10 Desain Karpet Keren untuk Ruangan Kecil

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Karpet sering kali dipasang untuk menghidupkan kesan hangat di dalam sebuah ruangan. Meskipun begitu, tidak jarang pula orang yang memasang karpet dengan tujuan murni untuk mempermanis ruang interior mereka. Lalu bagaimana kalau kamu mau mempermanis sekaligus menciptakan kesan hangat tapi ruanganmu relatif sempit dan terbatas? Tenang saja, kamu tidak sendiri!

Untuk kamu yang sekarang tinggal di apartemen atau daerah perkotaan, memiliki lahan luas dan lapang merupakan sesuatu yang sangat langka dan mahal. Walaupun begitu, jangan jadikan permasalahan ini alasan untuk mengabaikan dekorasi dari interior rumah. Di sini, Kania akan membahas tentang cara memilih karpet ideal serta desain-desain karpet keren yang bisa membuat ruangan mungilmu terlihat lebih luas. Jangan bingung, lihat yuk inspirasi dari Kania!

Beli karpet dengan motif/pola besar untuk menciptakan kesan luas pada ruangan

 Karpet Motif Besarhomedesignlover.net

Jika kamu mau bereksperimen dengan karpet bermotif, kalau bisa pilihlah yang bentuk polanya besar. Karpet dengan motif yang terlalu detail dan kecil biasanya justru akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan sempit. Tapi jangan juga membatasi diri untuk berkreasi hanya karena anggapan ini, ya. Sebab semuanya akan kembali bergantung pada furniture yang kamu pilih serta faktor pendukung lain yang ada di ruangan tersebut, seperti jendela, gorden, atau cermin.

Pilih ukuran karpet yang ideal untuk setiap ruangan

Hal paling utama yang harus dipertimbangkan saat memilih karpet adalah ukuran. Karpet dengan ukuran terlalu kecil akan menimbulkan kesan tidak hangat. Nah, sebaliknya jika ukuran karpetmu terlalu besar, ruangan justru jadi terkesan lebih sempit dan penuh. Kamu tentu mau menghindari masalah ini, kan?

Ukuran Karpetideas4homes.com

Nah, untuk menentukan ukuran ideal karpet, tentukanlah berdasarkan penempatan furnitur – bukan ukuran ruang. Ya, sebetulnya tidak ada standar khusus untuk menentukan ukuran ideal karpet sebab semua bergantung pada cara kamu menempatkan furnitur pada ruangan tersebut. Hal lain yang bisa dijadikan tolak ukur adalah dengan memperkirakan jumlah ubin yang seharusnya tidak ter-cover oleh karpet.

Karpet warna cerah tanpa corak akan membuat ruangan tampak lebih luas

Karpet Warna Cerahurbanchic.net.au 

Karpet dengan warna putih memang terkenal rentan kotor, namun karpet dengan warna ini bisa salah satu faktor yang dapat membuat ruangan tampak lebih cerah dan luas. Tidak suka warna putih? Kamu bisa memilih karpet berwarna alternatif seperti pastel, abu, coklat muda, ataupun krem. Jika ada jendela di ruangan tersebut, gorden dengan warna cerah juga bisa menjadi pasangan yang manis agar ruangan terlihat lebih luas.

Jadikan tekstur salah satu pertimbangan utama dalam memilih karpet

Tekstur Karpethaammss.com

Sibuk dengan memilih ukuran maupun warna, terkadang banyak orang mengabaikan tekstur karpet. Padahal tekstur-pun akan menentukan tampilan interior ruangan secara keseluruhan. Jika kamu termasuk kalangan masyarakat yang suka ikut tren, karpet bulu-bulu fluffy seperti gambar di atas pasti sudah jadi salah satu incaran kamu. Tekstur ini memang tidak hanya kelihatan lucu dipandang mata, tapi juga menghidupkan kesan hangat sekaligus memberikan sentuhan mewah pada ruangan.

 

Karpet motif aztec merupakan salah satu desain favorit

Karpet Motif Aztecmadebymoods.com

Motif aztec seperti gambar di atas memang sudah menjadi salah satu motif karpet paling favorit yang banyak diidamkan orang. Selain desainnya yang bisa dibilang timeless, warna-warna kombinasi dari motif ini juga sangat cantik. Untuk yang mau menghidupkan kesan maskulin pada ruangan, kamu bisa memilih motif aztec dengan warna hitam-putih. Selain desainnya yang cantik, karpet ini juga relatif cocok dipasang di ruangan apapun lho.

Karpet dengan motif dari Moroko ini cocok banget dipasang di ruang keluargamu

Karpet Morrocodorisleslieblau.com

Motif moroko seperti yang bisa kamu lihat di atas juga merupakan salah satu motif karpet yang cocok dipasang di ruangan kecil, apalagi ruang keluarga dengan konsep Asia. Oleh karena modelnya yang cukup klasik, karpet motif ini cocok sekali jika dipadukan dengan ruangan berwarna putih atau terang. Ruangan yang paling pas untuk dipasangi karpet moroko ini adalah ruang keluarga. Yuk, dicoba!

Karpet dengan motif garis-garis bisa memberikan kesan manis pada ruangan

Karpet Garis Garis

 groliehome.com

Karpet kain dengan motif garis-garis biasanya tidak terlalu menjadi pilihan favorit, padahal motif ini sebetulnya bisa memberikan kesan manis pada ruangan juga lho. Untuk tampil chic, pilihlah motif garis-garis yang ukurannya seperti gambar di atas.

Oh iya, khusus untuk motif yang satu ini, jangan pilih karpet dengan ukuran lebih dari 2×3 meter. Ya, motif garis-garis punya potensi membuat ruangan lebih penuh dan sesak jika salah pilih ukuran.

Tampil moderen dengan karpet motif chevron

Karpet Chevroncdn.decoist.com

Untuk kamu yang suka tampilan moderen pada interior rumah, karpet dengan motif chevron bisa jadi salah satu andalan. Motif chevron memang sedang jadi tren lagi belum lama ini. Ya, motif chevron ini sebetulnya sudah ramai sejak tahun 60an. Karpet motif zig-zag ini cocok banget jika dipadupadankan dengan furnitur-furnitur minimalis atau kontemporer berwarna hitam-putih.

Karpet bergambar untuk kamar atau ruang bermain anak 

 

Karpet Bergambar Anakbritcdn.com

Selain menghidupkan kesan hangat, karpet pada kamar atau ruang bermain anak juga bisa memberikan suasana lebih ceria. Nah, untuk urusan motif atau gambarnya, kamu bisa langsung sesuaikan dengan tema ruangan tersebut.

Tidak perlu takut untuk tabrak warna atau bereksperimen di sini. Sebab kamar anak biasanya merupakan salah satu ruang yang paling berani dalam urusan warna dibandingkan dengan ruangan lainnya di rumah. Tapi untuk urusan tekstur, usahakan jangan pilih karpet dengan bulu karena relatif sulit dibersihkan.

Karpet bentuk lingkaran memberikan kesan luas pada ruangan

Karpet Lingkaran impressiveinteriordesign.com

Jika sebelumnya yang kamu lihat hanya karpet-karpet dengan bentuk persegi. Kali ini, Kania akan membahas tentang karpet yang bentuknya lingkaran. Karpet dengan bentuk ini cocok banget jika dipasangkan sebagai pemanis dari sofa satu dudukan. Mau tampil lebih nyentrik dan chic? Kamu bisa contek desain karpet pom-pom warna-warni seperti di atas untuk mempercantik kamar atau ruang kerjamu.

Karpet Lingkaranpinkax.com

Sekarang kamu sudah bisa lihat kan kalau karpet bisa menghidupkan kesan hangat sekaligus mempermanis ruangan? Ya, ukuran ruangan yang relatif kecil tidak boleh lagi menjadi halangan atau pembatas dalam mendekor rumah. Keseluruhan tampilan interior rumah justru akan bergantung dengan penempatan dan pemilihan furnitur yang ada. Untuk menghilangkan kesan monoton, kamu juga bisa memilih beberapa desain karpet keren di atas untuk tiap ruangan-ruangan yang berbeda di dalam rumah lho.

 Baca Juga: Pilihan Karpet Yang Tepat Sesuai Kebutuhanmu


Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse