7 Hal yang Perlu Ada di Kamar Tidur

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Seumur hidup kamu akan menghabiskan sekitar 200.000 jam di kamar tidur. Sebagai perbandingan, jika kamu menghabiskan semua waktu tersebut untuk berjalan kamu dapat mengelilingi bumi sebanyak 25 kali. Tapi tentu kamu tidak akan menghabiskan waktu itu untuk mengelilingi bumi, kan?

Berikut ini beberapa hal yang kamu butuhkan untuk mengisi kamar tidurmu dan membuatmu merasa nyaman di kamar tidur sendiri.

Tempat Tidur yang Nyaman

Sesuai dengan namanya, fungsi utama ruangan ini adalah tempat untuk tidur. Hal pertama yang harus ada di kamar tidur adalah tempat tidur. Ada beberapa orang yang memilih menggantikan kasur yang nyaman dengan sesuatu yang lebih terjangkau, seperti sofa atau kasur lipat.

Banyak artikel yang menjelaskan keunggulan dan kelemahan dari berbagai tempat tidur yang ada, tetapi poin pentingnya adalah setiap orang mencari tempat tidur yang sesuai dengan kebiasaan tidurnya masing-masing.

Baca selengkapnya: Jenis Tempat Tidur Apa yang Baik Untukmu?

 

Setiap orang memiliki keinginan untuk mendapatkan tidur yang tenang dan berkualitas. Mencari tempat tidur yang tepat menjadi penting karena saat tidur, tubuhmu bekerja untuk mendukung fungsi otak yang sehat dan menjaga kesehatan fisik.

Pada dasarnya, tidur nyenyak sangat penting, dan tidak ada yang membantumu tidur lebih baik selain jenis tempat tidur yang tepat. Tempat tidur yang tepat juga termasuk jenis bantal yang kamu gunakan. Mengenai jenis bantal yang tepat, hal ini tergantung pada ukuran tempat tidurmu. Seseorang biasanya memerlukan 1 sampai 6 bantal di kasurnya, jumlah yang berlebihan akan mengurangi ruang di atas tempat tidurmu.

Baca selengkapnya: Bagaimana Cara Membersihkan Kasur?

7 Hal yang Perlu Ada di Kamar Tidur
image from pixabay.com

Tempat Duduk

Tempat duduk atau bangku menjadi hal yang harus ada di kamar tidur karena beberapa alasan. Pertama, tempat itu bisa menjadi tempat untuk membaca, jadi kamu tidak mengorbankan kesehatan mata dan punggung karena terlalu lama membaca di tempat tidur.

Kedua, berfungsi sebagai tempat untuk memakai sepatu atau bahkan berdiskusi dengan pasangan. Memisahkan tempat tidur dengan tempat bekerja membuat tubuhmu terbiasa mengasosiasikan kasur sebagai tempat tidur, hal ini mempermudah kamu tidur di malam hari.

Kamu bisa memilih jenis kursi ottoman, sofa, atau bangku. Sesuaikan jenis tempat duduk dengan bentuk ruangan dan ukurannya.

Meja Kecil

Jika membicarakan sesuatu yang harus ada di kamar tidur, sebuah meja kecil di sisi ranjang adalah salah satunya. Beberapa orang setuju bahwa harus ada tempat untuk menyimpan sesuatu seperti ponsel, kacamata, gelas, tisu dan benda-benda penting lainnya yang dapat diraih tangan dalam posisi tidur.

Bukan berarti seseorang pemalas jika ia membutuhkan kemudahan dalam meraih benda-benda tersebut tanpa harus bangun terlebih dahulu. Bukankah sulit jika harus menaruh kacamata di meja rias dan tiba-tiba harus segera pergi saat bangun?

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu memikirkan beberapa pilihan meja kecil untuk diletakkan di sisi ranjang.

Meja kecil ini juga dapat menjadi bagian dari hiasan ruangan kalau memang kamu lebih suka nilai estetik dibandingkan dengan fungsinya. Letakkan beberapa buku atau majalah favoritmu, bunga atau tanaman dalam pot kecil, atau lampu tidur.

Hal ini akan membuat meja kecil tersebut tidak terlalu berantakan dan tidak terlalu kosong, sehingga dapat menjadi bagian dari dekorasi ruangan. Kamu juga dapat menaruh lilin aroma terapi di atasnya untuk menambah kenyamanan tidurmu.

Aroma Favorit

Saat ini sudah banyak pilihan untuk mendapatkan aroma ruangan yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan ketenanganmu selama berada di kamar tidur. Kamu dapat memilih lilin aromaterapi, alat diffusers, penyegar udara alami seperti menaruh bunga atau biji kopi, atau memakai pengharum ruangan semprot.

7 Hal yang Perlu Ada di Kamar Tidur
image from zunanaturals.com

Karpet yang Nyaman

Jenis lantai apapun yang kamu pilih, tidak mungkin membayangkan sebuah kamar yang nyaman tanpa sebuah karpet. Satu hal ini menjadi pilihan yang dapat mengubah keseluruhan nuansa kamar tidur. Bahkan kamar tidur modern cenderung memiliki karpet berbulu di samping ranjang. Tidak sedikit orang yang benci menapak di atas lantai dingin setiap pagi dan karpet dapat menjadi solusi untuk hal tersebut. Tenggelamkan jari-jari kakimu ke permadani empuk yang dapat membuat pagi hari lebih cerah.

Cermin

Benda yang satu ini tidak terbatas hanya pada perempuan saja, tapi juga laki-laki. Tidak ada orang yang ingin keluar rumah dengan penampilan yang berantakan. Cermin, selain dapat memberi efek luas pada ruangan kamar tidur dan memaksimalkan pencahayaan ruangan, juga menjadi bagian penting untuk memeriksa penampilan sebelum keluar rumah.

Jadi, kecuali jika kamu memiliki fobia terhadap cermin karena terlalu sering menonton film horor, menaruh sebuah cermin besar di kamar tidur adalah ide bagus.

7 Hal yang Perlu Ada di Kamar Tidur
image from miumiuborse.com

Artwork

Kamar tidur tanpa karya seni di dinding seperti kanvas kosong yang membosankan. Jika kamar tidurmu terasa kurang menarik, ini saatnya mengubah beberapa hal. Hampir semua jenis karya seni dapat kamu pasang di kamar, tak terkecuali foto keluarga.

 

Pilihan yang tersedia untuk dipasang di kamar sangat banyak, dari mulai lukisan dengan warna yang unik sampai karya seni ukiran. Pilihlah warna yang sesuai dengan nuansa kamar tidur. Warna-warna terang dan cerah akan menaikkan mood, sedangkan warna lembut dan gelap akan memberikan perasaan tenang dan mengantuk.

Hiasan seni dalam kamar tidur juga dapat berupa lampu, baik yang digantung, ditempel di dinding atau diletakkan di atas meja. Lampu gantung akan memberikan penerangan sekaligus nuansa kamar yang mewah. Sementara lampu yang ditempel atau diletakkan di atas meja dapat menjadi lampu tidur yang akan mengubah mood dari hari yang cerah menjadi nuansa romantis malam hari.

Penempatan Itu Penting!

Itulah beberapa hal yang penting ada di kamar tidurmu. Hal yang harus diperhatikan adalah sesuaikan setiap benda dengan kebutuhan dan nuansa kamar agar tidak menimbulkan kesan saling bertabrakan satu sama lain.

Penempatan juga menjadi penting untuk menghindari kesan kamar yang penuh, kecuali jika kamu memang menginginkan kesan tersebut. Kamar yang luas biasanya merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang senang merasa lapang dan selalu rapi, kamar yang penuh akan memberikan rasa hangat dan bukan tempat untuk banyak beraktifitas.