Perlindungan Pembeli Dekoruma

Kebijakan Perlindungan Pembeli Dekoruma

Anda diperbolehkan untuk mengajukan pengembalian barang dalam waktu 14 hari kalender sejak barang diterima, tanpa harus memberikan alasan, selama pesanan & barang yang anda kembalikan memenuhi syarat & ketentuan yang berlaku.

Prosedur Permohonan Retur

Silahkan mengisi Formulir Permohonan Retur. Anda dapat pula membuka formulir ini melalui tautan(link) yang tertera pada invoice dan email yang anda terima. Pada bagian lampiran, harap mencantumkan:

  • Foto invoice yang tercantum pada paket yang anda terima
  • Foto / bukti kerusakan/kekurangan barang

Customer service kami akan memproses permohonan anda, dan menghubungi anda dalam 1-2 hari kerja untuk menginformasikan apakah permohonan anda akan ditindaklanjuti.

Anda akan menerima email apabila terdapat pembaharuan status keluhan anda. Anda dapat pula menggunakan tautan (link) di atas guna melacak status terbaru keluhan anda. Berikut adalah penjelasan dari status keluhan anda

Pending Keluhan anda telah kami terima, dan sedang menunggu antrian untuk diproses.
Reviewed Keluhan anda sedang dalam proses evaluasi oleh staf kami. Anda akan dihubungi secara terpisah apabila diperlukan. Anda kemungkinan menerima beberapa tahapan pada status ini, dan penjelasan mengenai tiap tahap akan tertulis pada bagian catatan.
Return Items Arrived Barang yang anda kirimkan kembali telah kami terima, dan sedang menunggu proses pengecekan.
Completed Keluhan anda telah disetujui. Anda akan menerima link refund atau pengiriman ulang produk anda
Declined Keluhan anda ditolak. Alasan penolakan akan muncul pada bagian catatan

Anda dapat membuka petunjuk pengisian formulir retur apabila anda membutuhkan bantuan.

Syarat Pengembalian Barang

Untuk dapat mengajukan pengembalian barang, barang yang bersangkutan harus memenuhi syarat berikut:

x : Tidak Diperlukan | : Diperlukan

Alasan Pengembalian Pengembalian Barang Anda Harus:
Belum dicuci /dipakai
Lengkap (hadiah gratis, aksesoris, dus asli) Tidak rusak Tag & label tertera
Rusak / cacat x
Salah/item yang salah diterima
Produk/bagian hilang x
Tidak sesuai dengan deskripsi di website
Berubah pikiran/ Tanpa alasan

Pengiriman Barang yang Dikembalikan

Anda kemungkinan akan diminta untuk mengirimkan kembali pesanan anda sebagai bagian dari proses keluhan anda. Apabila anda diminta untuk mengembalikan barang, berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk pengiriman kembali barang anda:

  1. Anda akan menerima label pengiriman kembali.
  2. Kemas produk anda dan tempelkan label pengiriman serta invoice pengembalian diatas kardus / kemasan. Formulir pengembalian dan invoice mohon ditempelkan terpisah, dan alamat dapat terlihat dari luar.
  3. Kirim produk anda melalui jasa pengiriman tipe reguler ke alamat Pengembalian produk Dekoruma.com:
    • Dekoruma.com
      Jalan Srengseng Raya no.11A
      Srengseng, Jakarta Barat 11630
  4. Tunggu email konfirmasi dari Customer Service Dekoruma.com setelah produk diterima kembali. Team Dekoruma.com akan melakukan proses pengecekan terlebih dahulu setelah produk diterima. Proses refund / reorder tidak dapat dilakukan jika produk tidak melewati proses ini.
  5. Apabila proses pengecekan sudah selesai dan memenuhi syarat, kami akan mengirimkan link unuk pengembalian dana, atau akan mengirimkan ulang pesanan anda.

Penggantian Biaya Pengiriman Pengembalian Barang

Apabila pada pesanan anda ditemukan kesalahan dari pihak pengiriman ataupun penjual (seperti barang rusak, barang kurang), maka Dekoruma akan mengganti ongkos kirim pengembalian. Customer diminta untuk mengirimkan kembali barang terlebih dahulu dan membayarkan ongkos kirim, lalu mengirimkan foto resi pengiriman dengan membalas email instruksi pengiriman. Setelah foto resi diterima, Dekoruma akan mengganti ongkos pengiriman yang telah dibayarkan.

Dekoruma tidak mengganti biaya pengiriman untuk pengembalian barang yang bukan disebabkan oleh kesalahan penjual, pengirim, maupun Dekoruma.

Pengembalian Barang setelah 14 hari

Produk Anda tidak dapat dikembalikan setelah 14 hari kalender

Setelah melewati masa pengembalian barang, apabila produk tersebut dilindungi oleh garansi pabrik, silahkan menghubungi pihak pabrik secara langsung untuk proses pengembalian yang lebih cepat.

Anda juga dapat menghubungi pihak garansi pabrik melalui kontak yang tertera pada kartu garansi.

Lama Proses Pengecekan Barang Kembali

Proses penggantian dimulai setelah kami menyelesaikan proses evaluasi produk yang Anda kembalikan. Proses evaluasi kualitas ini membutuhkan hingga 3 hari kerja setelah produk diterima di gudang.

Mengingat tingginya volume lalu-lintas barang yang ada di gudang kami, barang yang tidak disertai formulir pengembalian barang TIDAK diproses.

Pengembalian Dana & Penggantian Barang

Apabila anda memilih untuk mengganti barang, maka proses pengiriman barang akan dimulai setelah anda mengirimkan resi pengiriman barang.

Apabila anda memilih pengembalian uang (refund), proses refund akan dimulai setelah proses pengecekan selesai. Dekoruma akan mengembalikan secara penuh uang yang telah anda bayarkan apabila pengajuan pengembalian tersebut disebabkan oleh kesalahan pada pihak penjual, pengiriman, atau Dekoruma, seperti barang rusak, tidak lengkap, salah, ataupun tidak sesuai dengan deskripsi pada website.

Bagi anda yang membayar melalui Bank Transfer atau Cash on Delivery (COD), anda akan menerima link untuk refund. Silahkan mengunjungi laman untuk refund untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses refund.

Bagi anda yang membayar melalui Kartu Kredit, baik melalui cicilan atau bukan, refund akan dilakukan dengan pengurangan tagihan kartu kredit anda. Proses ini akan berbeda-beda untuk setiap bank penerbit kartu kredit anda.

Untuk pengembalian yang diajukan karena pembeli berubah pikiran atau bila tidak disertai alasan, maka berikut adalah kebijakan pengembalian yang berlaku:

Metode Pembayaran
Ganti Barang Pengembalian Dana
Sofa & Kasur Barang Lainnya
Bank Transfer x 100% kembali
Cash on Delivery N/A 100% kembali
Credit Card (bukan cicilan) x Dikenakan 5% biaya administrasi
Credit Card (cicilan) x Dikenakan 5% biaya administrasi

Pengecualian

Dalam promo-promo tertentu, mungkin terdapat pengecualian terhadap Kebijakan Pengembalian Barang sebagaimana disebutkan di atas. Namun, sesuai dengan komitmen Dekoruma terhadap kepuasan pelanggan, secara umum Dekoruma akan bertanggung jawab bila ditemukan kesalahan dari pihak Dekoruma, penjual, atau pengiriman. Silahkan melihat syarat dan ketentuan untuk masing-masing promo untuk lebih jelasnya.

Informasi Tambahan

Silahkan melaporkan perihal apa yang membuat Anda ingin mengembalikan produk tersebut kepada kami melalui Customer Service yang bisa dihubungi melalui telepon di (021) 8068 1223 atau email di hello@dekoruma.com. Customer Service kami akan melayani Anda pada hari kerja (Senin – Jumat jam 09.00 – 18.00)