Jaga Kesehatan Keluargamu dengan Sprei Waterproof!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menjaga kasur tetap bersih adalah salah satu cara untuk agar kasur tahan lama. Bukan hanya itu, bakteri yang ditimbulkan oleh kasur yang kotor juga berisiko tinggi bagi kesehatanmu dan keluarga. Terlebih lagi jika di rumah sedang ada anak kecil—sebagian besar waktunya pasti dilakukan di atas kasur. Kadang, kita membutuhkan bantuan khusus supaya kasur tetap bersih. Nah, sprei waterproof bisa menjadi solusi yang ideal untuk menjaga kebersihan dan ketahanan kasur.

Apa itu sprei waterproof?

Sprei Waterproofbestmattress.in

Seperti namanya, sprei waterproof adalah sprei yang kedap air, sehingga cairan di permukaan tidak akan tembus ke kasur. Sprei ini biasanya memiliki kandungan serat kain alami sehingga lembut ketika disentuh. Serat kain ini kemudian dicampur dengan bahan-bahan tertentu yang menjadikan sprei waterproof hypoallergenic, yang artinya tidak menimbulkan alergi. Dengan begitu, sprei waterproof aman digunakan oleh semua usia, dari latar belakang kesehatan apa pun.

Sprei waterproof juga mengandung zinc, yang berguna untuk mencegah tumbuhnya bakter, yang bisa menyebabkan bau tak sedap dan noda membekas. Sebagian besar sprei waterproof akan tahan cairan yang setara dengan 6 gelas air. Daya tahan sprei waterproof yang kuat membuatmu tidak perlu khawatir akan sprei yang lembap atau lingkungan tidur yang tidak sehat.

Sprei waterproof diperlukan untuk rumah dengan anak kecil

Sprei Waterproofduvetopia.com

Baik masih bayi maupun sudah di atas lima tahun, anak kecil adalah salah satu alasan utama bahwa kamu perlu punya sprei waterproof. Karena anak kecil masih sering bedwetting, sprei waterproof bisa memudahkanmu dalam membersihkan kasur tidur anak. Bagaimanapun, kasur yang lembab tidak hanya akan membuat tidur anak tidak nyaman, tetapi juga tidak aman karena timbulnya bakteri.

Sprei waterproof juga berguna untuk mencegah kerusakan kasur karena tumpahan cairan lain, seperti dari makanan, minuman atau cat air. Masalah seperti ini biasanya terjadi ketika anak menginjak usia dua tahun dan mulai aktif membawa berbagai macam barang ke sekeliling rumah, termasuk kasur jenis spring bed. Bukan hanya harus membersihkan cairannya, kamu juga akan berhadapan dengan noda yang sulit hilang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Sprei Terbaik Berdasarkan Bahannya?

Sprei waterproof akan membantumu mengatasi akibat yang timbul dari masalah-masalah tersebut. Cairan apa pun yang ada di atas sprei tidak akan menembus lapisan kasur anak, sehingga mengurangi risiko penyakit. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menggunakan sprei waterproof agar kesehatan anak tetap terjaga, kasur tidak cepat rusak, dan tugasmu tidak semakin berat.

Sprei waterproof juga berguna untuk orang dewasa, lho

Sprei Waterproof Orang Dewasasecure.img1-fg.wfcdn.com

Ya, kegunaan sprei waterproof tidak terbatas ketika ada anak kecil di rumah saja. Sprei jenis ini juga akan berguna bagi orang-orang dewasa yang punya masalah inkontinensia, atau sulit menahan buang air kecil di malam hari. Tidak hanya yang berhubungan dengan bedwetting, sprei waterproof juga bisa membantu orang-orang yang keringatnya berlebih saat tidur, lho.

Baca Juga: Memilih Kasur yang Tepat untuk Tidur Berkualitas

Permukaan sprei waterproof akan mengurangi risiko kontaminasi bakteri yang mengendap di kasur serta mencegah masuk angin karena kasur yang lembap. Di sisi lain, kamu juga bisa melindungi kasur, mencegah laundry yang berlebihan dan menciptakan lingkungan tidur yang bersih dan kering. Suasana seperti ini tentu akan membuat tidur lebih tenang dan nyaman.

Sekarang, variasi sprei waterproof juga bermacam-macam. Kalau kamu tidak khawatir akan bosan dengan warna sprei waterproof yang biasanya hanya putih saja, kini ada variasi jenis sprei yang bisa kamu pilih.

Tapi, ada yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sprei waterproof

Sprei Waterproof Yang Diperlukanhilden.co.uk

Ya, sprei waterproof yang beraneka ragam di pasaran dapat membuat kita kesulitan memilih sprei yang paling sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, sebagai langkah pertama, kamu perlu mengidentifikasi kebutuhanmu, mencari tahu jenis-jenis sprei waterproof serta menentukan budget. Untuk membantumu dalam hal ini, Kania sudah menyiapkan tiga hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sprei waterproof.

Lapisan

Lapisan Sprei Waterproofpinterest.com

Sprei waterproof memiliki lapisan yang mencegah air tembus ke kasur. Bahan lapisan yang paling sering digunakan adalah vinyl dan polyurethane. Meskipun vinyl dan polyurethane sama-sama kedap air, sifat kedua jenis material ini sangat berbeda. Jadi, pastikan kamu sudah membaca detail produk agar tidak salah pilih.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 10 Jenis Bahan Sprei Paling Populer yang Bisa Anda Pilih

Bahan vinyl bersifat non-permeabel, menyebabkan tidak adanya sirkulasi udara di permukaan sprei. Suhu panas tubuh akan memantul ke pengguna, sehingga kamu akan merasa gerah saat tidur di atas sprei waterproof ini. Sebaliknya, polyurethane bersifat breathable dan mampu menyerap panas tubuh, sehingga permukaannya lebih dingin dan nyaman. Karena perbedaan inilah, sprei waterproof dari polyurethane memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan sprei dari vinyl.

Daya serap

Sprei Waterproof Daya Serapae01.alicdn.com

Pada umumnya, sprei waterproof mampu menahan hingga 6 gelas cairan. Semakin tebal sprei, semakin tinggi pula daya serapnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sprei waterproof yang memiliki daya serap akan membuat tidurmu menjadi lebih nyaman. Oleh karena itu, pilih sprei yang permukaannya terdiri dari minimal tiga lapisan.

Pada umumnya, informasi ini bisa kamu dapatkan di deskripsi produk atau packaging sprei. Kamu juga bisa browsing testimonial orang-orang yang sudah berpengalaman menggunakan sprei waterproof merk tertentu untuk mengetahui daya serapnya.

Perawatan

Sprei Waterproof Perawatanhealthy-house.co.uk

Meskipun ditujukan untuk menjaga kasur tetap bersih, sprei waterproof yang tidak pernah dirawat bisa menjadi sarang bakteri. Jadi, ketelatenan juga diperlukan di sini.

Untuk sprei waterproof dengan lapisan vinyl, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengelap dengan kain lap basah atau tekstil dapur, kemudian diikuti dengan kain kering. Tetapi untuk polyurethane, sprei perlu dicuci secara reguler. Berikut adalah metode yang bisa kamu lakukan.

Mencuci Sprei Waterproofsleepsugar.com

  • Cuci sprei waterproof menggunakan mesin cuci yang setting mode-nya untuk kain berbahan lembut. Untuk ini, baik air dingin maupun air hangat bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa menggabungkan sprei ini dengan pakaian lain saat mencuci.
  • Gunakan deterjen tanpa pemutih. Kandungan yang terdapat dalam pemutih pakaian dapat merusak kemampuan kedap air pada sprei waterproof ini.
  • Ubah pengaturan pengering mesin cuci menjadi low-heat. Pengering yang terlalu panas akan merusak sprei waterproof. Oleh karena itu, hindari pula menyetrika sprei ini.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sprei Terbaik untuk Anda dan Keluarga

Langkah-langkah di atas juga berlaku untuk sprei waterproof yang baru dibeli. Mencuci sprei waterproof baru berguna untuk menghilangkan bau packaging yang menempel serta membuat sprei lebih lembut.

Sekarang sudah tahu kan kelebihan dari sprei waterproof? Lingkungan tidur yang bersih adalah awal dari istirahat yang nyaman dan tentu saja kesehatan anggota keluarga di rumah. Dengan kesehatan dan kebersihan yang lebih baik, kamu dan si kecil bisa melakukan apa saja dan siap menghadapi hari. Jangan lupa, cari sprei kualitas terbaik hanya di dekoruma ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse