Lahan Terbatas Bukan Halangan, Intip Smart-nya 10 Desain Rumah Mungil Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rata-rata orang pasti akan lebih senang jika tinggal di rumah yang berukuran luas atau besar. Namun jangan disepelekan, tren rumah mungil yang juga punya banyak penggemarnya.

Rumah mungil tidak hanya menjadi konsep pilihan untuk tinggal di lahan berukuran kecil, tetapi juga merupakan alternatif yang lebih terjangkau dengan fungsionalitas yang tidak kalah dengan rumah besar lainnya. Bagi kamu yang senang dengan desain interior rumah minimalis  dan suka dengan suasana yang tidak berlebihan, beberapa pilihan rumah mungil ini bisa menjadi  rumah ideal yang mungkin diidam-idamkan .

Rumah Mungil Rustic
AyaBrackett.com

Komunitas desain dunia sendiri juga sering berlomba- lomba untuk menunjukkan tren rumah mungil yang memang semakin laris. Sesuai perkembangannya, Kania juga punya 10 inspirasi rumah mungil yang tersebar di seluruh dunia berikut ini!

Desain Rumah Mungil ala Denmark, Kediaman Lokal di Swedia

rumah mungilmayertrade.com.ua

Rumah mungil ini dinamakan The Shelter dan ditenggarai oleh sebuah perusahaan yang bernama Vipp. Konsepnya cukup simpel, yaitu dekat dengan alam bebas dan begitu fungsional. Jika tema rumah mungil ini mengingatkan kamu pada glamping, maka CEO Cipp Kasper Egelund memang menyasar pada kedekatan pada alam.

rumah mungil
domain.com.au

Rumah mungil ini terdiri dari 2 tingkat dengan struktur besi yang bisa diinstalasi hanya dalam waktu 3-5 hari. Pada bagian atas rumah mungil ini juga terdapat celah yang bisa dibuka dengan mudah supaya kamu bisa tidur bersama bintang-bintang di langit.

Rumah Mungil Brilian dari Brisbane, Australia

rumah mungiltinyhousecompany.com.au

Dengan menggunakan kayu keras daur ulang dari Australia, rumah mungil ini berlokasi di Brisbane Australia. Adalah Greg Thorton, Lara Nobel dan Andrew Carter yang bekerja sebagai arsitek sekaligus pendiri rumah mungil yang unik ini. Luas total area rumah mungil ini hanyalah sekitar 18 meter dengan langit- langit setinggi 3.5 meter.

rumah mungil
tinyhousecompany.com.au

Fitur paling menarik dari rumah mungil ini adalah sebuah tempat tidur melayang yang sudah dilengkapi dengan remote control. Penghuninya bisa dengan mudah menyesuaikan fungsi tempat tidur di rumah mungil ini sesuai kebutuhan.  Jika ingin ruangan yang lebih luas, tempat tidur bisa digeser naik sehingga area rumah mungil ini pun terasa cukup luas untuk kegiatan bersama.

Rumah Mungil Jepang Bergaya Minimalis Modern

Rumah Mungil Jepangpinterest.com

Muji adalah seorang master desainer khusus untuk tema minimalis dari Jepang. Dari tangannya yang handal telah banyak lahir rumah mungil-rumah mungil yang bisa ditempati dengan sempurna. Terlihat pada inspirasi rumah  mungil yang diberi nama The Hut of Wood ini, Muji berhasil menciptakan rumah mungil seluas hanya 27 meter persegi dengan leluasa.

Rumah Mungil Jepang
muji.com

Rumah mungil ini menggunakan dinding dan jendela rumah yang lebar  serta dilengkapi dengan pemandian ala tradisional Jepang, tidak lupa dengan perapian dari kayu. Terdapat pula dapur kecil dan kasur nyaman di rumah mungil yang bakalan dirilis untuk dijual pada masyarakat umum di tahun 2017.

Rumah Mungil Berdaya Matahari di Afrika Selatan

Rumah Mungil Berdaya Mataharimblife.co.aza

Di Afrika Selatan, rumah mungil disebut juga rumah nano. Menurut arsitek Clara da Cruz Almedia, rumah nano yang diberi brand The POD-Idladla bisa menjadi solusi rumah tempat tinggal yang cukup ideal. Dengan luas 17 meter persegi, rumah mungil ini bisa ditempati hingga 2 orang penghuni dengan lantai atas bergaya mezanine (paruh lantai). Pada lantai bawah, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah mungil ini termasuk memasak dan bersantai bersama.

Rumah mungil ini juga sudah dilengkapi dengan area mandi di belakang dan sebuah teras di bagian depan. Tak lupa, rumah mungil ini juga telah dilengkapi dengan atap berpanel untuk energi solar atau tenaga surya yang serba hemat.

Rumah Mungil Tengah Hutan di Brazil

Rumah Mungil Tengah HutanVictorAffaro.com

Rumah mungil di tengah hutan ini sebenarnya memiliki luas hingga 130 meter persegi, ukuran yang tergolong tidak terlalu kecil untuk standar rumah mungil. Didesain oleh Atelier Marko Brajovic, rumah mungil yang dinamakan ARCA ini bisa ditinggali oleh 2 pasangan dan anak-anak mereka.

Rumah Mungil Tengah Hutan
VictorAffaro.com

ARCA didesain menjadi rumah mungil sekaligus workshop atau area bekerja yang tidak butuh banyak perawatan. Selain itu, rumah mungil ini menggunakan bentuk melengkung yang tidak banyak menggangu kondisi alam sekitar dan juga bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Rumah Mungil Bergaya Rustic Modern di California

Rumah Mungil Rustic AyaBrackett.com

Rumah mungil ini adalah milik pasangan yang tinggal di California. Mereka merupakan arsitek yang bekerja di perusahaan ternama sebelum akhirnya memilih untuk merintis usaha rumah mungil sendiri.

Rumah mungil ini diubah dari sebuah rumah peternakan kuno yang sudah berusia 100 tahun dengan luas area 37 meter persegi. Di tangan mereka, rumah mungil ini disulap menjadi tempat tinggi dengan gaya rustic yang romantis dengan furniture serba gaya.

Rumah Mini Dengan Interior Serba Berkesinambungan, Washington

Rumah Mungil Washingtongreenpoddevelopment.com

Oleh Green Pod Development, rumah mungil ini dinamakan The Waterhaus dan berlokasi di Washington Amerika Serikat. Dengan total luas kurang dari 42 meter persegi, rumah mungil ini mengutamakan konsep kesinambungan dengan alam serta konsep rumah sehat bagi manusia.

Rumah mungil ini menggunakan tanah liat sebagai dindingnya dan menjauh dari penggunaan cat yang penuh dengan zat kimia berbahaya bagi manusia. Sama halnya dengan daya rumah dan penerangan, rumah mungil ini bergantung pada panel kaca dan jendela untuk asupan tenaga surya yang maksimal.

Rumah Mungil Terapung Di Maine

Rumah Mungil Terapungmainehomedesign.com

Rumah mungil berupa kabin terapung ini berada di Maine. Pasangan suami istri dari North Haven menghabiskan waktu hingga 10 tahun untuk membangun rumah mungil berkonsep unik seluas 22 meter persegi ini.  Rumah mungil ini menggunakan daya air sebagai tenaganya dan untuk kebutuhan air sehari-hari.

Mereka harus sering pulang balik ke perkotaan tetapi juga memiliki tempat penampungan air hujan sebagai cadangan air. Selain itu, mereka juga menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan dapur dan tenaga surya untuk operasional sehari- hari.

Rumah Mini Sauna di Swedia

Rumah Mungil Swedia
JamesSilverman.com

Keluarga Swedia ini punya ritual tradisional berupa sauna bersama, memanggang dan berendam air dingin di rumah mini sekaligus kediaman liburan mereka. Diberi nama The Mill House, rumah mini ini merupakan hasil desain dari seorang arsitek Swedia bernama Gert Wingardhs.

Fitur utamanya adalah ruang sauna dan tempat berganti pakaian, mandi dan juga sekaligus area relaksasi. Tak lupa rumah mini ini juga dilengkapi dengan dapur dan tempat tidur di sekeliling pemandangan alam yang luar biasa menyejukkan.

Rumah Mungil Dari Pertengahan Zaman, New York

rumah mungilworkshopapd.com

Ya, rumah mungil ini tersembunyi dengan memikat di salah satu daerah terpencil di New York dan penuh dengan nuansa magis ala pertengahan abad yang unik. Rumah mungil ini diberi nama Studio Retreat dan didesain oleh Workshop/APD dengan luas hanya 27 meter persegi.

Bahan utama rumah mungil ini menggunakan bahan kayu dengan finishing yang berkesan alami supaya perpaduan dengan alam semakin membaur sempurna.

Rumah Mungil Perternakan
workshopapd.com

Ternyata dengan ukuran yang terbatas tidak menghalangi seseorang untuk bisa memiliki interior rumah yang kece, ya. Ini Jika kamu ingin memiliki interior rumah mungil seindah rumah-rumah mungil di atas? Tim desain interior Dekoruma dapat membantumu mewujudkannya! Langsung saja daftarkan  dirimu di DekoHome!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse