10 Ide Kreasi Kursi Makan Untuk sang Ibu Kreatif

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ruang makan merupakan salah satu vocal point di dalam sebuah rumah. Karenanya, pemilihan dan tata letak kursi makan merupakan hal yang krusial pada sebuah ruang makan.

Perhatikan dengan seksama dan teliti bahan serta bentuk kursi makan yang hendak kamu pakai di ruang makan. Jangan sampai keberadaan kursi makan justru membuat ruang makan menjadi tidak kondusif dan penuh sesak. Sebagaimana kursi di ruang keluarga, kursi makan juga harus mampu memberi kenyamanan. Warna kursi makan juga sangat berpengaruh pada tampilan ruang makan.

Biar nggak makin bingung, berikut Kania ulas aneka macam ide kreasi kursi makan yang bisa kamu aplikasikan di rumahmu!

Kursi makan kombinasi sofa dan kursi lipat

Kursi Makan Kombinasi Sofacdn.home-designing.com

Tak hanya untuk ruang keluarga atau ruang tamu, sofa kecil yang manis juga bisa dimanfaatkan untuk kursi makan lho. Agar tidak menimbulkan kesan ruangan yang penuh, kamu bisa memadupadankan kursi sofa dengan kursi lipat di sisi yang lainnya.

Untuk kursi makan sendiri, kamu bisa mengombinasikan beberapa warna sekaligus untuk menciptakan suasana ruangan yang menarik dan santai. Pilih kursi makan dengan warna yang cerah untuk memberi tampilan yang tidak membosankan. Selain itu, menggunakan kursi lipat sebagai kursi makan dapat menghemat pengeluaran karena harganya cenderung lebih murah.

Padu padan kursi makan beda bentuk warna sama

Kursi Makan Beda Bentuk Warna Samacdn.freshome.com

Sebagaimana ruangan lainnya, dekorasi dan tata letak pada ruang makan juga sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah keberadaan kursi makan. Kamu bisa berkreasi dengan menggunakan kursi makan yang berbeda bentuk, namun memiliki warna yang sama.

Baca Juga: Sofa atau Kursi, Mana Yang Paling Cocok Buatmu?

Kombinasikan kursi makan dengan desain modern dan tradisional sekaligus. Padupadan ini kursi makan ini membuat tampilan memikat bagi setiap mata yang melihat. Apalagi keunikan setiap bentuk kursi makan akan memberi kesan artistik pada ruangan.

Kreatif dengan kursi makan yang berbeda, dudukan sama

Kursi Makan Dudukan Yang Samapinterest.com

Konsep ini bisa kamu lakukan dengan menyatukan sekelompok kursi makan yang indah, baik yang sudah tua maupun baru, namun memiliki alas dudukan dengan warna senada. Jika kamu memiliki kursi lama, kamu hanya perlu mengubah alas dudukan dan menyamakannya dengan konsep kursi makan yang kamu pilih.

Dengan mendaur ulang kursi lama menjadi kursi makan, kamu sekaligus bisa lebih berhemat. Pilih warna coklat sebagai dudukan satu set kursi makan ini. Pasalnya, warna coklat dapat memberi kesan elegan pada ruangan. Selain itu, kursi makan dengan warna ini tidak terlalu mencolok jika terkena noda.

Kursi makan berlapis di kedua ujung meja makan

Kursi Makan Lapisan Diujungpinterest.com

Sudah tahu kan jika tata letak sebuah furnitur sangat berpengaruh pada tampilan ruangan. Nah, penataan kursi makan salah satunya. Saat menata ruang makan, kamu tidak bisa sembarangan menaruh kursi makan karena posisi kursi makan juga berpengaruh pada kenyamanan dan serta menjaga sopan santun.

Baca Juga: 6 Dekorasi Ruang Makan yang Bikin Keluarga Betah di Rumah!

Pada saat makan, biasanya orang tua akan duduk di ujung meja makan. Untuk menghormati posisi ini, kamu bisa meletakkan kursi makan berlapis. Tapi jangan sampai salah pilih kursi ya, perhatikan juga bentuk kursi makan. Pilih kursi yang bentuknya cocok untuk diletakkan di ujung meja makan. Kamu bisa memadupadankannya dengan kursi yang berukuran lebih kecil namun memiliki warna senada.

Padu padan kursi makan yang berbeda di ujungnya

Kursi MakanBeda Dijungpinterest.com

Desain tata letak kursi makan yang berbeda pada ujung meja makan menarik untuk diterapkan. Untuk ide ini kamu bisa memadupadankan kursi makan bervariasi warna, tapi pastikan dua kursi makan yang diletakkan di ujung meja makan sama.

Untuk posisi ujung, kamu bisa memilih kursi makan dengan bantalan duduk atau cushion. Sementara untuk posisi samping, kamu bisa memilih kursi makan dari kayu. Dengan trik padupadan kursi makan ini, bukan tidak mungkin kamu bisa menciptakan ruang makan yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Kursi makan yang sama beda warna

 

Kursi Makan Warna Bedahermanmiller.com

Tak sedikit orang merasa jenuh dengan set kursi makan yang ada di ruangannya. Untuk mencegah ini terjadi, kamu bisa memasang seperangkat kursi makan dengan bentuk yang sama, namun memiliki warna yang berbeda. Misalnya, jika menggunakan warna pastel, maka semua kursi makan juga berwarna pastel. Begitu juga dengan kursi makan warna cerah. Pemasangan kursi makan dengan konsep ini dapat memberi kesan artistik sekaligus sebagai dekor pemanis untuk ruang makan.

Kursi makan yang sama, bantalan yang berbeda

Kursi Makan Bantalan Samapinterest.com

Cara lain untuk padupadan kursi makan adalah dengan mencampur satu set kursi makan yang sama dan bantalan yang sama. Ide ini bisa contoh dengan menggunakan kursi makan yang sudah ada di rumahmu. Caranya adalah dengan menutup kembali kursi makan tersebut dalam berbagai macam kain.

Baca Juga: Jenis Kursi Tamu yang Tepat untuk Rumahmu

Atau, untuk kursi makan kayu yang tidak berlapis, kamu cukup menambahkan bantal kursi baru dengan warna dan corak yang menyenangkan. Kamu bisa mengajak serta anggota keluarga yang lain untuk menentukan kursi makannya sesuai selera masing-masing.

Kursi makan dengan bentuk yang sama, warna senada

Kursi Makan Warna Bentuk Senadacdn.home-designing.com

Alih-alih menggunakan kursi dengan warna yang bertolak belakang. Kamu bisa memilih menggunakan warna senada pada kursi makan agar harmonis dengan interior ruang makanmu. Pilih warna yang memiliki aksen yang sama. Cobalah warna coklat atau hijau alam pada kursi makan  di rumah. Kursi makan ini dapat memberi kesan elegan pada ruang makanmu.

Kursi makan yang tidak serasi

Kursi Makan Tidak Serasihbu.h-cdn.co

Masih mengandalkan konsep padupadan, kamu bisa memilih kursi makan yang memiliki material atau bentuk yang sama. Jika kamu menyukai kursi makan vintage, perhatikan bahan dan bentuk kursi makan tersebut. Tentukan apakah kamu ingin menggunakan tema bentuk sama atau warna sama. Kamu bisa memilih kursi makan dari berbagai bahan, baik kayu, rotan maupun logam. Dengan menerapkan konsep ini, kamu juga masih bisa memanfaatkan kursi makan lamamu dan mengubahnya sesuai dengan tema.

Padupadan sofa dan kursi makan

Kursi Makan Perpaduan Sofacdn.cliqueinc.com

Untuk menciptakan ruang makan yang manarik, jangan takut berkreasi saat memilih kursi makan. Kamu bisa mengalihfungsikan sofa lamamu sebagai kursi makan.

Letakkan dua buah sofa di ujung meja makan, satu set kursi lain diletakkan di sisi yang lain. Menempatkan kursi makan dengan tata letak seperti ini merupakan cara mudah untuk memecah setnya. Konsep tata letak kursi makan seperti ini cocok diterapkan pada ruang makan yang berukuran kecil.

Bagaimana, apa kamu sudah siap berkreasi dengan kursi makan untuk ruang makan lebih cantik? Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interiordekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse