Bingung Mau Ngapain Aja di Rumah? Cobain deh Aktivitas yang Satu Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hari kerja biasanya cenderung membuat orang tua sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Memang hal itu tidak dapat dihindari ya. Apalagi, saat tiba di rumah, terkadang rasanya sudah lelah sekali dan cuma ingin bersantai di ruang tamu. Meskipun begitu, ada baiknya kamu selalu menyisihkan waktu dan memberikan pengertian untuk si kecil.

Nah, bila di hari kerja waktu bersama anak-anak lebih terbatas, ada baiknya kamu mendedikasikan akhir pekan untuk mereka. Tentunya si kecil sudah sangat bahagia dengan kehadiran Mama dan Papa. Tetapi, akan terasa semakin menyenangkan apabila Mama atau Papa bisa merencanakan sebuah kegiatan untuk dimainkan bersama.

 

img_7144

 

Kegiatannya tidak perlu yang ribet dan tidak harus sampai keluar rumah loh! Selain itu, dengan melakukan kegiatan bersama tentunya dapat menjadi sarana bagi Mama dan Papa untuk mengajarkan si kecil soal berbagai hal dan mengeratkan hubungan antar anggota keluarga. Di sini, Kania punya beberapa saran untuk aktivitas yang bisa kalian lakukan bersama dengan anak-anak di rumah!

 

Senam Pagi

senam-anak.jpg

Foto dari agoodparenting

 

Sekalipun akhir pekan, tidak ada salahnya untuk bangun pagi! Kamu bisa mulai aktivitas akhir pekanmu dengan melakukan senam bersama. Pasang musik dengan irama yang bersemangat dan mulai bergerak. Atau, kamu juga bisa memutar video dengan gerakan senam. Aktivitas ini cocok sekali untuk si kecil yang sedang aktif-aktifnya. Hal ini juga bisa sekaligus melatih gerak motorik anak loh.

 

Bermain Sambil Belajar

Metode pembelajaran terbaik dibungkus dalam bentuk permainan, jadi jangan pusing kalau anak begitu senang bermain. Tapi Mama dan Papa tetap harus memilah permainan yang mereka mainkan. Usahakan supaya anak tidak terlalu terikat dengan gadget sejak dini ya.

img_7575

Kamu bisa melakukan permainan seperti ular tangga yang simpel, melalui ular tangga kamu dapat mengajarkan anak untuk berhitung sekaligus mengenal simbol dari dadu. Kamu juga bisa mengajak anak untuk balapan boneka loh! Tidak hanya boneka, kamu juga bisa menggunakan mainan lainnya seperti mobil-mobilan.

 

Berkarya Bersama

img_7846

Yuk salurkan kreativitas anak dengan membuat karya bersama. Kamu bisa melakukan lomba menggambar bersama anak, atau membangun bangunan dari balok mainan bersama di ruang belajarnya. Jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak ya, agar mereka merasa senang dan bangga pada karyanya. Setelah itu hasil karya tersebut bisa jadi pajangan berharga untuk kamar tidur pertamanya.

 

Berkebun

Kalau Mama atau Papa senang memelihara tanaman, bagaimana kalau mengajak anak ikut serta juga. Selagi berkebun, kamu bisa memperkenalkan anak pada tumbuhan-tumbuhan yang ada.

img_7088

Selagi berkebun, kamu juga bisa sambil mengajarkan anak untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya. Salah satu cara misalnya dengan memberikan si kecil tanamannya sendiri untuk dia rawat.

 

Bersih-bersih

img_7564

Selesai bermain, tentunya banyak mainan yang berserakan di segala penjuru ruangan kan. Ajak si kecil untuk mulai bertanggung jawab dan membantu membereskan mainan yang ia mainkan. Walau lelah, bekerja bersama dapat membuat kegiatan ini menjadi lebih ringan. Rumah pun jadi bersih dan kinclong, ibu pun jadi terbantu.

Kegiatan ini dapat menumbuhkan kebiasaan baik pada anak untuk mengembalikan kembali mainan yang habis dimainkannya ke tempatnya semula.

 

Menonton Film

img_7177

Satu lagi kegiatan yang cukup efektif untuk dilakukan bersama di rumah. Yaitu menonton film bersama! Mungkin memang ada beberapa orang tua yg cukup skeptis soal menonton. Tetapi, film untuk anak biasanya memiliki nilai moral yang bisa membawa dampak positif untuk si kecil. Kania juga punya loh rekomendasi film anak yang cocok ditonton bersama dengan keluarga di akhir pekan.

 

img_7023-2

 

Nah, itu dia beberapa saran kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah bersama si kecil. Apa kamu punya kegiatan atau tradisi spesial di keluarga kamu? Mungkin bisa berbagi bersama Kania juga di Facebook dan Instagram ^^

 

Selamat beraktivitas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse