Sofa atau Kursi, Mana Yang Paling Cocok Buatmu?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ruang tamu ada representasi dari kepribadianmu. Ketika ada tamu yang datang, tak ayal ruangan yang satu ini adalah tempat pertama yang ia lihat dari hunianmu. Kesan positif maupun negatif dari rumahmu pun bisa terbentuk dari ruang yang kerap  berada di bagian depan rumah sesudah pintu masuk ini. Sofa atau kursi ruang tamu yang menghiasi ruangan tersebut pun tak lepas dari pantauan para pengunjung rumahmu.

Karena alasan itu jugalah, tidak perlu dipusingkan ketika seseorang berpikir keras untuk mendesain ruang tamunya sedemikian rupa guna bisa mendapatkan kesan artistik yang mendalam bagi tiap orang yang melihatnya. Kamu pun mungkin termasuk orang yang demikian. Ketika sedang mendesain ruang tamu tersebut, tentunya pun kamu tidak dapat melepaskan salah satu furniture yang wajib hadir di ruangan yang satu ini, yakni keberadaan tempat duduk berupa sofa maupun kursi ruang tamu. Benar, bukan?

Coba bayangkan ruang tamu tanpa kehadiran sofa ataupun kursi ruang tamu? Pastinya ketika ada orang yang datang ke rumahmu, kamu akan kebingungan hendak menjamu mereka di mana. Tidak mungkin bukan membiarkan mereka berdiri lama-lama di sebuah ruangan lamamu sembari mengobrol cukup panjang?

Ya, tempat duduk di ruang tamu memang menjadi salah satu furniture krusial sehingga perlu kamu pikirkan masak-masak ketika hendak membelinya. Beberapa orang lebih memilih sofa untuk menghiasi ruang tamunya. Sebagian lagi lebih memilih kursi ruang tamu sebagai perabotan utama di ruang bagian depan rumahnya. Kalau kamu sendiri termasuk yang mana? Atau bisa jadi, kamu termasuk orang yang masih bingung menentukan?

Sebelum memutuskan mau membeli sofa atau kursi ruang tamu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dari segi estetika dan kenyamana. Kalau soal harga sendiri, keduanya relatif tidak memiliki harga yang timpang. Nah, berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang Kania sarankan ke kamu supaya ruang tamumu tetap tampil cantik dan manis, baik dengan sofa maupun kursi ruang tamu yang dipilih.

Tentukan Konsep Terlebih Dahulu

kursi ruang tamu 2

Mau sebagus apapun sofa maupun  kursi ruang tamu yang kamu pilih tidak akan tampak menarik jika furniture tersebut tidak sesuai dengan konsep ruangan yang hendak kamu hadirkan. Karena itu, sebelum membeli furniture utama dari ruang tamu, pastikan dahulu apa konsep yang hendak kamu pakai di ruangan tersebut? Ingin ruang tamumu bergaya minimalis yang simpel, klasik yang elegan, atau shabby chic yang tengah tren belakangan ini?

Baca juga: Yuk Dekorasi Rumah A la Shabby Chic!

Apabila kamu memilih konsep minimalis, lebih baik kamu memilih sofa sebagai tempat duduk di ruangan depan rumahmu tersebut. Sofa mampu menghadirkan kesan simpel dibandingkan dengan kursi ruang tamu. Kamu pun tidak perlu banyak menghadirkan jumlah sofa sebab dengan dua sofa dudukan tiga, ruang tamumu bisa disambangi oleh banyak orang sekaligus.

sofa kursi

Maesta Vita Sofa 3 Dudukan Abu-abu Neptune

Sebaliknya, apabila kamu ingin memilih konsep klasik, tidak ada salahnya menjajal untuk meletakkan kursi ruang tamu di ruangan tersebut. Rata-rata model kursi ruang tamu yang biasa dipakai adalah armchair ataupun kursi malas. Harga untuk model kursi  demikian pun relatif tidak membuat jebol dompetmu. Contohnya, dengan budget di bawah Rp1 juta, kamu sudah bisa membawa pulang armchair dengan nuansa klasik. Hanya saja, perlu diperhitungkan bahwa kamu tidak mungkin bukan hanya menaruh satu atau dua kursi ruang tamu di ruangan tersebut?

Baca juga: 10 Jenis Bahan Sofa, Apa Saja?

Terakhir ada konsep shabby chic yang terkesan girly dan menjadi favorit bagi kamu, para perempuan. Konsep ruangan ini sangat mungkin menggabungkan sofa maupun kursi ruang tamu dalam satu ruangan. Syaratnya, carilah kursi ruang tamu ataupun sofa dengan nuansa floral. Shabby chic kerap diidentikan dengan klasik modern, namun bukan berarti juga kamu mesti mencari sofa dengan punggungan lebar untuk menghasilkan kesan tersebut. Gabungan sofa bed dan kursi ruang tamu bernuansa floral yang minimalis pun bisa menghadirkan nuansa shabby chic yang ringan dan manis.

Perhatikan Luas Ruangan yang Dimiliki

kursi ruang tamu 3

Selain konsep, ukuran ruang tamu pun mesti menjadi pertimbangan matang sebelum memutuskan hendak membeli sofa atau kursi ruang tamu. Bagaimanapun, kedua furniture ini akan lebih tampak ciamik jika ditempatkan ruangan yang luasnya sesuai. Jangan sampai terjadi furniture utama di ruang tamu tersebut malah membuat ruangan tampak terlalu sempit atau bahkan terlalu kosong.

Hadirnya sofa minimalis sangat pas untuk kamu yang hanya memiliki ruang tamu dengan ukuran yang kecil. Sofa berbentuk letter L atau sofa tiga dudukan bisa menjadi jawaban untuk memberi banyak tempat duduk di ruangan terbatas, tanpa harus menghabiskan banyak. Dengan demikian, kamu masih memiliki cukup tempat untuk menaruh furniture lain, seperti lemari ataupun meja sudut sebagai penghias ruangan yang manis. Sekarang, coba bandingkan dengan penggunaan kursi ruang tamu.

Baca juga: 11 Jenis Sofa untuk Mempercantik Rumahmu

Ukuran kursi ruang tamu memang lebih kecil dibandingakan sofa jika diukur per satuan. Akan tetapi, seperti yang sempat dibahas di atas, tidak mungkin bukan hanya menaruh satu atau dua kursi ruang tamu di ruangan tersebut?  Setidaknya, apabila kamu ingin ruang tamumu hanya menggunakan kursi, sediakanlah tiga hingga empat kursi agar ketika tamu datang, kamu tidak perlu kebingungan mencari tempat duduk tambahan.

kursi sofa credit: idolza.com

Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingakan sofa, tiap kursi ruang tamu memiliki kerangka yang cukup besar sehingga memakan ruangan lebih luas. Apabila ruang tamumu tergolong sempit, penggunaan kursi ruang tamu secara keseluruhan sangat tidak disarankan. Namun, apabila kamu tetap ingin ada kursi di ruang tamumu, mengombinasikannya dengan sofa bukanlah hal yang buruk.

Ya, untuk ruangan yang terbatas, kamu bisa memasangkan dua kursi ruang tamu dengan satu sofa dua dudukan guna menghemat dan mempercantik ruangan. Lain halnya jika ruanganmu luas, kamu bisa lebih leluasa menaruh perabotan yang kamu inginkan. Pengombinasian kursi ruang tamu dengan sofa pun dapat menjadi perpaduan yang cantik untuk ruang tamu yang luas.

meja kursi furniture

Mau sofa ataupun kursi ruang tamu, sebenarnya keduanya pas-pas saja diletakkan di ruang penerima tamu hunianmu. Namun, dua pertimbangan di atas perlu diperhatikan sebab kamu tidak hanya ingin ruang tamumu tampak penuh dengan perabot, bukan? Kesan cantik dan nyaman pun tentunya tiap orang harapkan hadir di ruang tamunya.

Budget yang perlu kamu persiapkan untuk membeli sofa maupun kursi ruang tamumu pun tidak berbeda jauh. Justru yang perlu kamu pikirkan masak-masak adalah tingkat kenyamanan para tamu yang duduk di tempat tersebut. Tidak ada masalah dengan sofa yang bisa nyaman untuk diduduki hingga satu jam ke depan. Namun, apabila kamu memilih kursi, pastikan dudukannya dilapisi busa sehingga membuat siapapun yang duduk di atasnya betah berlama-lama, ya.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse