Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dewasa ini, semua orang berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas tidur mereka. Tidak heran kalau mengingat betapa besarnya pengaruh kualitas tidur baik yang kamu dapatkan terhadap produktivitas kerja. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih kasur yang tepat. Salah satu material kasur yang saat ini sedang naik daun dan banyak dicari orang adalah kasur jenis lateks.

Apa itu Latex?

Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur
Foto dari Choose Best Mattress

Lateks merupakan getah kental, seringkali terlihat mirip dengan susu, yang dihasilkan oleh tumbuhan dan membeku ketika terkena udara bebas. Susunan bahan lateks dibagi menjadi dua komponen:

  • Komponen pertama adalah bagian yang memancarkan bahan-bahan yang terkandung secara merata yang disebut serum.
  • Komponen kedua adalah bagian yang didispersikan, terdiri dari butir-butir karet yang dikelilingi lapisan tipis protein. Bahan bukan karet yang jumlahnya relatif kecil tapi memiliki peran penting dalam mengendalikan kestabilan sifat lateks dan karetnya.

Sebenarnya, di Negara Eropa dan Amerika, kasur lateks merupakan pilihan populer yang banyak digemari. Kasur berbahan lateks memiliki setidaknya delapan ciri yang menonjol, yang tidak dimiliki oleh kasur jenis lainnya. Memberikan kenyamanan prima dan tingkat higienis yang tinggi.

 

Jenis-jenis Kasur Latex

Berdasarkan kandungan bahannya, kasur lateks dibagi menjadi beberapa jenis:

Synthetic Latex

Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur
Foto dari Andhi Bilyanto

Jenis kasur lateks yang satu ini memiliki permukaan lembut dan berlubang-lubang kecil. Kandungan lateks alamnya paling sedikit jika dibandingkan dengan jenis kasur lateks lainnya, dengan perbandingan 20% lateks alam dan 80% bahan sintesis. Kasur berbahan lateks sintesis ini memiliki harga yang relatif lebih murah dari lateks asli.

Natural Latex

Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur
Foto dari Andhi Bilyanto

Kasur lateks alami memiliki warna pucat dan ukuran lubang yang besar. Kandungan lateks alamnya mencapai hingga 80%. Menjadi jenis kasur lateks yang satu ini memiliki usia pemakaian yang panjang. Keunggulan lateks alami adalah sifatnya yang anti bakteri dan anti alergi.

Bio Latex

Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur
Foto dari Andhi Bilyanto

Kasur lateks yang satu ini merupakan kasur lateks kualitas terbaik dengan kandungan lateks alam sebanyak 90%. Memiliki warna kuning keemasan dan lubang-lubang berukuran besar seperti yang terdapat pada lateks alami. Selain juga bersifat anti bakteri dan anti alergi, kasur lateks jenis ini juga memiliki kekenyalan yang sangat baik sehingga mampu menopang tubuh dengan sempurna.

Ciri-ciri Kasur Latex

Kasur berbahan lateks yang asli memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dari penampilan, kasur lateks yang asli berwarna kuning keemasan. Hal ini dikarenakan aplikasi dari proses pemurnian lateks yang memiliki hasil akhir berwarna kuning. Bila kasur berwarna kuning keputihan, berarti kasur tersebut menggunakan lateks sintesis.
  • Kasur lateks yang asli memiliki bobot yang berat dan tidak mudah terangkat.
  • Tidak mudah rontok permukaannya walaupun digosok dengan kuat.
  • Bersifat elastis dan lentur, serta memiliki kepadatan yang tinggi.

Keunggulan Kasur Latex

Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur
Foto dari Choose Best Mattress

Lentur

Salah satu keunggulan kasur Lateks adalah sifat lentur, bukan lembut, sehingga dapat menopang secara sempurna mengikuti bentuk tubuh. Hal ini membantu mencegah timbulnya nyeri punggungg saat bangun pagi.

Hypo Allergenic

Sifat dasar bahan lateks membuatnya menjadi media di mana kuman dan bakteri tidak dapat hidup lebih dari 12 jam. Pilihan yang tepat untuk kamu yang menderita alergi.

Breathable

Kasur berbahan lateks memiliki ventilasi udara yang baik dan mudah untuk beradaptasi terhadap suhu kamar yang lebih ideal. Sejuk ketika digunakan pada udara agak panas dan hangat ketika digunakan pada suhu udara agak dingin.

Menyangga tubuh

Karena strukturnya, kasur lateks dapat menyangga tubuh dengan mengurangi titik-titik tekan pada seluruh permukaan tubuh.

Membantu membentuk postur tubuh

Kasur lateks dapat membantu penggunanya meluruskan tulang belakang, membentuk postur tubuh ideal, dan meredakan nyeri punggung. Kasur berbahan lateks sudah mendapatkan pengakuan dari World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia) yang menjamin kualitas kasur tersebut mampu meningkatkan kualitas tidur penggunanya.

Nyaman

Survey membuktikan, 85% pemilik kasur lateks merasa puas dengan kenyamanan yang diberikan. Kenyamanan merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan sebagian besar orang ketika ingin membeli tempat tidur.

Tahan lama

Dibandingkan dengan kasur berbahan busa biasa, kasur dengan bahan lateks dapat bertahan lebih lama. Untuk pemakaian normal, kasur lateks dapat memberikan manfaat dan kenyamanan tidur sehat sampai bertahun-tahun.

Kekurangan Kasur Lateks

Harga Relatif Mahal

Dibandingkan dengan jenis kasur lainnya, kasur lateks memiliki harga yang relatif lebih mahal. Meski demikian, kasur lateks merupakan bentuk investasi untuk kesehatan yang baik.

Bobot Kasur

Bobot kasur jenis lateks juga lebih berat dari rata-rata dan tidak mudah terangkat. Sehingga, akan diperlukan pengeluaran biaya ekstra untuk rangka tempat tidur atau dipan yang kokoh yang dapat menyangganya.

Harga Kasur Latex

Walaupun harga kasur lateks cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kasur spring bed, di Dekoruma, kami menawarkan harga terbaik untuk kebutuhan rumah kamu. Kamu bisa menemukan kasur lateks kualitas terbaik mulai dari 4.5 juta rupiah saja loh!

Tips Membeli Kasur Latex

Kasur Latex, Jaminan Peningkatan Kualitas Tidur
Foto dari Choose Best Mattress

Pilih kasur lateks alami

Pahami ciri-ciri dari lateks alami. Harga mahal dari kasur lateks seringkali sebanding dengan kualitas dan daya tahan yang dimilikinya. Sebaiknya juga kamu hindari kasur yang terbuat dari campuran lateks atau lateks sintesis.

Uji coba kasur

Lakukan pengujian jenis kasur yang kamu inginkan di toko, sehingga kamu dapat mengetahui dengan pasti jenis kasur yang tepat untukmu.

Ingat, penampilan dapat menipu. Chiropractors merekomendasikan pengujian kasur di toko selama 10-15 menit dengan bantal kamu sendiri.

Semakin baik kondiri tidur yang kamu dapatkan, semakin tinggi kemungkinan kamu untuk tidak membuat keputusan yang terburu-buru.

Lakukan riset melalui internet

Hampir semua informasi umum dapat ditemukan melalui berbagai media dan internet. Manfaatkan hal tersebut untuk mencari tahu mengenai konsumen yang sudah pernah membeli sebelumnya.

Ulasan mereka dapat membantu kamu untuk mendapatkan bayangan dan membuat keputusan. Jangan mudah tertipu oleh ulasan-ulasan sponsor atau ulasan pihak ketiga ya!

Dealer memiliki garansi produk

Pintar-pintar memilih dealer yang tepat. Pilihlah perusahaan yang memberikan garansi dan ketentuan refund yang mudah, bahkan mungkin menyediakan trial period.

Pastikan mereka memiliki layanan konsumen dan layanan after sales yang baik. Hal ini akan memudahkan dalam pengembalian barang jika dirasa tidak cocok.

 

Jangan takut untuk mengorek dompetmu untuk membeli kasur lateks. Walaupun terbilang mahal, kasur lateks merupakan salah satu investasi yang bagus untuk kesehatan tulang belakangmu. Kamu juga bisa mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas, yang dapat mendukung produktivitas dalam bekerja.

Namun, jika kamu memiliki budget yang terbatas, tentunya Dekoruma juga memiliki berbagai variasi jenis kasur. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Temukan kasur yang tepat dengan harga paling jujur, hanya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse