membaca buku, bersih-bersih rumah, dan kegiatan lainnya. Akan tetapi, beberapa cara menghilangkan stres tersebut memaksa kamu untuk menyisihkan sebagian waktu. Bagaimana kalau kamu sedang sangat sibuk dan benar-benar memerlukan moodbooster saat itu juga?

empat minyak aromaterapi dalam botol kecil

etsy.com

Kania punya cara menghilangkan stres instan yang bisa membuat suasana hati kamu lebih baik yaitu dengan parfum aromaterapi buatan sendiri. Memangnya bisa membuat parfum sendiri? Bukannya ribet? Jawabannya, tentu saja tidak!

Saat ini, bahan-bahan untuk membuat parfum aromaterapi sendiri tidaklah sulit ditemukan. Bahan utama yang akan kita gunakan adalah essential oil. Dengan kepopuleran essential oil, belakangan ini produk tersebut menjadi mudah dicari. Sebelum membuat aromaterapi sendiri, ada baiknya kita mengenal essential oil dengan lebih dalam. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini!

Apa essential oil itu?

tiga essential oil dikelilingi bunga-bunga

shuterstock.com

Essential oil dikenal memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Manfaatnya pun berbeda-beda tergantung jenis yang kamu gunakan. Essential oil terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kebersihan, perawatan kulit, dan tentunya ketenangan jiwa serta relaksasi. Selain itu, tidak perlu diragukan lagi bahwa essential oil memiliki wangi yang menenangkan dan menyegarkan. Essential oil juga terbuat dari bahan organik sehingga aman untuk digunakan oleh hampir semua orang.

Cara mengaplikasikan essential oil sendiri beragam. Ada yang mengaplikasikannya langsung ke bagian tubuh tertentu, menuangkan beberapa tetes ke dalam diffuser, atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk aroma yang lebih menenangkan. Nah, dalam cara menghilangkan stres ini, kita akan mengkombinasikan beberapa jenis essential oil untuk menciptakan wangi yang sempurna.

Apa carrier oil itu?

empat carrier oil dengan sumber minyaknya

google.com

Selain essential oil, salah satu bahan yang tidak kalah penting adalah carrier oil. Istilah carrier oil mungkin sesuatu yang agak asing bagi kamu, tapi bagaimana dengan minyak kelapa? Kamu pasti sudah sering mendengarnya, bukan?

Pada dasarnya, carrier oil adalah minyak yang dihasilkan dari bagian lemak sayur-sayuran, seperti dari bagian biji dan kacang-kacangan. Jadi bisa dibilang, carrier oil ini semacam minyak sayur. Contoh carrier oil yang bisa kamu temukan dengan mudah adalah minyak kelapa, olive oil, minyak jojoba, minyak dari kacang seperti almond, kacang tanah, dan macadamia.

Baiklah, setelah mengenali bahan-bahan utamanya, sekarang saatnya kita bereksperimen dengan dua kombinasi minyak aromaterapi.

Cara Menghilangkan Stres dengan Parfum Aromaterapi

Kania akan membagikan dua cara kombinasi parfum aromaterapi yang bisa kamu coba, yaitu kombinasi vanila dengan mawar dan jeruk dengan mint. Tak perlu khawatir, Kania akan mengajarkan langkah demi langkah. Yuk, kita mulai!

Parfum Aromaterapi dari Vanila dan Mawar

kelopak mawar kering dan beberapa batang vanila

shutterstock.com

Kombinasi vanila dan mawar bisa menghadirkan aroma yang lembut dan cocok untuk menghilangkan rasa gelisah dan kecemasan. Siapkan kelopak-kelopak mawar dan lavender segar atau yang sudah dikeringkan, satu batang vanila, dan carrier oil. Pertama, campurkan kelopak mawar, lavender, dan vanila di dalam sebuah toples. Tuangkan carrier oil secukupnya sampai bahan-bahan tersebut terendam. Kania menyarankan sekitar 100 ml carrier oil kamu gunakan pada parfum aromaterapi ini.

Kamu bisa menambahkan beberapa tetes essential oil lavender untuk wangi yang lebih maksimal. Setelah itu, tutup toples tersebut dan diamkan campuran parfum aromaterapi ini selama dua sampai enam minggu. Semakin lama kamu membiarkannya, wangi parfum aromaterapi tersebut akan semakin kuat.

minyak aromaterapi di botol dekat vanila dan kelopak mawar kering

helloglow.com

Usahakan untuk mengocoknya sesekali supaya minyak tersebut dapat menyerap wangi bunga dan vanila secara merata. Kania juga menyarankan kamu untuk menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah dirasa cukup wangi, saring campuran aromaterapi tersebut, pisahkan dari kelopak bunga dan batang vanila.  Tuangkan sisa cairannya ke dalam botol parfum.

Parfum Aromaterapi dari Kulit Jeruk dan Mint

kulit jeruk dan daun mint dalam mangkuk kayu

shutterstock.com

Wangi buah-buahan citrus semacam jeruk dan lemon selalu meningkatkan semangat dan memberikan tambahan energi. Untuk wangi yang semakin menyegarkan, tentunya daun mint bisa menjadi pelengkap yang tepat! Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah parutan halus kulit jeruk, daun mint, essential oil orange (jeruk), carrier oil, dan essential oil peppermint. 

Campurkan parutan kulit jeruk dan mint di dalam sebuah toples. Tuangkan carrier oil sekitar 100 ml hingga bahan-bahan tersebut terendam. Karena campuran ini tidak memiliki wangi yang terlalu kuat, kamu dapat menambahkan lima tetes essential oil orange (jeruk) dan satu hingga dua tetes essential oil peppermint.

parfum aromaterapi dari mint dan kulit jeruk

helloglow.com

Kemudian, tutup toples dan diamkan campuran ini selama dua sampai minggu. Sama dengan parfum aromaterapi campuran vanila dan mawar, diamkan dengan waktu yang lama supaya aroma parfum aromaterapi semakin kuat. Jangan lupa juga untuk mengocok campuran aromaterapi tersebut sesekali supaya wanginya merata.

Saat didiamkan, jangan taruh di bawah sinar matahari langsung. Jika sudah cukup wangi, pisahkan parfum aromaterapi dan bahan padat dan tuangkan minyak parfum aromaterapi ke dalam botol.

Itu dia dua kombinasi parfum aromaterapi yang dapat membantu kamu menghilangkan stres dan tentunya membuat hari-harimu jadi lebih semangat. Tentu saja, kombinasi parfum aromaterapi ini tidak terbatas hanya di dua jenis tersebut. Kamu bisa membuat parfum sesuai dengan wangi yang kamu inginkan.

dua parfum aromaterapi dalam botol kecil

pinterest.com

Dengan adanya berbagai macam essential oil dan juga bahan-bahan alami dengan wangi yang unik, kemungkinan kombinasi parfum ini sungguh tidak terbatas! Kamu hanya perlu menemukan wangi yang sesuai dengan kepribadian kamu. Kamu juga sangat diperbolehkan bereksperimen memadukan aneka ragam elemen alam yang memiliki wangi menenangkan demi pikiran yang tenang dan jauh dari stres. Pekerjaan pun menjadi lancar dan kamu lebih produktif.

Perlu diingat bahwa wangi parfum ini tentunya tidak sekuat wangi parfum yang dijual di pasaran. Karena bagaimana pun juga, parfum aromaterapi menggunakan bahan-bahan organik tanpa elemen kimia sehingga lebih natural. Yang menyenangkan adalah karena membuatnya sendiri, kamu bisa dengan mudah membagi-baginya ke beberapa botol berbeda. Dengan botol yang berukuran lebih kecil, kamu bisa membawanya dengan efisien ketika berpergian.

parfum aromaterapi dikelilingi kelopak bunga pink

shutterstock.com

Jadi ketika kamu sedang penat sekali dan mencari cara menghilangkan stres yang cepat, kamu tinggal menyemprotkan ke tubuh dan menghirup aromanya. Dengan itu, aktivitasmu dapat berjalan dengan lebih lancar dan pikiranmu juga bisa lebih tenang tanpa gangguan.

Bagaimana? Sudah siap untuk bermain dengan berbagai elemen beraroma harum? Selamat berkreasi!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse