TINGKAT KEEMPUKAN KASUR

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kasur Empuk vs Kasur Keras adalah topik yang agak tricky. Hal ini karena tingkat keempukan kasur sebenarnya subjektif bagi setiap orang. Setiap orang tentunya memiliki perspektif dan pengertian yang berbeda-beda mengenai tingkat keempukan ini. Karena itu, Kania akan membantu menjabarkan beberapa hal yang berhubungan dengan tingkat keempukan ini.

APA ITU TINGKAT KEEMPUKAN KASUR

 

Tingkat keempukan kasur dapat diukur dengan apa yang kamu rasakan saat pertama kali berbaring di atas kasur. Ketika kamu pertama kali berbaring, kasur dapat kembali membal ke atas dengan permukaan yang keras. Kasur seperti inilah yang termasuk jenis kasur keras.

Ada pula kasur jenis lain yang nyaman seperti kapas awan. Ketika berbaring di kasur ini untuk pertama kalinya, kasur tersebut tidak akan membal lagi. Sebaliknya kasur tersebut dapat mengikuti bentuk tubuh kamu.

Terakhir, ada juga kasur yang merupakan perpaduan antara kasur keras dan kasur empuk. Kasur tersebut merupakan kasur dengan tingkat keempukan medium.

Supaya kamu bisa menilainya dengan lebih objektif, Kania akan menjabarkan beberapa jenis tingkat keempukan kasur berdasarkan penilaian angkanya.

1 dari 10, absurdly soft. Kasur ini sangat sangat lembut sampai kasur membenam jauh ke dalam. Kasur jenis ini tidak memiliki penopang sama sekali. Pada prakteknya, tidak ada kasur dengan level keempukan seperti ini.

2 dari 10, ultra soft. Kasur ini hanya sedikit lebih keras dibandingkan level 1 namun tetap tidak memiliki penopang yang cukup. Pada prakteknya, tidak ada pula kasur dengan level keempukan seperti ini.

3 dari 10, very soft. Kasur ini lumayan empuk dan membenam ke dalam ketika ditiduri. Bahan utama kasur ini biasanya menggunakan topper pillow top yang mengandung foam/busa.

soft-1.pngSoft

4 dari 10, soft. Kasur ini empuk dan terasa lebih seimbang. Kasur dengan level 4 ke atas mulai memiliki penopang yang cukup baik.

medim-soft.pngMedium Soft

5 dari 10, medium soft. Kasur ini sedikit empuk namun tetap seimbang. Kasur ini tidak terlalu membenam ketika kita berbaring.

medium-1.pngMedium

6 dari 10, medium. Kasur ini cocok untuk kamu yang bingung menentukan antara kasur empuk dan keras. Atau mungkin untuk kamu yang berbagi kasur dengan pasangan dan masing-masing memiliki preferensi yang berbeda. Hal ini karena kasur dengan tingkat keempukan medium ini tidak terlalu empuk dan juga tidak terlalu keras.

medium-firm.pngMedium Firm

7 dari 10, Medium firm. Kasur ini mulai termasuk kategori kasur yang keras. Kasur ini hanya akan sedikit membenam ketika kamu berbaring.

firm-1.pngFirm

8 dari 10, firm. Kasur ini keras dan tidak akan mengikuti bentuk tubuh saat digunakan. Kania merekomendasikan kasur ini untuk posisi tidur telentang atau tengkurap.

extra-firm.png Extra Firm

9 dari 10, extra firm. Kasur ini sangat keras dan hampir tidak terbenam sama sekali. Kasur ini memiliki dorongan yang kuat sehingga permukaannya akan tetap rata ketika kamu berbaring.

10 dari 10, ultra firm. Kasur ini sangat sangat keras dan kaku. Saat berbaring, kasur tidak akan terbenam sama sekali. Pada prakteknya, tidak ada kasur dengan tingkat keempukan ini.

BAGAIMANA CARA MENENTUKAN TINGKAT KEEMPUKAN YANG HARUS KAMU PILIH?

 

POSISI TIDUR

Miring. Untuk kamu yang sering tidur dengan posisi miring, tipe kasur yang cocok adalah kasur dengan tingkat keempukan soft atau medium. Kasur dengan level 3-5 dapat mengikuti bentuk tubuh kamu ketika berbaring sehingga kamu tidak akan sakit pinggang saat bangun tidur.

Tengkurap. Tidur dengan posisi tengkurap seringkali menyebabkan rasa sakit di bagian bawah punggung. Karena itu, kamu membutuhkan kasur dengan tingkat keempukan medium sampai slightly firm. Kasur dengan level 5-9 dapat membantu menjaga kesehatan tulang belakang kamu.

Telentang. Jika kamu biasanya berbaring dengan posisi telentang, kamu mungkin saja merasakan sakit di bagian punggung atau leher. Hal ini bisa jadi disebabkan karena pemilihan kasur yang kurang tepat. Kania merekomendasikan kasur dengan tingkat keempukan slightly soft, medium sampai moderately firm. Ini berarti kamu dapat memilih kasur dari level 4-8.

BERAT BADAN

Berat Badan Ringan. Untuk kamu yang berbobot ringan, kamu akan merasakan bagian permukaan kasur saat berbaring, bukan bagian dasarnya. Karena itu kamu bisa memilih tingkat keempukan kasur sesuai dengan keinginanmu karena kasur tidak akan terlalu terbenam saat kamu berbaring.

Berat Badan Berat. Untuk kamu yang berbobot lebih berat, saat kamu berbaring, kasur dapat terbenam lebih dalam. Karena itu, sebaiknya kamu memilih kasur yang sedikit lebih keras dari tingkat keempukan yang kamu inginkan. Hal ini supaya kasur kamu tidak cepat terbenam dan bisa bertahan lebih lama.

Itu dia penjelasan keempukan kasur yang ada dan faktor-faktor yang perlu kamu pikirkan dalam memilih keempukan kasur. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan. Nah, seperti apa jenis kasur yang sesuai untuk kamu?

Selamat memilih!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse