Tak Sempat Sarapan Pagi? Cobain 10 Resep Pancake Praktis Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setiap harinya kita memulai pagi hari dengan berbagai kegiatan. Ada yang terbangun di jam yang acak dan terkadang kesiangan. Ada juga yang sudah terbiasa dengan rutinitas pagi hari dan dapat secara otomatis terbangun di jam tertentu.

Terlepas dari kebiasaanmu di pagi hari, apakah kamu termasuk orang yang terbiasa menyantap makan pagi?

Kalau jawabanmu adalah tidak, maka Kania sangat menyarankan kamu untuk mulai melakukannya. Kenapa?

Sepiring pancake dengan berry di meja makanshutterstock.com

Hal tersebut karena sebenarnya sarapan pagi adalah waktu makan yang paling penting setiap harinya. Setelah kamu tidur semalaman dan perutmu ‘berpuasa’, sarapan dapat membantu mengisi kembali kebutuhan energi yang telah hilang semalaman.

Selain itu, sarapan juga menyuplai nutrisi yang sangat penting untuk pola makan sehat. Dengan menyantap sarapan pagi  juga kamu bisa lebih berkonsentrasi dan fokus melakukan kegiatanmu dan menyelesaikan pekerjaanmu di hari itu.

92-e1468942712621.jpgbluebirdblog.com

Masalahnya mungkin banyak dari kalian yang tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan atau tidak punya keahlian memasak. Kalau kamu mengalami masalah tersebut, mungkin kamu bisa membeli dan memakan sarapan di jalan.

Alternatif lainnya, kamu bisa menyiapkan dari hari sebelumnya dan kemudian dipanaskan di pagi hari. Nah, tapi di sini Kania punya ide yang brilian untuk teman-teman, yaitu memasak sarapan yang super simpel dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Apakah itu?

Yay, pancake atau disebut juga panekuk adalah jenis makanan yang sangat mudah dimasak. Selain itu, kamu juga berkreasi dan membuat berbagai bentuk dan rasa pancake. Ini dia nih 10 variasi pancake yang bisa bikin pagi hari kamu lebih ceria.

1. Pancake Original

Pancake denga butter dan jus jerukshutterstock.com

Sebenarnya, ada berbagai jenis alternatif untuk membuat pancake. Mulai dari pancake yang bebas gluten, berbahan dasar pisang, tidak menggunakan telur dan sebagainya. Namun di sini Kania akan berbagi resep pancake yang dasar. Kamu bisa mengganti bahan-bahannya sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan kamu. Berikut ini resepnya:Bahan:

  • 125 gr tepung serbaguna
  • 2 sdm gula
  • ½ sdm garam
  • 2½ sdm bubuk pengembang (baking powder)
  • 300 ml susu
  • 3 sdm mentega atau margarin
  • 1 butir telur ukuran besar
  • Minyak sayur untuk memasak

Membuat pancakeshutterstock.com

Cara memasak:

  1. Masukkan tepung, gula, garam dan bubuk pengembang ke dalam satu mangkuk besar lalu aduk sampai rata. Setelah itu tambahkan susu, mentega dan telur lalu kocok sampai semua bahan tercampur dengan rata menjadi adonan.
  2. Panaskan panci dengan tingkat panas sedang kemudian tuangkan sedikit minyak sayur untuk memasak. Tuangkan 1 centong adoanan ke atas panci. Masak sampai bagian atas mengeluarkan gelembung dan pinggirannya mulai kering. Setelah itu, balik adonan tersebut dengan menggunakan spatula kue dan masak hingga kedua sisi berwarna kecoklatan.
  3. Ulangi sampai adonan tersebut habis. Jangan lupa tambahkan minyak sayur apabila panci kamu mulai lengket.

Setelah kamu mengetahui resep dasar pancake, saatnya kita mengeksplorasi berbagai bentuk dan rasa pancake yang tidak kalah menggiurkan.

2. Pancake Red Velvet

red-velvet-pancakes-edit3-srgb.jpgpinterest.com

Hal pertama yang bisa kamu tambahkan di pancake adalah rasa dan warna. Contohnya di sini ada pancake red velvet yang sangat menggugah selera dengan warna merahnya yang vibrant.

Kamu bisa membuat pancake seperti ini dengan menambahkan pewarna makanan warna merah ke dalam adonan dan juga ekstrak vanila sebagai rasa tambahan. Supaya semakin terasa seperti red velvet, kamu bisa menambahkan lapisan cream cheese di tiap lapisannya ataupun disiramkan sebagai saus.

3. Pancake Isi Selai

Nutella-Stuffed-Pancakes_680px_1.jpgrecipetineats.com

Pancake ini sepertinya terinspirasi dari kombinasi roti dan dorayaki. Bedanya kalau dorayaki biasanya dimasak dahulu baru disusun dengan mengoleskan selai di bagian tengahnya. Nah, kalau pancake isi ini justru dimasak bersama dengan isiannya.

Caranya adalah dengan mengoleskan selai saat pancake-nya masih setengah matang lalu dituangkan lagi dengan adonan lain untuk menutupi isian tersebut. Setelah itu kamu tinggal lanjut memasak sisi sebaliknya sampai matang sempurna.

Ada baiknya sebelum dimasak kamu membekukan selai yang sudah dibentuk lingkaran supaya memudahkan kamu ketika memasaknya. Selain itu, kamu bisa menggunakan berbagai jenis selai loh, tidak harus Nutella tapi juga bisa selai buah-buahan, selai kacang, dan sebagainya.

4. Pancake Gurih

Chive-Ham-and-Cheese-Pancakes-5.jpgthegraciouswife.com

Siapa bilang pancake harus manis? Kalau kamu bukan penggemar makanan manis, kamu juga bisa loh menikmati pancake dengan rasa asin dan gurih. Kamu bisa memasukkan potongan daun bawang ke dalam adonan kamu dan mengurangi gulanya jika mau.

Setelah itu, kamu bisa menyusun pancake tersebut seperti hamburger. Ambil satu buah pancake kemudian taruh daging ham, keju dan sayur. Kamu juga bisa menambahkan saus dan mayonaise kemudian tutup dengan satu pancake lagi.

5. Pancake Bites

Lemon-Blueberry-Pancake-Poppers1-683x1024.jpggatherforbread.com

Setelah asik berkreasi dengan rasa dan warna, kamu juga bisa berkreasi dengan bentuk dan ukuran. Kalau di sini metodenya sebenarnya mirip dengan pancake isi di nomor 3, namun ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih bulat seperti donat atau roti isi. Di sini resepnya menggunakan lemon dan bluberi yang cocok untuk kamu yang menyukai makanan yang mengandung rasa asam.

6. Pancake Isi Daging

Buffet-Pancake-Dippers-Lady-Behind-The-Curtain-4.jpgladybehindthecurtain.com

Ingin sarapan pagi yang lebih mengenyangkan? Kamu bisa menambahkan daging ke dalam pancake-mu! Kania sarankan menggunakan daging yang tipis seperti ham atau beef bacon supaya lebih cepat matang. Pertama-tama, masak dulu dagingnya di kedua sisi baru setelah itu kamu timpa daging tersebut dengan adonan pancake dan masak hingga matang.

7. Sate Pancake

7c6af70a-7906-4c00-8dbb-cc1ab667db4b.jpgtablespoon.com

Nah, kalau yang satu ini cocok sekali untuk disajikan saat sebuah acara. Kamu bisa menyajikan variasi makanan dalam satu tusukan. Ini artinya pancake yang kamu masak sebaiknya berukuran kecil supaya seimbang dengan potongan makanan lainnya. Kamu bisa menggunakan makanan manis seperti marshmallow juga berbagai buah-buahan seperti stroberi, pisang, kiwi, anggur, dan lain-lain.

8. Pancake Lolipop

pancake-pops-2.jpg

Pancake lolipop ini cocok sekali untuk kamu yang memilik anak terutama untuk bekal sekolah. Ukurannya yang kecil dan bentuknya yang lucu akan membuat anak-anak tertarik untuk memakannya. Kamu cukup membeli stik dari plastik yang biasanya dipakai untuk permen atau coklat. Setelah itu, kamu juga bisa menghias pancake tersebut dengan bentuk wajah atau gambar-gambar simpel.

9. Pancake Bowl

Sweet-Buttered-Polenta-Pancakes-with-Fresh-Summer-Berries.-16.jpg

Kalau pancake ini mungkin terinspirasi dari smoothie bowl yang saat ini sedang tren. Nah bedanya, buah-buahan ini bukan ditemani dengan smoothie tetapi dengan pancake mungil. Supaya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan sirup mapel atau madu supaya semua seluruh elemen di mangkuk tersebut bisa menyatu.

10. Pancake Hati

6845525225_4d588fd825_z.jpg

pinterest.com

Terakhir, pancake itu tidak harus berbentuk bulat loh! Kamu bisa membuat bentuk-bentuk yang unik misalnya bentuk hati seperti ini. Caranya mudah sekali, kamu cukup memasukkan adonan pancake ke dalam botol saus dengan begitu kamu bisa membuat berbagai bentuk dengan lebih mudah.

Bahan dan alat untuk membuat pancakeshutterstock.com

Itu dia berbagai cara menyajikan pancake untuk sarapan di pagi hari! Kamu bisa menyesuaikan resepnya dengan selera dan mood kamu. Dengan 10 resep ini, semoga pagi harimu bisa semakin ceria dan harimu semakin produktif, ya. Selamat mencoba!

Simak juga artikel menarik seputar home& living lainnya di Dekoruma! Selain artikel, ada juga aneka peralatan rumah tangga untuk kebutuhanmu sehari-hari. Dekoruma jual alat kebersihan, keranjang pakaian, kotak penyimpanan, setrika, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse