6 Hal ini Bisa Bikin Sofa Kulit Cepat Rusak, Sudah Tahu Belum?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sofa kulit adalah salah satu barang yang mewah sekaligus agak sulit dalam merawatnya. Seperti yang kita tahu, kulit adalah bahan yang membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kualitasnya tetap oke. Namun, jika kamu mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap sofa kulit yang kamu miliki, tentu tidak akan sulit lagi bagi dirimu dalam menjaga sofa kulit kesayanganmu tersebut!

Nah, Kania punya tips dan triknya nih dalam merawat dan mengelola sofa kulit yang ada di rumahmu agar tidak cepat rusak. Jika kamu belum mengetahuinya, berikut enam hal yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur sofa kulit kepunyaanmu!

Menjaga Sofa Kulit dari Panas dan Sinar Matahari

sofa set abu-abu di taman belakang rumahpinterest.com

Secara alami, panas akan mengakibatkan bahan kulit menjadi mengering dan mengkerut, apalagi sofa kulit. Maka dari itu, letakkan di tempat-tempat yang jauh dari daerah dengan tingkat panas yang tinggi seperti perapian atau jendela yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Cara menguji apakah sofa kulit sudah diletakkan di tempat yang tepat adalah dengan meletakkan tanganmu pada permukaan sofa. Jika sofa kulit menjadi panas, maka sofa tersebut harus dipindahkan ke posisi lain yang tidak terkena panas. Jika permukaan sofa hangat saat disentuh, kamu perlu menjaga kelembaban kulit sofa tersebut dengan menggunakan leather protector untuk sofa kulit. Selalu cek kadar kelembapan sofa kulit yang kamu miliki, ya!

Membersihkan sofa kulit dengan detergen

seorang pria membersihkan sofa menggunakan alat cuciforaclean.ru

Adalah kesalahan besar jika kamu mencoba membersihkan sofa kulitmu dengan detergen pembersih yang mengandung bahan kimia tidak baik seperti silikon, minyak, lilin, dan buih sabun yang tentunya sangat tidak baik untuk sofa kulit yang kamu miliki. Bukannya semakin bersih, sofa kulit kesayanganmu malah akan semakin menurun kualitasnya.

Gunakan vacuum untuk menghisap debu-debu yang menempel di sofa kulit kamu. Menghisap debu secara berkala akan menjaga kecerahan sofa kulit yang kamu miliki dan memperpanjang umur sofa kulit tersebut. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sofa kulit yang kamu miliki adalah dengan melapisi sofa kulitmu sehingga tidak perlu terlalu sering dibersihkan langsung ke kulitnya.

Mengelap noda pada sofa kulit

sebuah sofa kulit coklat sedang dilapdoctorleatherph.com

Sebuah cara penanggulangan yang salah dan sayangnya sering dilakukan oleh orang banyak yakni membersihkan noda membandel dengan cara mengelapnya dengan kain seperti kain lap atau kanebo. Bukannya bersih, noda pada sofa kulit malah akan menyebar ke permukaan kulit lainnya, lho!

Cara menanggulangi noda-noda pada sofa kulit adalah dengan menggunakan kertas penghisap atau jenis kain yang bisa menyerap, sehingga kotoran tersebut akan terserap ke bahan atau kain yang digunakan dan tidak menyebar ke permukaan kulit yang lainnya. Mudah, bukan?

Mewarnai sofa kulit dengan cat atau tinta

sofa tiga dudukan warna hijau ala vintagepinterest.com

Mungkin kamu terlalu sering untuk mengkreasikan ruangan dengan mengubah warna sofa kulit yang kamu miliki dengan warna lain menggunakan pewarna semacam cat atau tinta. Padahal, hal ini sudah jelas akan membuat kulit sofa menjadi rusak. Cat yang menempel di kulit sofa akan menempel dan menyerap secara perlahan pada kulit dan meninggalkan noda-noda tidak terlihat.

Untuk memberi variasi pada sofa kulit, kamu bisa mengunakan alternatif sarung bantal sofa dan cushion berbagai warna. Selain menghindari sofa dari noda, kamu juga tidak perlu repot-repot mengecat sofa kulit berhargamu, kan?

Meletakkan benda tajam pada sofa kulit

kulit sofa yang sudah mulai rusakhomearena.co.uk

Seperti halnya kulit manusia, kulit sofa juga akan tersobek jika terkena goresan benda tajam. Goresan-goresan yang tertinggal di sofa kulit tidak akan bisa hilang begitu saja.

Hal yang bisa dilakukan untuk ini adalah jangan menaruh sofa kulit di dekat tempat benda tajam seperti dapur dan ruang makan. Sekalipun di ruang tamu, kamu harus menggunakan sarung tambahan di pinggiran sofa untuk menyimpan benda tajam yang sering kamu pakai seperti alat jahit atau gunting kuku.

Membersihkan noda pada sofa kulit dengan air

permukaan dudukan sofa dibersihkan dengan lap kuningdrchemdry.com

Gunakan kain atau bahan yang bisa menghisap kotoran atau noda yang menempel di sofa. Setelah itu, sisa noda yang masih menempel bisa kamu tekan-tekan dengan tisu atau bahan lain yang menyerap. Jika masih ada sisa, kamu bisa menghisapnya dengan vacuum.

Tentu kamu tidak mau kan jika sofa kulit yang sudah kamu beli malah rusak hanya karena salah dalam cara merawatnya, bukan? Maka dari itu, mulai perhatikan sofa kulit kepunyaanmu secara lebih seksama mulai dari perawatan hingga cara memperlakukannya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse