Memilih Kasur yang Tepat untuk Tidur Berkualitas

Dengan waktu tidur ideal 8 jam per hari, pada umumnya manusia akan menghabiskan sepertiga usianya di atas kasur. Cukup lama, bukan? Sadar atau tidak kita memang banyak menghabiskan waktu di kamar tidur, terutama di atas kasur. Oleh karena itu, kasur yang kita gunakan sehari-hari tentu berpengaruh terhadap kelancaran aktivitas kita sehari-hari.

Kasur yang berkualitas juga akan memperbaiki kualitas tidur kita. Semakin baik kualitas tidur setiap malamnya, tentu semakin produktif kita di siang hari.

Itulah mengapa tidak salah jika menyatakan kasur sebagai salah satu investasi jangka panjang, karena biasanya kita akan memakai kasur yang sama selama 10 tahun dan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan kita di masa depan.

Saat ini, bagaimana kualitas tidurmu? Apakah kamu pernah merasa sulit tidur? Sering terbangun tiba-tiba di malam hari dan mengalami sakit pinggang?

Masalahnya mungkin bukan hanya di dalam tubuh kamu, tetapi pada tempat tidur juga. Bentuk fisik dari kasur lama mungkin tidak selalu tampak jelas perubahannya, sehingga kamu kurang yakin kapan perlu mengganti kasur.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat kamu perhatikan untuk menentukan apakah sudah saatnya kasur lama diganti dengan yang baru, antara lain:

  • Kasur telah berusia lebih dari 10 tahun
  • Kamu sering terbangun dengan nyeri atau linu pada pinggang, punggung, atau bahu
  • Kamu menghabiskan lebih dari 15 menit untuk menemukan posisi tubuh yang nyaman di atas kasurmu sendiri sebelum akhirnya berhasil tidur
  • Kamu merasa kasur atau tempat tidur lain lebih enak dan terasa nyaman, serta mampu membuatmu terbangun dengan perasaan lebih segar.

Salah satu masalah ini mungkin muncul sebagai tanda bahwa Anda perlu membeli kasur baru.

Bagaimana cara memilih kasur yang tepat?

Kania akan berikan beberapa saran dalam memilih kasur yang tepat untuk tubuhmu, baca sampai selesai yuk!

 

Tips Memilih Kasur


Kenyamanan adalah Prioritas Utama

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan saat membeli kasur adalah kenyamanan. Selama Anda masih merasa tidak nyaman di atas kasur, tentu Anda tidak dapat mengharapkan tidur yang berkualitas. Maka ketika Anda memilih kasur, penting untuk mencoba duduk atau tidur di atasnya. Bukan sesuatu yang aneh untuk mencoba kasur di toko sebelum membelinya.

Hal tersebut penting karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan tidak ada kasur yang dibuat untuk memenuhi semua kebutuhan itu. Kebutuhan seseorang akan tergantung pada bentuk dan berat tubuh, jadi pastikan Anda merasa nyaman dengan cara mencoba kasur sebelum membelinya.

Jika Anda tidak dapat menemukan posisi yang nyaman setelah mencoba duduk atau berbaring di atasnya, itu mungkin bukan kasur yang tepat untuk Anda. Anda harus mencoba jenis atau model kasur yang lain. Pilihan kasur Anda memang tidak akan menyembuhkan insomnia atau penyakit yang membuat Anda susah tidur, tapi kasur yang tidak nyaman atau tidak sesuai dengan kebutuhan Anda akan menambah masalah tidur tersebut.

Satu hal lagi yang mungkin perlu Anda perhatikan mengenai kenyamanan. Jika Anda tidur bersama pasangan, Anda perlu mengajak pasangan untuk memilih kasur yang akan dibeli. Sehingga Anda dan pasangan dapat memastikan kasur yang dibeli nyaman dan cukup untuk Anda berdua.

Baca selengkapnya: Kapan Saya Harus Mengganti Kasur?

Perhatikan Ukuran Kasur

Pertimbangkan lebih dari satu ukuran kasur. Meskipun kamu tidur sendiri, bukan berarti harus membeli kasur ukuran single.

Jika kamu memang membutuhkan permukaan yang luas untuk menambah kenyamanan tidur, pilihlah kasur dengan ukuran double.

Hal yang harus diingat bahwa ukuran bukan hanya berarti lebar, tetapi juga tinggi kasur. Idealnya kasur harus lebih tinggi 10 sampai 15 cm dari tinggi badan kamu.

Tidak ada standar universal yang mengatur ukuran atau nama jenis kasus, sehingga tidak ada yang menjamin penggunaan istilah King, Queen, Double, King Single atau Single antara satu merek dengan merek lainnya merujuk pada ukuran yang sama. Setiap produsen kasur memiliki sistem ukuran yang berbeda-beda.

Memilih Kasur yang Tepat untuk Tidur Berkualitas
Bed Size Chart by Sleep Train

Sesuaikan dengan Ukuran Kamar Tidur Anda

Poin sebelumnya berkaitan dengan poin ini. Meskipun kamu menginginkan tempat tidur dengan ukuran King, kamu tidak mungkin membelinya jika ruangan kamarmu sempit atau terlalu kecil.

Tentu saja kamu perlu menyisakan ruang yang cukup agar tetap dapat nyaman beraktifitas di kamar, jangan sampai ukuran kasurmu menutupi akses untuk membuka jendela, lemari, menggunakan meja rias, atau tidak menyisakan ruang untuk menyimpan barang.

Jangan lupa kamu juga masih perlu membuka pintu kamar! Terdengar konyol memang, namun banyak yang membuat kesalahan perhitungan ukuran kamar karena tidak memperhitungkan ruang untuk membuka pintu.

Jadi, sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran kamar kamu. Jika kamu memang menginginkan kasur yang lebar namun tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli ranjang dengan model storage bed, dengan begitu kamu akan memiliki kasur yang luas dan ruang yang cukup untuk menyimpan barang.

Ada Harga, Ada Barang

Kasur yang terbaik tidak selalu yang termahal, tapi mungkin juga bukan yang termurah. Ingat, kemungkinan rendahnya harga akan menurunkan tingkat kenyamanan kasur.

Kamu dapat meminta pendapat orang lain mengenai suatu produk atau melihat ulasan produk jika berniat membelinya secara online.

Terdapat banyak sekali pilihan jenis kasur yang dapat ditemukan temukan di toko-toko saat ini. Anda dapat menemukan pilihan kasur berdasarkan bahannya, seperti kasur kapuk, spring bed, kasur lateks, hingga memory foam.

Brand terpopuler saat ini adalah spring bed Airland, namun sebelum membeli, ada baiknya kamu memeriksa kualitas pegas yang menahan busanya; semakin rapat, semakin baik dalam menopang tubuh.

Sementara kasur lateks lebih elastis dibanding kasur spring bed dan lebih baik dalam hal meredam goncangan tubuh. Kamu dapat membaca penjelasan mengenai perbandingan spring bed dan kasur lateks selengkapnya di sini.

 

Memilih Kasur yang Tepat untuk Tidur Berkualitas
Bed Illustration from Housing Estate

Selain bahannya kamu juga dapat bertanya lebih detil mengenai fitur kasur yang hendak dibeli. Sudah banyak saat ini beberapa produsen kasur yang mengeluarkan kasur dengan teknologi yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pembeli, seperti kasur dengan teknologi khusus yang dapat meredam hawa panas dari tubuh selama tidur.

Ada juga yang dilengkapi 3D Fabric yang menjanjikan kualitas tidur lebih nyaman, hingga teknologi kasur yang memiliki daya topang ekstra untuk menunjuang keseharan tulang punggung pemakainya.

Banyak orang yang membuat kesalahan dengan membeli kasur saat itu juga. Untuk menemukan kasur yang tepat, kamu dapat membuat riset terlebih dahulu. Tanya pada teman, coba beberapa macam model kasur di toko, tidur di hotel yang bagus untuk mencoba kasurnya, dan banyak cara lain untuk menemukan kasur yang kamu idamkan selama ini.

Sebagai saran tambahan, jangan membeli kasur saat kamu sedang lelah atau mengantuk, karena saat seperti itu semua kasur akan terasa nyaman.

Jika Anda memilih untuk berbelanja kasur secara online, dekoruma menyediakan berbagai macam jenis kasur untuk kebutuhan tidurmu. Temukan kasur yang tepat untukmu dengan harga termurah sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse