7 Siasat Ibu Pintar Mengakali Desain Dapur Kecil!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bicara soal desain dapur kecil, hampir setiap ibu rumah tangga atau pengguna dapur kecil akan sering mengeluh dan frustasi atas keterbatasan dari segi ruang maupun fungsi. Kesalahan ini umum dan sering terjadi karena desain dapur kecil jarang mengedepankan kebutuhan ibu atau pengguna dapur secara total. Terlebih lagi, banyak pemilik rumah yang menyerahkan urusan desain dapur kecil mereka kepada pengembang rumah.

desain dapur kecil
houzz.com

Jika kamu menggunakan jasa desainer interior untuk rumah idaman kamu, Kania sangat menyarankan agar kamu dan desainer meluangkan waktu bersama untuk mencari desain dapur kecil yang paling ideal. Desainer yang kreatif akan bertanya banyak soal fungsi dapur sesuai kebutuhan, kebiasaan, hingga gaya kamu berinteraksi di ruang dapur. Dengan demikian, desain dapur kecil dengan fungsi maksimal baru bisa dicapai.

Lalu apa saja yang wajib menjadi perhatian saat kamu membahas soal desain dapur kecil ini? Yuk simak 7 siasat pintar yang tidak boleh kamu lewatkan untuk hasil akhir desain dapur kecil yang paling bermanfaat:

1. Mengatasi Keterbatasan Storage di Desain Dapur Kecil

Mengatasi Keterbatasan Storage Desain Dapur Kecilhbu.h-cdn.co

Salah satu problem klasik di desain dapur kecil adalah minimnya storage yang tersedia. Padahal kita semua tahu, banyak sekali perangkat dapur baik ukuran besar atau kecil yang semuanya wajib ada saat kamu sibuk memasak.

Akibat keterbatasan storage ini, desain dapur kecil sering terlihat berantakan karena tidak punya lokasi penyimpanan yang memadai. Padahal meskipun memiliki desain dapur kecil, dengan penataan yang tepat, kamu bisa punya kabinet penyimpanan atas bawah yang luas, yang penting kamu harus berhati-hati dalam memaksimalkan ruang yang ada.

Berikut adalah beberapa ide storage yang wajib kamu coba di desain dapur kecil kamu:

Sudur-Dapur-Desain-Dapur-Kecil-3982750903-1507606149398.jpgmilerkitchen.cn

  • Manfaatkan sudut dapur dengan laci atau kabinet tempah khusus yang berbentuk segitiga di desain dapur kecil milikmu.
  • Gunakan organizer dapur yang bisa ditempelkan di dinding bagian dalam kabinet atau ambalan tambahan. Misalnya untuk menyimpan peralatan bersih- bersih.
  • Maksimalkan storage pada desain dapur kecil dengan membuat kabinet dapur menyentuh langit-langit rumah. Siapkan juga kursi dingklik kecil untuk membantu menjangkau dengan mudah.
  • Mencari celah rahasia yang bisa dimanfaatkan, misalnya gantungan bumbu dapur atau cantolan multifungsi untuk alat masak.

2. Tatanan Desain Dapur Kecil yang Tidak Selaras

Tatanan Dapur Desain Dapur Kecilpinterest.com

Desain dapur kecil harus benar-benar memerhatikan alur kerja penggunanya di dapur. Pastikan tatanan peralatan dapur yang saling mendukung, kalau tidak, bisa jadi kamu harus menghabiskan lebih banyak waktu saat memasak dan bahkan menjadi stres karena proses memasak tidak efisien.

Untuk masalah ini, siasati desain dapur kecil dengan mempelajari gaya memasak atau cara kerjamu saat di dapur. Diskusikan dengan desainer bagaimana aktivitas sehari-hari kamu di dapur untuk menghasilkan dapur kecil terbaik.

Baca Juga: Ini Dia 7 Desain Dapur Minimalis 3 x 3 Apik yang Fungsional

Gantungan Bambu Desain Dapur Kecilpinterest.com

Desain dapur kecil yang personal akan menjawab flow atau alur kerja yang benar. Misalnya, letak tempat masak yang berseberangan atau bersebelahan dengan wastafel atau area mencuci yang dekat dengan lemari dapur.

Dengan pendekatan pribadi seperti ini, desain dapur kecil kamu dijamin bukan saja lebih menyenangkan, tetapi juga menjadi sebuah desain dapur kecil cantik sesuai selera.

3. Mengatasi Kurangnya Areal Bekerja di Desain Dapur Kecil

Area Bekerja Desain Dapur Minimalisgoorichs.net

Salah satu problem desain dapur kecil adalah kurangnya permukaan rata untuk bekerja dengan leluasa. Tidak heran, area countertop biasanya butuh ruang yang cukup luas karena bentuknya yang memanjang.  Kenyataannya, permukaan atau areal bekerja adalah hal penting yang wajib ada untuk acara memasak yang efisien. Terlebih lagi, countertop pada desain dapur kecil yang memadai sangat penting untuk keamanan saat memasak, misalnya meletakkan masakan panas atau peralatan masak di dapur yang masih panas.

Tips untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan menyediakan lebih banyak permukaan kerja dalam desain dapur kecil kamu. Perhatikan juga lokasi countertop yang wajib ada, seperti di sebelah tempat memasak dan mencuci.

4. Susunan Kabinet di Desain Dapur Kecil yang Kurang Tepat

Suasana Kabinet Dapur Desain Dapur Keciletotdom.com

Desain dapur kecil yang tepat akan memprioritaskan susunan kabinet yang paling ideal, baik dari segi posisi dan ruang simpan yang baik. Contohnya adalah pintu kabinet harus bisa terbuka sempurna dan tidak saling terbentur saat dibuka.

Selain itu, kabinet pada desain dapur kecil yang tepat juga tidak terlalu berjauhan. Bayangkan jika kamu harus susah payah meraih peralatan masak di dalam laci akibat letak kabinet yang terlalu jauh, tentu sangat tidak efisien bukan?

Baca Juga: Ini 10 Trik Untuk Desain Dapur Kecil Agar Seperti Dapur Chef!

Oleh karena itu, pada desain dapur kecil milikmu, pastikan kamu sudah memikirkan jauh-jauh tatanan kabinet yang terorganisir secara baik, terutama dari segi jarak antar kabinet.

5. Ventilasi Buruk yang Sering Terjadi di Desain Dapur Kecil

Ventilasi Dapur Desain Dapur Kecilhomeandlivingdecor.com

Ventilasi dapur yang baik akan menghilangkan masalah minyak yang menempel, kepulan asap hingga bau khas dapur. Tanpa ventilasi yang baik di desain dapur kecil milikmu, semua hal yang tidak menyenangkan tersebut akan menempel pada badan, pakaian, dan perabot rumah.

Oleh karena itu, pilih ventilasi yang paling berkualitas saat merancang desain dapur kecil, misalnya hood penyedot asap dapur sesuai dengan kapasitas memasak setiap hari.

Baca Juga: 9 Cara Jadikan Hunianmu sebagai Rumah Sehat untuk Keluarga

Saat menginstalasi ventilasi dapur, pastikan desain dapur kecil kamu dilengkapi dengan penyedot asap dapur yang punya peredam suara, sehingga suasana dapur tidak terlalu memekakkan telinga.

6. Kadang, Penerangan di Desain Dapur Kecil Tidak Memadai

Penerangan Dapur Desain Dapur Kecilimpressiveinteriordesign.com

Keluhan lain di desain dapur kecil adalah minimnya penerangan yang layak untuk kegiatan memasak. Penerangan adalah fitur yang sangat penting di sebuah ruangan, termasuk dapur karena persiapan memasak butuh ketelitian ekstra.

Area-area yang perlu diperhatikan untuk masalah penerangan lampu di desain dapur kecil kamu adalah pada area memasak, countertop atau area bekerja, area mencuci dan area memanggang (jika ada).

Penerangan Dapur Desain Dapur Kecilamazadesign.com

Baca Juga: 7 Hal yang Sering Kelupaan di Desain Dapur Minimalis Masa Kini

Desain dapur kecil harus memperhatikan jatuhnya bayangan yang datang dari pantulan furniture ruangan yang tinggi, misalnya pantulan kabinet terhadap countertop atau area memasak. Jangan lupakan penerangan tambahan seperti lampu-lampu kecil yang bisa dipasang pada jalur kabinet atau dinding desain dapur kecil tersebut.

7. Kurangnya Area Untuk Daur Ulang/ Tempat Sampah Pada Desain Dapur Kecil

Tempat Daur Ulang Dapur Desain Dapur Kecilpinterest.com

Desain dapur kecil yang salah akan membuat ruangan terasa pengap dan bau karena kurangnya area pembuangan sampah yang memadai.  Seringkali kita meletakkan tong sampah di luar sehingga bau sampah dapur menyebar kemana-mana.  Oleh karena itu, penting untuk menyiasati desain dapur kecil dengan tempat pembuangan sampah yang berbeda- beda.

Idealnya, di desain dapur kecil kamu terdapat kontainer berkapasitas besar untuk sampah kering atau daur ulang yang bisa disembunyikan di balik lemari, atau kamu bisa memilih tempat sampah berukuran sedang untuk menampung sampah basah yang harus segera dibuang.

Baca Juga: 8 Trik Menata Dapur Sederhana Dan Rapi Dengan Cepat

Ternyata mengakali desain dapur kecil nggak sesulit yang kamu kira sebelumnya kan? Dengan trik mudah yang sudah Kania sediakan di atas, desain dapur kecil milikmu bisa tetap apik dan fungsional! Temukan peralatan dapur berkualitas untuk melengkapi dapurmu hanya di Dekoruma. Dekoruma juga jual teko cantik yang siap menghias dapur kecilmu.


Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior Dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan design & build kitchen set. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke sales@dekoruma.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse