Sebelum Memelihara Tanaman Hias, Pemula Harus Tahu 5 Hal Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Merawat tanaman bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang memiliki cukup ketelatenan dan kesabaran untuk melakukannya. Memiliki tanaman hias di rumahmu dapat menjadi nilai lebih loh, keberadaan mereka secara ajaib dapat memberikan energi tambahan untuk tempat tinggalmu.

pinterest.com

Tahukah kamu, tanaman hias untuk rumahmu tidak boleh dipilih secara asal loh. Ada berbagai jenis tanaman hias, yang setiap jenisnya memiliki kebutuhan berbeda untuk dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman hias merupakan tumbuhan yang sensitif yang akan menuntut perhatian kamu. Hal-hal seperti banyaknya cahaya, tingkat kelempan, dan penempatan tanaman hias dapat memberi pengaruh yang sangat besar untuk mereka.

Nah, di sini Kania mau berbagi strategi memilih tanaman hias untuk pemula, dengan menyesuaikan dengan keadaan tempat tinggal kamu.

1. Ketahui Kondisi Cuaca di Lingkungan Rumah

Tanaman Hias Pencahayaanrcopinc.com

Langkah pertama menuju keberhasilan dalam berkebun adalah menetapkan berapa besar intensitas cahaya pada area tanaman hias ditempatkan. Cara termudah untuk mengukur kekuatan cahaya matahari yang ada adalah dengan menggunakan meteran cahaya (light meter) dan mengukur setiap area.

Tentu saja light meter bukan satu-satunya cara. Kamu bisa menggunakan kertas berwarna abu-abu atau dengan bantuan kamera digital untuk mengukur kekuatan cahaya area tempat tinggalmu.

Dengan begitu, kamu dapat menentukan kekuatan cahaya pada beberapa area rumahmu dan seberapa lama cahaya tersebut akan bersinar dalam sehari.

Tanaman Hias Pencahayaanalicdn.com

Dengan mengetahui kekuatan cahaya area tempat tinggalmu, kamu dapat memilih tanaman hias dengan kebutuhan akan cahaya yang sesuai. Kekuatan cahaya dapat dibedakan menjadi tiga, cahaya yang kuat, cahaya sedang, dan cahaya redup.

2. Pilih Tanaman Hias Sesuai Kebutuhan Cahaya Matahari

Tanaman Hias untuk Cahaya Redup

Tanaman Hias Cahaya Peace Lliypixabay.com

Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan sekarang ini lebih banyak yang tinggal di apartemen atau rumah susun. Mereka tidak memiliki lahan berkebun yang memadai, dan asupan cahaya matahari yang terbilang sangat minim di tempat tinggal mereka.

Cukup banyak loh tanaman hias yang menyukai area dengan cahaya yang minim. Tanaman hias jenis pakis, seperti tanaman pakis boston, Tanaman hias pakis-pakisan sangat umum ditemukan di Indonesia, jadi kamu tidak akan kesulitan menemukannya.

Selain sebagai penghijauan untuk tempat tinggalmu, tanaman hias pakis ini juga dapat menyerap polusi udara sehingga udara rumah pun menjadi lebih bersih. Selain tanaman hias jenis pakis, kamu juga dapat menanam tanaman seperti tanaman bambu, spider plant dan peace lily.

Tanaman Hias untuk Cahaya Sedang

Tanaman Hias Cahaya Sedangpixabay.com

Tanaman hias yang tumbuh pada kondisi ini cenderung lebih sehat daripada tanaman hias di kondisi lain. Tanaman hias yang populer untuk kondisi tempat tinggal bercahaya sedang adalah begonia, alocasia, dan tanaman wijaya kusuma.

Tanaman Hias untuk Cahaya Terang

Tanaman Hias Cahaya Terangpinterest.com

Beruntunglah kamu yang memiliki banyak asupan pencahayaan alami di rumah. Ada banyak sekali tanaman hias yang cantik dan dapat berkembang di area dengan asupan cahaya yang kuat dengan baik. Beberapa tanaman yang menjadi favorit banyak pemula adalah tanaman hias succulents seperti kaktus, asparagus ferns dan pohon ara.

3. Perhatikan Kelembapan Tanaman Hias

Tanaman Hias Kelembapanalicdn.com

Selain kekuatan cahaya dari ruangan, kamu juga harus menimbang tingkat kelembapan dari tempat tinggalmu. Kelembapan yang salah dapat membunuh tanaman hias. Kamu dapat dengan mudah menentukan apakah tanaman hias mulai mengering dan membutuhkan air. Daun tanaman hias yang menggulung menandakan mereka mulai mengering.

Salah satu trik untuk menjaga kelembapan tanaman hias yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan tanaman hias di atas wadah dengan batu-batuan kecil dalam vas yang kuat, dan air. Air yang menguap akan diambil oleh tanaman untuk menjaga kelembapan mereka. Berbeda dengan tanaman succulents yang tidak membutuhkan banyak kelembapan, jadi jangan sampai terlalu banyak mengairinya ya!

4. Pemilihan Wadah Tanaman Hias

Pemilihan Wadah Tanaman Hiaspinterest.com

Pilihlah wadah tanaman hias yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk tanamanmu. Kamu dapat meminta rekomendasi dari tempat kamu membeli tanaman hias yang kamu sukai. Ada banyak wadah tanaman hias yang manis dan unik untuk digunakan. Beberapa orang bahkan menggunakan mug sebagai wadah tanaman hias mereka.

Tapi ingat, wadah yang baik adalah yang memiliki pembuangan air. Kamu bisa tetap menggunakan mug jika ingin, tapi jangan lupa untuk membuat lubang di bagian bawah mug sebagai saluran air keluar.

5. Penempatan Tanaman Hias

Tanaman Hias Penempatanpixabay.com

Jangan takut untuk menggeser atau memindahkan letak tanaman hias kesayanganmu. Kebanyakan orang memilih satu tempat untuk meletakkan tanaman hias mereka dan berpikir hanya di tempat itulah tanaman hias mereka seharusnya berada. Lakukan rotasi dan perputaran tempat tanaman hias, dan kamu dapat melihat tanaman hiasmu lebih hidup dan segar!

Nah, itu dia 5 strategi memilih tanaman hias untuk pemula. Tidak perlu ragu memulai hobi berkebunmu dan belajar dari awal. Semua orang pasti memiliki momen pertama untuk mereka. Selamat berkebun!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse