Kasur Lateks atau Memory Foam? Yuk, Cari Tahu Perbedaan Keduanya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tidur sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang, karena dengan tidur Anda dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental tubuh Anda. Selain itu dengan tidur yang baik akan mampu menghilangkan rasa lelah pada tubuh untuk tampil kembali segar keesokan harinya. Lamanya waktu tidur yang disarankan ialah tujuh hingga delapan jam sehari. Namun, ada sebagian orang yang membutuhkan tidur hingga sembilan jam sehari.

Kualitas tidur yang baik bisa didapatkan dari makanan yang sehat, olahraga rutin, waktu tidur yang teratur. Selain itu, hal lain yang mampu menunjang kualitas tidur seseorang adalah dengan tidur di kasur yang nyaman yang mampu membuat tidur Anda tidak terganggu. Terdapat banyak jenis kasur yang tersebar di pasaran saat ini. Untuk artikel kali ini, Kania akan membahas hanya dua jenis kasur saja, yaitu jenis memory foam dan lateks.

Kasur Memory Foam

Kasur Lateks atau Memory Foam? Yuk Cari Tahu Perbedaan Keduanya

Material memory foam berasal dari busa vicoelastic yang begitu padat, pada awal mula ditemukannya, material ini dikembangkan sebagai tempat duduk astronot karena memiliki kemampuan dalam mengurangi gaya gravitasi yang sangat kuat pada saat pesawat lepas landas. Namun, belakangan ini material memory foam sudah mulai digunakan pada bahan pembuat kasur.

Apa saja kelebihan dan kekurangan kasur memory foam?

Kelebihan

  • Mampu mengikuti bentuk tubuh – strukturnya yang padat mampu menopang tubuh dengan baik. Selain itu, material memory foam ini mempunyai kelebihan mengikuti bentuk tubuh dari penggunanya. Elastisitas yang dimiliki membuatnya mampu kembali ke posisi semula saat tidak digunakan.
  • Baik untuk tulang belakang – untuk mereka yang memiliki masalah pada tulang belakang, memory foam adalah pilihan yang terbaik.
  • Awet – kelebihan lain yang dimiliki memory foam adalah memiliki tingkat kewaten yang tinggi mampu bertahan selama beberapa tahun pemakaian.
  • Antisipasi terhadap gerakan – terkadang gerakan teman tidur akan membuat Anda terganggu, namun hal ini tidak akan dirasakan pada material memory foam. Gerakan teman tidur tidak akan akan mempengaruhi anda.
  • Anti jamur – jamur yang menempel pada kasur tentu akan menganggu kualitas tidur Anda. Memory foam adalah salah satu jenis kasur yang dikenal sebagai yang anti jamur

Kekurangan

  • Harga mahal –dari segi harga memang material memory foam dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Namun dari segi kualitas tidak perlu dikhawatirkan lagi, memory foam memiliki kualias yang cukup baik.
  • Struktur padat – material yang satu ini memiliki struktur yang padat yang dapat menjadi kekurangannya juga, bagi sebagian orang material memory foam ini terasa cukup keras.
  • Terasa panas – memory foam mampu menyimpan panas tubuh, sehingga semakin lama ditiduri akan membuatnya semakin terasa panas.

Kasur Lateks

Kasur Lateks atau Memory Foam? Yuk Cari Tahu Perbedaan Keduanya

Lateks merupakan material yang terbuat dari karet alami. Lateks memiliki kemampuan seperti memory foam yang mampu menopang tubuh pemakainya. Namun, berbeda dengan memory foam yang menyimpan panas tubuh pemakainya, lateks memliki sirkulasi udara yang sangat baik yang memberikan sensasi sejuk dalam tidur yang tentunya akan menambah kenyamanan waktu tidur Anda.

Karena kualitasnya lateks menjadi sangat populer belakangan ini, namun kepopuleran dari lateks dimanfaatkan oleh sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memasarkan lateks palsu. Untuk itu Kania sarankan beli kasur lateks di Dekoruma. Dekoruma menyediakan lateks asli bergaransi dengan kualitas terbaik.

Layaknya material lainnya, lateks pun memiliki kelebihan dan juga masih terdapat beberapa kekurangan. Simak bahasannya di bawah ini:

Kelebihan

Kasur Lateks atau Memory Foam? Yuk Cari Tahu Perbedaan Keduanya

  • Pertukaran udara baik – jika dibandingkan dengan memory foam yang semakin lama ditiduri akan semakin panas, maka lateks tidak seperti itu. Material ini memiliki sirkulasi udara yang baik yang tidak membuat anda merasa panas dan gerah saat tidur.
  • Anti Bakteri dan Jamur – terbuat dari serat alami membuat terbebas dari jamur dan bakteri lainnya. Bakteri dan jamur pada kasur akan sangat menggangu tidur dan juga akan menimbulkan reaksi alergi seperti kulit gatal-gatal.
  • Mampu menopang tubuh dengan baik – lateks juga mampu menopang berat tubuh dengan baik, sehingga pemakainya akan merasa semakin nyaman, selain itu material ini juga baik untuk pemakai yang memiliki masalah dengan tulang.
  • Tidak terpengaruh dengan gerakan – untuk yang sensitif terhadap gerakan, maka lateks dapat menjadi pilihan yang tepat. Lateks memiliki struktur yang padat juga yang membuat gerakan teman disamping tidak terasa.
  • Awet – lateks juga memiliki tingkat keawetan yang tinggi, mampu bertahan selama beberapa tahun.

Kekurangan

  • Harga relatif mahal – tidak jauh berbeda dengan memory foam, lateks juga dibanderol dengan harga yang tinggi. Jika dibandikan dengan memory foam harga lateks bisa lebih mahal. Tentu saja terdapat perbedaan kualitas dari keduanya.
  • Berat – jika Anda punya hobi menata ulang kamar, maka akan sedikit kesusahan dengan material yang satu ini, karena lateks lumayan berat. Berat inilah yang juga menjadi patokan lateks yang anda beli asli atau palsu.

Harga

Untuk mendapatkan tempat tidur dengan kualitas baik dengan harga baik pula tidaklah mudah, banyak sekali yang memanipulasi harga produk dengan embel-embel kualitas terbaikatau material terbaikyang hanya menjadi ajang promosi semata. Dekoruma memberikan penawaran harga terbaik dan terjujur yang tidak pernah Anda banyangkan bisa didapatkan di tempat lain

Harga lateks dan memory foam tidak terpaut jauh. Untuk lateks dengan kualitas terbaik, Anda sudah bisa dapatkan mulai dari Rp4,9 jutaan saja, sedangkan untuk memory foam sudah bisa Anda bawa pulang dengan harga mulai dari 4,2 jutaan. Aneka merek pun bisa Anda pilih sesuai dengan budget Anda. Beberapa di antaranya adalah Guhdo, Elite, King Koil, Comforta, dan King Koil.

Saran Kania

Sudah tahu ingin kasur yang bagaimana? Tentu dengan membaca ulasan di atas mengenai kelebihan dan kekurangan dari lateks dan memory foam akan membantu Anda menyimpulkan jenis material mana yang terbaik, bukan?

Sebagai tambahan, Kania juga punya saran dalam memilih antara lateks atau memory foam. Untuk Anda yang sensitif terhadap gerakan dari teman tidur Anda atau yang mempunyai masalah dengan tulang belakang namun budget yang dipunya tidak besar, Kania sangat menyarankan untuk menggunakan material memory foam. Mengapa memory foam? Material ini memiliki antisipasi terhadap gerakan dan strukturnya yang padat dan keras akan sangat baik untuk penyembuhan tulang belakang anda serta harga lebih murah dibandingkan dengan lateks.

Untuk Anda yang memiliki budget lebih besar, maka Kania menyarankan untuk memilih kasur lateks. Lateks memiliki semua kelebihan yang juga dimiliki oleh material memory foam. Namun, terdapat satu kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh memory foam yaitu sirkulasi udara yang baik. Teman-teman tidak akan merasa gerah pada saat tidur. Dengan sedikit tambahan budget,Anda sudah bisa tidur dengan nyaman, segar, dan juga terbebas dari gangguan jamur, bakteri, kutu, serta tungau.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse