Ingin Renovasi Rumah Tapi Budget Terbatas? Yuk, Ikuti 9 Desain Rumah Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sudah bosan dengan suasana rumah sekarang? Atau penataan rumahmu sudah ketinggalan zaman? Pernah terpikir jika mungkin rumahmu perlu ditata ulang? Mungkin inilah saat yang tepat untukmu melakukan renovasi rumah. Sayangnya, renovasi rumah memerlukan biaya, waktu serta biaya yang nggak sedikit.

Tapi jangan jadikan hal tersebut penghalang untuk mewujudkan hunian impian melalui renovasi rumah. Dengan kreativitas dan usaha lebih, renovasi rumah bisa saja dilakukan meski kamu memiliki keterbatasan biaya.

Berikut berbagai ide desain untuk renovasi rumah impianmu dengan budget yang bersahabat.

1. Renovasi Rumah: Back to Basic

ruangan keluarga putih kombinasi rustic dan industrial

pinterest.com

Terkadang nggak perlu memikirkan terlalu banyak ide desain yang berlebihan saat melakukan renovasi rumah. Agar lebih mudah dan murah, renovasi rumah bisa kamu lakukan dengan menggunakan atau mengembalikan elemen-elemen dasar pada rumah.

Renovasi rumah bisa kamu lakukan dengan menggunakan warna-warna dasar seperti putih dan juga perabot atau furniture minimalis tanpa detail berlebih. Nggak cuma membuat suasana rumah jadi lebih baru, gaya yang umum dan abadi tentu nggak mengharuskamu renovasi rumah di kemudian hari.

2. Berikan Warna Baru Saat Renovasi Rumah

ruang makan biru putih bergaya Skandinavia

pinterest.com

Suasana rumah biasanya menjadi kurang nyaman saat warna mulai usang dan memudah. Untuk membuat suasana rumah jadi lebih hidup, sebenarnya kamu nggak harus selalu melakukan renovasi rumah besar-besaran, lho. Warnai ulang setiap ruangan yang warnanya sudah nggak cerah dengan warna cat rumah lain yang lebih kekinian.

ruang keluarga kombinasi warna biru dan oranye

homeje.com

Perhatikan juga warna-warna perabot saat melakukan renovasi rumah. Pastikan warna baru pada dinding, lantai, ataupun plafon sesuai dan serasi dengan warna perabot yang ada.

Untuk hasil lebih maksimal, maksimalkan pencahayaan saat renovasi rumah dengan menambah jendela minimalis atau mengubah material jendela. Pencahayaan yang baik ini akan membuat warna baru hasil renovasi rumah jadi lebih terlihat maksimal.

3. Hidupkan Suasana Lewat Pola Floral

kamar tidur bayi pink berwallpaper bungarileypaintandwallpaper.com

Nggak harus mengganti semua perabot saat renovasi rumah hanya untuk membuat rumah terasa seperti baru. Cukup melakukan finishing ulang pada perabot seperti sofa di ruang tamu, meja favoritmu, ataupun karpet lantai dengan material finishing yang baru.

Untuk suasana ruangan yang lebih sibuk, kamu bisa mulai bermain dengan pola-pola, seperti menggunakan motif floral yang tengah trend. Pola floral juga akan membuat interior ruangan hasil renovasi rumah menjadi jauh lebih hidup. Bercengkrama setelah renovasi rumah tentu akan jadi jauh lebih menyenangkan.

4. Perkaya Material Desain

dapur bergaya industrial dengan bata eksposoaregypt.com

Merasa masih ada yang kurang pada renovasi rumah? Mungkin kamu perlu menambah kekayaan visual ruanganmu dengan material yang berbeda. Kamu bisa mulai dengan membentuk statement wall atau dinding utama dengan material yang berbeda. Batu alam atau pun wallpaper dinding bisa jadi pilihan.

Lantai yang awalnya mungkin hanya berupa keramik, bisa kamu ubah dan dikombinasikan dengan lantai vinyl atau parket yang akan memberikan kesan visual jauh lebih kuat. Pertimbangkan juga menambahkan elemen material lewat perabot baru seperti karpet bulu pada lantai, atau elemen kaca dan cermin pada hiasan dinding. Ingat, nggak semua material harus kamu ganti, lho. Untuk menghemat biaya, tentu kamu masih bisa mempertahankan sebagian elemen material.

5. Ganti Pencahayaan

ruangan tidur dekat atap dan ada skylightroofersinedinburgh.co.uk

Jika suasana rumah terasa suram, mungkin yang perlu kamu lakukan saat renovasi rumah hanyalah menata ulang pencahayaan yang kamu miliki.

Kombinasikan jenis lampu sesuai dengan kebutuhan dan gaya ruang, mulai dari lampu gantung, spotlight, hingga lampu baca dan lampu dekorasi harus kamu maksimalkan. Perhatikan juga pemilihan warna cahaya lampu saat melakukan renovasi rumah dengan menyesuaikannya dengan atmosfer ruangan yang diinginkan.

Pastikan posisi lampu-lampu ini juga sudah sesuai dengan fungsinya, seperti lampu gantung berada pada tengah-tengah ruang utama dan lampu spotlight yang akan menonjolkan hiasan dinding atau dekorasi ruang lainnya.

6. Renovasi Rumah All-White

ruangan tidur dan keluarga gaya industrial putih

planner5d.com

Terkadang nggak perlu berlebihan saat melakukan renovasi rumah. Salah satu cara mudah dan murah untuk melakukan renovasi rumah adalah dengan mengaplikasikan warna putih pada keseluruhan ruang, sehingga perabot yang ada pada rumah menjadi lebih menonjol.

Jika warna putih polos membuatmu merasa ruangan atau rumah terlalu polos, kamu bisa melakukan renovasi rumah dengan menggunakan material lain yang memiliki warna dominan putih namun diperkaya pola atau motif lain, seperti batu marmer carrara white atau penggunaan wallpaper putih yang bertekstur.

ruang tengah rumah dominasi warna putihcitizenatelier.com

Pengaplikasian renovasi rumah all-white ini paling cocok untuk kamu yang memiliki masalah ruang yang sempit ataupun ruang dengan sirkulasi cahaya yang minim, karena renovasi rumah serba putih akan memberikan kesan lebih luas dan lebih terang pada ruangan.

7. Ekspos Material, Go Industrial

ruang tengah bersebelahan dengan ruang kerja gaya industrialloversiq.com

Ingin memperkuat citra dari rumah lewat renovasi rumah? Mungkin mengekspos material rumah bisa jadi salah satu caranya. Jika kamu ingin tampil industrial, jangan ragu untuk mengekspos material mentah dari hunianmu seperti semen ekspos pada dinding.

Misalnya, dengan membuang plester dinding dan membiarkan dinding bata menjadi elemen dari renovasi ruangan atau memanfaatkan lantai beton. Tidak hanya lebih murah, renovasi rumah menggunakan gaya industrial adalah salah satu solusi menonjolkan desain rumah yang kamu miliki agar tidak terlihat mainstream.

8. Back to Nature, Tambahkan Vegetasi

aneka tanaman dalam ruang berwarna hijau

pinterest.com

Terkadang renovasi rumah memiliki tujuan untuk menyegarkan suasana rumah, sehingga beraktivitas di dalam rumah terasa jauh lebih nyaman. Perhatikan penggunaan dan penempatan tanaman pada saat melakukan renovasi rumah. Percaya tidak percaya, kehadiran vegetasi atau tanaman dalam rumah bisa menjadi solusi untuk membuat suasana rumah jauh lebih segar.

Di samping menempatkan tanaman di dalam rumah, manfaatkan ruang terbuka untuk menyatukan lingkungan alam seperti taman yang berada di luar rumah dengan dalam rumah. Jadi, ketika melakukan renovasi rumah, pastikan ukuran dan arah jendela dan bukaan lainnya sudah berada pada posisi serta ukuran yang tepat sangatlah penting, lho!

9. Update Gaya Saat Renovasi Rumah lewat Furnitur Baru

sofa L warna biru di tengah ruanganpinterest.com

Tentu banyak orang melakukan renovasi rumah agar hunian yang dimiliki tidak ketinggalan zaman dan tetap bisa mengikuti tren yang ada. Maka dari itu, pertimbangkan untuk mengganti gaya dari perabot ataupun ruangan yang kamu miliki pada saat melakukan renovasi rumah.

Carilah referensi dari desain-desain terkini untuk memastikan kamu berhasil meng-update gaya pada saat melakukan renovasi rumah. Selain bentuk, perhatikan juga tren material dan warna yang kekinian untuk membuat renovasi rumah tetap sesuai dengan zaman.

Apakah kamu sudah terpikirkan renovasi rumah seperti apa yang kamu butuhkan untuk hunian impianmu? Ingatlah bahwa renovasi rumah akan berjalan lancar apabila kamu paham betul desain yang kamu inginkan seperti apa. Hal ini akan mencegah kebingungan kontraktor saat mulai merenovasi. Apabila kamu bingung mau desain yang seperti apa untuk bagian rumahmu, Dekoruma siap membantu mewujudkan rencana renovasi rumah impianmu, lho!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse