5 Cara Ampuh Merawat Kasur Busa Agar Tetap Awet

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Saat ini, kasur busa sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Rasanya memiliki kasur busa bukanlah menjadi suatu keanehan lagi. Eits, tetapi meski kasur busa sudah digunakan oleh banyak orang, rupanya masih banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan kasur busa dengan baik agar kasur busa tetap awet tanpa berubah bentuknya.

Selain tahan lama, dengan merawat kasur busa dengan benar, kasur busa yang kita miliki bisa bersih dan dijauhkan dari kuman atau virus yang dibawa oleh udara. Nah, kali ini Kania bakal memberikan 5 cara ampuh yang bisa kalian terapkan agar kasur busa tetap bisa awet dan bersih, jauh dari bakteri dan kuman sehingga tidur nyaman. Yuk simak di bawah ini!

1. Memakai box spring atau dipan yang sesuai dengan ukuran busa

Kasur Busa Box Springhead2bed.co.uk

Pastikan kalau kasur busamu memiliki box springs atau minimal ranjang yang bisa menyangga kasur busa milikmu. Ini dimaksudkan agar tidak ada kontak langsung antara kasur busa dengan lantai. Karena jika terjadi kontak langsung antara kasur dengan lantai, kasur akan cepat lembab dan bisa menyebabkan jamuran.

Jika kamu memilih menggunakan ranjang atau headboard serta dipan untuk penyangga kasur busa, pastikan yang kamu pakai memiliki bahan yang solid atau kuat sehingga akan lebih tahan lama, kamu pun bisa tidur dengan nyaman.

Kasur Busa Box Springdoxoh.com

Dalam pemasangan kasur ke ranjang, cek dulu apakah kasur tidak dalam posisi miring dan berada pada sudut-sudut yang tepat. Karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada sudut-sudut kasur busa. Posisi yang baik adalah yang paling sesuai antara ranjang dan ukuran kasur tersebut.

Baca Juga: Kasur Memory Foam, untuk Istirahat Tanpa Tekanan

Setiap tahunnya, cek juga kondisi ranjang atau box springs, apakah penyangga ranjang masih lengkap. Jangan sampai ada penyangga yang jatuh atau rusak, ini mempengaruhi bentuk kasur busa.

Matras Protector Kasur Busahilden.co.uk

Untuk lebih melengkapi perlindungan kasur busa, akan lebih baik jika kamu menambahkan matras protector sejak pertama kamu membeli kasur busa. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menjaga keawetan dari kasur busa. Mattress protector yang berkualitas tinggi biasanya menyediakan perlindungan anti air yang bisa melindungi kasur dari cairan, serta bisa mengurangi debu dan remahan-remahan yang biasanya ada di kasur. Berbagai fitur unggulan tersebut dapat langsung ditemukan dalam kasur busa Quantum.

2. Melapisi kasur dengan sprei dan cuci sprei secara rutin

Melapisi Kasur Busa Dengan Sepreishopcourtyard.com

Kasur busa lebih baik jika ditutup dengan sprei untuk melindungi kasur dari debu atau serta agar kita juga tidak kontak secara langsung pada kasur busa. Setelah itu cuci sprei kasur secara rutin. Kegiatan ini seringkali terlewat oleh kita karena kesibukan yang menumpuk.

Cuci sprei dengan frekuensi yang sering. Ini akan bisa berguna bukan hanya untuk menjaga kualitas dan kebersihan sprei, tetapi juga untuk menghindari berkembangnya mikroorganisme pada sprei dan kasur busa. Mikroorganisme yang didapatkan dari sel-sel kulit mati, keringat, dan debu ini biasanya akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak pada sprei yang jarang dicuci.

Mencuci Kasur Busaghk.h-cdn.co

Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, cuci sprei paling tidak sekali dalam seminggu dengan air panas dengan suhu paling tidak 60º C. Air hangat ini bisa membantumu mengusir mikroorganisme yang ada di sprei. Kehadiran mikrooorganisme ini memang sudah pasti ada di sprei yang kita gunakan karena ukurannya yang tidak kasatmata.

Baca Juga: Apa Itu Kasur Sehat?

Ingat, meskipun kamu sudah menggunakan mattress protector untuk kasur busa, bukan berarti kamu jadi malas atau tidak mau menjaga kebersihan kasur dan juga sprei. Selain itu, mattress protector juga harus dicuci sesuai dengan aturan produk masing-masing.

3. Putar kasur secara berkala untuk melindungi bentuk kasur busa

Putar Kasur Busahousebeautiful.cdnds.net

Putar atau  rotasi kasur 180 derajat, ini cukup penting agar bagian dari kasur busa yang terkena beban dalam waktu lama tidak hanya pada bagian itu-itu saja, tetapi juga pada posisi lainnya.

Kamu bisa melakukan rotasi ini sebanyak dua kali dalam enam bulan. Caranya adalah dengan memutar bagian bawah kasur busa dan dibalik menjadi bagian kasur atas. Kemudian putar juga pada bagian kiri kasur busa dengan bagian kanan dan seterusnya. Ini akan membuat beban pada busa terkena secara merata dan membuat bentuk kasur busa tetap terjaga.

Baca Juga: Matras Topper untuk Kenyamanan Tidur Maksimal

Dalam sehari-hari, jangan pernah meletakkan benda yang terlalu berat di atas kasur busa untuk jangka waktu yang lama. Jika itu kamu lakukan, kasur busa bisa kempes dalam waktu yang cepat.

4. Sedot debu yang ada di kasur busa memakai vacuum cleaner secara rutin

Sedot Debu Kasur Busaimages.diatomaceousearth.com

Melakukan sedot debu dengan vacuum cleaner bisa membuat kasur busa menjadi bersih dan lebih fresh. Hilangkan semua benda di atas kasur seperti bed cover, sprei, bantal dan bersihkan kasur busa secara merata menggunakan vacuum cleaner.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Kasur Busa

Melakukan hal ini secara rutin juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati kita dari kasur, menghilangkan debu serta bisa menyedot kutu busuk yang seringkali susah untuk dihilangkan. Rutinitas membersihkan debu kasur busa ini menjadi perihal yang wajib dilakukan.

 5. Jemur kasur busa secara berkala tidak harus langsung di bawah matahari

Jemur Kasur Busan1s1.hsmedia.ru

Memang banyak yang percaya bahwa menjemur kasur di bawah sinar matahari secara langsung bisa efektif membunuh kuman yang ada di kasur busa. Namun rupanya kebiasaan tersebut malah bisa berakibat tidak baik untuk kasur. Kasur busamu yang sering dijemur di bawah sinar matahari secara langsung bisa membuat kasur akan cepat mengempis, pori-pori kasur akan mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan tekstur kasur busa menjadi kering dan mengeras.

Apabila kamu merasa kalau kasur busa milikmu basah atau lembab, yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengangin-anginkan kasur tersebut di luar ruangan kurang lebih selama 4-5 jam dan bolak-balik kasur busa tersebut setiap dua jam sekali. Jadi kasur busa tidak berhadapan langsung dengan matahari.


Sekarang kamu tahu kan bagaimana caranya merawat kasur busa? Kalau kamu bingung dimana mencari kasur busa berkualitas, kamu bisa menemukannya di dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse