Bervariasi, Sempurnakan Interior Minimalis dengan 10 Model Pintu Minimalis Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rumah minimalis memang selalu jadi primadona. Bukan hanya sekedar dihiasi dekor bertema minimalis, desain senada juga sangat diminati. Setiap sudut rumah berlomba-lomba didesain secara minimalis, termasuk ke bagian terkecil. Salah satu bagian yang menjadi pusat perhatian adalah model pintu minimalis. Apa kamu sedang mencari model pintu minimalis untuk rumahmu?

Pintu Berengsel Konvensional

Model Pintu Minimalis Konvensionalanywaydoors.be

Model pintu minimalis yang pertama pasti sudah akrab denganmu, yaitu pintu berengsel konvensional. Pintu jenis ini sangat umum di hampir semua bagian bangunan privat dan komersil, tapi bukan berarti model pintu minimalis ini membosankan, karena kamu tetap bisa berkreasi dengan ornamen pintunya.

Misalnya kamu bisa coba memberi warna dan tekstur unik pada permukaan pintu untuk menghasilkan model pintu minimalis yang khas sesuai seleramu. Kepraktisan model pintu minimalis ini adalah bisa kamu pasang di bagian interior maupun eksterior rumah. Kalau kamu mau memasang pintu ini pada eksterior rumah, pastikan kamu melapisinya dengan cat luar rumah yang tahan cuaca agar keindahan warna pintu tidak cepat pudar.

Pintu Tipe Flush

Model Pintu Minimalis Flushpinterest.com

Model pintu minimalis tipe flush tak berbeda banyak dari pintu konvensional, hanya saja seluruh permukaannya rata tanpa motif atau pola apapun. Permukaan yang rata dan model keseluruhan yang lebih fokus terhadap fungsi daripada gaya membuat pintu flush adalah pilihan model pintu minimalis yang ideal.

Kamu bisa membiarkan pintu flush terlihat polos alami atau memberinya lapisan tripleks untuk memberi sentuhan akhir motif serat kayu pada model pintu minimalis pilihanmu.

Model Pintu Minimalis Geser

Model Pintu Minimalis Gesermybktouch.com

Bagi kamu yang mencari model pintu minimalis berkesan kokoh sekaligus praktis maka pintu geser bisa menjadi jawabannya. Keunggulan pintu geser adalah kemampuannya bergerak dua arah dengan roda sesuai jalur sehingga tepat untuk mengatasi keterbatasan ruang.

Pintu geser biasanya merupakan model pintu minimalis pilihan untuk membatasi bagian interior dengan eksterior rumah atau sebagai pintu kamar mandi. Model pintu minimalis geser kamar mandi seringkali menggunakan bahan fiber sintetis atau kaca yang tidak tembus pandang.

Model Pintu Minimalis Saku

Model Pintu Minimalis Saku eclisse.co.uk

Pintu saku pada dasarnya adalah model pintu minimalis ‘turunan’ dari pintu geser karena masih sama-sama menggunakan sistem geser yang ideal untuk menghemat ruang.

Perbedaannya dari pintu geser biasa adalah model pintu minimalis ini bisa ‘menghilang’ ke dalam kompartemen yang dibuat menyatu dengan dinding atau pada jalur roda pintu. Kamu yang memiliki anak kecil mungkin lebih cocok dengan tipe pintu saku karena sistem kompartemen yang dipasang menyatu ini mengurangi resiko anggota badan terbentur atau terjepit saat menggeser pintu.

Model pintu minimalis ini juga tepat bagi kamu yang ingin memanfaatkan pencahayaan alami karena kamu bisa memasang model pintu minimalis saku yang seluruhnya terbuat dari kaca tembus cahaya dengan rangka aluminium.

Model Pintu Minimalis Lipat

Cara kerja model pintu minimalis yang satu ini terbilang unik dan sesuai namanya, yaitu dengan dilipat ke dalam alih-alih diayun atau digeser untuk membukanya. Model pintu minimalis yang bisa dilipat punya dua variasi yaitu pintu bifold dan pintu lipat akordeon dengan perbedaan utama pada banyaknya panel yang bisa melipat.

Pintu bifold hanya memiliki dua panel dengan engsel pintu di tengahnya agar bisa dilipat sedangkan pintu lipat akordeon punya banyak panel yang bisa melipat bersamaan sehingga mirip alat musik akordeon.

Model Pintu Minimalis Lipatreynaersathome.co.uk

Biasanya semua tipe pintu lipat berbahan ringan dan tipis sehingga cocok dipasang dalam ruangan yang terlalu sempit untuk pintu konvensional. Selain itu, kamu juga bisa memasang model pintu minimalis ini dengan sentuhan motif kayu sebagai pintu lemari pakaian yang berkesan simpel tapi elegan.

Pintu Berputar

Model Pintu Minimalis Putaranywaydoors.be

Pintu berputar memang lebih sering ditemukan dalam bangunan komersil, tapi bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan model pintu minimalis ini dalam rumah pribadi. Model pintu minimalis dengan sistem putar cocok digunakan kalau rumahmu berpendingin udara dan kamu tinggal di iklim tropis, karena efektif mencegah percampuran suhu di dalam dan luar rumah.

Kalau biasanya kamu perlu menyesuaikan tampilan model pintu minimalis dengan dekor ruangan di rumah, sekarang kamu bisa melakukannya dengan mudah karena pintu berputar sudah tersedia dalam berbagai ukuran dan bahan seperti logam, kaca hingga kayu berserat alami.

Pintu Kupu Tarung

Model Pintu Minimalis Kupu Tarungwanhapehtoori.com

Tipe model pintu minimalis kupu tarung sebenarnya adalah pintu berdaun pintu ganda yang bisa dibuka bersamaan dan akan menutup kembali karena digerakkan sistem pegas.

Biasanya, orang memasang pintu kupu tarung dengan panel kaca dekoratif di kedua sisinya tapi sebenarnya ini tidak mutlak, sesuaikan saja dengan model pintu minimalis yang jadi idamanmu. Ciri khas lain pintu ini adalah sisi dalam dan luarnya memiliki desain ornamen sama persis jadi kalau kamu menginginkan model pintu minimalis di rumah, pilihlah pintu kupu tarung dengan ornamen dan warna simpel.

Model Pintu Minimalis Gulung

Model Pintu Minimalis Gulungbrightwaterhomes.com

Sepintas mungkin model pintu minimalis ini tidak menarik karena identik dengan pintu garasi atau gudang. Tapi jangan salah, sekarang pintu gulung juga bisa tampil menarik dalam aneka material modern!

Kalau kamu ingin model pintu minimalis yang cantik, pilih pintu gulung dari kombinasi rangka logam dan kaca untuk tampilan modern sekaligus memberi sumber pencahayaan alami. Seringkali, pintu gulung dimanfaatkan sebagai partisi bagian dalam rumah dengan taman, jadi kamu bisa memilih model pintu minimalis yang memakai kaca film atau kaca es yang tidak tembus pandang untuk menjaga privasi penghuni rumah.

Pintu Perancis

Model Pintu Minimalis Perancispinterest.com

Pintu Perancis adalah model pintu minimalis dengan elemen dekorasi berupa banyak panel kaca kecil di sepanjang daun pintu. Biasanya, pintu Perancis tampil dengan model pintu ganda dan memiliki permukaan polos.

Kalau kamu ingin menonjolkan fokus dekorasi taman yang indah atau teras yang tertata rapi, maka model pintu minimalis ini adalah pilihan tepat. Bentuk pintu Perancis dengan banyak panel kaca juga menimbulkan kesan prestisius, efektif memberi sentuhan berkelas pada model pintu minimalis di rumah.

Model Pintu Minimalis Belanda

Model Pintu Minimalis Belanda

 todaysentrydoors.com

Pada dasarnya, model pintu minimalis Belanda adalah pintu yang terdiri dari bagian atas dan bawah dan bisa dibuka sebagian saja, di bagian atas atau bawah. Untuk kamu yang memelihara hewan peliharaan di rumah atau punya anak kecil, pintu Belanda adalah solusi menjaga keamanan putra-putri tercinta sekaligus hewan kesayanganmu.

Dengan menggunakan model pintu minimalis ini, kamu bisa membiarkan udara segar dan pencahayaan alami masuk dengan membuka hanya bagian atas pintu tanpa cemas anak-anak atau hewan kesayanganmu akan berlarian keluar tanpa pengawasan. Karena fungsi utamanya sebagai pintu yang mengutamakan faktor keamanan, otomatis pintu Belanda cocok dipasang sebagai pembatas antara eksterior dengan interior rumah.

Dari ketujuh model pintu minimalis ini mana yang menjadi favoritmu? Lengkapi juga interior rumah minimalismu dengan funiture dan perabot berkualitas, seperti yang ada di dekoruma.com. Jangan lupa cek artikel lainnya di dekoruma.com ya!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse