10 Desain Rumah Cantik Dengan Biaya Murah Dari Berbagai Belahan Dunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu tentunya ingin memiliki tempat tinggal dengan desain cantik dan menyenangkan sebagai tempat beristirahat dan menetap. Namun, selalu terbayang membangun rumah cantik idaman membutuhkan biaya yang besar. Ternyata persepsi seperti itu tidak lagi berlaku. Kamu bisa memiliki desain rumah cantik dengan biaya murah.

Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, membangun tempat tinggal impian dengan biaya murah menjadi sangat memungkinkan. Desain rumah modern saat ini memanfaatkan arsitektur bangunan yang berkelanjutan dan efisien secara biaya. Buang jauh-jauh pikiran tentang rumah cantik idaman hanya bisa dimiliki dengan pengorbanan finansial yang besar.

Pada artikel ini, Kania akan mengulas 10 desain rumah cantik dengan biaya murah dari berbagi penjuru dunia yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk membangun rumah!

Desain Rumah Cantik “Koda House” – Kodasema

Desain Rumah Cantik Koda Housestatic.dezeen.com

Rumah berukuran mikro dengan luas 25 m² hasil karya dari perkumpulan desainer asal Estonia, Kodasema, merupakan jawaban atas krisis ekonomi yang melanda Inggris. Rumah mikro yang dinamakan Koda House hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk pembangunannya.

Dengan desain sederhana dan efektif untuk hunian, desain rumah cantik ini bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Koda House terdiri dari kamar tidur berkapasitas 2 orang dengan luas 5,2 m², terdiri dari kamar mandi dengan luas 3,1 m² dan ruang keluarga seluas 16 m² dengan tinggi langit-langit setinggi 3,5 m².

Desain Rumah Cantik Koda Housestatic.dezeen.com

Rumah cantik dengan biaya murah ini memiliki dapur yang terhubung dengan ruang keluarga. Koda House dilengkapi dengan panel surya yang terpasang pada atap untuk kebutuhan listrik dan rumah ini mengaplikasikan teknologi smart home, dimana terdapat fitur alarm, penerangan lampu LED yang dapat diatur, serta pengatur temperatur udara.

Dengan teknologi arsitektural yang dikembangkan oleh Kodasema, rumah cantik berbahan dasar beton ini dibangun tanpa pondasi. Lebih unik lagi, Koda House dapat direlokasi ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan besar.

Desain Rumah Cantik “Casa Prefabricada” – Casas Cube

Desain Rumah Cantik Koda Housecasasprefabricadas24.com

Rumah modular bisa menjadi salah satu alternatif untuk desain rumah cantik dengan biaya murah. Sebagai contoh, firma arsitektur asal Spanyol, Casas Cube, mendesain sebuah rumah modular dengan ukuran 75 m² yang tampak elegan dari luar dan dalam. Rumah ini memiliki opsi 2 atau 3 kamar tidur. Material yang digunakan untuk membangun rumah dengan desain ini tergolong murah dan mudah ditemukan, seperti bebatuan, besi, dan kayu.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Mewah oleh Arsitek Ternama di Indonesia

Dari sisi penerangan, rumah cantik besutan arsitek Spanybool Casa Prefabricada memiliki jendela lebar sehingga mendapat intensitas cahaya matahari yang cukup pada siang hari. Rumah cantik ini dilengkapi dengan interior minimalis seperti rumah modern pada umumnya dan pengaplikasian lantai kayu yang memperindah hunian sederhana ini. Dilansir dari laman resmi Casas Cube, harga rumah tipe Casa Prefabricada berkisar US$ 8.000 belum termasuk pajak.

Desain Rumah Cantik “Villa One” – EFFEKT

Desain Rumah Cantik Villa Onesquarespace.com

Villa One, desain rumah minimalis besutan studio desain EFFEKT yang bermarkas di Copenhagen, Denmark. Rumah minimalis ini ditujukan untuk keluarga dengan 1-2 anak. Villa One memiliki luas 136 m² dengan bentuk seperti kincir angin, terdiri dari ruang keluarga, ruang makan, dapur, 3 kamar tidur, dan 2 kamar mandi. Rumah cantik minimalis ini tidak memiliki koridor, memaksimalkan ruang yang ada sehingga bisa menekan biaya pembangunan.

Desain Rumah Cantik Villa Oneassets.inhabitat.com

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Sederhana Favorit Istri

Rumah minimalis ini juga didesain untuk mengurangi kebisingan dari jalan raya dan memiliki desain teras  rumah yang cukup luas untuk bersantai atau sekadar menghirup udara segar. Dengan jendela lebar dan pintu yang terbuat dari kaca, intensitas cahaya matahari yang masuk terpenuhi dengan baik.

Desain Rumah Cantik “Lote 390” – Erb Santiago

Desain Rumah Cantik Lote 390pinterest.com

Firma Arsitektur asal Argentina, Erb Santiago, membangun sebuah rumah dengan konsep cantik nan sederhana yang sangat efisien dari segi waktu pembangunan dan biaya. Rumah cantik dengan biaya murah ini memiliki dua lantai, dibangun memanfaatkan framing kayu di atas pondasi lempengan beton yang meluas hingga ke dinding bangunan rumah dan garasi. Garasi dengan kanopi yang terbuat dari kerangka kayu dapat diparkirkan dua mobil.

Baca Juga: 10 Model Kanopi Yang Awet dan Tahan Lama

Lantai satu terdiri dari ruang keluarga, dapur, garasi, ruang makan, dan dua kamar mandi. Terdapat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi di lantai dua. Rumah cantik minimalis Lote 390 juga dilengkapi dengan halaman belakang untuk bersantai yang beratapkan kanopi kayu sama seperti garasi.

Konsep interior yang minimalis dan modern menjadikan Desain rumah cantik ini semakin nyaman dihuni. Lantai dan furniture yang terbuat dari material kayu memperkuat kesan elegan pada rumah minimalis ini.

Desain Rumah Cantik “Mami House” – NOARQ

Desain Rumah Cantik Mami Househomecrux.com

Mami House, desain rumah berbentuk kubus karya arsitek asal Portugal, José Carlos Nunes de Oliveira, merupakan desain rumah cantik yang ditujukan untuk pasangan baru dengan budget yang sangat terbatas. Rumah dengan luas 160 m² dengan dua lantai berbahan dasar material beton ini memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Untuk menekan biaya, rumah cantik ini memanfaatkan efisiensi sumber daya ketimbang menggunakan berbagai macam material untuk finishing. Interior minimalis dengan material kayu menjadikan hunian ini semakin nyaman.

Desain Rumah Cantik Mami Houseimages.adsttc.com

Perencanaan desain interiornya juga memastikan sirkulasi udara yang baik dan penting ada pada rumah sehat. Dinding bagian dalam tidak dicat dengan beberapa bagian dilapisi material kayu untuk memperlembut suasana dan lantai tidak dlapisi dengan material kayu atau keramik, hanya beton. Dinding bagian luar juga dicat dengan satu warna.

Desainer Jose Carlos menambahkan frame kaca untuk memperkuat kesan mewah pada rumah, meliputi kaca besar pada lantai atas dan pintu kaca yang menghubungkan ruang keluarga dengan taman di halaman belakang. Rumah cantik dengan biaya murah ini juga memiliki basement sebagai ruang penyimpanan barang.

Desain Rumah Cantik “MIMA House” – MIMA Architects

Desain Rumah Cantik Mima Houseimages.adsttc.com

MIMA House merupakan rumah moduler hasil karya dari firma arsitek asal Portugal MIMA Architects. Mengusung tagline ”High End Made Simple”, rumah cantik dengan bentuk persegi empat seluas 36 m² ini dapat kamu miliki dengan mengeluarkan biaya seharga sebuah mobil keluarga saja.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Modern untuk Keluarga Tersayang

Desain Rumah Cantik Mima Housec1038.r38.cf3.rackcdn.com

Interior MIMA House dilapisi dengan lantai kayu dan panel dinding interior terbuat dari material kayu, yang dapat dilepas-pasang sesuai kebutuhan ruang dari pemilik rumah. Panel dinding rumah juga dapat digunakan sebagai penutup bagian jendela apabila kamu membutuhkan privasi atau menghindari sinar matahari. Rumah cantik ini dikelilingi kaca yang memperkuat kesan mewah dan memastikan intensitas cahaya yang masuk juga sirkulasi udara dengan baik.

Desain Rumah Cantik “Low Cost House” – JYA Architects

Desain Rumah Cantik Low Cost Houseimages.adsttc.com

Rumah cantik dengan biaya murah besutan firma arsitek asal Korea Selatan, JYA Architects. Rumah ini dibangun dengan material murah meliputi kontainer bekas dan wrap bubble yang digunakan sebagai atap untuk pencahayaan di siang hari. Interior mengaplikasikan lantai kayu untuk menjaga temperatur ruangan.

Desain Rumah Low Cost Houseimages.adsttc.com

Ruangan kamar dibuat dengan material kontainer bekas yang dimodifikasi memiliki pintu kaca. Dinding bangunan memanfaatkan material plastik bekas yang didaur ulang. Bagian atas kontainer yang digunakan untuk kamar anak, dapat dijadikan ruang bermain untuk anak-anak.

Desain Rumah Cantik “Happy Cheap House” – Tommy Carlsson

Desain Rumah Cantik Happy Cheap Housecdn.freshome.com

Happy Cheap House, dari namanya sudah menandakan rumah ini tidak hanya murah tetapi juga menyenangkan. Arsitek asal Swedia, Tommy Carlsson lah yang membuat desain rumah cantik ini. Happy Cheap House merupakan sebuah prototip rumah dengan biaya murah dan efisien secara ruang.

Bangunan seluas 110 m² yang memiliki dua lantai, terdiri dari 2 kamar tidur dan sebuah ruang bersantai di lantai atas. Interior rumah terbuat dari material kayu lapis yang dilaminasi dengan bentuk geometris, menonjolkan keunikan dan seni yang bernilai tinggi.

Dinding dan pondasi terbuat dari beton dengan sentuhan cat berwarna putih pucat. Di lantai satu terdapat dapur dan ruang keluarga yang terhubung. Rumah cantik ini dilengkapi taman rumah kecil yang cantik di halaman belakang.

Desain Rumah Cantik “Casa Caja” – S-AR

Desain Rumah Cantik Casa Caja

humble-homes.com

Rumah yang terbuat dari beton batako ini merupakan karya dari firma arsitektur S-AR. Memiliki luas bangunan 110 m², untuk menekan biaya, lantai bagian dalam ruangan tidak dilapisi dengan material kayu atau keramik, hanya beton dan dinding beton batako dibiarkan dengan warna natural abu-abu.

Baca Juga: 7 Desain Lantai yang Bikin Rumahmu Anti Mainstream

Desain Rumah Cantik Casa Cajastatic.dezeen.com

Casa Caja terdiri dari dua lantai. Lantai satu meliputi dapur dan ruang santai yang dilengkapi dengan kaca besar untuk pencahayaan dan pemandangan serta sebuah kamar tidur. Pada lantai atas terdapat dua kamar tidur dan sebuah ruang keluarga.

Desain Rumah Cantik “Urban Housing” – General Design

Desain Rumah Cantik Urban Housingimages.adsttc.com

Studio desain asal Jepang, General Design, membangun sebuah rumah cantik sederhana untuk keluarga dengan 2 orang anak. Tampak luar rumah seperti gudang dengan bentuk persegi monoton dan dinding yang tidak diperhalus dengan cat, namun bagian dalam rumah sangat nyaman untuk dihuni.

Rumah cantik ini terdiri dari dua lantai dengan lantai bermaterial kayu dan dinding bagian dalam diplester dan cat. Tidak terdapat jendela untuk bagian depan rumah, namun terdapat atrium dan halaman terbuka di bagian dalam rumah.

Pencahayaan alami datang dari jendela lebar yang dipasangkan sebagai atap. Pada lantai bawah terdapat dapur dan ruang keluarga. Lantai atas terdapat sebuah ruang santai dan tiga kamar tidur.

Dengan budget terbatas, ternyata bisa lho memiliki rumah idaman yang nyaman dan menyenangkan untuk dihuni. 10 desain rumah cantik dengan biaya murah dari berbagai belahan dunia di atas bisa kamu jadikan referensi membangun rumah idaman dengan biaya murah.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Sederhana nan Mewah yang Mudah Kamu Tiru

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse