6 Inspirasi Teras Rumah Homey, Dijamin Bikin Tetangga Iri!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Penggunaan teras dalam dunia arsitektur sudah ada sejak beribu-ribu tahun silam dan bisa ditemukan pada gaya arsitektur hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Teras merupakan ruang setengah terbuka yang biasanya menjadi batas entrace dari sebuah bangunan. Ada yang menjadikan teras sebagai pelengkap, namun ada pula desain teras yang memiliki fungsi lebih daripada sekedar pelengkap bangunan.

Desain Teras Rumah Homeypinterest.com

Umumnya, fungsi teras lebih mirip seperti ruang untuk menyambut tamu. Untuk ukuran yang lebih luas, teras bahkan bisa dijadikan ruang tamu. Banyak juga yang menggabungkan teras dengan taman atau halaman sehingga nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia, teras biasanya tertutup atap. Tapi tidak sedikit juga desain teras yang beratapkan terbuka.

Lalu, desain teras rumah  apa yang cocok untuk hunianmu? Simak berbagai desain teras rumah berikut dan tentukan desain teras rumah paling tepat untuk rumahmu!

Desain Teras Rumah Portico

Desain teras rumah portico populer di negara-negara Eropa, khususnya Italia. Desain teras rumah yang biasa disebut juga serambi ini merupakan ruang sebelum memasuki pintu masuk sebuah bangunan dengan tiang atau kolom yang relatif besar dan tinggi. Konsep seperti ini banyak ditemukan pada arsitektur Yunani kuno pada kuil-kuil serta bangunan kekaisarannya.

Desain Teras Rumah Porticopinterest.com

Gaya klasik desain teras rumah portico pada arsitektur Yunani kuno inipun hingga kini sering diimplementasikan untuk hunian bergaya klasik dan mediterania. Tidak hanya memberikan kesan elegan dan artistik, desain teras rumah portico klasik juga dianggap mewah bagi sebagian orang. Untuk desain teras rumah portico yang luas dengan kolom yang tinggi, biasanya dilengkapi dengan lampu gantung, baik itu lampu kristal ataupun candelier.

Biasanya tidak ada perabotan yang diletakkan pada area ruang teras portico karena pada dasarnya portico hanya berfungsi sebagai penyambut tamu. Hanya pelengkap seperti vas bunga, baik itu tanaman asli atau tanaman palsu, yang biasanya menjadi dekorasi tambahan pada teras portico.

Desain Teras Rumah Portico2pinterest.com

Pada bangunan modern, konsep portico masih sering diterapkan dengan menyederhadakan desainnya. Tidak ada ukiran-ukiran khas arsitektur klasik dan juga tinggi kolom yang relatif lebih rendah. Desain teras portico juga cukup sering diimplementasi pada rumah minimalis dengan ukuran yang lebih kecil.

Desain Teras Rumah Porch

Desain Teras Rumah Porchpinterest.com

Porch merupakan desain teras rumah paling konvensional. Biasa hanya disebut teras. Desain teras rumah porch adalah desain teras rumah yang paling mendekati teras-teras tradisional dari arsitektur Indonesia seperti yang ada pada rumah-rumah betawi ataupun rumah limas.

Desain teras rumah satu ini memiliki level diatas permukaan tanah dan tertutup atap. Struktur dari porch berada di luar dinding bangunan namun menempel pada struktur utama. Ada kalanya beberapa sisi ditutupi dinding penuh, namun umunya hanya berupa dinding sepinggang atau railing. Desain teras rumah porch yang menggunakan railing biasanya disebut juga veranda atau beranda.

Desain Teras Rumah Porch 2pinterest.com

Desain teras rumah porch biasanya berukuran lebih luas dibandingkan portico modern karena porch biasanya juga berfungsi sebagai ruang tamu atau ruang bersantai yang dilengkapi perabot seperti kursi ataupun coffee table. Namun tidak menutup kemungkinan desain teras rumah porch memiliki ukuran yang kecil tanpa dilengkapi perabotan sama sekali.

Pada desain teras rumah porch modern, bagian penutup tidak terbatas pada atap saja. Penggunaan kaca, membran, atau bahkan dome sangat mungkin diimplemntasi pada desain teras rumah satu ini.

Deck

Dpinterest.com

Pada negara-negara non-tropis, desain teras rumah bisa saja tidak dilengkapi penutup. Desain teras deck adalah salah satu contohnya. Dek merupakan sebuah bidang lantai yang berada diatas permukaan tanah dan umunya terbuat dari material kayu. Dek biasanya membentang tanpa penutup dan juga railing.

Dek kayu yang luas juga bisa difungsikan sebagai ruangan outdoor baik sebagai ruang keluarga maupun area rekreasi. Desain teras rumah seperti ini juga sering ditemukan pada hunian-hunian villa ataupun resor.

Untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia, desain teras rumah seperti ini masih bisa diimplementasikan dengan mengganti material kayu dengan material lain seperti multipleks atau material lain yang lebih tahan terhadap cuaca.

Patio

Patiopinterest.com

Patio adalah alternatif lain selain dek untuk kamu yang menginginkan desain teras rumah yang terbuka tanpa penutup. Yang membedakan desain patio dari dek adalah level patio yang sejajar dengan permukaan tanah dan menggunakan pavement baik itu batu alam, beton, hingga bata ringan sebagai alasnya.

Desain teras rumah seperti ini biasanya dilengkapi dengan taman dan perabotan outdoor. Patio sendiri tidak harus difungsikan seperti teras dan bisa dikombinasikan dengan desain teras lainnya.

Patio 2pinterest.com

Patio sangat cocok untuk diterapkan pada villa ataupun resor yang tentu memiliki lahan taman yang luas. Untuk negara tropis seperti Indonesia, patio biasanya dilengkapi kursi teras yanglebih tahan terhadap cuaca yang ada di negara beriklim tropis.

Balkon

Balkonpinterest.com

Meskipun balkon jelas berbeda dengan teras, namun balkon dan teras memiliki kemiripan. Selain sama-sama menempel pada bangunan utama, kedua elemen ini bisa menjadi pelengkap ataupun memiliki fungsi tambahan pada bangunan. Perbedannya hanyalah balkon umumnya tidak berada di lantai dasar.

Balkon2gmaillogina.com

Balkon sendiri memiliki banyak tipe, mulai dari balkon konvensional yang memiliki lantai dan juga railing, dan balkon tipuan yang hanya berupa railing namun sebenarnya tidak bisa dipijak dan juga tidak memiliki lantai. Balkon seperti ini biasanya hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif atau meningkatkan keamanan.

Namun, perkembangan desain kisa bisa menggabungkan antara balkon dan teras dimana balkon dilengkapi tangga untuk kelantai dasar dan menjadi entrance utama. Desain teras rumah perpaduan balkon dan teras ini umumnya diterapkan pada hunian-hunian yang relatif luas.

Pergola

Pergolapinterest.com

Pergola umumnya digunakan sebagai penutup untuk jalan setapak. Penutup ini berupa papan kayu horizontal yang dirangkai dan ditopang tiang-tiang. Biasanya, pergola juga sering dijadikan elemen pelengkap taman dan juga sebagai media tanaman rambat.

Tapi, tak jarang pergola dimanfaatkan juga sebagai teras. Desain teras  rumah menggunakan pergola bisa menggunakan alas deck kayu maupun pavement seperti patio tergantung pada rancangan yang kamu kehendaki.

Pergola 2pinterest.com

Pada hunian tropis, bagian atas pergola biasanya ditutupi lagi dengan genteng kaca, fiber, atau material tembus cahaya lainnya untuk melindungi ruang dibawahnya dari hujan tanpa mengurangi cahaya yang masuk karena salah satu keunikan dari desain teras pergola adalah efek bayangan yang dihasilkan olehnya. Hal ini membuatnya cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan melepas penat.

Tak heran desain teras rumah menggunakan pergola biasanya memiliki fungsi sebagai ruang keluarga, ruang tamu, maupun area rekreasi. Di Indonesia, desain teras rumah dengan pergola seperti ini kerap juga digunakan untuk bagunan-bangunan komersil seperti cafe dan restoran.

Pergola 3pinterest.com

Pada dasarnya desain teras rumah bisa kamu kreasikan sedemikian rupa baik hanya sebagai pelengkap maupun ruang untuk beraktivias. Tentunya, untuk melengkapi aktivitas pada teras rumah, pilihlah perabot-perabot yang memiliki daya tahan ekstra dan cocok untuk kondisi outdoor.

Temukan berbagai furniture teras yang berkualitas untuk desain teras rumah kamu di Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse