12 Tips Menata Kamar Mandi Minimalis untuk Ruangan Kecil

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamar mandi minimalis seringkali dibangun pada rumah yang bertipe kecil seperti tipe 36. Bahkan ada juga sebagian orang yang tetap menggunakan kamar mandi minimalis di dalam rumahnya dikarenakan lebih menyukai desain tersebut dibandingkan dengan kamar mandi yang luas.

Jika kamu saat ini tengah kebingunan dalam membuat kamar mandi minimalis dan mencari cara untuk mengakali ruangan kamar mandi agar terlihat lebih luas. Maka kami akan membantu kamu semua dengan memberikan informasi yang sangat bermanfaat berikut ini.

Langkah Menata Kamar Mandi Minimalis


 

  • Menemukan berbagai referensi yang ada 6 bulan sebelum membuat kamar mandi. Mulailah untuk mencari referensi desain kamar mandi dari majalah, dan media sosial.
  • Setelah mendapatkan desain yang tepat untuk kamar mandi minimalis yang akan dibangun, maka selanjutnya kamu perlu menemukan kontraktor atau tukang bangunan. Carilah kontaktor yang bisa kamu percaya, untuk hal ini kamu bisa mencarinya lewat teman, kolega, ataupun toko bahan bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal.
  • Mulai merancang kamar mandi minimalis yang akan kamu bangun nantinya. Sertakan setiap detail mulai dari ruang penyimpanan, wastafel, pancuran, dan shower.
  • Menghitung anggaran pengeluaran yang akan kamu habiskan saat akan membangun kamar mandi minimalis nantinya. Membuat kamar mandi minimalis dari awal akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit terutama untuk hardware terbaik, sebab kamu perlu mengeluarkan biaya membeli toilet, keramik, bahan bangunan, dan tukang nantinya.
  • Menghubungi dan mempekerjakan kontraktor untuk kamu ajak bekerja sama. Kontraktor yang profesional biasanya akan memberikan jadwal kerja dan berbagai material yang akan diperlukan nantinya. Dengan adanya kontaktor, kamu bisa menyesuaikan anggaran yang telah dibuat sebelumnya dengan anggaran yang telah dibuat oleh pihak kontraktor.
  • Mencicil berbagai bahan bangunan seperti keramik, keran, wastafel, dan berbagai bahan lain yang sekiranya akan diperlukan untuk membuat kamar mandi minimalis.
  • Apabila proyek sudah mulai berjalan, pastikan kamu selalu mengeceknya secara rutin.
  • Jangan lupa juga untuk melakukan komunikasi dengan kontraktor secara intensif. Komunikasi yang baik akan mengurangi kesalahan komunikasi yang mungkin saja terjadi saat membangun kamar mandi minimalis.

Tips dan Trik Membuat Kamar Mandi Minimalis Terlihat Lapang


Penggunaan Wallpaper

Wallpaper kamar mandi minimalis

Tips yang pertama adalah dengan memilih jenis wallpaper yang tepat untuk diletakkan di dalam kamar mandi minimalis kamu. Menggunakan wallpaper ataupun cat yang memiliki banyak sekali campuran warna akan menjadikan ruangan akan terlihat semakin sempit.

Oleh karena itu usahakan kamu hanya menggunakan satu warna cat untuk membuat kesan yang lapang. Pilih juga warna yang bisa memantulkan cahaya dengan baik seperti hijau atau putih dan hindari penggunaan warna yang gelap seperti hitam di dalam kamar mandi.

Penggunaan Aksesoris Lampu

kamar mandi minimalis

Kamu bisa menggunakan penutup lampu yang memiliki ukuran cukup besar namun tidak terlalu mendominasi ruangan. Cara seperti ini dapat memberikan kesan yang lapang pada langit-langit kamar mandi.

Pemanfaatan Ruangan

kamar mandi minimalis

Meletakkan berbagai dekorasi ruangan yang tidak dibutuhkan akan menjadikan kamar mandi minimalis akan semakin sempit.

Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan berbagai tempat yang tidak terduga untuk dimanfaatkan secara optimal. Sebagai contohnya saja kamu bisa menggunakan tempat di bawah wastafel sebagai tempat untuk menyimpan tisu atau yang lainnya.

Letakkan Berbagai Peralatan di Dinding

Cara untuk menjadikan kamar mandi minimalis terasa lebih luas adalah dengan menggunakan dinding untuk meletakkan berbagai peralatan yang kamu miliki.

Kamu bisa meletakkan berbagai barang seperti gunting, alat cukur, dan yang lainnya di bagian dinding kamar mandi.

Penempatan Kaca

Penggunaan kaca di dalam kamar mandi akan memberikan kesan yang lapang untuk kamar mandi minimalis.

Jangan Ada Jendela

Menggunakan jendela di dalam kamar mandi minimalis akan membuat ruangan yang ada semakin sempit. Jika untuk kebutuhan sirkulasi udara, lebih baik kamu menggunakan jendela dengan ukuran yang kecil saja.

Pemilihan Jenis Pintu yang Tepat

Pintu kamar mandi minimalis
techneuroti.com

Pemilihan jenis pintu merupakan salah satu trik untuk membuat kamar mandi minimalis terlihat lebih luas. Caranya kamu bisa mengganti pintu yang dibuka secara langsung dengan pintu geser seperti rumah tradisional masyarakat Jepang.

Gantunglah Perlengkapan Mandi

kamar mandi minimalis

Cara selanjutnya adalah kamu bisa meletakkan berbagai perlengkapan mandi dengan menggantungnya agar tidak terlalu memenuhi ruangan. Jangan meletakkan perlengkapan mandi di dekat wastafel, sebab hal ini akan semakin membuat ruangan kamar mandi terlihat sempit.

Lewat Dekoruma, kamu bisa mendapatkan berbagai gantungan untuk handuk dan perlengkapan mandi lainnya di dekoruma.

Belakang Pintu Harus Dimanfaatkan

Pintu bagian belakan jangan tidak kamu manfaatkan untuk membuat kamar mandi minimalis menjadi lebih luas. Dimana bagian belakang pintu bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan perlengkapan mandi ataupun menyimpan berbagai jenis barang yang ada.

Mengganti Ukuran

Ukuran toilet, bak mandi, dan bath tub merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat kamar mandi terlihat lebih lapang dan luas. Ukuran yang terlalu besar dan memakan banyak tempat akan membuat kamar mandi yang kamu miliki semakin sempit dan tidak nyaman untuk digunakan.

Gunakanlah toilet yang memiliki desain yang oval dan jangan menggunakan yang berdesain bulat ataupun kotak. Toilet dengan bentuk oval akan menjadikan ruangan kamar mandi terlihat lebih lapang.

Kemudian pilih juga ukuran toilet yang minimalis dan ringkas sebagai cara untuk mengatasi masalah ruangan yang terbatas.

Penggunaan Bath Tub

Bath tub kamar mandi minimalis

Jika kamu termasuk orang yang sangat suka menghabiskan waktu berlama-lama berendam di dalam bath tub, maka untuk membuat kamar mandi minimalis sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan.

Penggunaan bath tub di dalam kamar mandi akan semakin membuat ruangan semakin sempit dan tidak terlihat lapang saat digunakan.

Sebagai penggantinya kamu bisa menggunakan shower untuk digunakan saat mandi dan tempatkan juga kaca bening di ruangan shower untuk memberikan persepsi ruangan yang lebih luas.

Bingung menemukan shower yang berkualitas? kamu bisa mencarinya lewat Dekoruma kok. Berbagai merek seperti American Standard dan IKEA dapat kamu temukan disini.

Jika tetap ingin menggunakan bak mandi, kami menyarankan kamu untuk menggunakan bak mandi dengan dinding yang rendah dan dasar yang datar. Bak mandi jenis ini masih bisa digunakan untuk shower dan tetap bisa digunakan jika ingin berendam.

Penggunaan Lemari Penyimpanan

Lemari penyimpanan lebih baik menggunakan lemari obat untuk menyimpan berbagai perlengkapan di dalam kamar mandi. Jangan pernah meletakkan furnitur dengan ukuran yang besar jika ingin membuat persepsi ruangan menjadi lebih lapang.

Itulah berbagai tips dan trik mengakali ruangan kamar mandi yang sempit agar dapat terlihat luas. Pastikan kamu mendapatkan berbagai perlengkapan kamar mandi minimalis lewat Dekoruma ya!

Dengan harga yang jujur dan gratis ongkos kirim, kamu pasti dapat dengan mudah menemukan barang-barang terbaik disini.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse