9 Warna Cat Kamar Tidur ini Cocok Untuk Ruangan Sempit

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jika dahulu gaya sebuah rumah identik dengan ruangan yang luas, berbeda dengan masa kini. Saat ini masyarakat cenderung lebih menyukai bangunan yang minimalis. Namun, permasalahan umum yang sering terjadi adalah luas ruangan yang terbatas dan terasa sempit, termasuk kamar tidur. Tak hanya luas ruangan yang terbatas, besaran furnitur seperti lemari pakaian dan spring bed makin membuat ruang gerak terbatas.

Tak perlu khawatir jika kamar tidurmu terlihat lebih sempit, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar tidur nampak lebih besar. Apa itu?

Permainan warna cat kamar tidur dianggap sebagai cara yang paling tepat dalam membuat kamar tidur yang sempit menjadi terasa lebih luas karena dianggap bisa menghidupkan ruangan. Berikut ini Kania ulas sembilan warna cat kamar tidur yang cocok diaplikasikan pada ruangan sempit.

1. Warna cat kamar tidur putih

Warna Cat Kamar Tidur Putihpinterest.com

Warna cat kamar tidur putih adalah salah satu warna netral yang paling cocok untuk ruangan sempit. Warna cat kamar tidur yang satu ini membuat kamar yang berukuran kecil terasa lebih luas dari ukuran sebenarnya. Warna cat kamar tidur putih akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih cerah serta menghadirkan kesan terbuka.

Terlebih lagi, warna cat kamar tidur putih sangat mudah untuk dikombinasikan dengan warna lainnya. Selain itu, warna cat kamar tidur putih juga dapat memudahkan kita saat menaruh hiasan dinding agar tidak membosankan. Coba hias dinding yang menggunakan warna cat kamar tidur putih dengan stiker dinding atau mural minimalis. Sertakan juga rak dinding warna putih sebagai area penyimpanan. Trik ini bisa membuat ruangan lebih indah dan hidup meski luasnya terbatas.

2. Kuning sebagai warna cat kamar tidur

kamar tidur dengan warna cat kuningidealhome.co.uk

Sama seperti putih, warna cat kamar tidur kuning juga dapat memiliki efek yang sama. Warna cat kamar tidur kuning adalah warna yang mampu memantulkan cahaya matahari. Kemampuannya yang dapat memantulkan cahaya matahari ini membuat ruangan yang sempit pun jadi terlihat lebih luas

Baca Juga: 10 Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Bagus Oleh Barbara Jacobs

Untuk ruangan sempit, pilih warna cat kamar tidur kuning muda atau kuning pucat seperti lemon. Selain itu, pertimbangkan juga untuk mengombinasikan warna cat kamar tidur kuning muda dengan furniture berwarna putih untuk menambah dimensi di ruangan yang berukuran kecil.

3. Warna cat kamar tidur abu-abu untuk ruangan sempit

Warna Cat Kamar Tidur Abu Abuksassets.timeincuk.net

Jika kamu kurang menyukai warna cat kamar tidur putih, kamu bisa memilih mengaplikasikan warna abu-abu muda pada ruangan kamar tidur yang sempit. Warna cat kamar tidur ini juga mampu memberikan kesan lembut dan menenangkan. Seperti warna cat kamar tidur putih dan kuning, abu-abu juga memantulkan cahaya di sekitar ruangan dan dapat memberikan kesan ruangan yang luas.

Jika ingin ruang kamar mungilmu terkesan bersih, pilih bukan furnitur yang bukan hanya kuat, tapi juga furnitur yang warnanya serasi. Pemilihan warna cat kamar tidur abu-abu akan memberikan kesan klasik sekaligus modern pada ruangan. Sebagai pelengkap, tambahkan dekor rumah berwarna cerah, ini akan mempertegas kesan luas di ruangan. Misalnya bedcover warna putih.

4. Kesan luas oceanic dengan warna cat kamar tidur biru

Warna Cat Kamar Tidur Oceanicpinterest.com

Warna cat kamar tidur ini mengingatkan pada lautan yang luas dan tidak terbatas. Warna cat kamar tidur dengan palet biru dapat memberikan kecerahan dan kesan luas ke dalam ruangan yang berukuran kecil.

Kamu juga bisa memadukan warna cat kamar tidur ini dengan warna putih atau kuning. Pilihlah furnitur dan hiasan dinding berwarna netral untuk membuat ruangan terasa luas tanpa membuatnya terlihat berlebihan. Selain dapat memberikan efek luas terhadap ruangan kecil, warna cat kamar tidur biru juga dapat menghadirkan suasana sejuk.

5. Warna cat kamar tidur krem hadirkan sensasi lapang

Warna Cat Kamar Tidur Krempinterest.com

Solusi lain untuk membuat kamar sempit terkesan lebih luas adalah dengan menggunakan warna cat kamar tidur krem. Warna cat kamar tidur ini dapat menghadirkan sensasi lapang dan hangat sekaligus. Kamu juga bisa menambahkan aneka dekorasi kamar, seperti karpet atau lukisan yang senada dengan warna cat kamar tidur krem agar tidak monoton dan membosakan.

Baca Juga: 5 Warna Cat Rumah Keren Ini Bisa Bikin Suasana Lebih Hidup!

Cara terbaik untuk menghadirkan dimensi pada dinding yang sempit adalah dengan menggunakan tekstur. Perpaduan antara krem alami dan dinding dengan finishing kayu akan membuat ruangan terasa luas, hangat dan membuat sang penghuni menjadi lebih nyaman dan betah. Jangan lupa untuk menggunakan kasur berkualitas, seperti kasur Alga supaya kamu pun merasa semakin nyaman.

6. Warna cat kamar tidur turquoise untuk visual yang menawan

Warna Cat Kamar Tidur Turquoiseidolza.com

Aksen dinding merujuk pada teknik pewarnaan satu atau dua dinding dengan warna yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menciptakan separasi visual atau titik yang menarik perhatian. Teknik ini bisa diterapkan pada ruangan sempit untuk menghadirkan ilusi luas di ruangan tersebut.

Warna cat kamar tidur turquoise atau juga biasa disebut dengan biru hijau ini sangat cocok untuk ruangan kecil agar terlihat lebih besar. Sama halnya dengan warna cat kamar tidur lainnya, warna cat kamar tidur biru hijau ini juga dapat memberikan suasana yang sejuk dan segar. Apalagi jika ditambah dengan kasur yang empuk, seperti kasur Dunlopillo, tidurmu pasti jadi lebih nyenyak!

7. Hijau lemon sebagai pilihan warna cat kamar tidur

Warna Cat Kamar Tidur Hijau Lemonpinterest.com

Jika kamu tinggal di daerah bersuhu hangat dan ruangan yang dipenuhi cahaya alami, gunakan warna cat kamar tidur hijau lemon sebagai sentuhan tropis. Walaupun jarang digunakan untuk warna cat kamar tidur, warna hijau lemon ini juga dapat membuat kamar tidur yang sempit menjadi terasa lebih besar. Warna hijau lemon juga dapat memantulkan cahaya dari matahari atau sinar lampu dengan baik sehingga akan memberikan efek ruangan kamar yang lebih terbuka.

Apabila terasa terlalu dominan, kamu bisa mengombinasikan warna hijau lemon dengan warna lain sebagai penetral seperti warna putih. Kreasikan peletakkan warna tersebut, seperti pada dinding, sprei, kursi lesehan, dan area meja kerja atau belajar.

8. Menggunakan warna cat kamar tidur pastel

Warna Cat Rumah Tidur Pastelhohonie.pl

Kamu juga bisa menggunakan warna cat kamar tidur pastel. Warna-warna pastel sendiri tercipta dari campuran warna primer atau sekunder yang dicampur dengan warna putih sehingga menghasilkan warna yang lebih muda dan lembut. Warna cat kamar tidur pastel juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada kamar anak.

Warna cat kamar tidur yang satu ini selalu berhasil menarik perhatian dan memberikan kesan luas bagi ruangan sempit. Warna cat kamar tidur pastel akan memberikan keceriaan, membuat tidak mudah bosan, dan mampu menghilangkan stres.

Menggunakan dekorasi yang sama dengan warna cat kamar tidur adalah trik cerdas untuk menimbulkan efek ruang yang lebih luas. Tak hanya dekorasi saja, pastikan juga warna sprei yang digunakan senada dengan warna cat kamar tidur, ya! Kalau kamu bingung mencari sprei yang cocok, Dekoruma jual King Rabbit, merek sprei ternama dengan beragam warna dan motif.

9. Warna cat kamar tidur merah anggur

Warna Cat Kamar Tidur Merahaofwe.com

Jika dibandingkan dengan warna cat kamar tidur lainnya, warna merah anggur ini memang terkesan lebih gelap. Namun, warna cat kamar tidur ini bisa menjadikan ruangan yang  sempit terkesan lebih luas. Warna cat kamar tidur merah anggur ini cocok untuk kamu aplikasikan di kamar tidur yang sempit.

Baca Juga: Baru Punya Rumah, Baiknya Pakai Warna Cat Rumah Apa?

Coba padukan dengan warna lain, seperti warna putih atau dengan warna-warna pastel lainnya. Kamu juga bisa memadukan warna cat kamar tidur ini dengan warna abu-abu sehingga menciptakan kesan luas dan elegan sekaligus.

Tambahkan poster kanvas, tirai dan gorden berwarna kalem juga dapat memberikan kesan elegan pada ruang tidurmu. Usahakan untuk mengecat plafon dengan warna lebih cerah dari warna cat kamar tidur. Ini juga dapat menyiasati ruangan sempit sehingga plafon tampak lebih tinggi dan ruangan akan terasa lebih luas.

Nah, sekarang kamu tahu kan triknya memiliki kamar yang terkesan luas? Semua bergantung pada warna cat kamar tidur dan juga tatanan interiormu. Masih bingung bagaimana cara menata  interior? Tim desain interior Dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Kamu bisa langsung e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Selain itu, kamu bisa menemukan aneka ragam kasur, mulai dari ukuran hingga material yang digunakan. Dekoruma jual kasur Comforta, King Koil, Airland, dan juga kasur Serta. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung ke Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse