Alasan Kenapa Kitchen Set Kayu Jati Pilihan Tepat Untukmu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sudah sejak lama kayu menjadi pilihan untuk material bagunan dan perabot rumah tangga. Salah satu jenis kayu yang sering dianggap primadona adalah kayu jati. Bahkan, material ini juga dipertimbangkan sebagai material kitchen set! Kitchen set kayu jati memiliki tampilan yang berbeda dengan kitchen set konvensional. Tak hanya dari segi visual, dan atmosfer yang dibawa, karakter dan perawatan dari kitchen set kayu jati juga berbeda.

Untuk kamu yang ingin mencoba mewujudkan kitchen set kayu jati untuk dapur idamanmu, simak segala informasi seputar kicthen set kayu jati berikut!

Mengenal Karakteristik Kitchen Set Kayu Jati

Kitchen Set Kayu Jaticatherineboardman.com

Meski sama-sama material alami, kayu jati memiliki karakter yang berbeda dengan kayu-kayu pada umumnya. Kitchen set katu jati memiliki karakter sebagai berikut:

  • Kandungan minyak yang tinggi

Secara alami kayu jati memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi daripada kayu pada umumnya. Hal ini membuatnya kebal terhadap serangan rayap ataupun serangga lainnya. Jamurpun juga tidak bisa menggerogoti kayu jati karena kandungan minyak ini.

  • Padat

Selain itu, kayu jati terkenal akan tingkat kepadatannya yang tinggi. Salah satu kelemahan dari material natural adalah sifatnya yang porus, sehingga kepadatan yang dimiliki kitchen set kayu jati membuatnya unggul. Hal ini juga membuat kitchen set kayu jati memiliki daya tahan terhadap zat asam dan basa sehingga tidak akan mudah meninggalkan noda.

Kitchen Set Kayu Jati

pinterest.com

  • Berat dan memiliki tingkat muai susut rendah

Karena kepadatan ini, wajar jika kayu jati memiliki masa jenis cukup tinggi (700-930 kg/m³) sehingga menjadikan bahan kayu jati termasuk berat. Selain itu, tingkat muai susut dari kayu jati juga sangat minim.

  • Warna

Pada bagian jantung pohon, kayu jati memiliki warna coklat hingga keemasan. Makin terang warnanya, makin muda umur kayu; misalnya krem hingga putih kecoklatan. Beberapa jenis kayu jati memiliki warna kemerahan saat masih awal dibelah, namun akan menjadi coklat muda setelah proses pengeringan.

Kualitas dari Kitchen Set Kayu Jati

Kualitas Kitchen Set Kayu Jatigotohomerepair.com

Setelah memutuskan untuk mewujudkan kitchen set kayu jati milikmu, pastikan kamu menggunakan kayu jati dengan kualitas yang terbaik atau sesuai dengan kebutuhanmu. Ada juga banyak jenis kayu jati, namun semuanya memiliki pengklasifikasian grade atau kualitas yang sama. Ada tiga grade kualitas dari kayu jati untuk kitchen set kayu jati.

  • Kitchen Set Kayu Jati Grade A
    Grade A pada kitchen set kayu jati terbuat dari bagian tengah atau jantung pohon dari pohon jati yang berumur paling tidak 40 tahun. Kitchen set kayu jati satu ini merupakan yang terbaik. Kamu bisa melihatnya dari pola serat kayu yang rapat, lurus dan selaras dengan warna yang seragam. Kamu juga bisa merasakan sedikit licin pada permukaan kayu karena kandungan minyaknya.
    Bagian kayu jati yang memiliki grade A ini hanya sekitar 25% dari keseluruhan batang kayu sehingga membuat kayu jati grade A menjadi sangat mahal dan langka.
  • Kitchen Set Kayu Jati Grade B
    Bagian terluar dari jatung pohon mampu menghasilkan kayu jati grade B yang merupakan 25% – 30% dari keseluruhan pohon. Warna dari kayu jati satu ini sedikit lebih terang dengan serat yang lebih tidak beraturan. Permukaannya juga tidak terlalu mengkilap karena kandungan minyak yang berbeda dari kitchen set kayu jati grade A. Namun, kayu jati masih cukup baik digunakan untuk kitchen set kayu jati.
  • Kitchen Set Kayu Jati Grade C
    Kualitas terendah dari kayu jati berasal dari bagian terluar dari batang pohon jati, terutama pada pohon jati yang belum dewasa. Memiliki warna jauh lebih terang, kayu jati grade C memiliki daya tahan lebih rendah karena kandungan minyak yang sangat minim. Biasanya, kayu jati grade ini juga dipenuhi goresan dan coretan kayu. Meski murah dan lebih mudah didapat, kayu jati grade C tidak cocok sebagai bahan baku kitchen set kayu jati.

Baca Juga:  7 Tips Simpel Menata Kitchen Set Minimalis Kurang dari 1 Jam

Kelebihan Kitchen Set Kayu Jati

Kelebihan Kitchen Set Kayu Jatipinterest.com

Berdasarkan karakter yang sudah dibahas sebelumnya serta pertimbangan lainnya, apa yang kira-kira menjadi alasan kamu untuk memilih kitchen set kayu jati untuk dapur hunianmu? Berikut adalah kelebihan dari kitchen set kayu jati yang menjadi alasan mengapa kitchen set kayu jati cocok untuk dapurmu.

  •  Tampilan yang Estetis

Kitchen set kayu jati tak hanya memberikan kesan natural pada dapur, tapi juga elegan dan mewah. Warna kitchen set kayu jati yang coklat keemasan dengan pola yang lurus membuatnya terlihat sangat estetis sebagai perabot pengisi dapur.

  • Kuat dan Memiliki Daya Tahan Tinggi

Berdasarkan berbagai karakter dari kitchen set kayu jati, sudah tak bisa diragukan bahwa material satu ini memiliki ketahanam dan kekuatan yang sangat tinggi untuk kelasnya. Dapur yang umumnya memiliki kelembaban tinggi tentu memerlukan material yang memiliki daya tahan sekuat kitchen set kayu jati.

Tak hanya terhadap jamur dan kelembaban, kitchen set kayu jati dengan kualitas baik juga kebal terhadap rayap dan berbagai serangga perusak lainnya. Dengan perawatan yang baik, kitchen set kayu jati bisa bertahan hingga melebihi seratus tahun, lho! Nggak heran kebanyakan perabot antik terbuat dari material satu ini.

Kitchen Set Kayu Jatiidolza.com

  • Tidak Menghantarkan Panas

Sudah sifat alami kayu untuk menjadi isolator terhadap panas. Untuk dapur yang rentan perubahan suhu karena memiliki tungku serta perabot elektronik, tetnunya kitchen set kayu jati bisa menjadi sangat adaptif terhadap suhu yang ada.

  • Stabilitas Dimensi yang Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karakter padat yang dimiliki kayu jati membuat perabot yang dibuat dari kayu jati, seperti kitchen set kayu jati, memiliki stabilitas dimensi yang tinggi karena tidak mudah memuai dan menyusut karena cuaca. Hal ini akan lebih maksimal lagi jika kayu jati melalui proses pengeringan yang baik, pula.

Kitchen Set Kayu Jationetopdesign.net

  • Fleksibel untuk Dibentuk

Bagi pengrajin, kayu jati merupakan salah satu material yang sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai perabot karena memiliki ukuran dan fleksibel untuk dibentuk. Hal ini membuat banyak perabot antik dan juga karya seni yang menggunakan material kayu jati.

  • Cocok untuk Dipadupadankan dengan Berbagai Material

Meski merupakan material natural kitchen set kayu jati tetap serasi untuk dipadupadankan dengan berbagai material lainnya, mulai dari kayu lain hingga bahan-bahan metal seperti besi, stainless steel, dan juga alumunium. Kamu juga nggak perlu takut kitchen set kayu jati-mu akan bersifat korosif pada material besi karena kayu jati tidak memiliki kelembaban dan kandungan air yang bisa bersifat korosif pada material metal.

Kekurangan Kitchen Set Kayu Jati

Kekurangan Kitchen Set Kayu Jatiutahhomes-realestate.com

Meskipun sangat banyak keunggulan dari kitchen set kayu jati, ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa kekurangan dari kitchen set kayu jati.

  • Langka dan sulit menemukan kayu jati dengan kualitas terbaik

Untuk menghasilkan kitchen set kayu jati yang berkualitas, diperlukan kayu jari grade A yang tentu akan sangat sulit didapat karena. Hal ini juga membuat banyak orang mulai memalsukan kualitas dari kayu jati untuk memenuhi permintaan akankitchen set kayu jati berkualitas tinggi.

  • Harga yang mahal

Karena langka dan sulit didapatkan, harga dari kitchen set kayu jati tentu jauh lebih mahal daripada kitchen set dengan material lain yang lebih konvensional. Tentunya, ini membuat kitchen set kayu jati nggak menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan dapur dengan budget minim.

  • Pengerjaan yang Lebih Sulit

Meski fleksibel dan mudah dibentuk, karena karakternya yang keras dan padat, membuat proses pengerjaan kitchen set kayu jati menjadi lebih lama dan memerlukan perhatian ekstra.

Perwatan Kitchen Set Kayu Jatiseriouseats.com

  • Perawatan Ekstra Kitchen Set Kayu Jati

Dengan segala kekuatan dan daya tahan yang dimiliki kitchen set kayu jati, sifat alami dari material ini tentu tetap perlu diperhatikan. Hal ini membuat kitchen set kayu jati memerlukan perawatan ekstra dibanding kitchen set dengan material yang lebih konvensional. Termasuk dengan memberikan lapisan pada permukaan kitchen set kayu jati yang perlu diperbarui setiap 2 hingga 3 tahun sekali.

 

  • Bobot yang Berat

Kepadatan dari kitchen set kayu jati membuatnya memiliki bobot yang berat. Hal ini tentu membuat kamu perlu memberi perhatian ekstra pada lemari gantung pada kitchen set kayu jati-mu. Pastikan kamu sudah memberikan penyangga yang kuat untuk menahan bobot kitchen set kayu jati.

Tips Merawat Kitchen Set Kayu Jati

Kitchen Set Kayu Jatitweetyourtrip.com

Untuk memastikan kitchen set kayu jati yang kamu miliki mampu bertahan lama dan selalu terlihat elegan, ada beberapa perawatan yang bisa kamu aplikasikan dan perhatikan.

  • Selalu langsung bersihkan setiap ada noda atau air yang menggenang pada permukaan kitchen set. Bila perlu mengusap dengan lap basah, gunakannya air bersih, hindari penggunaan detergen yang terlalu kuat, bila perlu menggunakan sabun, gunakanlah sabun yang lembut seperti sabun bayi dan segera keringkan kembali dengan lap kering. Proses membersihkan ini juga boleh kamu lakukan secara rutin meski dapur sedang tidak digunakan.
  • Lapisi kitchen set kayu jati-mu dengan finishing yang tetap. Salah satu yang bisa kamu coba adalah finishing dengan melamin. Pastikan juga permukaan kayu jati sudah sangat bersih dan bebas debu sebelum kamu aplikasikan lapisan finishing. Perbarui lapisan finishing ini setiap beberapa tahun sekali atau jika kamu sudah merasa lapisan finishing sudah mulai memudar.
  • Sempatkan membuka ruang dapurmu, baik itu jendela maupun pintu sehingga kitchen set kayu jati mendapatkan kesempatan untuk menghidup udara segar. Hal ini juga bisa mengatur kelembaban ruang dapur dan juga membuang udara yang mungkin sudah kotor. Untuk mematikan udara kotor dan beminyak karena aktivitas memasak, kamu juga perlu menginstalasi cooker hood atau exhaust fan pada dapurmu.
  • Ketika memotong, atau melakukan aktivitas lain yang memungkinkan kitchen set kayu jati-mu tergores, usahakan searah dengan guratan kayu jati. Selain menyamarkan goresan yang terbentuk, hal ini juga membuat kerusakan tidak separah jika goresan bertentangan dengan guratan alami dari kayu jati.
  • Jangan expose kayu jati ke sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat kayu jati yang terkena matahari berlebih akan berubah warna. Tentu kamu nggak mau jika kitchen set kayu jati menjadi belang, kan?

Setelah memahami lebih dalam mengenai kitchen set kayu jati, tentu kamu sudah bisa menentukan apakah material satu ini cocok untuk dapur hunianmu. Kamu juga bisa lebih yakin untuk memanfaatkan kayu jati untuk material perabotan khusunya kitchen set. Yang pasti, material satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan untuk menambah kesan natural dan elegan pada hunianmu.

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! dekoruma siap menangani masalah design and build kitchen set kamu. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse