10 Model Kanopi Yang Awet dan Tahan Lama

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Masyarakat Indonesia mengenal kata kanopi sebagai struktur bangunan yang berfungsi untuk sebagai atap tambahan dari luar rumah. Dari segi arsitektur, keberadaan kanopi pada dasarnya memiliki 2 fungsi, yaitu (1) proteksi atas cuaca atau faktor- faktor eksternal lain (contoh: serangga) dan (2) dekorasi.

Kanopi sering menjadi bagian yang ditambahkan dari bangunan rumah dan bisa dipasang sedemikian rupa. Bahan dan materi dari kanopi juga beraneka ragam, misalnya aluminium, besi ringan, kayu,dan kaca. Sedangkan modelnya juga penting karena dapat memperindah tampilan hunian. Kanopi minimalis, contohnya. Dewasa ini memang sudah banyak sekali produsen kanopi yang juga menghadirkan kanopi jenis kain yang tahan lama, indah, dan mudah dibersihkan. Bahkan beberapa dari kain kanopi ini juga tahan api loh.

Memang, rangka kanopi adalah bagian dari bangunan rumah yang tidak dapat dipisahkan lagi. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik rumah untuk memilih kanopi yang awet dan tahan lama. Tergantung dari kualitas dan penggunaan, sebuah kanopi yang baik bisa bertahan hingga 8-10 tahun lamanya. Nah, untuk kalian yang sedang memilih- milh model kanopi yang awet dan tahan lama, Kania punya inspirasinya di bawah.

Kanopi Kayu Untuk Arsitektur Modern Yang Berkelas

Kanopi Kayu
elerwanda.com

Kanopi dari kayu adalah salah satu investasi bangunan yang layak dicoba. Selain tampak indah dan megah, kanopi kayu juga tahan lama karena sifatnya yang memang resistan terhadap cuaca ekstrim. Pemasangan kanopi berbahan kayu di inspirasi ini juga semakin dilengkapi dengan unsur dinding kayu yang terlihat di bangunan rumah. Dengan sekat-sekat antara kanopi, suasana halaman teras depan semakin cerah dan tidak pengap.

Kanopi Teralis Tipis Untuk Teman Relaksasi

Kanopi Teralis Tipis
Maricamckeel.com

Kanopi pinggir kolam renang ini terlihat cantik dan siap meneduhi siapapun yang akan bersantai di bawahnya. Dengan gaya arsitektur modern dan minimalis, kanopi ini juga menggunakan atap transparan berwarna putih untuk proteksi maksimal terhadap curah hujan. Kanopi jenis besi ini tergolong tahan pakai dan kokoh dengan disangga pada 4 sisi di bagian masing- masing ujung kanopi. Terakhir, sebuah kipas angin kecil dipasangkan pas di tengah dengan wayar elektronik yang sudah ditarik sempurna sehingga penampilan kanopi terlihat maksimal, indah, dan sempurna.

Kanopi Cerah Ceria Untuk Ruang Bermain di Sekolah

Kanopi Cerah Ceria
Twinfix.com

Intalasi kanopi memang bisa menambah keindahan sebuah bangunan, tak terkecuali untuk bangunan sekolah anak- anak sekalipun. Pada inspirasi kanopi ini, terlihat kalau penggunaan warna yang selaras dengan keseluruhan interior sekolah seperti meja dan kursi sengaja dilakukan. Hal ini membuat unsur yang menyatu dan ceria pada ruang bermain di samping sekolah ini.

Baca Juga: 15 Pagar Rumah Unik Paling Kreatif Sedunia

Ditambah dengan warna-warni pagar, kanopi ini terlihat indah dan sekaligus juga unik. Desain kanopi ini mencerminkan karakteristik dari bangunan itu sendiri, seperti yang terlihat di sekolah anak-anak ini.

Ruang Bersantai Outdoor Yang Unik

Kanopi Ruang Bersantai
Bloggienotes.com

Mau suasana bersantai yang unik dan lain daripada yang lain? Ikuti inspirasi kanopi ini yang menggunakan material kayu tersusun agak rendah dari lantai. Dengan menggunakan warna muda dan pemasangan lampu di bagian tengah kanopi, terciptalah sebuah ruangan santai di atas balkon rumah atau di atas teras sebagai tempat berkumpul keluarga.

Baca Juga: Yuk, Kita Intip 10 Desain Teras Rumah Terunik Di Seluruh Dunia!

Walaupun fungsi kanopi sering digunakan sebagai penghalang sinar matahari, namun tidak ada salahnya jika kamu memilih kanopi dengan sekat-sekat terbuka untuk penampilan kanopi yang keren dan serba unik.

Kanopi ala DIY Di Belakang Halaman Rumah

Kanopi Ala DIY
Iamdrwill.com

Kanopi ini terlihat cukup sederhana, tapi jangan ragukan ketahanan dan daya pakainya. Dengan menggunakan 2 bahan utama; yaitu penyangga kayu dan atap dari bahan kain khusus kanopi, ruang belakang rumah ini disulap menjadi area makan outdoor yang super nyaman.

Terlihat juga instalasi kanopi ini menyangga pada dua buah pilar kayu di lantai dan panel lainnya dipasangkan pada bagian dinding rumah. Ide ini cukup brilian karena akan menghemat ruang dan juga bisa memaksimalkan desain kanopi yang khas dibandingkan dengan kanopi pasaran lainnya.

Kamu bisa membuat kanopi ini sebagai tempat bersantai keluarga, lengkapi ruangan outdoormu dengan tanaman, vas bunga, sampai ke bantal dekorasi lucu!

Kanopi Glamor Berbahan Kaca Dengan Panel Besi

Kanopi Berbahan Kaca
Pinterest.com

Kanopi kaca sering dipilih untuk apartemen atau rumah modern yang punya kesan glamor. Seperti inspirasi pada intalasi kanopi ini, bahan kaca digunakan sebagai atap kanopi, sedangkan penyangga utamanya adalah dengan panel besi yang terpasang erat pada struktur bangunan rumah itu sendiri.

Bagian sisi luar dari  penyangga besi juga terlihat memanjang keluar dengan teralis besi untuk aksen modern yang cukup menawan. Pembersihan kanopi kaca juga telah dipertimbangkan, dimana akses dari atas bisa digunakan untuk membersihkan kaca kanopi dengan cara dilap sesuai kebutuhan.

Kanopi Kaca Minimalis Nan Modern

kanopi
winterich.com

Memadukan dua elemen bahan bangunan yang berbeda sering bisa menghasilkan perpaduan yang indah pada hasil akhirnya. Pada kanopi yang terletak diantara dua bangunan kayu ini, terlihat adanya keunikan tersendiri yang tentunya berbeda jika pemilik memilih kanopi kayu.

Selain kesan luar ruangan yang terlihat lebih rileks, kanopi kaca pada bangunan kayu yang gelap juga memberikan kecerahan tersendiri. Instalasi kanopi kaca ini juga kembali  mengandalkan panel besi yang dicat dengan warna hitam untuk kotras warna yang menarik. Pastinya kehadiran kanopi kaca ini memberikan perlindungan tersendiri dari cuaca yang juga tahan lama dan nyaman untuk dipakai.

Kanopi Kontemporer Putih Untuk Tambahan Outdoor

Kanopi Kontemporer
Homeideas.com

Butuh ruangan ekstra untuk tempat santai bersama keluarga? Dengan menambahkan kanopi bergaya kontemporer yang berwarna putih, ruangan depan rumah pun langsung menjelma menjadi area yang nyaman.

Baik untuk kegiatan sarapan pagi atau makan malam bersama, kanopi minimalis spontan terasa sejuk karena kombinasi material kanopi yang awet dan tahan lama. Dengan panel kaca untuk atapnya dan tiang besi sebagai penyangga, kanopi berwarna putih boleh dijadikan pilihan karena merupakan warna klasik yang tidak mudah lekang oleh waktu.

Kanopi Single Modern Dari Kaca Yang Artistik

Kanopi Kaca
Pinterest.com

Siapapun pasti akan cukup tertarik atas inspirasi kanopi yang modern dan serba minimalis yang apik ini. Dengan desain melengkung, kanopi ini menggunakan bahan kaca sebagai fokus utamanya. Sedangkan untuk penyangganya terbuat dari besi yang sudah ditautkan dengan erat di bagian atas dinding rumah.

Hasilnya adalah sebuah bentuk kanopi dengan aksen minimalis plus sentuhan artistik yang gaya.  Kania yakin, koridor belakang atau samping rumah kamu akan terlihat berbeda berkat kanopi cantik ini.

Kanopi Merah Menyala Untuk Nuansa Tropis Yang Segar

Kanopi Merah Tropis
thepatio.fmcsofec.com

Inspirasi kanopi cantik terakhir ini menggunakan konsep bahan kain kanvas yang tebal dan minim perawatan. Sangat cocok digunakan di negara tropis atau pada musim kering, kanopi kain dengan warna menyala seperti merah oranye bisa menjadi pilihan berani yang layak dicoba. Kanopi berbahan kain seperti kanvas atau terpal lunak juga biasanya mudah dibersihkan dengan cara dilepaskan dari gantungan dan dicuci hingga bersih. Pastinya warna kanopi merah ini mengingatkan kita pada suasana liburan di negara Eropa yang santai.

Baca Juga:

Setelah melihat desain-desain di atas, kanopi yang mana yang jadi favoritmu? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dengan teman-temanmu ya!

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse