11 Alasan Kenapa Kamu Perlu Matras Berkualitas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tidur adalah salah satu aktivitas paling vital dalam hidup manusia. Rata-rata orang dewasa membutuhkan minimal 7 jam untuk tidur. Tidur yang baik dapat membuat tubuh lebih sehat, pikiran lebih fokus, memori kuat, dan emosi yang stabil. Sebaliknya, tidur yang buruk juga dapat menurunkan kualitas hidup. Tapi tak banyak orang tahu, jika kualitas tidur tidak hanya ditentukan oleh lama waktu tidur tapi juga kualitas matras yang digunakan lho!

Kamu pasti penasaran kan kenapa sih matras berkualitas itu diperlukan? Daripada bertanya-tanya, yuk simak 11 alasan kenapa kamu perlu matras berkualitas!

1. Matras sudah terlalu tua

Matras-sudah-terlalu-tuaak6.picdn.net

Kamu perlu matras baru yang berkualitas karena matras yang kamu miliki sekarang mungkin sudah kamu pakai lebih dari tujuh tahun. Waktu selama itu cukup untuk membuat matras tidak lagi mampu menopang tubuh dengan baik, sehingga kamu perlu beberapa menit untuk menemukan posisi tidur yang tepat sebelum benar-benar terlelap. Itu adalah tanda bahwa kamu perlu matras baru untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

2. Matras terlalu sempit

Matras terlalu sempitsussexbedcentre.co.uk

Ukuran matras sangat mungkin memengaruhi kenyamanan tidur kamu. Pastikan ukuran lebar dan tinggi matras bisa memenuhi kebutuhanmu untuk bergerak bebas ketika tidur. Terutama ketika telah memiliki pasangan, kamu wajib memiliki matras yang luasnya cukup dan nyaman untuk berdua. Jika kamarmu sempit, aturlah kembali barang-barangmu agar tetap leluasa. Penggunaan dipan atau headboard yang memiliki area penyimpanan bisa jadi solusi.

3. Tekstur matras sudah tidak kompak

Tekstur-matras-sudah-tidak-kompakassets.reviews.com

Pegas yang merenggang, elastisitas matras yang menurun, dan kepadatan matras yang sudah tidak merata adalah tanda bahwa kualitas matrasmu telah menurun. Terutama jika ada bagian yang sudah begitu cekung bahkan bolong. Matras baru yang tingkat kelunakannya sesuai dengan kebutuhan akan membuat tidurmu lebih lelap.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kasur?

Sebelum membeli, jangan ragu untuk mencoba matras di toko karena keras dan lembutnya sebuah matras berbeda-beda bagi setiap orang. Kamu juga bisa membaca opini atau review dari para pembeli sebelumnya di internet untuk mengetahui pengalaman menggunakan matras incaranmu dalam waktu lama.         

4. Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan Produktivitas Matrasimages.agoramedia.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, matras yang berkualitas adalah elemen penting untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Matras yang tidak nyaman ditiduri membuatmu perlu mengatur posisi berkali-kali bahkan di tengah malam, tentu saja ini mengakibatkan tidurmu jadi kurang nyeyak.

Alhasil tubuhmu tidak beristirahat dengan cukup. Akibatnya, kamu akan kehilangan konsentrasi dan mudah lelah. Kelelahan yang tidak dilepaskan dengan sempurna akan mengganggu produktivitasmu esok harinya.

5. Mengurangi Stress

Mengurangi Stress Matrasfullfuncity.com

Sebuah studi pada tahun 2009 di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa para responden yang tidur di atas matras yang memiliki tingkat kekerasan yang tepat mengalami penurunan tingkat stress. Beberapa ciri stres seperti mudah khawatir, marah, gugup, gemetar, banyak beban pikiran hingga sakit kepala dinyatakan menurun berkat tidur di atas matras yang berkualitas. Jika tingkat stress berkurang pastinya kualitas hidup pun akan meningkat.

6. Menghindarkan Kemungkinan Alergi

Menghindarkan Kemungkinan Alergi Matrasbedbugs.net

Selama tidur kita juga berkeringat dan menghasilkan sel-sel kulit mati yang pastinya terakumulasi di atas matras. Meski telah dibersihkan dan rutin mengganti seprai, efek dari endapan keringat dan sel kulit mati pada matras kita tak dapat dihilangkan sepenuhnya. Bakteri dan tungau akan berkembangbiak di atas matras tanpa kita sadari. Tungau kasur lebih berbahaya daripada yang kamu bayangkan, lho. Saat seperti inilah kesehatan kulit akan terancam. Bukan hanya itu, potensi asma juga bisa meningkat. Itulah mengapa kita perlu matras berkualitas. Pilihlah matras dengan suhu yang tepat, tidak panas juga tidak lembab sehingga mudah berjamur, salah satunya seperti matras dari Dunlopillo . Gunakan juga bed protector untuk melapisi kasir agar debu dan bakteri tidak mudah menembus ke dalam.

7. Mencegah Sakit Pinggang

Mencegah Sakit Pinggang Matrasd2ebzu6go672f3.cloudfront.net

Matras yang sudah tidak merata kepaatannya membuat posisi tubuhmu salah ketika tidur. Matras yang suah lama digunakan rata-rata akan lebih cekung pada titik-titik dimana bagian tubuh lebih berat. Matras seperti inilah yang nantinya akan meningkatkan resiko sakit pinggang, bahkan penurunan kualitas matras ini bisa langsung kamu rasakan ketika bangun pagi berupa leher yang kaku.

Baca Juga: Beda Kebiasaan Gaya Tidur, Beda Pula Kasur yang Sebaiknya Dipakai

Jadi sebelum pinggangmu terlanjur sakit dan nantinya memengaruhi aktivitasmu, lebih baik segera mendapatkan matras yang berkualitas. Cobalah dahulu matras sekitar 20 menit sebelum dibeli, matras yang lembut dan keempukannya sedang cenderung ideal. Gunakan juga bantal yang tingginya sesuai dengan kenyamanan lehermu.

8. Memperbaiki Metabolisme

Memperbaiki Metabolisme Matrasfthmb.tqn.com

Selama tidur tubuh memberikan kesempatan untuk melepaskan hormon-hormon seperti hormon pertumbuhan dan melatonin untuk peremajaan, serta meningkatkan efektivitas protein dalam sel. Proses ini tidak akan berjalan dengan sempurna apabila tidur kita terganggu.

Matras yang buruk seringkali membuat kita terbangun untuk membetulkan posisi tidur sehingga akhirnya tidur kita tidak nyenyak. Hal ini menyebabkan metabolisme kita menurun dan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Maka jangan lagi meremehkan peran matras yang berkualitas, matras secara tidak langsung bisa menunjang proses metabolismemu lho!

9. Membuatmu Lebih Bahagia

Membuatmu Lebih Bahagia Matrasi.huffpost.com

Tidur yang cukup dan berkualitas tidak hanya memberikan dampak positif  bagi tubuh saja, tetapi juga pada kesehatan mental. Kasur bermutu tinggi pastinya membuat tidurmu lebih lelap dan kamu akan terbangun dengan tubuh dan pikiran yang segar. Tidur yang baik akan membuat mood-mu lebih baik, emosi lebih stabil, tingkat stress yang menurun dan ini semua ujungnya akan memberikanmu rasa bahagia. Sebuah matras berkulitas diperlukan untuk mencapai ini.

10. Mencegahmu dari Kepikunan

Mencegahmu dari Kepikunan Matrasassets.nydailynews.com

Tidur tidak hanya memperbaiki fungsi normal tubuh saja, tetapi juga memindahkan memori jangka pendek ke jangka panjang. Akibatnya jika tidur kita tidak berkualitas, proses ini akan terganggu dan menyebabkan kita mudah lupa. Hal ini juga berkaitan dengan kadar stress.

Stress yang tinggi juga bisa memicu seseorang mudah mengalami kepikunan. Selain menurunkan tingkat kortisol, tidur yang cukup juga bisa membuat fungsi-fungsi kognitif kita membaik sehingga bisa melakukan kerja dengan efektif. Itulah mengapa matras yang berkualitas penting sekali dalam mendukung vitalitasmu.

Jangan salah, tidur yang berkualitas juga bisa membuat kita awet muda dan bisa membuat kita mendapatkan berat tubuh yang ideal!

11. Investasi Jangka Panjang

Matras Investasi Jangka Panjangpinterest.com

Matras yang berkualitas tentu tidak harus yang paling mahal, tapi pastinya ada harga yang sepadan dengan mutu. Jangan ragu untuk mengeluarkan uang lebih demi matras mutu terbaik, anggap saja hal ini sebagai investasi. Meski mungkin lebih mahal daripada rata-rata harga matras di pasaran, tapi matras berkualitas tinggi tentunya lebih tahan lama dan lebih nyaman ditiduri.

Baca Juga: Pilihan Kasur Kesehatan untuk Jawaban Kebutuhan Tubuhmu

Setelah mengetahui mengapa kita membutuhkan matras yang berkualitas, pastinya kini tidak lagi mennganggap enteng peran dan fungsi matras ya dalam mendukung kesehatan dan produktivitasmu. Bingung mencari matras dan kasur berkualitas? Kamu bisa mendapatkannya secara online lewat dekoruma kok!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse