Awas! Ini 8 Bahaya Salah Memilih Kipas Angin

Pernahkah terpikirkan olehmu jika kamu ternyata salah dalam memilih kipas angin?

Bukannya memberikan kesejukkan di dalam rumah, kipas angin yang salah malah memberi kesan buruk pada rumah. Membeli kipas angin bukan berdasarkan bentuk dan harga saja, kamu harus mengukur ulang ruangan yang akan diletakkan kipas. Uang yang terbuang akan menjadi percuma jika ternyata kipas angin yang sudah terlanjur kamu beli malah tidak cocok dengan ruangan. Ini dia 8 bahayayang akan terjadi jika kamu sampai salah memilih kipas angin!


Lupa Dengan Tinggi dan Luas Ruangan

Jika kamu memiliki ruangan yang tidak terlalu besar dan tinggi, kipas angin langit-langit tidak direkomendasikan bagi tinggi ruangan di bawah 3 meter. Mengapa? Sebab hal itu akan membahayakan penghuni yang berada di ruangan. Kipas angin langit-langit tidak memiliki kotak pelindung atau kerangka seperti kipas angin lainnya. Jika kamu memaksakan diri untuk memasang kipas angin langit-langit di ruangan yang tidak tinggi langit-langitnya dan cenderung sempit, bisa-bisa penghuni dapat terkena kipas angin saat dinyalakan.

Demikian halnya jika ruangan kamu cukup memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Kamu dapat memilih kipas angin dengan model kipas angin langit-langit atau ceiling fan. Penggunaan kipas angin langit-langit bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi pemakaian AC dalam ruangan dan membantu sirkulasi angin yang masuk ke dalam rumah. Tidak hanya itu, dengan kipas angin Maspion Uchida Ceiling Fan CF 247, terdapat lima lampu yang akan menerangi ruanganmu. Kipas angin maspion juga tidak memakan daya yang besar, yakni 70 watt, dilengkapi dengan tiga tingkat kecepatan yaitu pelan, sedang dan cepat..

Karena letaknya di atas, aliran hembusan anginnya datang dari atas menuju ke bawah. Ukurannya yang cukup besar membantu menghembuskan angin dalam jangkauan yang cukup luas. Dalam memilih kipas angin langit-langit, yang perlu kamu perhatikan adalah luas ruangan dan tinggi ruangan. Minimal, kamu memiliki tinggi rumah 3 meter agar penghuni rumah tetap aman saat melintas di bawah kipas angin yang menggantung.

 

Anak Balita Tidak Bersahabat Dengan Kipas Angin Duduk

Bagi kamu yang sudah bekeluarga dan memiliki anak kecil, keamanan menjadi nomor satu di dalam rumah. Kipas angin duduk tidaklah cocok bagi kamu yang memiliki anak balita. Anak balita yang cenderung aktif dalam perkembanganya memiliki keingintahuan yang banyak. Semua benda di sekitar rumah pasti akan jadi sasaran empuk keingintahuannya.

Anak balita tidak bisa membedakan barang yang berbahaya sampai mereka merasakannya sendiri. Sebagai orang tua, pastinya kita tidak mau kan melihat buah hati sampai terluka?

Walaupun kipas angin besi memiliki kerangka sebagai pengaman dari baling-baling kipas, namun tangan balita yang kecil dapat menyelip di kerangka tersebut, sehingga sangat tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki anak balita untuk memilih kipas angin besi.

Sebagai alternatif lain, kamu dapat memilih kipas angin bermaterial plastik dengan model kipas angin berdiri. Model ini cenderung jauh lebih aman dari jangakauan si kecil karena kepala kipas yang tinggi.

 

Material Baling-Baling Kipas Angin Terlalu Tipis

Terkadang memilih kipas angin dianggap menjadi persoalan yang mudah, asal beli yang penting bisa menyala. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum kamu salah memilih kipas angin dan berakhir penyesalan.

Perhatikan bentuk baling-baling dari kipas angin, bahan yang tipis pastinya tidak akan memberikan hembusan angin yang besar. Baling-baling kipas angin tidak harus selalu tebal, namun proposi baling-baling, ukuran dan motornya harus sesuai. Jika sesuai, kipas angin dapat memberikan hembusan angin yang kamu mau.

 

Tidak Memeriksa Kabel dan Steker Kipas Angin

Namanya barang baru pasti semuanya bagus dan rapi, tidak perlu di cek langsung bawa pulang saja. Pemikiran tersebut tidak salah, namun tidak ada salahnya meneliti sedikit barang yang akan kamu beli. Tidak hanya badan kipas angin yang bergaya, namun kamu perlu memeriksa kabel dan colokan kipas angin itu sendiri guna menghindari konslet saat kamu gunakan. Kamu juga bisa mencoba terlebih dahulu apakah kipas angin berfungsi dengan baik.

 

Butuh Kabel Tambahan yang Buat Kamu Jadi Repot

Menggunakan kipas angin tidak hanya di dalam ruangan saja. saat kamu memiliki acara di luar ruangan dengan cuaca yang panas, kamu dapat memasang kipas angin. Namun apa jadinya jika stop kontak yang ada terbatas, sehingga kamu tidak bisa menggunakan daya?

Agar acara luar ruanganmu tetap sukses tanpa kepanasan, kamu bisa mengandalkan kipas angin portable. Kipas angin tanpa kabel alias wireless ini mengunakan daya listrik yang disimpan ke dalam baterai. Biasanya, kipas angin portable berbentuk mini atau kecil, sehingga tidak memakan tempat. Ini memudahkan kamu untuk membawanya kemana-mana.

Salah satu kipas angin portable yang bisa kamu temukan di dekoruma.com adalah Maspion Mini Fan MF 03. Keunggulan Maspion MF 03 adalah dapat menyimpan daya dalam USB baterai, dengan daya baterai 1200 mAh. Waktu pengisian daya pada kipas angin terbilang standar, yakjni dua jam dengan durasi pemakaian 2,5 jam. Dengan Maspion mini fan, kamu pasti tetap merasa sejuk sepanjang aktivitas!

 

Struktur Kipas Angin Harus Kokoh

Berbeda dengan baling-baling, badan kipas angin harus tebal sehingga kuat untuk menopang keseluruhan kipas angin saat menyala. Badan dari kipas angin yang kokoh dapat mengurangi getaran motor kipas, jadi kipas angin tidak mengeluarkan suara saat menyala.

Kipas Angin Tidak Berputar

Terkena angin memang enak rasanya, keringat di badan menjadi cepat kering. Tapi jika terus-terusan terkena angin dari kipas, bukannya menikmati kesejukkan malah kamu akan masuk angin lho. Memilih kipas angin yang dapat berputar adalah solusi supaya kamu dan keluarga nggak terkena sakit.

 

Tidak Mengamati Daya dan Voltase

Mengamati daya dan voltase pada kipas angin berguna untuk mengetahui seberapa besar pemakaian listrik saat kipas angin menyala. Pilihlah kipas angin yang memiliki daya dan voltase rendah jika kamu memiliki kuota listrik yang tidak terlalu besar.

Daya listrik rumah yang tidak cukup juga akan merusak kipas angin yang memiliki daya tinggi. Ini terjadi karena listrik tidak dapat mencukupi daya kipas angin saat menyala. Selain itu, daya yang rendah membantumu untuk menghemat pembayaran listrik di akhir bulan.

Memilih kipas angin tidaklah sulit, tapi ternyata masih banyak hal-hal yang sering terlewatkan oleh kita saat memilih kipas angin. Jangan sampai kamu salah pilih ya!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse