7 Ide Brilian Untuk Desain Kamar Tidur Sempit Yang Nyaman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamar tidur adalah tempat peristirahatan yang paling penting. Tapi, bagaimana kalau kamu punya desain kamar tidur sempit? Memikirkan area untuk storage, memaksimalkan fungsi ruangan hingga mencari inspirasi desain demi menciptakan kamar tidur idaman nggak mudah.

Desain Kamar Tidur Sempitcdn.freshome.com

Kania tahu persis apa dilema yang kalian hadapi saat harus berurusan dengan desain kamar tidur sempit. Banyak sekali kiat-kiat dan tips seputar desain kamar tidur sempit yang bisa kamu terapkan, mulai dari menciptakan storage di bagian bawah tempat tidur hingga memilih furniture serbaguna untuk solusi ruang yang tepat.

Masih banyak lagi cara untuk berhadapan dengan desain kamar tidur sempit yang akan Kania berikan, yuk baca sampai selesai!

 Memanfaatkan Area Langit-Langit Kamar untuk  Desain Kamar Tidur Sempit

Desain Kamar Tidur Sempit3dartistonline.com

Untuk desain kamar tidur sempit, tantangannya adalah menciptakan permukaan datar ekstra. Jadi saatnya kamu mulai berpikir kreatif dan melihat celah yang sering diabaikan. Ya! Mana lagi kalau bukan langit- langit ruangan kamar tidur kamu.

Menggantung dekor kamar tidur di bagian atas bukan saja membebaskan areal bawah hingga menjadi lebih luas, tetapi juga menarik perhatian dan perspektif untuk desain kamar tidur sempit yang lebih leluasa. Efek ini akan memberikan ilusi desain kamar tidur sempit yang lebih bervolume.

desain kamar tidur sempit
pinterest.com

Sebagai ganti lampu tidur yang ada di rak kecil di desain kamar tidur sempit, gunakan saja lampu gantung dari langit-langit ruangan. Ini akan menciptakan garis vertikal tegak lurus dan ruang kosong di bagian  bawah. Dengan demikian desain kamar tidur sempit akan terasa lebih ringan, luas dan bergaya.

Baca Juga: 15 Desain Plafon Minimalis untuk Rumah Kecil yang Bisa Kamu Tiru

Tip Desain Kamar Tidur Sempit #1:

Jangan takut untuk bereksperimen dengan lampu hias yang bergaya artistik. Semakin berani gaya lampu gantung yang kamu tempatkan di desain kamar tidur sempit, maka efek penerangan bahkan bisa membuat mewah. Kamu juga boleh bereksperimen dengan tirai dan gorden jendela, yaitu dengan cara menggantung tirai dari langit-langit dan bukan pada bingkai jendela.

Manfaatkan Dinding Ruangan

Desain Kamar Tidur Sempit Dekorasi Dindinghgtv.com

Selesai dengan langit-langit ruangan di desain kamar tidur sempit kamu, kita beralih ke permukaan lainnya, yaitu dinding.

Karena perabot berukuran besar seperti tempat tidur sudah mendominasi lantai ruangan, maka cara terbaik untuk menciptakan flow ruangan yang lebih leluasa adalah dengan menggantung dekorasi hiasan dinding. Aransemen ini akan menciptakan ilusi tema interior yang lebih luwes di dalam desain kamar tidur sempit milikmu.

Desain Kamar Tidur Sempit Penyimpanancdn1.decoracionsueca.com

Furnitur yang punya fungsi sebagai storage seperti laci kabinet atau meja kecil seperti side table lainnya juga bisa dipakai. Dengan demikian, maka akan tercipta area ekstra untuk disisipi dengan keranjang gaya hingga tempat sepatu.

Baca Juga: 8 Desain Kamar Tidur Sederhana Keren untuk Ruangan Sempit

Ada baiknya kalian juga menggunakan jasa instalasi profesional jika berniat untuk menggantung perabot berukuran sedang hingga besar ke dinding demi memastikan kondisi perabot yang berfungsi dengan baik dan aman di desain kamar tidur sempit tersebut.

Desain Kamar Tidur Sempit Furniturhgtvhome.sndimg.com
Tip Desain Kamar Tidur Sempit #2:
Jangan hanya berhenti mencari rak dinding khusus untuk tempat tidur. Di Dekoruma, banyak pilihan kabinet- kabinet penyimpanan keren yang didesain untuk ruang keluarga, tapi juga efektif jika digunakan di desain kamar tidur sempit milikmu.

Ekstra Fitur Untuk Dinding Tempat Tidur

Extra Fitur Desain Kamar Tidur Sempitcdn.freshome.com

Jadikan dinding bagian tempat tidur milikmu sebagai bintang utama di desain kamar tidur sempit kamu. Dengan demikian, kamu bisa punya desain kamar tidur sempit yang punya karakter dan juga menarik perhatian. Banyak cara untuk menciptakan dinding tempat tidur yang kreatif, contohnya memakai warna cat kamar tidur dengan warna-warni yang berbeda, menggunakan wallpaper dinding, serta menggunakan headboard tempat tidur yang indah. Tujuannya adalah menciptakan sebuah galeri kecil- kecilan di desain kamar tidur sempit kamu dengan gaya personal yang berbeda.

Desain Kamar Tidur Sempit Extra Fitur Headboardpinterest.com

Tip Desain Kamar Tidur Sempit #3:

Khusus untuk kamu yang memilih headboard untuk desain kamar tidur sempit milikmu, pilih elemen dekoratif yang tidak tipikal alias unik. Baik dari segi desain, bahan atau warna, pastikan kamu memilih sesuatu yang mencerminkan karaktermu. Tambahkan juga bantal-bantal dan guling empuk untuk membuat suasana desain kamar tidur sempit kamu semakin nyaman.

Lebih Fleksibel Dengan Cara Melipat

Desain Kamar Tidur Sempit Melipatwegoracing.com

Untuk menghemat areal lantai desain kamar tidur sempit kamu, terutama untuk furnitur tempat tidur yang biasanya paling mendominasi, gunakan saja furnitur yang bersifat fleksibel alias bisa dilipat.

Kamu juga boleh melirik perabot lipat lainnya seperti meja lipat untuk belajar atau meja rias. Ada juga storage kreatif lainnya yang bisa diselipkan dengan mudah setelah dilipat sehingga kamu bisa punya tempat- tempat tersembunyi yang brillian untuk barang-barangmu.

Baca Juga: Awas! Salah Pilih Bahan Sofa Bed Bikin Tidur Ga Nyenyak

Salah satu furnitur lipat untuk desain kamar tidur sempit adalah tempat tidur yang merangkap sebagai sofa atau disebut juga sofa bed. Dengan perabot ini, kamu bisa punya tempat untuk menyambut tamu dan tetap bisa terlihat gaya setiap saat.

Desain Kamar Tidur Sempit Sofabedpinterest.com

Tip Desain Kamar Tidur Sempit #4:

Tambahkan komponen dekoratif di permukaan furnitur lipat yang kamu miliki, baik dengan teknik DIY seperti dicat atau menggantung dekorasi yang praktis untuk penampilan desain kamar tidur sempit yang semakin menarik.

Teliti Fungsi Pintu Kamar Tidur

Desain Kamar Tidur Sempit Pintupinterest.com

Ukuran dan fungsi pintu untuk desain kamar tidur sempit yang maksimal harus diperhatikan dengan seksama. Arah buka dan tutup pintu juga sangat menentukan ruang sisa yang ada di desain kamar tidur sempit kamu. Tidak jarang pintu membuka ke bagian dalam kamar tidur sehingga menyita ruang sisa yang ada dan membuat kegiatan lalu lalang yang tidak praktis.

Jika ini adalah kendala yang kamu temui di desain kamar tidur sempit milikmu, maka pertimbangkan untuk mengganti pintu tradisional dengan pintu geser atau lipat yang gaya. Biasanya pintu-pintu praktis ini lebih efsien dalam menghemat ruang dan tetap efektif untuk melindungi ruangan tempat tidur.

desain kamar tidur sempit
pinterest.com

Fungsi pintu di desain tempat tidur sempit juga bisa diperkaya dengan menggunakan materi yang berbeda seperti kaca transparan. Dengan adanya efek reflektif di bagian pintu, maka ruangan akan terasa lebih lenggang dan tidak begitu sempit lagi.

Tip Desain Kamar Tidur Sempit #5:

Kamu tetap bisa punya pintu gaya di desain kamar tidur sempit tersebut dengan memilih pegangan atau handle pintu yang dekoratif dan lain daripada yang lain. Untuk tema yang seragam di seluruh keseluruhan desain kamar tidur sempit tersebut, pilih pegangan pintu yang sama dengan pegangan laci lemari.

Sentuhan Cermin Yang Brilian

Desain Kamar Tidur Sempit Cerminarchitecturebeast.com

Untuk desain kamar tidur sempit, cermin adalah penolong interior yang paling efektif. Cermin berukuran sedang hingga besar bisa ditempatkan hampir di mana saja dan tetap terlihat elegan dan gaya. Cermin bukan saja membuat ruangan tampak dua kali lebih besar, tetapi juga akan merefleksikan pantulan cahaya.

desain kamar tidur sempit
airmax-2014.us

Tip Desain Kamar Tidur Sempit #6:

Menggunakan beberapa buah cermin sekaligus dengan gaya artistik juga bisa kamu terapkan di desain kamar tidur sempit tersebut. Galeri cermin ini bisa muncul dalam berbagai bentuk, ukuran dan tema untuk menciptakan fitur dinding yang lenggang.

Pilih Desain Berani Yang Khas

Desain Kamar Tidur Sempit Khashgtvhome.sndimg.com

Untuk desain kamar tidur kecil yang penuh karakter, usahakan untuk memilih tema yang condong kepada gaya-gaya interior yang lain, unik, dan berbeda. Pilih gaya berani yang mencerminkan seleramu dan sekaligus mengalihkan perhatian atas ukuran kamar kecil yang sempit.  Mulailah berkesprimen dengan warna dinding, warna sprei hingga wallpaper dinding yang tidak lazim. Detil-detil unik pada furnitur juga akan sangat membantu untuk menghidupkan desain kamar tidur sempit

Tip Desain Kamar Tidur Sempit #7:

Untuk tips hemat interior yang gaya, gunakan bantal- bantal cantik untuk menarik perhatian. Jangan lupa untuk bermain dengan warna- warna terang dan mencolok seperti hitam hingga metalik untuk sentuhan dramatis yang ekstra gaya.

Baca Juga: 10 Desain Tempat Tidur Tingkat Untuk Kamar Ukuran Kecil

Bagaimana, walaupun punya desain kamar tidur sempit, kalau ditata dengan baik kamarmu malah akan terlihat luas lho!

====

Kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu? Tim desain interior dekoruma siap membantu! dekoruma siap menangani masalah design and build rumah & apartemen juga lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse