10 Motif Keramik Lantai Terbaik Untuk Rumah Impian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Percaya nggak, keramik lantai merupakan salah satu elemen penting pada desain rumah? Ada alasannya kenapa keramik merupakan salah satu pilihan finishing lantai yang paling populer.

Meski banyak dipakai, bukan berarti keramik lantai menjadi pilihan yang mainstream dan membosankan. Dengan pemilihan pola, jenis, dan kreativitas, tentu keramik lantai bisa memberikan nilai estetis yang nggak kalah dari material flooring lainnya.

Untuk mewujudkan lantai keramik pada rumah impian, yuk lihat 9 inspirasi pola dan motif keramik lantai terbaik yang bisa kamu aplikasikan pada rumah impianmu!

1. Keramik Lantai Printed

keramik lantai printed
southbaynorton.com

Teknologi pembuatan keramik lantai kini sudah semakin maju. Salah satunya adalah keramik lantai printed yang memungkinkanmu mengaplikasikan motif apapun di atas permukaan keramik lantai. Artinya, kamu bisa menghadirkan berbagai pola modern atau bahkan gambar tertentu pada permukaan lantai ruanganmu, lho! Mulai dari motif geometrik modern hingga motif floral kini bisa kamu wujudkan ke permukaan lantai melalui keramik lantai.

Nah, dengan keramik lantai motif printed seperti ini, kamu lebih mudah memilih dekorasi yang kreatif. Misalnya menempatkan hiasan dinding, kaligrafi serta bantal dekorasi warna-warni.

keramik lantai printedtrendir.com

Memasang keramik lantai tidak selalu harus sejajar secara vertikal dan horizontal atau cara konvensional lainnya. Kreasikan keramik lantai dengan ukuran diluar persegi dan tata dengan pola-pola menarik mulai dari diagonal ataupun ala subway. Hati-hati juga memilih dekorasi ya, salah-salah itu bisa merusak lantai keramik milikmu—bahkan merusak mood!

keramik lantai geometrikbakedtiles.co.uk

Setelah mengetahui desain keramik lantai di atas, yang mana favoritmu? Memilih pola dan motif keramik memang susah-susah gampang. Yang terpenting adalah menyesuaikannya dengan proporsi ruangan. Untuk ruangan yang besar, hindari keramik dengan ukuran potongan yang kecil.

Sedangkan untuk ruangan kecil, motif keramik lantai yang terlalu ramai juga bisa membuat ruang terasa lebih sesak. Jangan takut juga untuk berkreasi pada pola pemasangan.

 

2. Motif Keramik Lantai Grayscale

keramik lantai grayscale
ideaonline.co.id

Keramik lantai satu ini kini semakin populer seiring makin diminatinya gaya industrial. Hadir dengan motif abu-abu seperti semen atau permukaan beton, keramik lantai grayscale cocok untuk digunakan baik di ruang terbuka maupun ruang tertutup. Misalnya untuk kitchen set atau ruang tamu.

Motifnya yang minimalis membuat keramik lantai ini juga pasangan pas untuk gaya minimalis dan juga modern. Untuk memaksimalkan keramik lantai ini, hindari penggunaan terlalu banyak warna kontras di dalam ruangan sehingga nuansa grayscale yang diberikan keramik lantai ini lebih menonjol.

3. Keramik Lantai dengan Motif Batu Alam

keramik lantai batu alam
pinterest.com

Batu alam seperti marmer dan granit memang nggak pernah gagal menghadirkan kemewahan pada lantai hunian. Namun, untuk menggunakannya kamu harus siap merogoh kocek dalam dan juga perawatan yang nggak mudah, lho.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena motif batu alam—mulai dari marmer carara putih hingga granit bisa kamu temukan juga pada keramik lantai.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan keramik lantai motif batu alam dalam ukuran tile yang besar untuk menjaga kemewahan yang dihasilkannya. Nggak cuma lebih terjangkau, keramik lantai motif batu alam juga lebih praktis baik dalam hal pemasangan dan juga perawatan.

4. Keramik Lantai Monokrom

Keramik Lantai Monokrompinterest.com

Jika keramik lantai dengan satu warna terasa membosankan, kamu bisa mengkombinasikan keramik lantai dengan warna solid secara hitam putih atau monokromatik.

Kamu bisa menata keramik lantai dengan pola chess board layaknya papan bidak catur hingga framing dengan keramik hitam pada bagian terluar dengan keramik putih bagian tengah. Untuk keramik lantai monokrom, pilih lampu yang sesuai ya. Karena salah pilih warna pencahayaan malah bisa membuat kesan monokrom kurang terasa.

Kesan monokrom juga bisa kamu hidupkan dengan memberikan tile kecil berwarna hitam di setiap titik pertemuan keramik lantai berwarna putih. Apapun pilihan penataan, jangan takut untuk berkreasi menampilkan keramik lantai monokrom terbaikmu. Pilih furniture yang senada dengan warna kamar mandi milikmu.

5. Keramik Lantai Mozaik

keramik lantai mozaikinstagram.com/parisianfloors

Keramik lantai mozaik termasuk motif keramik lantai klasik yang nggak pernah ada matinya. Awalnya, keramik lantai mozaik hadir dengan motif kotak-kotak kecil dengan warna yang abstrak. Namun, kini keramik lantai mozaik bisa kamu dapatkan dengan berbagai motif mozaik yang lebih menarik.

Mulai dari mozaik yang membentuk gambar tertentu, hingga keramik lantai mozaik dengan bentuk ukuran tiles dan warna yang lebih berani dan menantang. Keramik lantai ini umumnya digunakan untuk ruang-ruang luar dan juga kamar mandi karena memberikan efek kasar atau anti-licin ketika terkena air.

6. Sentuhan Etnik pada Keramik Lantai

keramik lantai etnik
lapetitemanouche.com

Siapa bilang keramik lantai tidak cocok untuk hunian bergaya tradisional atau memiliki elemen etnik yang kental? Nyatanya, kini keramik lantai juga hadir dengan motif-motif etnik yang tentu akan membantumu memperkuat kesan tradisional pada ruangan.

Ada banyak pilihan motif, mulai dari motif ukir simetrikal ala Moroko hingga keramik lantai dengan motif kawung seperti yang ada pada batik. Apapun pilihan motifnya, pastikan motif keramik lantai sesuai dengan gaya tradisional yang kamu bawa.

7. Keramik Lantai Geometrik

Keramik Lantai Geometrikpinterest.com

Berikan kesan artistik modern hunianmu melalui keramik lantai dengan motif geometrik. Untuk menghadirkan kesan geometrik yang artistik, kamu bisa menggunakan keramik lantai dengan motif geometrik langsung, atau menggunakan keramik lantai dengan bentuk geometrik seperti persegi enam, persegi delapan, bahkan jajargenjang.

Susunan pola dan motif geometrik pada keramik lantai ini dijamin akan membuat lantai rumah impianmu makin anti-mainstream! Pilihan keramik lantai satu ini cocok untuk gaya modern apapun mulai dari minimalis hingga industrial.

8. Keramik Lantai Abstrak

keramik lantai abstrak
Design-Milk.com

Keramik lantai dengan warna solid memberikan kesan monoton? Tentu nggak selalu seperti itu. Desain lantai yang menarik memberikan pengaruh besar lho. Untuk memberikan nyawa baru pada keramik-keramik lantai dengan warna solid kamu bisa mengkombinasikan keramik lantai tersebut dalam berbagai warna baik tertata rapi maupun abstrak sekaligus!

Percaya nggak percaya, keramik lantai solid yang awalnya terlihat biasa saja kini menjadi keramik lantai yang lebih artistik. Tentunya membuat ruangan jadi jauh lebih hidup. Untuk hunian minimalis, kamu bisa menggunakan keramik lantai dengan tone warna sederhana dan gradasi seperti perpaduan hitam, putih, dan abu-abu.

Untuk ruangan yang lebih modern dengan interior dinamis, bermain dengan warna kontras bisa jadi alternatif seperti perpaduan warna putih, abu-abu, orange, dan kuning.

9. Keramik Lantai Bata

keramik lantai bata
ArchiExpo.com

Pilihan keramik lantai satu ini adalah pasangan pas untuk interior ruang bergaya rustic, industrial, hingga natural. Meski kebanyakan digunakan untuk ruang terbuka, menghadirkan keramik lantai dengan motif bata dalam ruang tertutup ternyata nggak kalah estetis selama penataan elemen interior lainnya selaras. Jangan lupa untuk melakukan furnishing yang sesuai ya. Perhatikan dekor yang kamu pakai untuk ruangan.

Keramik lantai bata memiliki dua jenis pilihan bentuk: mulai dari persegi dan persegi panjang seperti layaknya ukuran batu bata.

Untuk memberikan nilai estetis lebih, padupadankan pola penyusunan keramik untuk membuat keramik lantai lebih hidup. Kamu bisa mencoba susun secara diagonal hingga selang-seling seperti layaknya pasangan batu bata.

10. Keramik Lantai Kayu

Keramik Lantai Kayu
pinterest.com

Lantai kayu adalah pilihan tepat untuk memberikan kesan natural dan juga hangat pada suatu ruang. Namun, sayangnya lantai kayu memerlukan perawatan yang tak mudah, seiring berjalannya waktu harganya pun relatif mahal. Kini keramik lantai sudah bisa menjadi alternatif pengganti lantai kayu.

Keramik lantai dengan motif kayu tidak hanya hadir dengan pilihan berbagai pola serat kayu, tetapi juga ukuran potongan yang menyerupai bantalan kayu, sehingga pola penyusunan lantai keramik bisa kamu buat senyata mungkin atau bisa juga dikreasikan sesuai seleramu.

 


Nah, setelah tahu jenis lantai di atas, jangan ragu untuk memilih desain yang tepat untuk rumahmu. Tahu nggak, dekorasi dan gaya interior bisa mempengaruhi kondisi psikologis kamu lho! Jadi, pastikan memilih perabotan terbaik untuk rumahmu ya, kamu bisa menemukannya di dekoruma lho.

Motif keramik mana nih, yang jadi favoritmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse