Kenali 4 Tanda Kapan Kamu Harus Mengganti Kasur Lama dengan yang Baru

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jangan berpikir bahwa kasur yang biasa kamu tiduri tiap harinya bisa dipakai untuk selamanya, baik itu kasur berbentuk spring bed atau pun kasur latex. Bayangkanlah kasur adalah seorang pekerja yang membantu kamu mendapatkan istirahat yang maksimal. Karena hal ini jugalah, seorang pekerja—dalam hal ini kasur—mesti memiliki masa pensiun yang jelas.

Sayangnya, tidak semua orang memandang kegiatan mengganti kasur yang lama dengan yang baru sebagai kegiatan yang penting. Sebagian besar masyarakat kita masih menganggap kasur hanyalah tempat merebahkan diri untuk beristirahat sehingga tidak perlu mengganti kasur. Anggapan ini jelas salah. Meskipun hanya berfungsi sebagai tempat untuk tidur, kasurlah yang menyangga badanmu selama proses rebah tersebut.

Efek Samping Tidak Mengganti Kasur Tidur

punggung seorang wanita sakit setelah tidur

shutterstock.com

Kasur yang terlalu tua atau mengalami kerusakan akan membuat kegiatan tidurmu menjadi tidak optimal dan mengganti kasur rusak adalah satu-satunya jalan keluar. Kerusakan yang terjadi karena usia kelapukan atau pun akibat lainnya biasa disebabkan karena kasur tidak mampu lagi menyangga tubuh orang-orang yang tidur di atasnya dengan cukup baik.

Membiarkan kasur yang sudah terlalu tua atau rusak untuk tetap dipakai hanya akan membuat cedera di tubuhmu, terutama di bagian tulang belakang, sebab sudah tidak mampu menyangga tubuh secara optimal. Menurut National Sleep Foundation, kamu harus mengganti kasur agar kamu tidak mengalami masalah tidur dan harus dilakukan minimal lima tahun sekali.

Mengenai usia maksimal dari kasur agar tetap layak ditiduri—khususnya untuk spring bed—adalah 10 tahun. Lebih dari itu, bisa dipastikan pegas di kasurmu sudah tidak berkualitas baik sehingga mengubah topologi dari tempat tidur Anda.

Bagaimana Mengenali Kasur yang Rusak?

spring bed rusak

google.com

Tanda mengenali kasur yang seperti ini sebenarnya sangat jelas, yakni ketika kamu mulai merasakan ketidaknyaman ketika tidur akibat bentuk kasur yang berubah. Tentunya jika keadaan ini sudah terjadi, kamu sebaiknya langsung mengganti kasur yang menjadi tempat istirahat sehari-hari tersebut.

Tidak boleh ada pandangan bahwa kasur tidak penting, sebab bersama benda inilah kamu menghabiskan waktu 6—8 jam tiap harinya beristirahat. Itu berarti sama saja kamu menghabiskan hampir sepertiga hidup di atas kasur.

Namun selain karena usianya yang sudah tua, ada beberapa tanda lain yang bisa menjadi peringatan bagi kamu untuk segera mengganti kasur. Apa saja itu? Berikut ini Kania akan membocorkannya khusus untukmu supaya kamu bisa mengenalinya dan segera mengganti kasur demi istirahat yang nyaman dan optimal.

Kasur Kerap Mengeluarkan Bunyi Derit

seorang wanita menutup telinga dengan bantal

shutterstock.com

Saat sedang beristirahat di atas kasur, cobalah sesekali pekakan telinga untuk mendengar apa kasur tersebut mengeluarkan bunyi derit atau tidak. Memang wajarnya kasur yang memakai pegas sebagai salah satu komponen penyangga akan mengeluarkan bunyi derit ketika ditiduri. Namun, akan menjadi tidak wajar apabila bunyi derit yang dihasilkan kasur terjadi secara terus-menerus, bahkan sepanjang malam.

Bunyi derit itu jelas membuat kualitas tidurmu menurun sehingga istirahat menjadi tidak tenang. Lebih dari itu, bunyi derit yang terus berulang dengan frekuensi yang sering di saat kamu tidur di atas kasur menunjukkan bahwa pegas di kasur tersebut sudah tidak cukup kuat menopang tubuh. Dalam artian lain, kasur tersebut sudah tidak layak dipakai dan sebaiknya kamu segera mengganti dengan yang baru.

Ada Perubahan di Bagian Tengah Kasur

sebuah tempat tidur dengan bed cover warna biru

pinterest.com

Cara paling simpel untuk melihat kasur kamu masih dalam kondisi layak atau sudah mesti pensiun adalah dengan melihat perubahan topologi di benda yang satu ini. Kamu bisa merabanya perlahan setiap hendak tidur di atas kasur tersebut. Apabila terlihat ada pegas yang menonjol di salah satu sudut tempat tidur, berarti kasur sudah mengalami kerusakan dan kamu harus lekas mengganti kasur dengan yang baru.

Namun selain dengan meraba dan memperhatikan secara saksama, sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk melihat perubahan topologi kasur yang telah rusak. Kamu cukup memperhatikan bagian tengah kasur kesayanganmu tersebut! Coba lihat, apakah bagian tengah kasur Anda sudah mengalami penurunan dibandingkan bagian pinggir kasur?

Jika iya, itu tandanya kasur tersebut sudah tidak mampu menjadi tempat istirahat yang baik. Mengganti dengan kasur yang baru adalah pilihan paling tepat.

Berat Badan Berubah Signifikan

sepasang kaki dekat dengan timbangan dan meteran

shutterstock.com

Kasur berfungsi untuk menopang tubuh ketika beristirahat di atasnya. Menyangkut hal ini, berarti masalah mengganti kasur tidak hanya bisa dilimpahkan ke kondisi kasur tersebut. Ada baiknya juga menyadari perubahan yang terjadi pada tubuhmu.

Jika terjadi perubahan berat maupun tinggi badan yang cukup signifikan, artinya kamu juga harus mulai mempertanyakan seberapa mampu kasurmu menopang tubuh secara optimal sampai kamu harus mengganti alas tidur ini.

seorang wanita sedang mengecek keempukkan kasur

shutterstock.com

Mengenai mengganti kasur karena berat badan paling mungkin dialami oleh anak yang beranjak dewasa. Tentunya dengan pertambahan usia yang memicu perubahan berat dan tinggi badan secara drastis membuat kebutuhannya akan kasur yang tepat harus ditinjau ulang. Namun, bagi orang dewasa, hal ini bisa juga terjadi.

Sebagai contoh, berat badanmu mungkin bertambah lebih dari 10 kilogram. Dengan demikian, kamu memerlukan kasur dengan ukuran yang lebih besar atau dengan pegas yang lebih rapat agar tidur tetap nyaman. Berarti juga, sudah saatnya kamu membuang kasur yang lama dan mengganti kasur dengan produk yang lebih anyar serta sesuai kebutuhan.

Selalu Merasa Nyeri Sesudah Tidur Malam

seorang wanita sakit punggung usai tidur malam

shutterstock.com

Istirahat malam dapat menjadi penanda lain untuk mengetahui kasur di kamarmu masih mampu untuk dipertahankan atau memang kamu harus mengganti alas tidurmu dengan yang baru. Waktu tidur di malam hari yang cukup lama akan membuat tubuhmu lebih mampu merasakan tempat tidur yang direbahi tersebut nyaman atau tidak.

Sebaliknya, jika tidur di siang hari dengan waktu yang relatif singkat, tubuh belum mampu menangkap sinyal ketidaknyamanan dari alas tidurnya. Nah, mulai sekarang coba mulai perhatikan. Ketika bangun di pagi hari, apakah kamu kerap merasa nyeri di sekitar punggung dan bagian tulang belakang?

kassur dengan empat bantal di kamar tidur

shutterstock.com

Jika sesekali saja, mungkin itu disebabkan efek kelelahan ataupun kondisi badan yang tidak fit. Akan tetapi, jika itu terus terjadi tiap hari ketika kamu bangun tidur, bisa dipastikan sumber masalahnya berasal dari kasur.

Karena itu, segeralah periksa kasur kamu dan pertimbangkan untuk segera mengganti kasur guna mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas. Dengan tidur malam yang nyaman, keesokan paginya pun kamu akan bangun dengan lebih segar dan bersemangat.

kamar tidur dengan satu kasur dan tiga gorden

google.com

Nah, sekarang kamu jadi lebih tahu bukan bahwa tidak perlu menunggu 5—10 tahun untuk mengganti kasur? Apabila mulai merasa tidak nyaman dan kasur mulai menunjukkan tanda-tanda keausan, itu berarti saatnya kamu harus mulai berburu dan mengganti yang lama dengan kasur baru.

Supaya kasur lebih awet, hindari juga aktivitas yang bisa merusak kasur secara lebih cepat, seperti melompat-lompat di atas spring bed atau memutar balik kasur secara rutin dengan niat hendak meratakan permukaan kasur namun berujung pada pegas yang lebih cepat rusak.

Bingung di mana menemukan dan mengganti kasur lama dengan kasur yang bagus? Yuk, cek laman Dekoruma hari ini! Kami menyediakan berbagai jenis kasur berkualitas untuk kamu dan keluarga, tentunya dari ragam merek ternama seperti King Koil, Dunlopillo, Comforta, Elite, Serta, dan Lady Americana.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse