Ini Dia 10 Resep Cemilan Sehat yang Bisa Kamu Siapkan di Akhir Pekan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Saat ini, yang namanya hidup sehat tidak hanya menjadi sebuah tren, namun juga gaya hidup. Kania juga sangat semangat untuk turut mengaplikasikan gaya hidup sehat ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Kalau biasanya banyak jajan gorengan atau makan makanan bermicin, kali ini Kania ingin mencoba mengimbanginya dengan makan makanan yang sehat.

Akan tetapi dengan kesibukan bekerja, tidak bisa dipungkiri ya kalau mempersiapkan makanan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tapi jangan khawatir! Kania punya tidak hanya satu, bukan dua, tapi 10 resep cemilan sehat yang mudah dan cepat.

 

resep-cemilan-sehat.jpg

 

Menariknya, resep cemilan sehat ini bisa kamu siapkan sekaligus di satu waktu di akhir pekan dan menjadi bekal untuk seminggu ke depan. Prinsipnya serupa dengan resep overnight oatmeal yang sempat Kania bagikan sebelumnya. Nah, kalau kamu sudah mulai bosan dengan oatmeal yang kemarin dan sudah mencoba resep smoothie ini juga, mungkin itu tandanya kamu harus mencoba resep cemilan sehat yang satu ini. Ups, maksud Kania, yang sepuluh ini, hihi. Jadi kamu nggak akan cepat bosan deh. Ini dia cara membuatnya!

 

Resep Cemilan Sehat 1: Kol, Brokoli dan Saus Salad Yogurt

resep-cemilan-sehat (12).jpg

Cuci kol dan brokoli kemudian potong-potong mengikuti bentuk bunganya. Kemudian isi 2/3 bagian dari toples. Isi mangkuk kecil dengan saus salad dari campuran satu sendok makan yogurt, sedikit lada, garam dan bawang putih yang dicincang halus.

Cemilan ini juga cocok untuk kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan loh. Untuk kol dan brokoli ini, kamu bisa menyimpannya sampai 5 hari.

 

Resep Cemilan Sehat 2: Keju dan Buah-buahan

resep-cemilan-sehat (11).jpg

Untuk cemilan ini, kamu sebaiknya menggunakan cottage cheese. Namun kalau sulit mencarinya, kamu juga bisa menggunakan cream cheese atau krim keju yang light (ringan). Tuangkan 2-3 sendok makan krim keju ke dalam toples. Kemudian isi mangkuk kecil dengan buah-buahan yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan mangga, nanas, jeruk, beri dan bahkan tomat.

Cemilan ini bisa disimpan sampai dengan 3 hari di kulkas. Saat ingin memakannya, kamu cukup menuangkan buah-buahan dari mangkuk kecil ke dalam krim keju. Kalau kamu bukan penggemar berat keju, kamu juga bisa menggantinya dengan yogurt.

 

Resep Cemilan Sehat 3: Yogurt, Beri dan Granola

resep-cemilan-sehat (7).jpg

Masukkan yogurt sampai sekitar setengah toples kemudian tambahkan beberapa buah beri seperti stroberi, blueberry atau raspberi. Kamu juga bisa menambahkan biji delima untuk memberikan tekstur yang lebih garing. Isi mangkuk kecil dengan granola secukupnya.

Sama seperti cemilan sebelumnya, yogurt dan granola ini dapat bertahan sampai 3 hari di dalam kulkas. Kalau sudah waktunya untuk nyemil, kamu tinggal tuangkan granola ke atas yogurt deh. Yum!

 

Resep Cemilan Sehat 4: Apel dan Keju Balok

resep-cemilan-sehat (10).jpg

Potong-potong buah apel menjadi irisan tipis. Untuk menjaga warnanya supaya tidak berubah menjadi coklat, kamu bisa merendam potongan apel tersebut ke air garam atau campuran air dengan perasan lemon. Isi mangkuk kecil dengan beberapa potong balok keju.

Cemilan ini dapat memberikan kombinasi rasa yang menarik dari apel yang segar dan garing serta keju yang asin. Jangan lupa taruh di kulkas supaya cemilan ini bisa bertahan sampai 5 hari.

 

KDA-318.jpgZHR-28.jpgMMT-68.jpg

Kedaung Toples DIJ-0.9DTLZahra99 Pisau BuahClaris Talenan Delica Merah

 

Resep Cemilan Sehat 5: Mentimun dan Bola Coklat atau Oatmeal

resep-cemilan-sehat (6).jpg

Persiapkan mentimun dengan mencucinya terlebih dahulu kemudian diiris memanjang seperti stik. Kemudian isi mangkuk kecil dengan bola-bola coklat seperti resep ini. Supaya lebih sehat, tambahkan oatmeal ke dalam resep tersebut. Tapi kalau sesekali makan makanan manis rasanya nggak masalah ya, hihi.

Mentimun yang sudah dipotong tidak berlahan selama cemilan-cemilan lainnya. Karena itu ada baiknya kamu memakan cemilan ini duluan untuk menjaga kerenyahannya. Tapi jangan khawatir karena cemilan ini tetap dapat bertahan sekitar 3 hari di kulkas.

 

Resep Cemilan Sehat 6: Batang Seledri dan Selai Kacang

resep-cemilan-sehat (9).jpg

Hah? Batang seledri jadi cemilan? Eits, jangan salah. Batang seledri juga bisa menjadi cemilan yang nikmat loh! Seperti biasa, cuci terlebih dahulu, dan potong menjadi stik (sekitar 6 cm) supaya muat di dalam toples. Isi mangkuk kecil dengan 1-2 sendok makan selai kacang.

Yap, kamu pasti tidak akan menyangka kan kalau selai kacang pun dapat dinikmati dengan sayuran! Mungkin saat memakainya di resep oatmeal kemarin kamu sudah biasa. Tapi dengan sayuran? Wah, rasa baru yang patut dicoba nih! Lebih asyiknya lagi, cemilan ini bisa bertahan sampai seminggu loh di kulkas!

 

Resep Cemilan Sehat 7: Anggur dan Kacang-kacangan

resep-cemilan-sehat (4).jpg

Setelah mencuci anggur, lepaskan buah dari tangkainya. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis anggur seperti anggur hijau dan ungu bersamaan atau hanya memakai satu jenis saja. Isi mangkuk kecil dengan kacang-kacangan kesukaanmu. Kalau di foto ini, yang digunakan adalah kacang arab yang dipanggang.

Cemilan ini pas saat kamu membutuhkan sesuatu yang garing-garing tapi galau ingin sesuatu yang manis, asam, atau asin, hihi. Jangan lupa taruh di kulkas ya! Cemilan ini bisa bertahan sampai 5 hari.

 

Resep Cemilan Sehat 8: Jeruk dan Kacang Pistachio

resep-cemilan-sehat (5).jpg

Saat Imlek kemarin, Kania punya stok jeruk yang cukup banyak sampai-sampai Kania membuat kulitnya menjadi manisan jeruk, hihi. Kalau kamu juga bernasib sama dengan Kania, kamu bisa mencoba kombinasi cemilan ini.

Kupas kulit jeruk dan lepaskan supaya tidak menempel satu sama lain kemudian tempatkan ke dalam toples. Isi mangkuk kecil dengan kacang pistachio atau kacang lain yang ada di lemari dapur kamu. Taruh di dalam kulkas dan cemilan ini pun dapat bertahan sampai 5 hari deh.

 

Resep Cemilan Sehat 9: Apel, Coklat dan Kacang

resep-cemilan-sehat (13).jpg

Sama seperti resep ke-4 tadi, potong apel menjadi irisan tipis dan jangan lupa direndam ke air garam atau air lemon supaya tidak cepat berubah warna. Isi mangkuk dengan kombinasi coklat dan kacang kesukaanmu. Supaya tetap sehat, pilihlah dark chocolate dan juga kacang seperti almond atau walnut.

Kalau kombinasi rasa yang sebelumnya adalah segar dan asin. Kali ini kamu bisa mendapatkan rasa yang segar, asam dan manis sekaligus. Cemilan ini bisa bertahan sampai 5 hari juga loh.

 

Resep Cemilan Sehat 10: Paprika, Wortel dan Saus Salad

resep-cemilan-sehat (8).jpg

Cuci dan iris paprika serta wortel menjadi irisan tipis. Jangan lupa untuk membersihkan paprika dari bijinya ya. Isi mangkuk kecil dengan saus salad kesukaanmu. Bisa menggunakan mayones, thousand island, atau saus salad hasil kreasimu sendiri.

Cemilan ini bisa bertahan sekitar 5 hari. Tapi kalau kamu hanya menggunakan wortel dan tidak memasukkan paprika, cemilan ini bisa bertahan sampai satu minggu. Kania sarankan kamu menggunakan wortel yang standar dan bukan baby carrot atau wortel kecil. Hal ini karena wortel kecil cenderung lebih mudah rusak. Tapi kalaupun kamu menggunakan wortel kecil pun, kamu tetap bisa menyantapnya dalam jangka waktu 3 hari.

 

resep-cemilan-sehat (1).jpg

 

Sebenarnya ketimbang disebut sebagai resep, Kania rasa, kombinasi makanan di atas lebih cocok disebut sebagai ide dan tips ya, hihi. Kamu bisa banget menggonta-ganti kombinasinya atau menyesuaikan rasanya sesuai dengan keinginanmu. Pakai saja yang sudah ada di kulkas atau lemari dapur kamu sebagai bentuk eksperimen. Kalau kamu nyaman dengan teknik resep cemilan sehat ini, kamu bisa mempraktekkannya lagi di minggu-minggu berikutnya.

Ide-ide cemilan ini benar-benar mudah sekali bukan? Bahkan bisa bersaing dengan mudahnya cheese platter ini, hihi. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya mulai mengecek isi kulkas untuk mempersiapkan cemilan sehat di akhir pekan ini!

Selamat berkreasi!

 

Sumber dari Bless This Mess

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse