6 Tips Kreatif Dekorasi Kamar Ukuran Kecil

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apakah kamu berencana untuk mendekorasi kamar saat ini? Tapi bingung bagaimana cara mendekorasi ruangannya sebab ukuran ruangan yang kecil? Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan membagikan kamu semua beberapa tips dekorasi kamar dengan cara yang kreatif dan simpel.

Jadikan Kamar Kamu Multifungsi

Dekorasi kamar tidur
IKEA.com

Tips dekorasi kamar yang pertama adalah mulailah untuk menjadikan kamar kamu memiliki fungsi yang lebih banyak. Caranya adalah dengan menggunakan pemisah ruangan yang ada agar bisa membatasi fungsi ruangan. Dengan cara seperti ini kamar kamu bukan hanya digunakan untuk beristirahat saja, sebab bisa juga digunakan untuk menonton televisi atau membaca buku. Pembatas ruangan yang bisa kamu gunakan didalam kamar yang kecil adalah dengan menggunakan bahan yang tembus cahaya.

dekorasi kamar ukuran kecil

Bahan yang tembus cahaya lebih dapat mengurangi kesan sempit yang ada. Tambahkan juga dengan pintu lemari yang terbuat dari kaca agar ruangan kamu terasa lebih lapang.

Selanjutnya, kamu juga bisa mendesain pintu lemari dan kamar tidur dengan cara yang lebih efisien. Caranya adalah dengan menggunakan pintu geser seperti layaknya pintu yang ada didalam rumah masyarakat Jepang. Hal ini terbukti lebih mampu menghemat ruangan dibandingkan kamu harus menggunakan pintu yang dibuka secara tradisional.

dekorasi kamar ukuran kecil

Optimalkan Sudut Ruangan untuk Dekorasi Kamar

Tips dekorasi kamar yang selanjutnya adalah dengan mulai mendekorasi setiap sudut kamar dan dinding yang ada. Saat melakukan dekorasi ruangan ini pastikan kamu berfokus pada fitur desain dan bukan ukuran yang malah menjadikan kamar kamu tidak nyaman untuk ditempati.

Mulailah berpikir secara kreatif dengan menemukan berbagai macam ide saat akan mendesain dinding kamar. Kamu bisa memainkan beragam komposisi warna, bentuk, tekstur, skala dan lain sebagainya saat akan mendekorasi ruangan.

dekorasi kamar ukuran kecil

Kamu bisa membuat sebuah lukisan dinding kreatif atau mural, permainan cat, dan juga penggunaan wallpaper dinding untuk mempercantik ruangan yang ada. Tambahkan juga sentuhan pribadi yang menurut kamu paling cocok untuk ditempatkan didalam kamar tidur.

Jangan lupa tambahkan pula berbagai macam hiasan yang unik dan tidak biasa agar tampilan kamar kamu lebih menarik untuk dilihat. Manfaatkanlah setiap sisi dinding yang ada semaksimal mungkin.

Buatlah Tempat Penyimpanan Vertikal

Tips dekorasi kamar selanjutnya adalah dengan mulai mengganti tempat penyimpanan yang selama ini kamu gunakan. Mulailah untuk menyingkirkan berbagai furnitur besar yang banyak memakan tempat dan luas lantai kamar kamu. Cara seperti ini terbukti dapat menjadikan kamar lebih lapang dan tidak padat.

dekorasi kamar ukuran kecil

Sebagai gantinya kamu bisa menempatkan rak tempel di bagian dinding, sehingga perabotan yang dimiliki nampak menyatu dengan dinding.

Selanjutnya tempat penyimpanan seperti laci dan meja bisa juga kamu tempelkan di dinding. Cara seperti ini merupakan cara yang hebat untuk melapangkan ruang kamar yang sempit, sehingga lebih banyak ruang yang bisa kamu gunakan untuk hal yang lain. Terbukti kan, bahwa rak penyimpanan merupakan barang yang penting.

Manfaatkan Furnitur Serbaguna

Selanjutnya, tips dekorasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan ruangan lantai yang terbatas dengan menggunakan furnitur multifungsi. Sebagai contohnya, kamu bisa menggunakan tempat tidur lipat yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai tempat beristirahat saat malam hari dan sebagai meja kerja dan ruangan penyimpanan saat siang hari.

dekorasi kamar ukuran kecil

Bahkan jika kamu ingin lebih menghemat tempat bisa juga dengan cara menggunakan tempat tidur yang dapat berfungsi sebagai sofa/sofa bed saat siang hari. Akan semakin banyak tempat lapang yang bisa kamu miliki didalam kamar tidur nantinya.

Penggunaan Cermin Secara Maksimal

Tips dekorasi kamar yang kecil selanjutnya adalah dengan menciptakan sebuah tipuan mata sehingga kamar kamu terlihat lebih luas dari biasanya.

Tempatkan cermin yang berukuran besar didalam ruangan kamar, hal ini akan membuat kamar yang sempit menjadi lebih lapang dari biasanya. Bukan cuma berfungsi menjadikan kamar terlihat lebih lapang dan luas saja. Cermin juga bisa kamu gunakan untuk memantulkan cahaya alami dan menjadikan ruangan lebih dinamis.

dekorasi kamar ukuran kecil

Kamu bisa menempatkan cermin yang dimiliki berdekatan dengan sumber cahaya seperti lampu, lilin, atau sinar matahari pagi. Dengan menempatkan cermin pada bagian tersebut, dapat dipastikan ruangan kamar dapat lebih cerah.

Kamu juga menggunakan cermin sebagai pengganti lukisan dan hiasan yang ada di dinding. Sebuah galeri cermin dengan berbagai ukuran, bingkai, dan bentuk dapat juga memperindah ruangan kamar dan memberikan kesan luas.

dekorasi kamar ukuran kecil

Jika kamu menginginkan  kesan mewah dari kamar kamu yang berukuran kecil, kamu bisa memadukan cermin yang berukuran besar pada plafon atau langit-langit kamar. Cara seperti ini dapat membuat kamar yang kamu tempati lebih cerah dan juga lapang.

Di dekoruma kamu bisa mendapatkan berbagai macam bentuk dan ukuran cermin berkualitas dengan variasi harga.

Mulailah Bermain dengan Komposisi

Tips dekorasi ruangan yang terakhir adalah dengan berani bermain pada komposisi dan menonjolkan suatu hal yang dapat menjadi pusat perhatian oleh banyak orang. Cara seperti ini berfungsi untuk mengalihkan fokus daru ukuran ruangan kamar yang terbatas dan sempit.

Karena hal itulah kamu perlu memiliki keberanian untuk melakukan kreasi pada kamar tidur agar tujuan untuk mengalihkan fokus kamar menjadi lebih maksimal. Kamu bisa menggunakan warna cat yang berbeda sebagai tips dekorasi kamar nantinya, atau kamu bisa juga menggunakan wallpaper yang memiliki pola geometris untuk dinding kamar tidur.  Pemilihan furnitur yang memiliki desain yang unik dan berbedajuga dapat membantu mencerahkan kamarmu.

dekorasi kamar ukuran kecil

Hal yang paling penting dalam mendekorasi ruangan yang memiliki ukuran yang kecil adalah dengan menemukan beragam macam ide-ide kreatif yang bisa diaplikasikan.

Jangan hanya terpaku pada permasalahan ruangan yang sempit,  mulailah mencari cara bagaimana menemukan cara agar ruangan tersebut dapat terlihat lebih luas.

Jika kamu kesulitan menemukan furnitur untuk memulai dekorasi kamar, dekoruma menawarkan banyak sekali furnitur, mulai dari kasur, kursi, sofa yang bisa kamu gunakan untuk memulai kreasimu dalam dekorasi kamar di rumahmu. Kualitas yang terbaik pun menjadi prioritas bagi dekoruma.

Semoga 6 tips dekorasi kamar yang Kania sampaikan diatas dapat membantu teman-teman semua yang sedang kebingungan melakukan dekorasi kamar. Selamat berkreasi!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse