8 Desain Rumah 2 Lantai Mungil ini Buat Keluarga Betah di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lahan yang sempit sering dianggap momok saat hendak mewujudkan hunian idaman. Namun, keterbatasan lahan membuat harga tanah melambung sehingga sulit rasanya memiliki lahan yang cukup untuk membangun rumah impianmu.  Terkadang kamu terpaksa untuk menata lahan terbatas ini secerdas mungkin agar mampu memenuhi kebutuhan keluarga. Kebanyakan orang memilih rumah 2 lantai mungil sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan hunian impian.

Tapi, bukan berarti kamu bisa menghadirkan rumah 2 lantai mungil begitu saja. Desain rumah 2 lantai harus diperhatikan karena banyak rumah 2 lantai mungil di lahan yang terbatas bisa hadir tidak hanya dengan rancangan yang menarik  dan fungsional, serta nyaman untuk keluarga.

Yuk, simak dan temukan inspirasi rumah 2 lantai mungil idaman untuk keluargamu.

Rumah 2 Lantai Mungil  dengan Bata Hitam

rumah 2 lantai mungil
 contemporist.com

Mungil bukan berarti nggak bisa tampil menonjol. Rumah 2 lantai mungil yang berada di Inggris contohnya. Meski dihimpit bangunan lain, rumah 2 lantai mungil satu ini tetap bisa mencuri perhatian lewat tampilannya yang kontras, yaitu full hitam. Meski terlihat polos hitam, rumah 2 lantai mungil ini sebenarnya memiliki tekstur bata yang membuatnya tidak terkesan monoton. Warna hitam juga membuat rumah mungil 2 lantai tetap terlihat elegan meski berdiri pada lahan yang sempit.

Untuk bagian interior, warna hitam mungkin menjadi momok menakutkan untuk rumah 2 lantai mungil karena dapat memberikan kesan gelap dan sempit. Namun, kamu tak perlu mengkhawatirkan permasalahan ini jika kamu mengaplikasikannya pada eksterior.

Rumah 2 Lantai Mungil  Minimalis Terbuka

Rumah 2 lantai Mungil Terbukapinkna.com

Ketika berbicara mengenai rumah 2 lantai mungil, tentu tantangan terbesarnya adalah membuat ruang-ruang mungil yang terdapat di dalam rumah 2 lantai mungil terasa lebih luas dan lega.  Selain dengan meminimalisir sekat di dalam rumah 2 lantai mungil, untuk membuat ruangan sempit terasa luas kamu bisa memaksimalkan bukaan sehingga ruangan menyatu dengan halaman.

Baca Juga: 9 Cara Jadikan Hunianmu sebagai Rumah Sehat untuk Keluarga

Memaksimalkan interaksi rumah mungilmu dengan lingkungan luar melalui bukaan tak hanya akan memberikan efek luas yang tentu dibutukan rumah 2 lantai mungil, tapi juga membuat sirkulasi udara dan cahaya menjadi jauh lebih baik. Hal ini akan memastikan suasana rumah 2 lantai mungil nyaman untuk aktivitasmu dan keluarga.

Rumah 2 Lantai Mungil  Minimalis All-White

RRumah 2 lantai Mungil Putihclipgoo.com

Jika sebelumnya rumah 2 lantai mungil dibuat menonjol lewat warna gelap, kamu juga bisa menggunakan warna lainnya seperti putih. Tidak hanya dengan warna putih saja, bentuknya yang sangat sederhana, yaitu kotak tanpa detail membuat rumah 2 lantai mungil ini tampil menarik dan estetis dibalik kesederhanaannya.

Menghadirkan warna putih dominan akan memberikan kesan formal, rapi, dan juga bersih pada rumah. Rumah 2 lantai mungil yang kamu miliki juga jadi sangat mudah didekorasi, karena dekorasi apapun akan menonjol dengan warna putih

Rumah 2 Lantai Mungil dengan Taman Melayang

Rumah 2 lantai Mungil Tamanotthonokeskertek.hu

Lahan sempit bukan berarti kamu harus mengorbankan taman. Dengan rancangan yang baik, kamu bisa kok tetap menghadirkan taman untuk rumah 2 lantai mungilmu seperti inspirasi rumah 2 lantai mungil satu ini. Jika menghadirkan taman di halaman depan atau belakang tidak memungkinkan, kamu bisa menghadirkan taman pada lantai atas rumah 2 lantai yang kamu miliki.

Baca Juga: 10 Model Taman Rumah Keren Untuk Lahan Sempit

Taman pada rumah 2 lantai mungil tidak hanya akan menambah elemen untuk menunjang estetika dari rumah, tapi juga membantu mengatur kelembapan dan juga sirkulasi udara sehingga kualitas udara dalam rumah 2 lantai mungil yang kamu miliki jadi semakin nyaman.

Container yang disulap menjadi Rumah Mungil 2 Lantai

Rumah 2 Lantai Mungil Containerurcities.com

Meski mungil, bukan berarti rumah 2 lantai mungilmu harus selalu minimalis dan membatasi ruang ekspresimu. Seperti rumah 2 lantai mungil karya Arsitek Indonesia, Atelier Riri berikut. Penggunaan kontainer sebagai bagian dari rumah tidak hanya memperkuat gaya industrial kontemporer pada rumah 2 lantai mungil ini, tapi juga menjadi elemen yang membuatnya tampil lebih menonjol dan menarik dibanding lingkungan sekitarnya.

Selain kontainer, kamu juga bisa mengekspos material metal lain untuk memperkuat kesan industrial pada rumah 2 lantai mungil yang kamu miliki. Berikan juga warna-warna yang ekspresif lewat dekor sesuai sehingga rumah 2 lantai mungil tetap terlihan catchy meski berdiri di atas lahan yang terbatas.

Rumah Mungil 2 Lantai Minimalis

Rumah 2 Lantai Mungilpinterest.com

Cara paling mudah dalam mensiasati hunian mungil adalah menggunakan gaya minimalis. Aplikasikan bentuk-bentuk simetris sederhana dan repetitif. Dengan begitu, rumah 2 lantai mungil akan tampak menarik meski bergaya minimalis. Tak hanya bentuk, pemilihan warna juga perlu kamu perhatikan pada saat menentukan eksterior rumah mungil. Minimalisir penggunaan terlalu banyak warna kontras. Gunakan warna-warna dalam tone yang senada sehingga rumah memiliki kesan yang sederhana namun tetap menarik.

Menghilangkan detail untuk memberikan kesan luas juga berlaku dalam penataan interior rumah mungil 2 lantai minimalis yang kamu miliki.  Ketika kamu bertemu dengan masalah lahan terbatas, minimalis akan selalu jadi pilihan paling mudah dan aman untuk menyelesaikannya.

Ekspos Material Rumah Mungil 2 Lantaimu

rumah 2 lantai mungil
Stylehousephoto.com

Jika kamu ingin rumah 2 lantai mungil bergaya industrial tapi tidak ingin tampilan terlalu eksentrik seperti rumah 2 lantai mungil yang menggunakan kontainer sebelumnya, maka rumah 2 lantai mungil bergaya industrial satu ini bisa jadi pilihan untuk kamu dan keluarga.

Baca Juga: 10 Desain Ini Bisa Buat Rumah Sederhana Jadi Menawan

Untuk memberikan kesan industrial namun tidak berlebih, kamu cukup mengekspos material eksterior rumah 2 lantai mungil. Mulai dari kayu hingga material besi bisa kamu ekspos tanpa perlu takut tampilan rumah 2 lantai mungil kamu terlihat eksentrik. Gunakan juga bentuk-bentuk sederhana seperti kotak yang simetrik akan membantu rumah 2 lantai mungil tetap tampil sederhana dibalik gaya industrialnya yang keras.

Rumah Mungil 2 Lantai Bergaya Natural Tropis

Rumah 2 lantai Mungil Naturalclipgoo.com

Untuk kamu yang tinggal di Indonesia, rumah 2 lantai mungil bergaya tropis dan natural seperti rumah 2 lantai mungil yang terakhir ini bisa juga jadi pilihan altenatif untuk hunian idaman bersama keluarga. Pengaplikasian kisi-kisi kayu dan juga warna-warna earthy tone adalah cara mudah untuk menghadirkan kesan dan atmosfer tropis pada rumah 2 lantai mungil milikmu.

Namun, rumah 2 lantai mungil tak hanya berkutat seputar tampak saja. Untuk mewujudkan konsep tropis, kamu juga perlu menata ventilasi udara yang cocok untuk hunian beriklim tropis dengan konsep cross ventilation. Hal ini akan membantu perputaran udara sehingga ruangan di dalam rumah 2 lantai mungil tetap berada pada level kelembaban dan temperatur yang nyaman untukmu dan keluarga.

Rumah 2 Lantai Mungilpinterest.com

Bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan rumah 2 lantai mungil seperti apa yang kira-kira cocok dengan ukuran lahan dan juga kebutuhan keluarga kecilmu?

Jangan lupa lengkapi rumah 2 lantai mungil milikmu dengan furnitur dan dekorasi berkualitas dari Dekoruma, ya! Selain furnitur, kamu juga bisa menemukan aneka kasur untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur The Luxe, Airland, Comforta, dan merek kasur terkenal lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

Oh iya, kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma juga siap membantu! Bukan cuma desain interior saja, Dekoruma juga siap menangani masalah design and build kitchen set kamu. Nggak berhenti sampai di situ, kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse