Ingin Rumah Sederhana Terlihat Menawan? Yuk, Ikuti 10 Inspirasi Desainnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setelah lelah beraktivitas seharian, tak ada yang lebih menyenangkan dibanding perasaan lega saat tiba di rumah untuk beristirahat. Tidak peduli betapa simpel rumah sederhana kamu, perasaan homey bisa memberikan ketenangan jiwa yang tiada tara.

Terlepas dari ukuran rumah yang dimiliki, Kania paham betul bagaimana pentingnya desain yang tepat untuk setiap rumah, termasuk juga rumah sederhana bagi kalian kaum milenial atau yang baru memiliki rumah sendiri. Dengan desain dan tips yang tepat, rumah sederhana juga bisa punya nuansa dan nilai lebih yang tepat bagi penghuninya.

Jangan sampai kamu salah mendesain atau lalai dalam memperhatikan hal-hal kecil yang bisa membuat rumah sederhana kamu menjadi semakin menawan. Cukup dengan 10 tips ini, kamu bisa menyulap setiap sudut rumah kamu menjadi ekstra nyaman dan menyenangkan. Siap untuk mendekor rumah bareng Dekoruma? Yuk, langsung simak 10 desain interior untuk rumah sederhana berikut ini!

Permukaan Perabot Bebas Tumpukan Barang

ruang keluarga luas hanya sofa, meja, dan kabinet
karmatrendz.com

Lihat di sekeliling rumah sederhana kamu. Apakah ada banyak tumpukan kertas atau padatnya aksesoris rumah tangga yang mulai berdebu? Banyak yang menghabiskan banyak tenaga untuk mendekorasi rumah sederhana. Padahal dengan desain yang bebas dari tumpukan barang, rumah sederhana kamu bisa terlihat semakin luas, leluasa dan nyaman.

Oleh karena itu, bersihkan seluruh permukaan perabot maupun lantai dari pernak-pernik yang terlalu padat. Sebaliknya, fokus pada kesederhanaan dan minimalisme yang bersinar di ruang yang bersih dan santai untuk ditempati.

Pilih Tema Dasar Berwarna Netral yang Adem

dapur dan ruang tamu putih minimalis sederhana
decoist.com

Untuk pemilik rumah sederhana, kamu sangat dianjurkan untuk memilih tema interior minimalis yang hangat dan juga minim perawatan. Aturan dasar dalam desain rumah sederhana bertema minimalis adalah pemilihan warna dasar untuk setiap ruangannya. Pilih warna netral yang kalem, seperti putih, krim, abu-abu atau gradasi netral lainnya.

Mengapa hal ini dilakukan? Warna dasar netral bisa memberikan inspirasi ketenangan yang tidak membosankan. Jika kamu ingin berkreasi dengan warna, atur fokus utama pada beberapa furniture berwarna solid atau menyala untuk kontras artistik yang indah.

Pilih Kualitas, Bukan Kuantitas

kamar tidur putih dengan kursi malas hitam dan kasur
pinterest.com

Tantangan untuk menciptakan rumah sederhana yang menawan adalah mencari nilai estetika dari hanya sedikit perabot yang ada. Ini bisa jadi tugas yang cukup berat karena kamu harus ekstra selektif dalam memilih furniture untuk desain interior rumah sederhana kamu.

Namun jangan khawatir, salah satu aturan dasar dalam menciptakan desain rumah sederhana yang memukau adalah dengan memilih perabot yang berkualitas dan layak diinvestasikan. Misalnya, memilih kasur berkualitas untuk kamar tidur.

Jadi, kamu tidak lagi sembarangan membeli furniture, pertimbangkan cukup lama dari semua pilihan perabot berkualitas yang ada. Hasilnya? Rumah sederhana kamu bisa tampak mewah dan berkualitas pula.

Menjaga Alur Ruangan dengan Tatanan yang Rapi

ruang keluarga berisi dua kursi malas unik dan sofa bed abu muda
Pinterest.com

Ingin rumah sederhana kamu tetap terlihat menarik dan cantik? Prioritaskan pada desain ruangan dengan flow yang baik. Caranya adalah dengan penataan yang teratur antara satu furniture dengan yang lainnya.

Rumah sederhana juga harus selalu dibersihkan secara rutin, jadi sisihkan sedikit waktu untuk mempertahankan keindahan rumah sederhana kamu. Dengan menciptakan kebiasaan penataan yang rapi termasuk pada pencahayaan lampu, Kania yakin kamu bisa punya rumah sederhana yang tetap cantik menarik setiap saat.

Bermain pada Tekstur di Desain Ruangan

kamar tidur dengan sofa lantai
interiordesignideas.com

Menghindari kesan membosankan pada rumah sederhana sebenarnya tidak sulit. Banyak yang khawatir karena kesederhanaan dari paduan warna seperti putih dan abu- abu akan terasa sangat dingin dan terlalu umum. Untuk mengatasi masalah ini pada rumah sederhana, kamu cukup bermain pada tekstur yang ada di setiap elemen ruangan.

Salah satu contoh yang terlihat pada kamar tidur di inspirasi diatas adalah permainan tekstur pada sprei tempat tidur yang berkerut, permukaan lantai yang licin, dan pemilihan wallpaper dinding dengan tekstur yang sedikit kasar. Pada sisi dinding bagian kiri dan kanan, permukaan dinding bisa ditambah hiasan dinding untuk sentuhan tekstur yang berbeda.

Jangan Lupa Cari Storage yang Bisa Diandalkan

ragam desain rak untuk ditaruh di rumah
housebeautiful.com

Rumah sederhana tetap butuh penyimpanan yang memadai. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencari kabinet yang cantik, menarik dan stylish. Karena sifatnya yang berupa perabot lepas, kamu punya kebebasan untuk memilih sesuai selera sepanjang penempatan kabinet di rumah sederhana kamu nantinya tidak akan terlalu bertabrakan dengan tema keseluruhan.

Pilih Penerangan Ruangan yang Tepat

dua kursi abu tua dan lampu gantung di ruang keluarga bernuansa putih
KingGeorgeHomes.com

Penerangan yang tepat akan memberikan efek ruangan yang lebih luas dan cerah, baik dari instalasi lampu atau posisi jendela rumah sederhana. Mood penghuni rumah sederhana juga akan seketika terasa lebih relaks dan santai dengan penataan pencahayaan yang direncanakan dengan baik.

Salah satu tips adalah dengan memilih lampu ruangan dengan desain yang modern. Selain itu, gunakan juga konsep penerangan lampu secara berlapis, baik dengan lampu gantung di plafon, penambahan lampu meja, hingga dekorasi lampu dinding yang bisa menambah kecerahan ruangan dengan baik untuk aktivitas di rumah sederhana kamu.

Dekorasi Cermin atau Lampu Gantung untuk Rumah Sederhana yang Gaya

sofa 3 dudukan hitam di antara dua kursi kayu di ruang keluarga
Trdekor.com

Ingin menambah semarak rumah sederhana tanpa terlalu berlebihan? Cukup pilih cermin atau lampu gantung yang punya efek maksimal. Dengan sedikit sentuhan dekorasi ini, ruangan bisa terasa semakin mewah dan gaya secara instan.

Selain itu, cermin juga punya efek membuat ruangan semakin lapang berkat pantulan sinar cahaya yang masuk ke ruangan rumah sederhana kamu. Lampu gantung juga punya aksen artistik yang mencuat di tengah rumah sederhana tanpa terasa terlalu mendominasi keseluruhan ruangan.

Galeri Seni untuk Rumah Sederhana Penuh Arti

dua gantungan dekorasi tulisan monokrom di atas sofa
pinterest.com

Rumah sederhana tetap bisa punya gaya seni yang artistik dengan penempatan beberapa poster kanvas atau dekorasi bingkai foto yang cantik. Pilih sesuai dengan selera dan lakukan penataan yang simpel. Pilih juga karya seni yang mencerminkan karakter penghuni rumah supaya identitas rumah sederhana semakin kuat.

Jika kamu tidak ingin repot dengan banyak pajangan lukisan dinding, bisa juga dengan memilih satu lukisan berukuran besar yang solid dan berkarakter untuk tampilan rumah sederhana yang apik.

Kamar Mandi untuk Eksplorasi Seni & Kreativitas

kamar mandi nuansa monokrom dengan bathtub putih
thehanks.us

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang tidak boleh terlewatkan dari desain yang maksimal. Walaupun rumah sederhana, jangan sampai melewatkan desain khusus kamar mandi yang menarik dengan tambahan storage ekstra, wallpaper ataupun aksesoris kamar mandi yang cantik.

Ini bisa memberikan kesan yang berbeda dari ruangan lain di rumah. Selain itu, tamu yang sedang berkunjung juga pasti akan merasakan sensasi dan perhatian ekstra yang dicurahkan untuk menciptakan kamar mandi yang punya seni dan cita rasa tinggi.

Bagaimana, sebetulnya nggak susah kan menciptakan rumah sederhana yang menawan? Memakai furniture dan penataan yang tepat, semua jadi mudah, bukan?

Tak perlu penataan yang ribet, peletakkan furnitur yang tepat dan desain yang simpel pun tetap bisa menghadirkan nuansa homey yang nyaman dan tetap menawan. Cara seperti ini pun membuat kamu betah berlama-lama di rumah. Istirahat pun jadi lebih tenang!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse