Agar Tidur Lebih Nyenyak, Tingkat Keempukan Kasur Apa yang Pas untukmu?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Membeli sebuah kasur baru bukanlah sebuah perkara yang mudah. Kamu perlu tahu bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi pribadi yang berkontribusi besar terhadap keseluruhan proses pengambilan keputusan saat membeli kasur.

Ada baiknya sebelum membeli kasur, kamu memiliki pemahaman mengenai tingkat keempukan kasur.

Apa sebenarnya tingkat keempukan kasur itu? Empuk didefinisikan sebagai kondisi yang lunak atau mengempis jika ditekan; tidak padat, keras, atau kaku. Tetapi definisi keempukan kasur dapat berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain.

Judul tingkat keempukan kasurshutterstock.com

Ada seseorang yang mengartikan empuk sebagai kondisi kasur yang cenderung padat atau agak keras, bahkan ada yang mengartikan empuk sebagai kondisi kasur yang padat dan dapat menahan berat badan dengan baik.

Untuk menentukan tingkat keempukan  yang dapat memuaskan kebutuhan pribadimu, pertama-tama kami akan memulai dengan mengemukakan penjelasan sederhana tentang keempukan kasur sebenarnya.

Tingkat Keempukan Kasur

Lapisan pada kasurshutterstock.com

Tingkat keempukan kasur biasanya datang dalam tiga jenis yaitu soft, medium, dan firm. Ada banyak faktor kunci yang ikut bermain, ketika kamu memilih untuk membeli kasur soft, medium, atau ideal firm. Tipe tubuh dan berat memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan sama halnya dengan usia, kondisi medis dan kebutuhan kenyamanan spesifik lainnya yang mungkin dimiliki seseorang.

Berat badan memainkan peran penting dalam memilih ketebalan kasur yang sempurna. Orang yang memiliki berat badan ringan cenderung hanya akan merasakan lapisan atas dibandingkan busa inti atau bahan lainnya karena tingkat tekanan minimum yang terjadi di atas kasur.

Ilustrasi dan informasi tingkat keempukan kasurpinterest.com

Orang dengan berat badan lebih berat akan memberi tekanan lebih pada kasur yang berarti ada kebutuhan akan dukungan kompresi yang lebih, sehingga akan membutuhkan kasur dengan keempukan firm untuk daya dukung yang lebih besar.

Saat menguji kasur, kamu dapat berbaring di kasur untuk memperhatikan rasa solid dan padat (firm), empuk dan memiliki bahan yang memberikan sensasi dipeluk (soft), atau keseimbangan antara kelembutan dan push back hardness (medium).

Tingkat keempukan memang benar-benar bergantung pada perasaan dan persepsi pribadi, menentukan keempukan kasur merupakan pendapat yang bersifat pribadi dan unik bagi setiap individu.

Kasur Firm dan Ultra Firm

Permukaan kasurshutterstock.com

Kasur firm dan ultra firm biasanya terdiri dari sistem koil firm dengan beberapa lapisan pelapis yang dipadatkan. Kasur ini menawarkan jumlah permukaan yang paling sedikit. Kasur yang didesain khusus untuk back sleeper atau orang yang biasa tidur telentang, membuat kamu tidur dengan nyaman.

Kasur Firm

Permukaan kasur warna abushutterstock.com

Kasur firm biasanya memiliki lapisan pelapis tipis dari busa lembut yang memberikan kontribusi pada bagian atas kasur yang lembut dan pelapis tambahan yang terdiri dari busa yang kencang dan hadir dengan nuansa yang lebih padat dan kokoh.

Biasanya menjadi pilihan yang baik untuk tidur nyenyak, namun bagi yang terbiasa tidur menyamping atau side sleeper harus menghindari kasur yang masuk ke dalam kategori firm.

Kasur Plush Firm dan Luxury Firm

Ilustrasi mekanisme kasur plush firmpinterest.com

Kasur jenis ini sangat disukai oleh pasangan karena dengan berbagai kenyamanan yang ditawarkan, kasur ini dapat mengakomodasi dan memenuhi kebutuhan tidur keduanya.

Dengan pelapis yang lembut dan nyaman, kasur plush firm dan luxury firm cenderung memenuhi kebutuhan tidur yang bervariasi pada semua orang, baik yang terbiasa tidur telentang (back sleeper), menyamping (side sleeper), atau tengkurap (stomach sleeper).

Kasur jenis ini mengurangi kemungkinan munculnya gangguan-gangguan saat tidur seperti bagian tubuh mati rasa, kesemutan, pegal, atau jenis masalah kenyamanan lainnya.

Kasur Medium Firm

Kasur spring bed dengan keempukan mediumpinterest.com

Sering disebut sebagai kasur kenyamanan universal, kasur medium firm dibuat untuk memenuhi kebutuhan individu dari sebagian besar orang. Kasur ini sangat disukai dan cukup populer karena preferensi lebih dari 80% orang tidur adalah kasur dengan keempukan medium.

Lapisan busa di kasur medium firm dirancang untuk menangani range bentuk tubuh dari semua ukuran dan berat sambil tetap memberikan ketegasan, kenyamanan dan dukungan yang kamu inginkan dan butuhkan.

Kasur Plush

Posisi tidur di kasurshutterstock.com

Berbeda dengan kasur plush firm dan luxury firm, kasur ini sangat empuk karena terbuat dari lapisan pelapis tebal yang memberi tempat tidur dengan nuansa awal yang lebih lembut, dukungan dan daya tahan yang dibutuhkan.

Sangat cocok untuk side sleepers dan bukan pilihan yang disarankan untuk orang yang terbiasa tidur tengkurap karena orang yang terbiasa tidur menyamping perlu lebih memperhatikan keselarasan tulang belakang yang tepat.

Kasur mana yang terbaik untuk posisi tidur saya?

Keempukan kasur dan posisi tidurshutterstock.com

Setiap individu memiliki kebutuhan yang spesifik dan kasur yang akan menawarkan kenyamanan adalah kasur yang keempukannya paling sesuai dengan posisi tidur favorit dan kebutuhan tidur pribadimu.

Terlepas dari apa kebutuhan pribadi atau posisi tidur favoritmu, yakinlah bahwa ada jenis kasur di luar sana yang tidak hanya akan memberikan segala kenyamanan dan dukungan yang kamu cari tapi juga tahan lama.

Kasur yang tepat untukmu akan menawarkan tidur yang berkualitas, setiap saat kamu membutuhkannya.

Tempat tidur dengan kasur dan selimut throw rajut birushutterstock.com

Menemukan kasur yang nyaman akan lebih mudah setelah kamu mengetahui cara untuk memilih tingkat ketegasan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Saat berbelanja di lokasi ritel, ingatlah untuk mencoba berbelanja di showroom sehingga dapat mencoba jenis kasur yang ada. Pastikan kasur model yang kamu coba adalah kasur baru, karena kasur model sering terasa lebih lembut daripada kasur baru.

Kasur baru, terutama yang dibuat dengan busa dengan kepadatan tinggi, bisa memakan waktu hingga 30 hari untuk break-in.

Tempat tidur tanpa sprei dengan laci penyimpananpinterest.com

Saat ini, kamu juga memiliki pilihan untuk berbelanja kasur idamanmu di peritel online seperti dekoruma. Ada banyak pilihan kasur dengan berbagai keistimewaan dari segi bahan dan bentuk untuk menunjang kenyamanan tidurmu. Beberapa merek kasur yang dijual di Dekoruma adalah kasur Dunlopillo, King Koil, Comforta, Elite, dan Florence.

Berbelanja online juga lebih mudah dan efisien. Kamu tidak perlu takut jika tidak dapat mencoba kasur yang ingin dibeli, karena peritel online yang terpercaya akan menyediakan kolom review dari orang-orang yang membeli barang tersebut.

Tidak jarang deskripsi barang yang diperlukan, cara perawatan dan segala informasi tambahan yang diperlukan dapat kamu temukan lebih jelas di lagi di artikel ini.

Kesimpulan

Tempat tidur dengan kasur warna abu-abushutterstock.com

Sebagai konsumen tentunya kamu harus mengingat perbedaan antara keempukan kasur dan daya dukungnya. Keempukan kasur secara khusus mengacu pada ‘nuansa awal’ kasur atau bagian atas, sedangkan daya dukung mengacu pada kemampuan kasur untuk menyokong berat tubuh seseorang saat tidur.

Perempuan berbaring dengan senang di atas kasurshutterstock.com

Meskipun ada banyak merek dan tipe kasur di pasaran saat ini, penting untuk memahami keempukan dan peran penting yang dimainkannya dalam usaha konsumen untuk membeli kasur yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Sangat penting untuk menguji kasur sebelum membelinya dan membaca deskripsi dengan teliti saat berbelanja online. Tidak ada yang sama meyakinkannya dengan mencari informasi sendiri dan saat berbaring di atas kasur yang benar-benar dapat kamu rasakan. Termasuk merasakan keseluruhan kasur, keempukan, kenyamanan dan kontur kasur yang kamu inginkan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse