6 Desain Plafon Rumah Minimalis yang Belum Pernah Kamu Lihat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pada dasarnya plafon rumah minimalis berfungsi sebagai penutup rangka atap. Namun saat ini plafon rumah minimalis juga dapat menjadi ajang ekspresi dan ekplorasi yang dapat menambah nilai estetika ruang.

Nggak heran, kini muncul plafon rumah minimalis dengan desain unik. Selain dicat dengan warna yang menarik, plafon rumah minimalis juga seringkali diberikan ukiran ornamen tertentu. Plafon rumah minimalis yang didesain secara berbeda nantinya dapat berpengaruh untuk tampilan ruang secara keseluruhan.

Sebuah plafon rumah minimalis juga bisa memberi kesan mewah pada ruangan. Plafon rumah minimalis dengan tampilan megah biasanya dipasang di tempat umum, seperti hotel atau resto. Eits, kendati demikian bukan berarti plafon rumah minimalis dengan tampilan yang memukau tidak bisa diciptakan di ruangananmu lho. Mereka contohnya!

Plafon rumah minimalis model panel cekung

Plafon Rumah Minimalis Cekung livspace.com

Tidak ada yang bisa menolak pesona ruangan yang memiliki plafon rumah minimalis dengan model panel cekung. Plafon rumah minimalis berbentuk persegi ini menambah kesan elegan langit-langit rumahmu. Tampilan tersebut bisa kamu dapatkan dengan memasang serangkaian balok dekoratif dengan pola dan ukuran yang sama.

Plafon rumah minimalis model ini dan paduan warnanya terlihat lebih elegan dan dapat menimbulkan kesan adem, nyaman dan tentunya dinamis. Plafon rumah minimalis ini pantas dijadikan favorit.

Plafon rumah minimalis dengan lampu drop

Plafon Rumah Minimalis Drop Ceilingpinterest.com

Plafon rumah minimalis dengan lampu drop ini memberi kesan megah dan mewah pada ruangan. Kombinasi dari plafon rumah minimalis dengan  pencahayaan lampu yang tepat membuat tampilan langit-langit ruangan semakin memikat. Kamu bisa meletakkan lampu dalam pola tertentu secara rapi dan memadukannya dengan model plafon rumah minimalis kesukaanmu.

Baca Juga: 15 Desain Plafon Minimalis untuk Rumah Kecil yang Bisa Kamu Tiru

Lampu yang dipasang secara lurus mampu memberi kesan lebih luas pada ruangan. Meski terlihat menarik, jangan pernah memasang lampu dengan jumlah yang terlalu banyak. Plafon rumah minimalis model ini juga menghadirkan kesan ruang lebih tinggi dan lapang.

Plafon rumah minimalis dengan cahaya pantulan

Plafon Rumah Minimalis Cahaya Pantulan 

livspace.com

Pencahayaan tersembunyi memiliki kemampuan unik untuk melembutkan garis tajam dan memberi kenyamanan pada ruangan. Biasanya menggunakan lampu LED yang diletakkan dalam celah tersembunyi di plafon rumah minimalis. Ide plafon rumah minimalis ini juga bisa membentuk dimensi pada plafon.

Cahaya yang dihasilkan dari ide plafon rumah minimalis desain ini merupakan cahaya pantulan. Oleh karena itu, sumber cahaya dari bohlam tidak boleh terlihat secara visual. Distribusi cahaya juga harus merata. Tidak boleh ada ruang gelap (blank spot) di antara cahaya tersebut. Karena itu pula, teknik pemasangan lampu harus teliti dan cermat.

Plafon rumah minimalis geometris

Plafon Rumah Minimalis Geometrisasb.sk

Ide plafon rumah minimalis ini memastikan ruanganmu memiliki tepi yang tepat. Selain bisa melindungimu dari debu di atap, plafon rumah minimalis juga dapat menambah kesan artistik ruangan. Apalagi dengan penataan saling silang yang bisa memberimu pola yang beragam dan unik.

Jangan takut berekspresi dengan tata letaknya. Kamu bisa menatanya sesuai dengan gaya dekor ruanganmu. Untuk menambah kesan elegan, jangan lupa pasang lampu di antara celah plafon.

Plafon rumah minimalis dengan kisi yang rumit

Plafon Rumah Minimalis Kisi Rumitrenovasi-rumah.net

Untuk kamu penyuka seni, plafon rumah minimalis model ini bisa kamu pilih untuk kamu pasang di rumahmu. Plafon rumah minimalis dengan kisi rumit ini menonjolkan pola etnik sehingga yang biasanya hanya dipasang pada dinding sebagai pembatas ruangan. Kamu bisa memasangnya pada plafon rumah minimalis.

Baca Juga: 6 Dekorasi Ruang Makan yang Bikin Keluarga Betah di Rumah!

Ide plafon rumah minimalis model ini cocok dipasang di ruang tamu atau ruang makan. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan beberapa lampu pendar dengan pencahayaan yang rendah. Masukkan lampu di balik kisi atau di sela-sela celahnya, bersiaplah dengan tampilan yang memukau dari langit-langit ruanganmu.

Plafon rumah minimalis kombinasi kayu

Plafon Rumah Minimalis Kayu

livspace.com

Kayu bisa menjadi tambahan yang indah pada langit-langit di ruangan manapun. Kombinasi plafon rumah minimalis dengan kayu akan memikat setiap mata yang melihat. Bilah kayu yang diatur dengan ketat dapat digunakan untuk membuat pernyataan di ruangan netral, sementara kayu dengan warna yang lebih gelap dapat memberi kesan modern.

Lampu gantung yang tergantung di antara bilah ini dapat membantu meningkatkan pencahayaan di langit-langit plafon rumah minimalis. Bilah kayu tidak perlu diatur secara ketat untuk memberi dampak desain langit-langit yang edgy ini.

Baca Juga: Tips Menentukan Lampu Gantung Yang Tepat Untuk Rumahmu

Desain plafon rumah minimalis ini harus tetap mengutamakan ketepatan. Plafon rumah minimalis dengan kombinasi kayu dengan desain yang rumit serta menggunakan aspek justru akan membuat rumah semakin sempit dan kecil. Jadi, pilih furniture yang tepat pada ruangan dengan plafon ini ya!

Plafon Rumah Minimalis AliExpress.com

Meski terdengar sepele, plafon rumah minimalis sebenarnya cukup penting untuk sebuah rumah. Plafon dapat membantu menyembunyikan instalansi listrik, seperti kabel, lampu, dan struktur atap sehingga ruang interior tampak lebih indah. Dengan adanya plafon, suhu udara dalam ruangan bisa menjadi lebih terkendali.

Misalnya, plafon dapat mengurangi suhu panas ruang atap yang timbul karena sinar matahari yang menyinari atap. Udara panas di ruang atap di tahan oleh plafon sehingga tidak langsung mengalir keruang dibawahnya sehingga suhu ruang tetap terjaga. Dalam installasi AC, penggunaan plafon dalam ruangan bisa membuat kerja AC menjadi lebih efisien.

Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Plafon Gypsum Rumahmu Bisa Roboh

Nah, dari macam-macam plafon diatas, mana favoritmu? Apa kamu tertarik mencobanya di rumah?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse