5 Cara Membersihkan Spring Bed untuk Tidur Lebih Nyaman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setelah beraktivitas seharian di luar hunian, tentunya merebahkan diri di kasur spring bed menjadi suatu kenyamanan tersendiri. Sayangnya, kenyamanan tersebut kerap terganggu karena kondisi spring bed yang tidak bersih. Mengganti sprei yang melapisi spring bed pun tidak banyak membantu sebab masalah utama ada di dalam spring bed.

Tentunya kamu tidak ingin mengalami masalah tidur tidak nyaman karena spring bed yang kotor terus-menerus, kan? Untuk itu, sempatkan waktu secara rutin untuk membersihkan spring bed tersebut agar selalu nyaman dipakai.

Tidak perlu pusing dan panik, karena Kania akan membantu kamu untuk mengetahui cara membersihkan spring bed secara simpel dan mudah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk tidur yang nyaman dengan spring bed yang bersih:

1. Ketahui Sumber Kotoran 

Secangkir kopi di atas spring bedshutterstock.com

Noda menjadi masalah utama yang membuat spring bed tidak nyaman untuk dipandang, apalagi ditiduri. Noda-noda yang menimbulkan bercak tak apik di tempat tidur pun bisa berasal dari beragam aktivitas yang kamu lakukan di atas tempat tidurmu tersebut.

Ya, tidak dapat dimungkiri bahwa spring bed bukan hanya menjadi tempat berbaring, melainkan lahan untuk segala aktivitas ringan yang santai hingga serius. Mulai dari makan,  belajar, menonton televisi dapat kamu lakukan dari atas spring bed.

Berbagai aktivitas ini jugalah yang sangat mungkin meninggalkan noda di tempat tidur. Sebagai contoh, noda dapat muncul dari makanan yang kamu santap di atas tempat tidur.

Spring bed putih terkena noda kopishutterstock.com

Selain noda, ancaman kutu busuk, tungau, dan bakteri pun tidak luput dari spring bed. Hal-hal ini bahkan lebih parah mengganggu kenyamanan tidur. Bagaimana tidak, meskipun tidak terlihat, keberadaan kutu busuk maupun tungau bisa menimbulkan gatal-gatal dan alergi.

Sudah pasti tidurmu tidak lagi berkualitas. Ditambah lagi, apabila spring bed lembap, ancaman jamur dan lumut pun siap menyerang spring bed, hingga menghantui hari-hari dengan pengalaman tidur yang super tidak nyaman.

2. Bersihkan Noda Tanpa Menunda-nunda

Vas bunga di meja samping kamar tidurshutterstock.com

Pekerjaan yang dibiarkan berlarut-larut hanya akan membuatnya terasa lebih berat ketika diselesaikan. Hal itu yang akan kamu rasakan juga ketika menunda-nunda membersihkan spring bed dari kotoran.

Khususnya untuk kotoran dari noda, kamu tidak perlu menunggu waktu lebih lama guna membersihkannya. Segera beraksi dan siapkan segala peralatan guna menghilangkan noda tersebut dari tempat tidurmu.

Cara termudah membersihkan noda adalah dengan menggunakan air yang disemprotkan. Akan lebih baik lagi jika kamu menyemprotkannya dengan cairan hydrogen peroksida yang bisa dibeli bebas di apotek.

Spring bed tanpa spreishutterstock.com

Setelah spring bed yang tercela noda tersebut disemprotkan cairan, tunggu sekitar satu menit untuk kemudian mengelapnya dengan kain halus yang kering. Dalam proses ini, jangan sampai kamu menggosok-gosok bagian spring bed yang bernoda sebab hanya membuat kotorannya meluas.

Lebih baik kamu menepuk-nepuk spring bed dengan pelan hingga lama-kelamaan mengering. Untuk pengeringan ini, disarankan menggunakan kain microfiber atau mengeringkan spring bed dengan menggunakan hair dryer.

3. Gunakan penyedot debu untuk hilangkan debu dan tungau

Membersihkan spring bed dengan vacuum cleanershutterstock.com

Spring bed mungkin saja terlihat kinclong dan tanpa noda. Namun, bukan  berarti tempat tidur tersebut telah benar-benar bersih. Bisa jadi di pori-pori spring bed tersebut dipenuhi debu dan tungau, bahkan kutu busuk yang dapat memicu alergi serta gatal-gatal ketika kamu tidur di atasnya. Tidak mau merasakan pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut, bukan?

Karena itu, sediakan waktu secara rutin untuk membersihkan segala debu dan tungau yang ada di pori-pori spring bed. Cara paling simpel untuk membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner.

Tungau di atas kain wol pinkpinterest.com

Pastikan ketika mulai menyedot debut dari spring bed, filter dari vacuum cleaner milikmu telah dibersihkan sebelumnya sehingga tidak ada kotoran yang kembali ke spring bed.

Setelah menggunakan penyedot debu, lengkapi bagian bersih-bersih debu dan tungau menggunakan cairan disinfektan. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada jenis bakteri lain yang bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan selama tidur di atas spring bed tersebut.

Sama seperti dengan cara membersihkan noda, setelah disemprot diinfektan, kamu bisa menggunakan kain halus yang ditepuk-tepuk ke atas spring bed guna mengeringkannya. Menggunakan hair dyer pun tidak dilarang agar pengeringan dapat lebih cepat.

4. Jemur spring bed secara rutin

Menjemur spring bed kasurshutterstock.com

Satu lagi penyebab spring bed menjadi kotor dan tidak nyaman ditiduri, yakni keberadaan jamur maupun lumut di tempat tidur. Sebelum penyebab yang satu ini menyerang, kamu harus mulai mengambil langkah antisipatif guna membersihkannya sebelum menumpuk.

Khusus untuk jamur dan lumut di spring bed, cara terbaik membersihkannya secara dengan cairan diinfektan adalah dengan membuat spring bed dalam keadaan kering. Menjemur adalah pilihan terbaik yang tidak akan membuang waktu dan tenaga.

Lakukan upaya menjemur spring bed ini secara rutin agar kondisi tempat tidur tersebut selalu dalam keadaan kering. Dengan begitu, jamur maupun lumut akan malas untuk mampir ke kasur kesayanganmu.

Tempat tidur putih dengan dekorasi bohemianpinterest.com

Ketika menjemur spring bed, ingatlah bahwa tempat tidurmu tersebut memiliki dua sisi. Jangan terlalu lama membiarkan satu sisi terpapar sinar matahari sebab akan membuat tampilannya menjadi kurang menarik akibat warna memudar. Selain itu, hanya menjemur spring bed secara satu sisi membuat jamur dan lumut tidak hilang dari sisi yang satunya.

Sediakan waktu 1—2 jam untuk setiap sisi spring bed menerima paparan matahari. Setelah itu, jangan langsung ditiduri melainkan taruh di tempat sejuk agar lebih nyaman untuk direbahi pada waktu istirahatmu nanti.

5. Setelah membersihkan spring bed

Spring bed dengan sprei bersihshutterstock.com

Spring bed yang bersih tentunya bisa membuat tidur lebih nyaman. Kania yakin, setelah beraktivitas seharian, beristirahat di spring bed yang bersih secara langsung bisa membuat energimu pulih kembali.

Sebaliknya, dengan kondisi spring bed yang kotor, istirahat  sangat mungkin terganggu dengan berbagai masalah yang timbul, seperti gatal-gatal di sekujur badan, rasa tidak nyaman karena spring bed lembap, hingga binatang-binatang—seperti semut—yang bisa saja hadir karena undangan noda yang tersisa di spring bed.

Spring bed dalam kamar bernuansa birupinterest.com

Dengan kondisi spring bed yang bersih, tentunya hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut dapat dihindari. Tidur malam akan terasa nyenyak tanpa gangguan kenyamanan yang berarti. Esoknya pun, kamu akan lebih segar menghadapi segala tantangan pekerjaan dari aktivitas yang menanti.

Tips-tips membersihkan spring bed yang Kania berikan pun tidak sulit untuk  diaplikasikan. Hanya bermodal peralatan umum kebersihan rumah, kamu sudah bisa menciptakan spring bed yang nyaman untuk dijadikan tempat istirahat.

Selain peralatan yang sudah Kania cantumkan dalam tips di atas, beberapa bahan alami, seperti air cuka, soda kue, serta campuran garam dan air pun bisa menjadi alternatif bahan pembersih lainnya untuk spring bed Anda. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse