16 Makanan yang Harus Kamu Beli Saat Keliling Indonesia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

hands-way-guide-tourist.jpg

Kamu berencana untuk berlibur dalam waktu dekat? Wah, pasti sudah nggak sabar ya! Walaupun kita bersenang-senang untuk liburan, tapi jangan sampai lupa dengan orang rumah atau teman-teman kita. Memberikan oleh-oleh kepada mereka adalah salah satu wujud rasa sayang kita kepada mereka.

Oleh-oleh bisa bervariasi mulai dari benda seperti pajangan, gantungan kunci, pakaian, tas, atau yang paling umum adalah makanan. Setiap kota tentunya memiliki makanan khas daerahnya. Memang tidak semua makanan tersebut bisa dibawa pulang dan dibagikan sebagai oleh-oleh. Karena itu, disini Kania akan merekomendasikan 16 macam oleh-oleh dari 8 kota tujuan wisata di Indonesia.

 

1. Semarang

 

layout photo semarang.jpg

Foto dari resephariini.com | Foto dari resepsedapku.com

 

Lumpia dan Wingko Babat

Lumpia adalah makanan khas Semarang yang renyah berisi rebung ayam yang manis dan gurih Lumpia Semarang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memiliki saus kental yang berwarna cokelat. Salah satu tempat yang terkenal untuk membeli oleh-oleh lumpia ini adalah di Gang Lombok yang berada di kawasan Pecinan. Lumpia disini dikemas dengan besek atau kotak yang terbuat dari bambu.

Wingko babat adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Kue ini biasanya sering dijumpai di tempat-tempat umum superti terminal bus dan stasiun kereta api. Salah satu wingko babat yang terkenal adalah wingko babat cap kereta api. Selain enak, wingko babat memiliki rasa yang beraneka ragam.

 

2. Yogyakarta

 

layout photo jogja.jpg

Foto dari berpeluang.com | Foto dari jajanankuliner.net

 

Gudeg dan Bakpia

Gudeg adalah masakan tradisional khas Jogja, gudeg memiliki rasa yang manis. Untuk oleh-oleh, gudeg tidak bisa bertahan lama; biasanya hanya bertahan kurang dari 12 jam, kecuali kalau dimasukkan kedalam kulkas. Salah satu gudeng yang paling terkenal di Jogja adalah gudeg Yu Djum yang berada di jalan Agro, Caturtunggal – Yogyakarta.

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung lulu dipanggang. Sekarang bakpia memiliki rasa yang beraneka ragam, mulai dari cokelat, keju, kacang hijau, durian, green tea dan lain-lain. Bakpia yang terkenal di Jogja salah satunya adalah Bakpia Pathok 25 yang terletak di Jalan Bhayangkara Kios Pasar Pathok, Yogyakarta.

 

3. Medan

 

layout photo medan.jpg

Foto dari duniadurianfahri.blogspot.com | Foto dari kulinerkhasmedan.com

 

Pancake Durian dan Bolu Gulung Meranti

Pancake Durian adalah makanan ringan yang terdiri dari daging durian dan krim kocok serta dibalut kulit crepes atau dadar gulung. Pancake durian ini awalnya dipelopori oleh pedagang-pedagang kue rumahan di kota Medan. Salah satu pancake durian yang terkenal adalah Ucok Durian di Jalan Pelajar, Medan.

Bolu Gulung Meranti sebenarnya tidak banyak berbeda dengan bolu gulung pada umumnya. Karena rasanya yang enak dan lembut, bolu gulung ini menjadi oleh-oleh kebanggaan kota Medan yang terkenal dan populer. Dinamakan Bolu Gulung Meranti, karena pada awalnya sang pemilik bolu menjajakan bolunya di Jalan Meranti. Jika kamu ke Medan dan ingin membeli oleh-oleh bolu gulung meranti, kamu boleh mampir ke Jalan Kruing, Medan.

 

4. Makassar

 

layout photo makassar.jpg

Foto dari wakatobitourism.com | Foto dari alfianwidi.com

 

Bannang-Bannang dan Baruasa

Bannang-Bannang atau nennuq-nennuq adalah kue khas Makassar yang bercita rasa manis. Bannang-bannang berasal dari bahasa Makassar yang berarti benang yang saling menjalin, seperti bentuk kue tersebut. Bannang-bannang yang terkenal diproduksi oleh Usaha Rukiah Maros, Sulawesi Selatan.

Baruasa adalah makanan ringan yang terbuat dari kelapa parut yang dikeringkan dan dicampur dengan telur dan tepung beras. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh di Makassar.

 

5. Lampung

 

layout photo lampung.jpg

Foto dari www.saibumi.com | Foto dari Banesia

 

Pempek dan Keripik Pisang Kepok

Pempek memang berasal dari kota Palembang, namun makanan ini ternyata juga menjadi hidangan favorit masyarakat Lampung juga. Pempek Lampung yang terkenal enak adalah pempek 88 yang terletak di Jalan Salim Batubara, Teluk Betung Utara – Bandar Lampung.

Keripik Pisang Kepok adalah jajanan Khas Lampung. Keripik pisang ini dibuat melalui proses oven, tidak digoreng sehingga bisa lebih tahan lama. Keripik pisang ini memiliki varian rasa yang beragam, dan jika kamu berkunjung ke Lampung kamu boleh mampir ke toko manisan Yen-Yen yang terletak di Jalan Ikan Kakap – Bandar Lampung.

 

6. Manado

layout photo manado.jpg

Foto dari pakaroti.com | Foto dari Katalog Wisata

 

Panada dan Ikan Cakalang Fufu

Panada adalah makanan peninggalan dari bangsa Portugis beberapa abad lalu. Nama Panada sendiri berasal dari empanada, yaitu isian makanan berupa ikan yang dibungkus roti. Kue ini berbentuk seperti pastel yang berisikan ikan cakalang bumbu panpis. Panada bisa kamu dapatkan di toko-toko kue atau restoran di Manado.

Ikan Cakalang Fufu adalah makanan khas Manado yang memiliki rasa yang gurih dan bisa diolah mencadi berbagai jenis masakan. Pusat penjualan Ikan Cakalang Fufu ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sario – Manado.

 

7. Pontianaklayout photo pontianak.jpg

Foto dari borneophotography.org | Foto dari anggisnack.wordpress.com

 

Sotong Pangkong dan Stik Talas

Sotong Pangkong adalah cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang, lalu setelah dibakar maka cumi ini akan dipukul-pukul dengan menggunakan palu. Kemudian cumi kering ini disajikan dengan saos cabe dan cuka. Biasanya sotong pangkong ini dapat ditemukan saat bulan ramadan didaerah Jalan Merdeka – Pontianak.

Stik Talas atau biasa disebut dengan stik keladi adalah makanan ringan khas Pontianak. Stik Talas ini terbuat dari buah keladi/talas yang diolah secara khusus dengan campuran bumbu-bumbu rempah, campuran rempah yang sangat terasa membuat makanan ini begitu enak dan cocok sebagai cemilan. Stik Talas ini mudah didapat di toko oleh-oleh di Pontianak.

 

8. Denpasar

layout photo bali.jpg

Foto dari resepanekamasakanenak.blogspot.co.id | Foto dari www.piesusubliman.com

 

Kacang Disco dan Pie Susu

Kacang Disco adalah cemilan khas dari daerah Bali. Sekilas kacang disco ini mirip dengan kacang telur karena cara membuatnya sama-sama dengan membaluri kacang dengan adonan tepung dan telur. Cemilan ini sangat cocok untuk disajikan saat berkumpul bersama keluarga. Kamu bisa mendapatkan kacang disco ini di pusat oleh-oleh Krisna yang berada di Sunset Road, Badung – Bali.

Pie Susu adalah pie yang berbentuk piringan kecil dengan krim yang sangat terasa dilidah. Pie susu adalah oleh-oleh yang sangat wajib dibeli saat kita pergi ke Bali. Pie susu yang terkenal adalah Pie Susu Asli Enaaak yang terdapat di Jalan Nangka Selatan, Denpasar – Bali.

 

_MG_1921.jpg

 

Nah, itu dia beberapa oleh-oleh pilihan Kania. Ketimbang benda lain, makanan bisa dinikmati beramai-ramai. Jadinya budget yang perlu kamu keluarkan untuk membeli oleh-oleh pun tidak perlu terlalu besar deh.

Selamat berlibur! Jangan lupa belikan oleh-oleh untuk orang-orang yang kamu sayangi ya, hihi.

Temukan berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma yang jual sofa minimalis, tempat tidur, lampu hias, karpet, dan lemari. Model dan ukurannya pun bervariasi sehingga bisa kamu pilih sesuai selera. Jangan berlama-lama lagi, langsung saja kunjungi laman Dekoruma, yuk!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse