Tips Memilih Kaligrafi Yang Tepat Untuk Rumahmu

Kamu sedang berencana mengubah tampilan suasana rumah? Atau mungkin kamu baru saja menempati rumah baru yang masih belum tertata dengan indah?

Dalam mengubah tampilan rumah untuk mendapatkan suasana baru, selain memperhatikan penggantian warna cat, mengganti furnitur, dan menata ulang letak barang-barang, kamu juga perlu dekorasi tambahan untuk membuat rumahmu berbeda dari tampilan sebelumnya. Salah satunya adalah dengan menambahkan kaligrafi agar tercipta suasana baru di rumahmu. Kaligrafi juga akan membuat tampilan ruangan lebih bernuansa Islami.

Jika kamu berencana untuk membeli kaligrafi, pilihlah dengan cermat. Kaligrafi yang kamu beli harus sesuai dengan situasi rumah dan mampu menyampaikan pesan atau menggambarkan kepribadian pemiliknya. Kaligrafi tidak hanya sebatas indah berdasarkan isi dan maknanya saja.

Dengan pemilihan model dan jenis kaligrafi, bisa membuat kesan lebih terhadap kaligrafi yang kamu miliki. Ada banyak aneka ragam kaligrafi yang bisa kamu temui, mulai dari aneka huruf sampai dengan material yang digunakan sehingga mempercantik tampilan kaligrafi.

 

Pertimbangan Memilih Kaligrafi untuk Rumahmu

Ada beberapa pertimbangan ketika kamu membeli dan memilih kaligrafi sebagai dekorasi dinding rumahmu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk menentukan kaligrafi yang cocok dengan rumahmu:

  • Tentukan sesuai keinginanmu

Bukankah kamu membeli untuk dekorasi di rumahmu sendiri? Nah, sebaiknya dalam memilih, sesuaikan kaligrafi dengan keinginanmu. Kamu boleh meminta saran kepada orang lain, namun yang berhak menentukan adalah kamu sendiri.

Jika kamu termasuk orang yang menyukai gaya simpel, pilihlah kaligrafi minimalis. Jika kamu orang yang tidak menyukai sesuatu hal rumit, kamu bisa memilih kaligrafi sederhana agar isi dari kaligrafi bisa terbaca jelas. Jika kamu seorang yang menyukai seni tinggi, kaligrafi kontemporer sangat cocok kamu pilih. Dengan membeli sesuai keinginan, kamu akan merasa puas bahkan ketika orang lain kurang menyukai kaligrafi yang dipasang di rumahmu.

  • Pilih ukuran yang tepat

Jangan asal membeli kaligrafi hanya karena kamu menyukainya. Tapi, juga perlu menyesuaikan dengan kondisi ruanganmu. Pastikan kaligrafi yang kamu pilih tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil jika diterapkan. Kamu bisa saja memilih kaligrafi kecil dan menyusunnya dalam satu tempat.

Cara ini akan menciptakan paduan yang indah pada ruanganmu dan dalam menciptakan aksen di dinding. Ukuran kaligrafi menjadi penting, karena jika tidak sesuai malah akan dapat merusak suasana ruangan.

  • Sesuaikan warna kaligrafi dengan warna dominan ruanganmu

Warna yang digunakan pada kaligrafi  memiliki dampak besar pada penampilan seluruh interior rumahmu. Jika kamu ingin menghidupkan suasana rumah, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah dan tajam.

Jika kamu bertujuan untuk melengkapi ruangan dengan aksesoris, pilih kaligrafi dengan warna yang sesuai interior ruangan. Kamu bisa memilih warna yang senada dengan warna dominan pada ruangan tersebut. Pastikan warna kaligrafi tidak terlalu mencolok atau bertabrakan warna dengan warna dinding atau perabot lainnya.

  • Sesuaikan dengan interior rumah

Setiap rumah memiliki desain interior yang berbeda-beda. Jika rumahmu memiliki sentuhan modern minimalis sesuai tren saat ini, kamu bisa menggunakan gaya kaligrafi minimalis.

Jika rumahmu menggunakan desain klasik, pilihan kaligrafi kontemporer yang sangat cocok dengan rumahmu. Dan jika rumahmu bergaya rumah mewah, kaligrafi berbahan tembaga atau kuningan akan memberikan tampilan yang lebih elegan.

  • Teliti sebelum membeli

Ada banyak toko yang menjual berbagai macam karya kaligrafi. Bahkan saat ini banyak juga toko online yang menjualnya. Dengan melakukan belanja online, hal ini akan semakin memudahkanmu dalam memilih. Namun, tidak semua orang percaya dengan cara belanja ini, karena mereka tidak dapat memeriksa langsung barang yang dipesannya. Apakah sesuai dengan yang dibayangkan, apakah memiliki bentuk utuh dan tidak cacat, dan alasan lainnya.

Jika kamu bingung menentukan toko online yang dapat dipercaya, kamu perlu mengunjungi toko online satu ini dekoruma.com. Dekoruma menyediakan perlengkapan rumahmu, termasuk kaligrafi. Di sini, kamu bisa melakukan pembelian barang dengan melakukan pembayaran di tempat, saat barang sampai. Dan keunggulan lainnya dari toko online ini adalah barang dikirim tanpa ongkos kirim, lho.

  • Sesuaikan dengan kantong

Selain mempertimbangkan sesuai dengan keinginan, ukuran, dan warna, faktor inilah yang menjadi peranan paling penting. Untuk memilih kaligrafi yang tepat, kamu juga perlu menentukan anggaran untuk pengeluaran ini. Kamu bisa melakukan survei dari penjual satu ke penjual lain untuk melihat-lihat harga. Tidak semua kaligrafi mahal akan cocok dipasang pada ruanganmu. Namun, ada pula kaligrafi dengan harga murah yang justru lebih cocok dipasang di rumahmu.

 

Aneka Jenis Penulisan Kaligrafi

Ada banyak jenis penulisan kaligrafi yang dibuat oleh para kaligrafer. Jumlahnya bisa mencapai ratusan. Namun, ada beberapa di antaranya yang paling terkenal.  Berikut aneka jenis khat kaligrafi yang perlu kamu tahu:

  • Khat Kufi

Khat kufi memiliki bentuk kotak-kotak baku dan memiliki sudut di setiap ujungnya. Pada awal pembuatan khat kufi di zaman dulu, pengukiran dilakukan dengan menggunakan pisau atau pedang pada pelepah kayu, batu, dan sejenisnya. Sehingga menghasilkan kaligrafi dengan bentuk kotak.

  • Khat Nasakh

Khat satu ini adalah jenis kaligrafi yang sangat indah. Khat nasakh sekarang ini banyak digunakan sebagai standar penulisan bahasa arab. Hurufnya jelas dan mudah dibaca.

  • Khat Tsuluts

Khat tsuluts menjadi yang terpopuler di kalangan para kaligrafer. Namun bukan berarti dalam membuat kaligrafi ini terbilang mudah. Jenis ini memiliki kelenturan yang indah sehingga banyak digunakan salah satunya sebagai dekorasi dinding. Model kaligrafi ini bisa berbentuk tersusun, berpantul, sampai membentuk gambar binatang.

  • Khat Diwani

Khat diwani pun tidak kalah indah dari khat tsuluts. Pada masanya, kaligrafi jenis ini disembunyikan karena keindahannya. Diwani memiliki tiga aliran gaya, yaitu Turki, Mesir, dan Baghdad. Kaligrafi ini terkenal akan keluwesan dalam seni penulisannya dan banyak menggunakan huruf-huruf yang memutar.

  • Khat Riq’ah

Ciri dari khat riq’ah ini yaitu tidak menggunakan harakat, sederhana, dan mudah untuk dipelajari oleh pemula sekalipun. Dengan watak penulisannya yang cepat, khat ini jarang dinikmati oleh para kaligrafer dalam pembuatannya. Karena dalam pembuatan kaligrafi, seorang seniman tidak hanya asal menggoreskan kuas atau tinta saja, tapi juga akan melibatkan perasaan.

 

Rumahmu adalah cerminan dari dirimu. Dengan cara ini orang yang masuk ke rumahmu akan mengetahui sedikit kepribadianmu. Sebagai pemilik ruangan, tentu saja kamu memiliki waktu paling lama untuk menikmati kaligrafi yang terpasang di dinding rumahmu. Untuk itu, beberapa pertimbangan dalam memilih kaligrafi perlu diterapkan agar tamu yang berkunjung ke rumahmu turut merasa nyaman.

Kaligrafi pada ruangan rumahmu berfungsi sebagai pelengkap ruangan, jadi kamu tidak perlu memajang kaligrafi secara berlebihan. Itu malah akan membuat ruangan terlihat aneh.

Sejauh ini apakah kamu sudah bisa menentukan pilihan kaligrafi seperti apa yang akan kamu pakai di ruangan rumahmu? Kaligrafi minimalis, kaligrafi sederhana, ataupun kaligrafi kontemporer sama-sama akan memberikan kesan ‘wah’, jika kamu dapat memadukannya dengan konsep rumahmu. Yuk, segera lengkapi ruanganmu dengan kaligrafi yang akan membuat nuansa baru di rumahmu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse