7 Inspirasi Desain Rumah Type 45 Mungil Apik dan Keren

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rumah impian yang nyaman untuk keluarga nggak melulu harus rumah yang besar dan luas, terkadang cukup dengan rumah mungil seperti rumah type 45 saja kamu sudah bisa menghadirkan hunian yang nyaman untuk ditinggali bersama orang-orang tercinta.

Nggak cuma nyaman, dengan ukurannya yang lebih compact, tentu rumah type 45 tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan dan tentunya dengan biaya yang nggak akan membuat kantong jebol. Masih ragu bagaimana cara menyulap rumah type 45 milikmu menjadi sebuah rumah impian? Yuk, simak berbagai inspirasi rumah type 45 berikut!

1. Rumah Type 45 dengan Permainan Level

Rumah Type 45 dengan Permainan Leveltinyhousedesign.com

Memiliki rumah type 45 dengan lahan terbatas bukan berarti kamu nggak bisa menghadirkan ruang lapang dan nggak sesak. Meski hanya satu lantai, dengan permainan level pada ruang-ruang tertentu, rumah type 45 bisa terlihat lebih megah pada bagian eksterior, dan lebih luas pada bagian interior.

Kamu bisa meninggikan ceiling dari rumah type 45 milikmu pada ruang-ruang seperti ruang keluarga ataupun ruang makan. Nggak cuma lebih luas, ceiling yang tinggi juga akan membuat sirkulasi pada rumah type 45 jadi lebih baik, lho. Kembali lagi, hal ini akan membantu membuat rumah type 45 tetap nyaman meski memiliki lahan dan ruang yang terbatas.

Bagian void yang tinggi pada ruangan di rumah type 45 milikmu bisa kamu manfaatkan untuk bermain dengan dekor ruangan dan dekorasi rumah yang digantung seperti lampu gantung ataupun material ceiling yang diekspos.

2. Maksimalkan Bukaan pada Rumah Type 45

Maksimalkan Bukaan pada Rumah Type 45apimondia2007melbourne.com

Masih berbicara mengenai sirkulasi udara pada rumah type 45. Selain meninggikan ceiling, hal sederhana lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat sirkulasi udara pada rumah type 45 jadi lebih baik adalah dengan memaksimalkan bukaan yang ada pada rumah.

Nggak hanya sirkulasi udara saja, bukaan yang baik dan maksimal pada rumah type 45 akan membantu pencahayaan alami pada rumah. Dan perlu digarisbawahi bahwa pencahayaan yang baik akan membuat ruang terkesan lebih luas. Ini berlaku untuk penataan rumah type 36 juga lho!

Selain cahaya, bukaan pada rumah type 45 sendiri akan membantu rumah menjadi terasa lebih luas dan nggak sesak. Jadi, jangan ragu untuk memaksimalkan ukuran jendela atau menggunakan pintu jendela yang tembus pandang, ya. Bila diperlukan, menbahkan skylight pada ruang-ruang tertentu juga bisa jadi bentuk memaksimalkan bukaan pada rumah type 45.

 3. Rumah Type 45 yang Menyatu

Rumah Type 45 yang Menyatugiovanniamoroso.org

Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki rumah type 45 adalah suasana kekeluargaan yang lebih hangat dan dekat karena terbatasnya lahan.

Maksimalkan hal ini dengan meminimalisir sekat atau pembatas ruang dan buat area-area publik lebih menyatu. Seperti ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan serta dapur. Memakai sekat ruangan yang bisa dipindahkan juga pilihan baik, lho!

Tidak hanya membuat aktivitas di dalam hunian menjadi lebih dekat, hal ini akan membantu rumah type 45 menjadi terkesan lebih luas. Hilangnya sekat dan dinding juga akan membantu pergerakan udara serta pencahayaan jadi lebih baik.

4. Aplikasikan Warna-Warna Terang pada Rumah Type 45

aplikasi warna terang rumah type 45architecturaldigest.com

Memiliki serta mengaplikasikan warna-warna favorit pada rumah type 45 impianmu tentu sah-sah saja. Namun, kesalahan pemilihan warna akan membuat rumah type 45 yang sudah mungil, terasa makin sempit.

Pilihlah warna favoritmu dalam tone warna yang lebih terang sehingga rumah type 45 tetap terasa nyaman. Atau, jika warna favoritmu tidak memiliki tone warna yang lebih terang seperti hitam, kamu bisa menggunakan warna putih sebagai bagian dari perpaduan warna untuk mendominasi ruang serta menjadikan warna hitam sebagai elemen dekoratif.

Aplikasikan Warna-Warna Terang pada Rumah Type 45archinspire.pro

Sifatnya yang kontras akan membuat warna hitam tetap menonjol pada rumah type 45 namun nggak membuat rumah terasa gelap. Untuk membuat pilihan warna para rumah type 45 nggak membosankan, memilih warna gradasi juga bisa jadi pilihan aman untukmu.

5. Rumah Type 45 Minimalis

Rumah Type 45 Minimalisyudidaproperty.com

Gaya minimalis adalah gaya andalan ketika kamu dihadapkan pada masalah hunian dengan lahan terbatas seperti rumah type 45. Rumah type 45 bergaya minimalis nggak akan cuma membuat rumah terasa lebih nyaman karena proporsi yang pas, tetapi juga terasa lebih luas karena tidak akan terlalu memangkas banyak kebutuhan ruang. Karena desain rumah type 45 sebetulnya adalah interior rumah yang nggak memerlukan banyak biaya.

Untuk menghidupkan gaya minimalis pada rumah type 45, kamu bisa memilih furniture minimalis sederhana tanpa detail berlebihan. Hindari juga material bertekstur dan berpola yang berlebihan. Penggunaan variasi warna yang terlalu banyak juga nggak direkomendasikan.

Rumah Type 45 Minimalispinterest.com

Aplikasikanlah warna-warna netral dan basic pada rumah type 45 untuk atmosfer minimalis yang lebih kuat. Jika memang kamu ingin menggunakan lebih dari satu warna agar ruangan tak terkesan monoton, hindari penggunaan banyak warna yang saling kontras. Pilihlah warna yang masih memiliki tone yang menyerupai atau satu palet sehingga komposisi warna jadi lebih harmonis dan nggak monoton.

6. Rumah Type 45 Bergaya Mewah? Bisa!

rumah type 45 mewahpinterest.com

Meski lahan terbatas dan ruangan mungil bukan berarti kamu nggak bisa menjadikan rumah type 45 milikmu menjadi hunian yang mewah.

Ada beberapa material yang bisa jadi pilihan agar rumah type 45 terkesan mewah namun nggak terasa sesak. Seperti penggunaan panel cermin dan kristal pada interior ruang. Nggak cuma membuat rumah type 45 terkesan lebih mewah, kedua material ini akan membantu rumah menjadi lebih terang dan juga sifat reflektifnya akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Rumah Type 45 Mewahbathroom-one.com

Jika kamu ingin menggunakan batu alam seperti marmer atau onyx untuk kesan yang lebih mewah, pilihlah batu dengan urat yang tidak terlalu banyak, kontras, dan abstrak sehingga tetap terlihat nyaman jika diaplikasikan pada rumah type 45.

Memilih dekorasi yang tepat juga menjadi kunci menghidupkan kesan mewah pada hunian. Untuk jadikan rumah type 45 lebih mewah, pilihlah dekorasi modern dengan material yang berkilau seperti keramik porselen ataupun kristal.

7. Sentuhan Natural pada Rumah Type 45

Sentuhan Natural pada Rumah Type 45idesignarch.com

Salah satu cara menghadirkan suasana hangat dan bersahabat pada rumah type 45 adalah dengan mengaplikasikan elemen-elemen natural ke dalam interior ruangan.

Kamu bisa menggunakan perabot dengan material kayu yang diekspos ataupun dekorasi-dekorasi natural lainnya. Memberikan pola floral pada kursi atau karpet bisa saja dilakukan untuk menghiduplan kesan natural. Namun, hindari pola yang terlalu kecil dan padat sehingga rumah type 45 menjadi terasa lebih sempit.

rumah type 45 natural lantai parketpinterest.com

Pola kayu bisa juga kamu aplikasikan pada rumah type 45 melalui lantai parket. Tapi, baik dalam perabot ataupun lantai, pengaplikasian material dan pola kayu pada rumah type 45 ini tak boleh sembarangan.

Pilihlah pola kayu yang memiliki urat tak terlalu kontras dan banyak sehingga secara visual akan membuat ruang terasa sesak. Untuk penggunaan elemen kayu yang dominan, seperti pada lantai dan dinding, pilihlah warna pola kayu yang terang. Hindari warna-warna gelap seperti cokelat tua karena akan membuat suasana ruang pada rumah type 45 terasa jadi lebih sempit.

Rumah Type 45ytimg.com

Rumah type 45 yang memiliki keterbatasan dalam hal lahan bukan berarti memiliki keterbatasan dalam hal eksplorasi gaya. Dengan berbagai inspirasi di atas, terbukti bukan bahwa rumah type 45 bisa menjadi hunian nyaman yang layak. Yuk, eksplorasi lebih lanjut rumah type 45 impianmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse