Jangan Sampai Merugi Karena Salah Pilih Furniture!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pernah membayangkan sebuah rumah tanpa kehadiran beragam furniture di dalamnya? Rasanya tidak mungkin, bukan? Meskipun sekarang di Jepang sedang booming konsep hidup minimalis ekstrem yang membuat ruangan bisa bebas dari perabotan yang tidak terlalu fungsional, nyatanya hunian mereka tetap dihiasi furniture dasar yang fungsinya sangat erat dalam kehidupan, seperti tempat tidur dan lemari.

Nah, apalagi orang Indonesia yang memandang sesuatu tidak hanya dari fungsi, tetapi masih tetap berkeyakinan pada keindahan dan keharmonisan, tidak terkecuali untuk kondisi perabotan yang menghiasi hunianmu.

Perkaranya saat ini, apakah kamu termasuk orang yang teliti dalam memilih furniture atau sering asal membeli furniture untuk hunianmu?

Soalnya, sekarang banyak orang yang sembarangan dalam membeli furniture. Dari konsep awal furniture dibeli untuk difungsikan di ruangan yang sesuai, saat ini banyak alasan membeli furniture hanya karena modelnya yang lucu, perabotan tersebut sedang populer di masyarakat, dan yang paling banyak karena “aji mumpung” soalnya perabotan tersebut sedang diskon besar-besaran!

Kalau kamu termasuk orang yang sering asal membeli furniture dengan beragam alasan di atas, mulai sekarag hentikan kebiasaan tersebut, yuk.

Soalnya kebiasaan membeli furniture secara sembarangan bisa membuatmu mendapat banyak kerugian, loh. Kamu tentu tidak mau bukan kalau akhirnya furniture yang kamu beli tersebut berujung menyulitkanmu?

Berikut ini Kania berikan gambaran beberapa kerugian ketika kamu asal memilih furniture supaya kamu tahu betapa pentingnya memilih furniture secara tepat.

Budget Membengkak karena Kualitas Furniture Tidak Terjamin

furniture sembarangan 2

Apa hubungannya pengeluaranmu bisa membengkak ketika sembarangan memilih furniture yang dibeli? Mungkin kamu berpikir, ketika kamu membeli furniture tersebut kamu bahkan bisa menghemat dana soalnya sedang ada diskon besar-besaran. Di lain sisi, kamu pun membutuhkan furniture tersebut untuk melengkapi perabotan di suatu ruangan di rumahmu.

Mungkin saja kamu merasa dapat berhemat dengan furniture yang kamu beli tersebut karena harganya lebih murah. Namun, sudahkah kamu memperhatikan kualitas dari furniture yang kamu pilih?

Bisa jadi harga perabotan yang kamu pilih tersebut lebih murah dibandingkan yang lain karena kualiasnya yang tidak sebaik yang lain. Bisa jadi juga, furniture tersebut merupakan koleksi lama yang tidak laku. Kalau sudah begini, siap-siap saja kamu harus menyediakan dana lebih untuk membeli furniture baru selang tidak beberapa lama dari waktu pembelian furniture dengan cara asal tersebut.

Asal membeli furniture bisa sangat merugikan kamu dalam hal budget pada akhirnya. Pola sembarangan dalam memilih perabotan tersebut sangat rentan membuatmu tidak memperhatikan kualitas dari produk tersebut.

Padahal, lebih baik kamu memilih furniture yang agak mahal dengan kualitas terjamin daripada harus membeli furniture dengan harga murah dengan kualitas yang sangat mungkin lebih rendah. Kualitas yang tidak terjamin membuat furniture tersebut rentan rusak sehingga kamu harus kembali menyediakan dana ekstra untuk membeli furniture baru dengan fungsi yang sama.

Di lain sisi, ketika kamu asal membeli furniture karena harga yang murah, bisa jadi sudah out of mode sehingga kamu tidak betah melihatnya dan terpaksa mencari furniture pengganti yang lebih modern.

Nah, jika sudah begini, yang tadinya niat berhemat dengan sembarangan saja membeli furniture yang murah malah berujung budget membengkak karena ternyata perabotannya tidak berkualitas baik, bukan? Jangan sampai seperti ini ya.

Rumah Menjadi Berantakan

furniture sembangaran 3

Berantakan di rumahmu tidak hanya diciptakan dari lantai yang belum disapu ataupun tumpukan baju yang belum disetrika. Berantakan di rumahmu bisa jadi juga disebabkan oleh banyak furniture yang memenuhi ruangan sehingga rumahmu tampak sempit dan berantakan.

Terkait: Haruskah Kamu Membeli Kursi Tamu Kayu?

Bagaimanapun juga harus dipahami bahwa selain fungsinya, furniture yang kamu letakkan di tiap sudut ruangan dapat membentuk kesan seni yang indah dan harmonis apabila dipilih secara tepat dan hati-hati. Sebaliknya, jika kamu sembarangan memilih furniture, sangat bisa dipastikan penataan ruanganmu menjadi tidak harmonis dan tampak berantakan. Kesan nyeni pun akan hilang dari ruangan tersebut, berganti menjadi kesan “gudang”.

Ada beberapa penyebab rumahmu menjadi tampak berantakan saat kamu sembarangan memilih furniture.

Jika kamu asal memilih furniture tanpa memperhatikan keserasiannya dengan furniture lain ataupun dengan warna cat dinding ruanganmu, ruangan tersebut menjadi tampak terlalu liar dan tampa konsep. Image berantakan pun segera muncul ketika orang lain melihatnya.

Jika sudah begini, membanggakan rumahmu kepada tamu yang datang pun menjadi sulit. Bahkan bisa jadi, kamu malu menerima tamu ke rumah karena ruangan yang terkesan berantakan akibat furniture-furniture yang terlalu penuh dan tidak harmonis dilihat tersebut. Kalau sudah begini, menyesal kan karena sudah sembarangan dalam memilih furniture ?

Menjadi Tidak Nyaman di Rumah Sendiri

furniture sembarangan 4

Ketika kamu sembarangan memilih furniture untuk ditaruh di ruangan-ruangan rumahmu, sama saja artinya kamu sedang menggadaikan kenyamananmu sendiri di dalam rumah. Kenapa? Ada dua alasan kenyamanan pun menjadi terancam di rumah sendiri karena furniture yang asal tadi.

Pertama, ketika kamu memilih furniture secara sembarangan artinya kamu tidak memperhatikan kualitas dari produk yang kamu beli tersebut. Keawetan perabotan tersebut hanya salah satu faktor yang sangat mungkin merugikanmu karena ternyata barangnya cepat rusak.

Namun selain itu, sangat mungkin terjadi furniture yang kamu pilih tersebut tidak nyaman juga ketika digunakan.

Sebagai contoh, misalnya kamu asal memilih sofa untuk ruang keluargamu. Ternyata busa sofa tersebut tidak terlalu tebal sehingga membuat dudukmu terkesan “tenggelam”. Ditambah lagi, ternyata kain pelapis sofa tersebut menimbulkan rasa gerah dan panas ketika diduduki. Jika sudah demikian, kamu pun menjadi malas untuk duduk bersantai lama-lama di atasnya, bukan?

Kedua, selain ketidaknyamanan yang muncul dari furniture itu sendiri, kamu pun bisa merasa tidak nyaman dari suasana ruangan. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, ruangan dalam rumah bisa terlihatan berantakan dan tidak memiliki nilai seni apabila kamu asal menaruh furniture tanpa keserasian dan konsep yang jelas. Jika sudah demikian, suasana pun menjadi tidak nyaman. Kamu akan malas berlama-lama di ruangan tersebut karena terkesan sumpek atau tidak sesuai dengan kepribadianmu.

Perkara memilih furniture sebenarnya susah-susah gampang, Intinya, ketika hendak membeli sebuah perabotan untuk ditaruh di suatu sudut rumahmu, jangan sampai sembarangan apalagi asal memilih. Karena jika tidak, ketiga kerugian di atas siap mengintaimu.

Terkait: Seluk Beluk Meja Berbahan Kayu

Apabila kamu telanjur salah memilih furniture karena asal memilih, jangan sedih dulu. Belum terlambat kok. Kamu bisa mulai memperbaiki kebiasaanmu dan ke depannya mulai untuk lebih berhati-hati dalam membeli furniture. Kamu pun juga mulai bisa mempertimbangkan furniture apa saja yang sudah rusak ataupun tidak sesuai lagi agar bisa diganti dengan yang baru dan lebih berkualitas.

Intinya, dalam membeli apapun harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Apalagi soal furniture yang tiap hari bisa dibeli. Perhatikan budget, kualitas, fungsi, dan keindahan furniture tersebut supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Kalau kamu merasa malas untuk berkeliling toko furniture, tahukah bahwa sekarang kamu dapat membeli furniture impianmu dengan sekali klik? Di dekoruma, kami menyediakan berbagai macam furnituredekorasi, bahkan lemari custom yang bisa kamu pesan sesuai kebutuhanmu. Tunggu apa lagi, temukan favoritmu sekarang!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse