Hemat Uang dan Tetap Sehat dengan Bento Charaben

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setiap keluarga tentunya memiliki pertimbangan menu sehat untuk makanannya sehari-hari. Ada yang menyiapkan pre-cooked meals setiap awal atau akhir pekan, ada pula yang mengandalkan rantangan atau catering karena tidak pandai memasak atau tidak punya banyak waktu. Selain itu, ada juga yang sehari-hari memasak di rumah atau justru sering membeli di luar.

Ada baiknya untuk selalu memperhatikan keseimbangan makanan untuk keluarga sehari-hari, baik dari segi nutrisi maupun sisi pengeluaran. Bagaimana pun, makanan adalah salah satu faktor pengeluaran yang cukup besar.

Nah, Kania punya tips menarik yang bisa membantu mengatasi kamu yang memiliki masalah serupa di atas. Solusinya adalah: BENTO!

Apa itu Bento?

jurumama.jpggoogle.com

Bento adalah bahasa Jepang untuk makanan yang disajikan dalam sebuah kotak. Sebenarnya, bento tidak berbeda dengan bekal pada umumnya. Akan tetapi, bento saat ini tidak hanya lezat dan sehat, tetapi juga menarik untuk dilihat.

Bento yang sering dibuat dengan bentuk-bentuk unik ini disebut character bento (bento karakter) atau sering disingkat sebagai charaben. Hal yang membedakaan charaben dengan bento biasa adalah cara penataannya. Makanan di charaben biasanya dibuat menyerupai bentuk-bentuk unik seperti wajah manusia, binatang, tumbuhan, tokoh kartun, dan sebagainya.

Awalanya, charaben dibuat untuk anak-anak kecil yang cenderung pemilih soal makanan. Bento dengan bentuk lucu ini bisa membuat anak-anak jadi tertarik untuk makan, deh.

Bahan dan Alat untuk Membuat Bento Charaben

Character Bento Dekoruma (2).jpginstagram.com/@margaret_tatta

 Beberapa alat yang diperlukan adalah:

  1. Kotak makan bersekat
  2. Mangkuk silikon
  3. Peralatan makan
  4. Cetakan dengan gambar lucu
  5. Plastik bening
  6. Stiker lucu

Cara Membuat Bento Charaben

Character Bento Dekoruma (3).jpginstagram.com/@margaret_tatta

Setelah kamu tahu benda apa saja yang dibutuhkan untuk mulai membuat sebuah bento, sekarang saatnya Kania membagikan 5 cara yang sebaiknya kamu perhatikan untuk membuat bento.

1. Persiapkan Terlebih Dahulu

Saat memasak, tidak ada salahnya kamu membuat porsi lebih banyak dan membekukannya. Kamu bisa memanaskannya kembali di kemudian hari dan memasukkannya ke bento. Kamu juga bisa menggunakan frozen food seperti nugget, bakso, dan sebagainya.

2. Pisahkan Makanan

Makanan basah dan kering sebaiknya tidak ditaruh bersamaan supaya bento tidak mudah basi. Oleh karena itu, seperti yang Kania sebutkan, ada baiknya kamu memilih kotak makan dengan sekat atau menggunakan mangkuk silikon.

3. Kombinasikan Rasa dan Tekstur

Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, tentunya senang apabila bento memiliki rasa dan tekstur yang beragam. Usahakan untuk membagi nasi, lauk dan sayuran dengan porsi yang wajar.

4. Perhatikan Kebersihan

Jagalah kebersihan dan kesehatan dengan selalu memperhatikan keamanan makanan. Usahakan jangan membawa sayur yang mudah basi. Saat menyusun bento, jangan lupa untuk mencuci tangan dan menggunakan peralatan makan.

5. Rencanakan Sedari Awal

Memang untuk urusan makanan seperti ini, mungkin terasa kurang penting untuk direncanakan. Tetapi, dengan adanya perencanaan, kamu tidak perlu lagi kebingungan saat bangun di pagi hari dan tidak ada makanan atau saat pergi berbelanja ke pasar.

Itu dia beberapa hal yang bisa kita pelajari mengenai charaben dan bento pada umumnya. Jangan merasa terbebani untuk membuat karakter yang terlalu rumit. Asalkan kamu memasak dan menyiapkannya dengan sepenuh hati, keluarga pun akan menikmatinya.

Jika kamu sedang mencari kotak makanan yang cocok untuk menjadi tempat bento charaben, Dekoruma jual Calista, merek kotak makan terkenla yang sudah digunakan banyak orang. Dengan begitu, bahan dari merek Calista ini terjamin aman untuk kamu dan si kecil. Selamat berkreasi!

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual rak tv, meja makan, sofa, kursi kantor, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse