6 Dekorasi Ruang Makan yang Bikin Keluarga Betah di Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dalam kebanyakan tradisi kuno Asia, keluarga melakukan aktivitas makan bersama di ruang keluarga. Namun, pada tradisi Eropa kebanyakan rumah-rumah besar, bangsawan, dan kastil-kastil pasti menyediakan sebuah ruang besar atau ballroom dengan meja besar dilengkapi armchair yang digunakan untuk makan atau mengundang tamu-tamu untuk jamuan makan.

Dekorasi Ruang Makan untuk Jamuan Makan
theodysseyonline.com

Namun, kini banyak orang dari belahan dunia manapun menghadirkan ruang makan sebagai salah satu kebutuhan ruang wajib. Untuk hunian-hunian mungil, ruang makan biasanya digabung dengan dapur. Tak hanya makan, ruang makan kemudian berkembang menjadi ruang dimana aktivitas bercengkerama dengan keluarga terjadi. Senda gurau hingga obrolan serius, semua bisa terjadi diatas meja makan.

Karena fungsi dan nilai personal tersebut, sudah sewajarnya kamu memberikan perhatian lebih pada dekorasi ruang makan juga peralatan makan yang ada di rumahmu. Tak perlu bingung, simak artikel berikut untuk temukan inspirasi dekorasi ruang makan yang bakal buat ruang makan tak cuma menarik tapi jadi “lebih hidup”.

Meja Konsol

Meja Konsol Untuk Dekorasi Ruang Makan
knockoffdecor.com

Meja konsol sering dianggap tidak diperlukan, khususnya pada ruang makan hunian modern. Meja konsol adalah meja yang biasanya menjadi media transisi makanan sebelum disajikan ke atas meja makan. Meja ini juga bisa digunakan untuk meletakkan piring kotor untuk sementara hingga aktivitas makan-makan benar-benar sudah selesai.

Menghadirkan meja konsol akan membuat meja makan jadi jauh lebih rapi. Untuk mempermudah, pilihlah meja konsol yang memiliki roda sehingga mempermudah mobilitasnya. Namun, untuk kamu yang memiliki ruang makan kecil, meja konsol yang lebih statis mungkin akan lebih aman.

Pencahayaan pada Dekorasi Ruang Makan

Sejatinya, pencahayaan merupakan elemen penting untuk setiap ruang. Namun, pencahayaan pada dekorasi ruang makan memiliki karakter tersendiri. Untuk memaksimalkan dekorasi ruang makan, tentu pencahayaan haruslah tepat.

Karena aktivitas pada ruang makan terpusat pada meja makan dan dalam keadaan duduk, gunakan lampu gantung tepat diatas meja makan untuk memfokuskan pencahayaan pada aktivitas utama. Pada dekorasi ruang makan klasik, dulunya banyak memanfaatkan candelier. Namun kini kamu bisa menggantinya dengan lampu gantung kristal, atau lampu gantung dengan kap polos untuk rancangan minimalis dan modern.

Pencahayaan Dekorasi Ruang Makan
annagillar.se

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui saat menginstalasi lampu gantung sebagai dekorasi ruang makan, jarak antara permukaan meja dan bagian terbawah lampu gantung yang ideal adalah 28 hingga 32 inch. Pastikan lampu gantung tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Jika kamu memiliki ruang makan yang besar, nggak ada salahnya menambahkan spot light pada sudut-sudut tertentu ruang makanmu. Pencahayaan tambahan seperti lampu dinding dan lampu meja juga bisa jadi alternatif asalkan tidak terlalu menyesakkan dekorasi ruang makan lainnya.

Fun fact: Cahaya berwarna kekuningan pada ruang makan, dipercaya secara psikologis bisa merangsang nafsu makan, lho!

Tanaman sebagai Dekorasi Ruang Makan

Nggak cuma bisa menyegarkan udara dalam ruang, menghadirkan tanaman sebagai dekorasi ruang makan juga bisa membuat suasana ruang menjadi lebih rileks. Apalagi, kamu bisa memanfaatkan tanaman yang berdaun merah atau memiliki bunga berwarna merah atau kekuningan pada ruang makan karena kedua warna ini bisa merangsang nafsu makan keluarga ketika berada di ruang makan.

Tanaman Untuk Dekorasi Ruang Makan
domomator.pl

Untuk dekorasi ruang makan yang besar, kamu bisa menggunakan pot dan tanaman yang besar pada sudut ruangan atau diatas meja konsol. Namun, untuk ruang makan yang mungil, tanaman-tanaman kecil bisa kamu jadikan penghias meja makan.

Fun fact: Tanaman spider plants yang memiliki daun tipis dan berujung runcing dapat menyerap alergen (seperti debu), dan dalam waktu dua hari tanaman ini juga dapat mengurangi hampir 90 persen racun yang terdapat dalam ruangan, lho!

Dekorasi Ruang Makan pada Dinding

Dekorasi Ruang Makan pada Dinding
pinterest.com

Banyak yang kurang memperhatikan elemen arsitektur satu ini ketika sedang berbicara mengenai dekorasi ruang makan. Membiarkan dinding dengan warna solid yang polos biasanya menjadi pilihan setiap orang yang nggak ingin repot. Hal ini tentu sah-sah saja, namun ada beberapa warna yang bisa menstimulasi nafsu makan sehingga cocok untuk diaplikasikan pada dinding ruang makan. Warna tersebut adalah warna merah dan kuning.

Namun, tentu nggak semua orang menyukai kedua warna ini. Tenang, kedua warna ini nggak perlu mendominasi dinding ruang makanmu. Disinilah dekorasi ruang makan kamu berperan. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan kedua warna ini pada dinding ruang makan tanpa membuatnya jadi dominan.

Dekorasi Ruang Makan pada Dinding
joliplace.com

Manfaatkan lukisan ataupun foto yang memiliki warna kontras merah untuk jadi pajangan pada salah satu atau beberapa dinding ruang makan. Nggak hanya memberikan warna, lukisan atau foto pada dinding ruang makan bisa memberikan suasana lebih hidup pada ruang makan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wallpaper pada dinding dengan warna dominan netral dengan aksen warna merah.

Untuk kamu yang memiliki ruang makan mungil, mengaplikasikan cermin pada salah satu bidang dinding bisa membantu membuat ruang makanmu jadi terasa lebih luas, lho! Warna-warna pastel dan putih juga bisa kamu pakai untuk membuat ruang terkesan lebih luas.

Cupboard atau Lemari Pajang

Jika memungkinkan, menghadirkan cupboard atau lemari pajang sebagai dekorasi ruang makan bisa sangat bermanfaat. Untuk kamu yang memiliki banyak peralatan makan, lemari atau cupboard bisa menjadi solusi agar ruang makan atau dapur jadi terlihat berantakkan karena banyaknya pernak-pernik alat makan yang kamu miliki.

Lemari Untuk Dekorasi Ruang Makan
pinterest.com

Cupboard dengan bagian setengah terbuka juga bisa menjadi tempat display berbagai alat makan cantik yang kamu miliki atau pajangan-pajangan unik lainnya seperti botol wine atau berbagai hiasan keramik dan porcelain.

Untuk ruang makan mungil, menambahkan cupboard mungkin terasa sedikit menyesakkan ruangan. Gunakan lemari gantung sebagai solusi pengganti cupboard konvensional. Dengan begitu kamu tetap bisa memamerkan berbagai peralatan makan cantik tanpa mengurangi ruang gerak ruang makan yang sudah terbatas.

Untuk visual yang maksimal, pastikan desain dari cupboard, meja konsol, dan juga meja makan selaras.

Dekorasi Ruang Makan di atas Meja Makan

Pada saat tak digunakan, bukan berarti meja makan dibiarkan kosong begitu saja. Ada beberapa dekorasi ruang makan yang bisa mempercantik meja makan dan juga beberapa memiliki fungsi khusus!

  • Vas bunga

Vas Bunga Untuk Dekorasi Ruang Makan
pinterest.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menghadirkan tanaman diatas meja makan nggak Cuma kana mempercantik ruang makan tapi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

  • Tempat Lilin / Candlestick

Lilin Untuk Dekorasi Ruang Makan
pinterest.com

Tidak hanya sebagai elemen dekoratif, pada momen-momen tertentu kamu bisa memanfaatkan candlestick untuk makan malam yang lebih romantic.

  • Taplak Meja

Taplak Meja untuk Dekorasi Ruang Makan
pinterest.com

Meski bukan elemen wajib, taplak meja bisa membantu meja makan jadi tampak lebih elegan, lho! Belum lagi, taplak meja akan menjaga permukaan meja dari makanan yang mungkin panas. Beberapa meja memiliki material yang tentu memiliki perlindungan ekstra, dan taplak meja bisa menjadi salah satu solusinya.

  • Salt Shaker

Salt Shaker Untuk Dekorasi Ruang Makan
pinterest.com

Setiap orang memiliki selera masing-masing. Meletakkan beberapa shaker berisi bumbu seperti garam, merica, cabai kering diatas meja makan bisa mempermudah orang untuk menikmati makanannya. Pilihlah shaker dengan rancangan yang dibuat khusus sekaligus sebagai elemen dekoratif agar tidak merusak tampilan cantik meja makanmu.

Apapun pilihan dekorasi ruang makan untuk meja makanmu, pastikan tidak mengaplikasikannya secara berlebihan sehingga tidak tersedia cukup ruang, ya!

Baca juga: Dekorasi Rumah Bisa Mencerminkan Kepribadianmu, Seperti Apa?

Dengan dekorasi ruang makan yang tepat, ruang makan tidak hanya lebih menarik secara visual, namun suasana ruang makan juga jadi lebih menenangkan, hidup, dan bahkan bisa memicu nafsu makan bagi keluargamu. Kira-kira, apakah kamu sudah menemukan dekorasi ruang makan apa yang masih kurang dari ruang makanmu? Dekoruma menyediakan berbagai macam dekorasi ruang makan loh, kamu bisa belanja online tanpa harus repot-repot keluar rumah. Temukan favoritmu sekarang!

===========

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa share dengan teman-temanmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse