13 Desain Meja Makan yang Bikin Acara Makan Bersama Lebih Ramai

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setiap bagian di dalam tempat tinggal pasti miliki beragam bentuk dan keunikan tersendiri. Seperti ruang makan yang ada di dalam rumah. Selain menjadi ruang untuk makan bersama dengan keluarga, ruang makan menjadi salah satu sarana untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Salah satu elemen penting yang ada di dalam ruang makan adalah meja makan.

Perkembangan desain dan model meja makan sendiri saat ini memang sudah sangat bervariasi tanpa mengenyampingkan kegunaan dan aspek ergonomis dari meja makan itu sendiri.

Nah kali ini Kania bakal mengulas tentang desain meja makan yang unik dan bisa jadi inspirasi untuk ruang makanmu. Seperti apa saja? Yuk simak ulasan Kania di bawah ini!

1. Meja makan alumunium yang mudah untuk dipindah-pindah

Desain Meja Makan Aluminium pinterest.com

Meja seperti ini bisa dibilang sebagai meja makan portable yang bisa dipindah-pindah sesuai dengan keinginan si pemilik rumah. Biasa terbuat dari aluminium, meja makan ini dilengkapi kursi dari metal atau aluminium pula.

Salah satu alternatif yang bisa kamu pilih contohnya meja makan dengan warna perak aluminium. Padankan meja makan berwarna gelap dengan karpet berwarna netral untuk kesan minimalis trendi di ruang makanmu.

2. Meja makan berbentuk counter yang bisa menghemat ruang

Desain Meja Makan Counter brit.co

Meja makan ini memiliki desain simpel dan menarik, yaitu berupa meja makan yang langsung menempel dengan dinding rumah. Selain bisa digunakan untuk tempat menikmati sarapan di pagi hari bersama orang tersayang, meja makan ini juga memberi kesan modern dan ciamik, terutama pada rumah dengan gaya minimalis.

3. Meja makan dengan konsep abad pertengahan

Desain Meja Makan Abad Pertengahan brit.co

Desain ruang makan dengan tema abad pertengahan identik dengan gaya yang fleksibel dengan dinding-dinding dari bahan alami atau menggunakan material batuan marmer. Konsep ini cocok dipadukan dengan meja makan berbahan kayu serta kursi makan minimalis dari material yang sama.

Baca Juga: 10 Desain Kursi Makan Minimalis dengan Sentuhan Metal

4. Meja makan extendable table untuk ruang makan yang simpel dan klasik

Desain Meja Makan Extandable brit.co

Meja makan yang bisa diatur panjangnya dan lebarnya atau extendable table dengan warna terang bisa menjadi kombo terbaru desain ruang makanmu lho. Tak lupa juga tambahkan statement rug untuk melengkapi meja makanmu, agar ruang makan terlihat semakin indah dipandang dan orang rumah akan betah berlama-lama di ruang makan.

5. Meja makan bertema rustic untuk makan malam ramai-ramai bareng keluarga besar

Desain Meja Makan Rustic brit.co

Siapa yang bakal menolak tema rustic dengan kayu-kayu alami untuk meja makan? Dengan meja makan panjang dan menyatu dengan dapur sehingga memberi kesan homey pada ruang makan itu sendiri. Sangat cocok untuk acara makan malam bersama untuk keluarga besar.

Baca Juga: Yuk Intip 5 Macam Jenis Meja Makan!

6. Meja makan dengan konsep futuristik yang menarik

Desain Meja Makan Futuristik brit.co

Berbicara tentang desain futuristik, tentunya kita bisa membayangkan bagaimana indahnya desain yang bersih dan wah dengan warna monokrom seperti hitam, putih atau abu-abu. Untuk meja makan sendiri bisa memilih meja makan sleek dengan kaca bening yang menampilkan sisi modern ruang makanmu. Jika kamu ingin memiliki meja dengan tema futuristik, perhatikan juga dekor ruang yang sesuai dengan hiasan dinding serta lampu bergaya futuristik untuk menunjang ruang makanmu.

7. Meja makan fusion antara kayu dengan kaca modern

Desain Meja Makan Kayu Kaca brit.co

Fusion atau campuran dari kayu-kayu alami pada dinding dan lantai rumah dengan meja modern glass atau kaca modern bisa membuat meja makan di ruang makanmu langsung menarik mata. Dengan begitu, ruang makanmu akan terasa lebih dinamis, bahkan untuk ruang makan yang cenderung sempit.

8. Meja makan untuk konsep klasik kontemporer

Desain Meja Makan Klasikelledecor.com

Dengan mengambil konsep ruang makan classic contemporary atau klasik kontemporer, ruang makan ini terlihat menarik dengan dilengkapi meja makan kayu yang terbuat dari kayu mahogani sebagai pusat ruang makan. Tak lupa juga kursi buatan atau custom made yang disesuaikan dengan warna tema ruangan dan juga lantai dari ruangan tersebut. Pemanis dekorasi berupa hiasan gantung juga makin menonjolkan kesan klasik pada ruangan.

9. Meja makan untuk ruang makan sekaligus ruang baca pribadi

Desain Meja Makan Sekaligus Ruang Pribadi elledecor.com

Memiliki ruang makan yang langsung terhubung dengan dapur memang sudah biasa. Nah bagaimana dengan ruang makan yang juga menjadi ruang baca atau perpustakaan mini di rumahmu? Belum pernah terbayangkan, bukan?

Baca Juga: 7 Desain Rak Buku Dinding yang Buat Kamu Jadi Hobi Baca

Lengkapi ruang makan sekaligus perpustakaan minimu dengan meja makan terbuat dari tempered glass yang sudah di-tarnish dengan warna senada dengan ruangan atau rak buku di rumah.

10. Meja makan berkonsep modern minimalis

Desain Meja Makan Minimaliselledecor.com

Tren minimalis nampaknya tidak akan pernah ada habisnya. Ini juga bisa diterapkan untuk ruang makan. Seperti ruang makan di atas yang didominasi dengan warna putih dan aksen warna hitam pada bangku. Meja berwarna putih ini merupakan custom-made berbahan kayu dan metal yang memiliki warna senada dengan kursi.

Ada pula statement rug atau karpet bulu sebagai tambahan aksen nyaman di ruang makan yang dekat dengan jendela kaca ini. Chandelier atau lampu gantung bisa dipakai untuk mempermanis ruangan.

11. Meja makan bundar untuk ruang makan bertema spring

Desain meja Makan Bundar Spring pinterest.com

Meski di Indonesia sendiri nggak ada yang namanya musim semi, nggak ada salahnya menciptakan suasana musim semi di rumah, termasuk di ruang makan. Untuk meja makan berkonsep ini kamu bisa menggunakan meja kayu berbentuk bulat atau round table yang ditutup dengan taplak meja dengan warna dan corak yang cerah. Tak lupa juga kursi yang mengelilingi meja bundar, lengkap dengan karpet striped atau garis-garis yang menambah elemen hangat di ruang makan.

12. Meja makan untuk ruang makan yang  bergaya Jepang dengan tatami

Desain Meja Makan Jepang Tatami homedit.com

Ruang makan dengan gaya atau konsep ala Jepang memang identik dengan tema lesehan menggunakan tatami sebagai alas. Kamu juga bisa menggantinya dengan karpet bulu yang nyaman sebagai alas ketika kamu makan. ‘

Baca Juga: Alasan Kamu Harus Pilih Meja Kayu Untuk Furniture di Rumah

Untuk meja makan, kamu bisa memakai meja makan kayu yang didesain rendah untuk konssep lesehan. Untuk menambah kesan yang cantik, kamu bisa juga menambahkan floor cushion atau alas kursi yang empuk.

13. Meja makan untuk ruang makan berkonsep breakfast nook

Desain Meja Makan Breakfast Nookpinterest.com

Ruang makan dengan konsep breakfast nook atau kitchen banquet memang masih jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Breakfast nook ini sendiri biasanya digunakan oleh mereka yang ingin memanfaatkan ruang yaitu nook (lengkungan pada rumah) sehingga bisa menjadi ruang makan yang unik.

Baca Juga: 6 Dekorasi Ruang Makan yang Bikin Keluarga Betah di Rumah!

Ternyata meja makan yang berbeda bisa memberi kesan yang berbeda pula untuk ruang makanmu kan? Makanya, pilihlah meja makan dengan hati-hati ya. Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interiordekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse