12 Desain Atap Rumah dan Gedung Paling Kreatif di Dunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Atap rumah adalah bagian dari eksterior rumah yang sangat penting fungsinya. Selain sebagai penutup paling atas dari sebuah bangunan, atap rumah juga harus kokoh dan tahan terhadap cuaca. Oleh karena itu, fungsi dari atap rumah  memang tidak boleh disepelekan dan harus diperhatikan dengan seksama.

Selain sebagai proteksi paling luar, atap rumah juga bisa menjadi bagian paling menarik dari sebuah bangunan, terutama jika menggunakan desain yang atraktif. Namun, sering sekali atap rumah perumahan masyarakat modern rata- rata terlihat sama dan monoton. Hal ini lumrah karena atap rumah memang cenderung bergaya kaku tanpa banyak polesan. Alhasil, penampilan rumah biasanya akan terlihat sama, seragam dan tidak punya karakteristik tertentu.

Nah, pada inspirasi atap rumah berikut ini, Kania akan memperlihatkan beberapa desain atap rumah yang dramatis dan artistik. Atap-atap rumah ini punya karakteristik yang unik dan memiliki nilai- nilai seni yang memukau. Kania juga yakin, kamu bakalan terinspirasi dengan atap rumah berikut ini.

Desain Atap Heydar Aliyev Centre, Baku

Atap Rumah Heydar Aliyev Centrehuftonandcrow.com

Bangunan yang indah ini dibangun oleh arsitek Zaha Hadid dan adalah salah satu pusat kegiatan kebudayaan sekaligus tempat berkunjung turis saat berada di Baku, Azerbaijan. Bangunan ini dirancang sebagai simbol optimisme sebuah negara akan masa depan yang cerah.

Atap Rumah Heydar Aliyev Centreheydaraliyevcenter.az

Atapnya terlihat seperti kurva yang menjulang tinggi rendah dan dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas di dalamnya, seperti aula musik, auditorium, perpustakaan hingga area bermain untuk anak-anak dan pengunjungnya.

Shoffice, London – Inggris

Atap Rumah Shofficedesignboom.com

Kantor ini menggunakan kombinasi antara konsep umum yaitu atap rumah dan atap kantor. Hasilnya yang luar biasa ini merupakan karya grup arsitek Platform 5 yang ingin menghadirkan atap rumah dengan sinar alami matahari dengan struktur elegan yang unik.

Atap Rumah Shofficeplatform5architects.com

 

Cloud House alias Rumah Awan, Melbourne – Australia

Atap Rumah Cloud House
timberawards.com.au

Bagi grup arsitek McBride Charles Ryan, memiliki atap rumah dengan berbentuk awan adalah sebuah hal yang positif. Rumah yang berlokasi di Melbourne Australia ini membuat siapapun ingin mengunjunginya karena terlihat indah, bersahabat dan lucu. Bukan cuma bentuk atap rumah ini saja yang seperti awan, tapi seluruh bangunan rumahnya juga jadi punya gelombang asyik yang tidak bikin bosan.

 

Casey Key Guest House, Florida – Amerika Serikat

Penasaran bagaimana rasanya tinggal di bawah atap rumah yang unik ini? Penginapan yang berada di Florida ini memberikan kesan nostalgik bagi tamu yang ingin tidur di dalam sebuah rumah unik sambil tetap bisa menikmati panorama sekeliling yang hijau dan asri. Menarik banget!

Atap Rumah Casey House

Baca Juga: Penasaran Rasanya Tinggal di Pohon? Lihat 10 Desain Rumah Pohon Ini!

The Floating House, Portland – Oregon

Atap Rumah Floating Housecdnassets.hw.net

Bagi Robert Harvey Oshatz, pemilik rumah ini, atap rumah ini cuma salah satu bagian yang menarik dari keseluruhan rumahnya. Dengan konsep organik, hijau dan eco-friendly, dia ingin memiliki sebuah kediaman yang menarik baik dari luar maupun dalam. Selain atap rumah yang unik, interior rumah ini juga dipenuhi dengan arsitektur yang intim, tenang dan pastinya serba cantik.

Halo – Bangunan Solar Decathlon, Swedia

Atap Rumah Solar Decathlonmedia.rooang.com

Dengan bentuk atap rumah yang unik, bangunan Decathlon ini bukan saja menarik tetapi juga hemat energi. Jadi, kamu bisa menggunakan pencahayaan lampu yang hemat. Bangunan yang diberi nama Halo ini menggunakan konsep tenaga solar yang memang kian populer belakangan ini. Dengan teknologi photovoltaic dan bahan bangunan khusus, hasil rancangan murid- murid Swedia ini mengutamakan kesinambungan dengan alam yang apik.

The Arc House, East Hampton – Amerika Serikat

Atap Rumah The Arc Housestatic1.squarespace.com

Didesain oleh arsitek ternama Maziar Behrooz, The Arc House adalah kediaman oleh sepasang suami istri dan 2 ekor anjing mereka. Atap rumah yang unik ini adalah penutup dari sebuah rumah yang dipenuhi dengan berbagai fitur yang menarik. Atap rumah ini juga menggunakan panel solar, jendela thermal dan insulasi. Jadi, berkat atap rumah ini, mereka bisa punya rumah hemat energi yang juga bikin orang jadi pangling.

Baca Juga: 10 Rumah Unik di Dunia yang Pasti Bikin Kamu Kagum!

Shell Residence, Nagano – Jepang

Atap Rumah Shell House
designerdreamhomes.ru

Penasaran bagaimana rasanya tinggal di dalam sebuah rumah beratap keong? Pastinya hasil desain bangunan dengan atap rumah unik dari arsitek Jepang ini sangat nyaman dan cantik. Kotaro Idea dari Artechic mendirikan bangunan dengan atap rumah spiral ini di tengah hutan Karuizava di Jepang. Konsep keseluruhan bangunan dengan atap rumah artistik ini juga menyatu dengan alam sekeliling secara penuh harmoni.

Kabin Le Nuage (Awan)

Atap Rumah Kabin Le Nuagedesignerdreamhomes.ru

Kabin dengan atap rumah berbentuk awan ini adalah hasil desain grup arsitek Zebra3. Dengan konsep berpindah-pindah, kabin ini bisa kalian bawa untuk berpetualangan dengan kapasitas hingga 7 orang. Jendela berbentuk miring menjadi sumber cahaya yang cukup dan atap rumah yang unik pasti akan menarik perhatian siapa saja kemana mobil kabin ini berada.

The Dune House, Bergen – Belanda

Atap Rumah Dune Housewernick.eu.com

Bangunan dengan atap rumah runcing ini dinamakan The Dune House dan berlokasi di Belanda bagian Utara. Bangunan vertikal ini terdiri dari 3 tingkat dan terlihat menyatu sempurna dengan kondisi alam di sekitar. Interior yang diusung juga romantis dan sangat intim, membuat pemilik bangunan dengan atap rumah unik ini pasti semakin betah dan nyaman.

Nautilus Studio, Amerika Serikat

Atap Rumah Nautilus
cdn.homedsgn.com

Butuh tempat kerja yang menginspirasi dengan ide-ide super kreatif? Salah satu klien arsitek Calico Studio butuh kantor dan workshop yang bisa memberikannya ide-ide brillian, sekaligus dekat dengan keluarga dan anak-anaknya. Maka lahirlah studio dengan bentuk atap rumah yang apik ini. Bangunan dengan atap rumah lucu ini memberikan fungsi yang efektif sekaligus menjadikan ruang untuk aktivitas keluarga yang memadai.

Lolomi Residence, Arizona – Amerika Serikat

Atap Rumah Lolomicdn.trendir.com

Didesain oleh grup arsitek AA Studio, kediaman dengan atap rumah melengkung ini berlokasi di Sedona, Arizona, Amerika Serikat. Dengan total 3 tempat tidur dengan kasur empuk, kolam renang dan teras yang luas, bangunan ini didominasi dengan atap rumah dari kayu untuk efek elegan dari setiap incinya. Dijamin, jika siapapun yang melihat atau memiliki kesempatan untuk tinggal di istana dengan bentuk atap mewah ini pasti akan merasakan kenyamanan bak hotel berbintang lima yang ekslusif.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Minimalis Modern Terunik ala Rumah Vertikal

Nah sobat Kania, jika kalian ingin membangun rumah atau ingin merombak desain rumah secara total, jangan lupa untuk bereksperimen dengan inspirasi-inspirasi atap rumah. Bingung menata interiornya? Tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse