10 Model Taman Rumah Keren Untuk Lahan Sempit

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Taman rumah cuma untuk kediaman yang berukuran besar? Kamu salah total kalau berpikir demikian. Di saat ruang gerak kehidupan modern semakin sempit, memiliki taman rumah yang ideal akan menjadi masalah tentang kreativitas dan bukan tentang besarnya ruang yang dimiliki.  Dengan perencanaan dan desain yang tepat, serta didukung dengan bahan- bahan dekorasi yang berkualitas – taman rumah idaman bukan lagi sekedar impian.

Bahkan, taman rumah di lahan sempit atau rumah yang kecil bisa punya nilai plus dibandingkan dengan taman rumah mewah. Ini karena taman rumah kecil bisa terlihat cantik dan menggemaskan. Biaya pembuatan dan perawatan juga tergolong relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan teman rumah yang besar. Pastinya lagi, taman rumah kecil dan mungil bisa memberikan inspirasi yang istimewa karena lebih dekat dengan penghuninya.

Model Taman Rumah Keren Untuk Lahan Sempitpinterest.com

Jika kamu ingin punya taman rumah yang hangat, fungsional dan pastinya terlihat keren cantik, Kania punya 10 inspirasi model taman rumah khusus untuk lahan yang terbatas.  Dengan melihat inspirasi Dekoruma khusus untuk taman rumah keren ini, kamu pasti akan berminat untuk mewujudkan taman rumah pribadimu!

Serba Putih & Minimalis Feminin

Taman Rumah Serba PutihZandalus.com

Taman rumah yang serba putih, minimalis dan feminim ini dijamin akan  membuat betah untuk duduk berlama-lama. Desain taman rumah ini menjadikan eksterior rumah menjadi bagian dari interior yang leluasa. Cat putih juga dipilih untuk taman rumah ini karena warna putih cenderung terlihat lebih lapang dibandingkan dengan warna gelap.

Hal ini dikarenakan sifat warna putih yang mencerahkan dan membuat ruangan terasa lebih terang dan besar. Taman rumah ini juga didukung dengan satu set tempat duduk yang simpel dan juga berwarna putih. Sedangkan aksen tanaman dalam pot-pot yang ada juga semakin membuat suasana santai yang adem.

Bermain di Antara Pot-Pot Cantik

Taman Rumah Bermain degan Pot PotIdealhome.com

Ingin punya taman rumah yang penuh dengan tanaman hijau yang padat? Bisa! Bahkan taman rumah ini tidak harus menggunakan lahan dengan tanah gembur yang lebih merepotkan dan butuh perawatan ekstra. Alternatifnya adalah dengan bermain di jumlah pot dalam berbagai ukuran dan bentuk. Sedangkan untuk lantainya, gunakan saja pilihan batu kecil yang terkesan alami dan lebih terjangkau. Dengan jumlah pot yang tersebar di setiap pojok taman yang kecil, maka rimbunnya taman rumah pun akan langsung terasa. Hasilnya? Spot yang sempurna untuk menikmati pagi dan sore hari di luar.

Baca Juga: 10 Dekorasi Taman yang Buat Rumahmu Lebih Stylish!

Kian Lapang Berkat Tangga Tanaman

taman rumahJamieMason.com

Siasati taman rumah yang sempit dengan bantuan pagar atau tangga yang bisa dijadikan sebagai tempat tumbuhnya tanaman menjalar yang terlihat romantis dan cantik. Selain itu, pastikan juga pagar atau tangga di taman rumah kamu dicat dengan warna-warna yang menarik untuk kontras dengan hijaunya taman rumah. Tanaman menjalar adalah solusi yang baik untuk taman rumah berukuran kecil, dimana bunga- bunga yang indah bisa tumbuh naik dan dedaunan juga bisa mencuat dengan bebas. Dijamin, tamu yang sedang berkunjung pasti akan seketika lupa dengan ukuran taman rumah, karena terlalu disibukkan dengan mekarnya tanaman dan bebungaan yang indah dimana- mana.

Baca Juga: Mencari Warna Cat Pagar Rumah Yang Tepat? Ini Yang Harus Kamu Tahu!

Warna-Warni Indah Furnitur Taman Rumah

taman rumahDavidGiles.com

Teras yang paling kecil sekalipun akan terlihat hidup dan luar biasa dengan sentuhan yang tepat, termasuk untuk taman rumah kamu. Dominasi furniture berkualitas dengan warna-warni cerah ini menjadikan taman rumah yang spesial, walaupun hanya terlihat beberapa pot tanaman yang hadir. Pewarnaan furnitur kayu ini juga tidak perlu senada, karena mix and match warna seperti merah muda dan jingga malah terlihat semakin apik. Ditambah dengan peralatan minum yang matching, taman rumah ini pasti tidak akan sepi dari kehadiran anggota rumah.

Taman Rumah Area Serba Fungsional

taman rumah
PollyWreford.com

Maksimalkan taman rumah yang sempit dengan fungsi yang optimal. Caranya? Buat taman rumah yang serba multifungsi. Inspirasi taman rumah ini adalah kombinasi dari sebuah ruang tanaman yang rimbun, dinding rendah dengan hiasan dinding yang dekoratif sekaligus tempat menerima tamu yang nyaman. Hijaunya tanaman juga memberikan kesan privasi yang hangat, sedangkan dinding bisa menjadi tempat duduk ditambah sandaran tempat untuk meletakkan taman atau dekor keren yang memperindah suasana. Sentuhan terakhir adalah bantal dekorasi cantik untuk nuansa warna yang semakin atraktif. 

Media Lantai Yang Kontemporer

taman rumah kontemporer
Annaick Guitteny

Taman rumah akan terlihat modern dengan kombinasi media lantai yang berbeda. Contoh landskap diatas adalah aplikasi lantai taman dengan zona yang berbeda- beda, namun hasil akhirnya malah semakin menambah kesan taman rumah yang maksimal. Pemakaian lantai antara lain adalah lantai kayu, keramik khusus outdoor, dan bau dekoratif untuk tempat tumbuhnya tanaman sesuai selera. Struktur yang luwes ini juga tidak butuh banyak perawatan jika kamu jeli memilih media lantai yang berkualitas dan tahan dengan perubahan cuaca luar.

Simetris Yang Sederhana

taman rumah simetris
Annaick Guitteny


Inspirasi  taman rumah ini mengambil tema kebun yang terlihat formal dan terorganisir dalam lahan yang sempit. Desain kalsik ini mengambil aksen simetris sehingga ada kesan elegan dan formal yang lapang. Gunakan tanaman untuk “membingkai” fokus utama, seperti pagar bata dengan jendela berbentuk lingkaran yang unik. Suasana semakin rimbun dengan tanaman ungu, hijau dan semburat putih yang cantik.

Manfaatkan Lorong Samping Rumah

taman rumahMatthew Williams

Lorong samping rumah sering jadi area yang terbengkalai. Namun area kecil ini juga bisa disulap jadi taman rumah berkat beberapa peletakkan struktur konkrit yang pas dengan gaya rustic  yang cukup sederhana. Taman rumah ini juga rendah biaya perawatan karena hanya membutuhkan sedikit dekorasi, pot- pot tanaman yang manis serta sebuah meja sederhana plus kursi- kursi biasa.

Kabana Adem Yang Keren

taman rumah kabana
Chris Everard

Taman tampak hijau tanpa gairah? Buat saja kabana tempat bersantai dari bahan- bahan DIY! Area yang sejuk ini dibuat dengan beberapa bahan bangunan,  material yang ramah di kantong dan sedikit imajinasi. Hasilnya? Sebuah penampilan taman rumah yang chic dan nyaman untuk hangout bareng keluarga. Si kecil juga pasti bakalan senang menghabiskan waktu bermain di luar.

Baca Juga: 4 Transformasi Kabinet Lamamu Jadi Furniture yang Baru

Ilusi Taman Rumah Yang Luas

ilusi taman rumah
David Still
Jangan terkecoh dengan penampilan taman rumah di atas! Dengan ruang gerak yang terbatas di kota modern, meletakkan cermin persegi yang besar ternyata bisa serta merta memberikan kesan taman rumah yang lebih luas. Selain memberikan ilusi taman rumah yang lebih luas, cermin juga bersifat memantulkan cahaya sehingga taman rumah yang sempit terlihat semakin lenggang dan terang. Beri juga ornamen taman dan tumbuh-tumbuhan untuk hasil akhir yang kian sempurna.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Nggak Punya Lahan? Sekarang Sudah Bukan Alasan!

Selain desain taman rumah, desain interior pun sama pentingnya. Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interiordekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera hubungi Bu Aurora di 0813-8080-3811 atau e-mail ke [email protected] 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse